home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Bisa Menyebabkan Bau Badan
23 Januari 2021 12:24

10 Makanan Yang Bisa Menyebabkan Bau Badan

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada December 02, 2020

Memiliki masalah dengan bau badan tak sedap bisa membuat orang yang percaya diri bisa menjadi hancur. Orang yang memiliki bau badan tak sedap akan dicap sebagai orang yang tak menjaga kebersihan dan biasanya akan dihindari. Padahal belum tentu orang bau itu karena tidak menjaga kebersihan. Bau badan tak sedap bisa disebabkan oleh banyak hal lainnya. Salah satunya adalah dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Ada makanan yang bisa membuat tubuh mengeluarkan bau yang tak mengenakan di hidung. Apa saja makanan tersebut?

10. Makanan Pedas

spicy food

Ketika nafsu makan sedang turun, salah satu cara untuk meningkatkan nafsu makan adalah makan makanan pedas. Warna merah yang dihasilkan bisa memancing minat seseorang karena makanan pedas terlihat lebih menarik. Belum lagi ditambah dengan capsaicin dari cabai yang bisa membuat seseorang makan lebih banyak.

Makanan yang pedas itu ada banyak. Tidak hanya menggunakan cabai, tapi juga bisa menggunakan bahan pedas lain seperti curry dan lain sebagainya. Nah, semua sumber pedas ini mengandung yang namanya sulfur. Sulfur ini yang nantinya akan dikeluarkan oleh tubuh melalui pori-pori. Bercampur dengan keringat dan bakteri yang ada di tubuh, tak heran kenapa bisa muncul bau badan tak sedap.

9. Daging Merah

red meat

Pernahkah kalian merasa heran kenapa orang yang memiliki tubuh kekar berotot hasil dari fitness, memiliki masalah dengan bau badan? Bukannya karena mereka jarang mandi, bau badan yang mereka hasilkan bukan karena jarang mandi. Tapi karena mereka terlalu banyak makan makanan protein, terutama protein dari daging merah.

Ketika orang mengkonsumsi protein terlalu banyak, perut akan mengalami masalah untuk mencernanya. Protein cukup sulit untuk dicerna oleh tubuh. Hasilnya, perut akan terasa kembung karena terlalu banyak gas di dalam perut. Gas berlebih ini akan dibuang melalui kentut yang dimana baunya akan sangat tidak sedap.

8. Ikan 

ikan

Ikan dibutuhkan tubuh karena memiliki kandungan lemak omega 3 dan juga protein. Tak heran para pakar kesehatan menyarankan untuk rajin mengkonsumsi ikan. Tapi ikan ini ternyata untuk sebagian orang bisa memberikan dampak buruk berupa bau badan. Mereka yang memiliki masalah metabolisme tubuh yang disebut dengan trimethylaminuria akan sangat mudah mengalami bau badan,

Trimethylaminuria adalah masalah kesehatan dimana tubuh tidak mampu memecah protein yang terkandung pada ikan. Ini mengakibatkan tubuh akan mengeluarkan bau tak sedap dari mulut, urin, dan juga kelenjar keringat. Maka dari itu kalian yang memiliki masalah ini, berhati-hatilah jika kalian makan makanan seafood.

7. Serat

fiber

Tubuh membutuhkan serat agar pencernaan bisa bekerja dengan baik. Kekurangan serat malah bisa membuat seseorang mendapat masalah dengan pencernaan. Serat diperoleh dari sayuran hijau. Tapi jangan kira makan serat pengaruhnya hanya ke pencernaan saja. Badan bisa mengeluarkan aroma yang tak sedap juga bisa karena serat.

Serat ini seperti pisau bermata dua. Kurang makan salah, makan pun salah. Ketika seseorang mengkonsumsi serat secara berlebihan, ini bisa menyebabkan perut menjadi kebanyakan gas dan kembung. Makanan yang tinggi serat itu memiliki kandungan gas hidrogen, karbon dioksida, dan methane. Ketika 3 gas ini bergabung bisa menghasilkan gas yang sangat tidak sedap/

6. Kopi

coffee

Pagi minum kopi, siang kopi, dan malam pun kopi. Kebiasaan terlalu banyak minum kopi ini juga bisa menjadi penyebab seseorang memiliki bau badan tak sedap. Kopi mengandung kafein, kafein ini bisa merangsang tubuh dan sistem saraf untuk lebih aktif. Yang akibatnya, kelenjar keringat pun juga menjadi lebih aktif dari biasanya.

Kopi memiliki sifat asam yang kuat. Sebenarnya tubuh kita memiliki caranya sendiri untuk mengurangi asam berlebih. Caranya adalah dengan bantuan air liur. Tapi ketika seseorang tidak memiliki air liur yang cukup, maka sulit untuk mengurangi tingkat keasaman dari kopi. Kondisi asam ini sangat mendukung untuk tumbuhnya bakteri yang bisa memicu bau badan.

5. Alkohol

alcohol

Nampaknya jika dilihat, ada semakin banyak orang yang gemar meminum minuman yang mengandung alkohol. Kalaupun tidak sampai benar-benar mabuk, paling tidak masuk sampai tahap social drinker dimana mereka minum hanya untuk sekedar bersenang-senang dengan teman dan juga partner kerja. Meski begitu, efek negatifnya tetap ada untuk tubuh. Sudah bukan hal baru lagi bahwa minum minuman beralkohol bisa memberikan dampak buruk bagi ginjal dan hati.

Itu adalah efek yang sudah parah, efek negatif yang masih dalam tahap ringan namun tidak disadari adalah munculnya bau badan. Ketika alkohol masuk ke dalam tubuh, perlu waktu bagi tubuh untuk bisa mengeluarkan semua sisa alkohol. Sisa alkohol tidak hanya dikeluarkan melalui air kencing saja tapi juga bisa melalui pori-pori dan kelenjar keringat. Ini kenapa orang yang meminum alkohol bisa tercium bau yang tidak enak dari tubuhnya.

4. Makanan Yang Digoreng

fried food

Beberapa hal yang bisa membuat seseorang mengalami masalah bau badan adalah sulfur, protein, lemak, dan makanan berminyak. Coba kalian telusuri apa saja yang telah kalian makan. Kalau kalian hobi mengkonsumsi makanan berlemak dan makanan yang diolah dengan cara digoreng, besar kemungkinan kalian akan bermasalah dengan bau badan.

Makanan yang memiliki kandungan sulfur, tinggi protein, berlemak, dan berminyak, akan sulit untuk benar-benar dicerna. Semakin lama makanan ini ditimbun oleh tubuh, ini akan berubah menjadi rancid. Rancid menjadi penyebab kalian memiliki bau badan tak sedap, nafas bau, sendawa yang tak enak, dan perut kembung.

3. Bawang

onion

Tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran bawang sangat berguna di makanan. Dengan adanya bawang, sebuah makanan bisa menjadi terasa sangat enak. Ini lebih baik dan menyehatkan ketimbang menggunakan bumbu penyedap buatan. Bawang sendiri ada bawang bombay, bawang merah, dan juga bawang putih.

Meski bisa meningkatkan cita rasa suatu makanan, bawang juga bisa meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami bau badan tak sedap. Bawang memiliki kandungan zat allin. Allin ini bisa muncul ketika bawang dipotong atau dihancuncarkan. Ditambah dengan zat lain yang ada di dalam tubuh dan bercampur dengan bakteri yang ada di tubuh, menghasilkan bau yang sangat menyengat.

2. Telur

Ketika mencari makanan lain yang memiliki kandungan protein tinggi selain daging, jawabannya adalah telur. Meski memiliki ukuran yang kecil, telur sangat tinggi protein dan lemak. Makanya makanan satu ini juga dimanfaatkan oleh mereka yang hobi fitness dan juga mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Sudah dijelaskan di atas bahwa tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna protein. Telur ini mengandung satu zat yang bisa menyebabkan bau badan tak sedap yaitu sulfur. Ditambah dengan masalah kesehatan seperti trimethylaminuria, ini akan memperbesar kemungkinan seseorang mengalami masalah dengan bau badan.

1. Susu

dairy

Susu termasuk minuman yang menyehatkan karena mengandung nutrisi seperti kalsium dan vitamin yang dapat menguatkan tulang dan membantu pertumbuhan. Makanya orang tua memberikan susu pada anaknya agar tulangnya bisa menjadi kuat dan cepat tinggi. Apabila memiliki masalah laktosa, bisa beralih pada produk susu lain seperti keju dan yogurt.

Dibalik manfaat kesehatan yang didapat dari produk susu dan olahannya, ternyata susu juga menjadi penyebab seseorang mengeluarkan bau yang tak sedap dari tubuh. Bau badan ini muncul ketika lipid yang disekresi dalam keringat dicerna oleh bakteri yang ada di kulit. Menghasilkan produk sampingan berupa gas yang beraroma tidak sedap.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas