home -> Lainnya -> 10 Perusahaan Terkenal Yang Berasal Dari Perancis
23 Januari 2021 11:15

10 Perusahaan Terkenal Yang Berasal Dari Perancis

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada November 23, 2020

Sebagai salah satu negara yang industrinya berkembang, tentu ada banyak perusahaan besar yang berdiri di Perancis. Jika menyebut negara Perancis, tentu kalian akan langsung ingat bahwa ini merupakan salah satu negara fashion yang besar, jadi ada banyak perusahaan fashion yang bermarkas disana. Tapi Perancis lebih dari sekedar fashion. Ada banyak perusahaan dan brand terkenal lain yang juga berasal dari Perancis. Penasaran apa saja brand atau perusahaan terkenal yang berasal dari Peranci? Simak daftarnya di bawah ini.

10. L'Oreal

L'Oreal

L'Oreal bukanlah brand yang asing di telinga kita. Brand ini merupakan brand spesialis yang menjual barang-barang untuk perawatan diri. Produk skincare, rambut, dan makeup banyak diproduksi oleh L'Oreal. Jika melihat sejarahnya, perusahaan L'Oreal telah didirikan sejak tahun 1909 dan masih terus berjalan hingga sekarang.

Pada tahun 2014, perusahaan asal Perancis ini berhasil menjual produknya dalam jumlah yang besar sehingga keuntungan yang didapat mencapai 3,9 juta USD. Dianggap sebagai suatu pencapaian yang luar biasa, L'Oreal kembali mendapatkan review positif dengan masuknya perusahaan ini dalam daftar perusahaan terbesar dunia versi Forbes, Global 2000.

9. Lacoste

lacoste

Sebagai salah satu negara industri dan juga negara fashion terkenal di dunia, Perancis memproduksi banyak sekali brand fashion ternama. Salah satunya adalah Lacoste. Perusahaan yang logonya menggunakan ikon buaya ini didirakan pada 1933. Mungkin kalian akan terkejut siapa yang mendirikannya. Pendiri Lacoste adalah 2 orang atlet tenis yakni Rene Lacoste dan Andre Gillier.

Sebagai perusahaan fashion, Lacoste menjual banyak sekali produk fashion mulai dari kaos, sepatu, pakaian olahraga, kacamata, parfum, dan juga jam tangan. Satu fakta unik mengenai lambang Lacoste yang berupa buaya, ternyata buaya ini adalah julukan yang diberikan pada Rene Lacoste karena kegigihannya ketika bermain di atas lapangan hijau. Di tahun 2012, kepemilikan Lacoste berpindah tangan ke Maus Freres.

8. Chanel

Chanel

Setelah Lacoste, brand fashion ternama asal Paris selanjutnya adalah Chanel. Jika Lacoste menjual barang-barang fashion untuk pria dan wanita, Chanel ini lebih mengarah pada barang-barang wanita. Pakaian, sepatu, parfum, dan aksesoris mewah wanita. Tersebar hampir di seluruh negara, perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1909.

Orang yang mendirikan Chanel adalah Coco Chanel. Sebagai pendiri sekaligus perancang busana Coco Chanel memang memiliki selera yang tinggi akan fashion. Ia juga tahu barang seperti apa yang cocok digunakan oleh wanita yang bisa meningkatkan tidak hanya kecantikan tapi sisi elegan dari wanita. Sekarang ini, Chanel dipegang oleh Alain Wertheimer dan Gerard Wertheimer.

7. Michelin

Michelin

Ban merupakan salah satu bagian penting dari kendaraan. Tanpa adanya ban, sulit untuk suatu kendaraan bisa bergerak. Ban sendiri ada banyak merknya. Namun ada satu yang berasal dari Perancis yaitu Michelin. Para penggemar otomotif pastinya sudah tak asing lagi mendengar nama ban Michelin.

Bermarkas di Clermont-Ferrand, Michelin merupakan brand ban yang sangat terkenal akan kualitasnya. Nama Michelin sejajar dengan brand terkenal lainnya seperti Bridgestone, Goodyear, dan juga Continental. Karena variasi ban yang banyak dan kualitasnya yang terpercaya, Michelin banyak digunakan di berbagai ajang balap seperti F1 dan juga MotoGP.

6. Airbus

Airbus

Ada 2 perusahaan pembuat pesawat terbang yang terkenal di dunia. Mereka adalah Boeing dan Airbus. Bisakah kalian tebak asal dari kedua perusahaan tersebut? Boeing merupakan perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat. Sedangkan Airbus berasal dari Perancis. Masing-masing perusahaan tersebut memiliki tipe yang berbeda untuk tiap produk yang dibuat.

Untuk Airbus sendiri ada yang tipe A380, A350, A340, A330, A310, dan A300. Yang terbesar saat ini adalah tipe A380, mengalahkan Boeing 747. Markas Airbus berada di Blagnac, Perancis. Berdiri pada 1969 oleh Bernard Lathiere, Roger Beteille, dan Henri Ziegler. Beberapa perusahaan penerbangan yang menggunakan pesawat tipe Airbus adalah Lion Air, Citilink, dan Batik Air.

5. Bugatti

bugatti

Mendengar nama Bugatti langsung bisa ditebak ini bukanlah brand biasa. Dari sekian banyak brand mobil, Bugatti menjadi salah satu yang sangat populer. Ettore Bugatti merupakan perusahaan otomotif spesialis pencipta mobil supercepat. Pesepakbola asal Portugal Cristiano Ronaldo memiliki satu Bugatti Chiron di garasi rumahnya.

Ettore Bugatti didirikan di Perancis pada tahun 1909. Tak hanya cepat, Bugatti memiliki desain yang futuristik di setiap mobil yang mereka buat. Ini membuat banyak orang tergiur dan menjadikan Bugatti sebagai salah satu mobil yang musti dimiliki. Sempat mengalami masalah keuangan di tahun 1950an, Bugatti kembali bangkit secara perlahan pada tahun 1990 setelah dibeli oleh pengusaha Italia.

4. Hermès

Hermès

Banyak wanita yang begitu bangga dan senang bila mengenakan barang-barang dari Hermes. Kenapa? Karena barang-barang Hermes terkenal karena cantik, mewah, dan kualitasnya yang tinggi. Meski harganya terbilang mahal, tapi itu sangat sebanding dengan apa yang didapat dengan menggunakan barang dari brand tersebut.

Hermes International S.A. adalah perusahaan spesialis pembuat barang fashion mewah asal Perancis. Pendirinya adalah Thierry Hermes. Memiliki kantor pusat di Paris, produk yang dijual Hermes meliputi aksesoris, furnish, parfum, jam, pakaian, dan juga perhiasaan. Tahun 2013, Hermes dipimpin ole CEO Axel Dumas yang merupakan seorang miliarder dan juga pebisnis eksekutif berdarah Perancis.

3. Louis Vuitton

Louis Vuitton

Akan sangat keterlaluan apabila ada orang yang tidak kenal dengan merk Louis Vuitton. Apalagi kalau mengingat sudah betapa banyak barang fashion yang sudah dijual. Baju, jam, celana, dan tas. Kalian pergi ke mall atau tempat perbelanjaan, pasti ada melihat toko Louis Vuitton. Dan disana ada banyak busana keren dan stylish.

Sebenarnya nama panjang dari Louis Vuitton adalah Louis Vuitton Malletier, namun orang lebih mudah mengingat nama Louis Vuitton dan disingkat menjadi LV. Didirikan pada 1854 oleh Louis Vuitton sendiri. Louis Vuitton menjadi perusahaan fashion nomor 1 di Perancis dan juga dunia. Semua produk yang dijual pastinya memiliki kualitas tinggi. Dan dimana ada kualitas, harganya juga pasti akan mahal.

2. AXA

AXA

Sekarang ini, memiliki asuransi adalah satu hal yang sangat penting dan musti dipunya. Dengan memiliki asuransi, kita jadi tak perlu takut apabila menghadapi situasi buruk seperti kecelakaan atau masuk rumah sakit. Karena nantinya akan ada sekian persen biaya tersebut yang bisa ditutup oleh asuransi. Berbicara soal asuransi, ada satu asuransi yang terkenal dan asalnya dari Perancis. AXA.

AXA S.A. adalah perusahaan asuransi multinasional asal Perancis yang kantor pusatnya berada di Paris. Beberapa hal yang diurus oleh AXA mulai dari dari asuransi, manajemen investasi, dan servis finansial. Perusahaan ini kini telah tersebar di beberapa negara di dunia. Eropa, Amerika, Asia, dan bahkan Timur Tengah ada AXA. CEOnya sekarang ini dipegang oleh Thomas Buberl, seorang pengusaha dari Jerman.

1. Carrefour

carrefour

Meski hanya sekali, pasti di antara kalian pernah ada yang berbelanja barang di supermarket. Berbicara soal supermarket, memang di Indonesia ada banyak supermarket yang dapat dijumpai dimana saja. Sebut saja salah satunya yang terkenal adalah Carrefour. Sadarkah kalian kalau supermarket besar ini berasal dari Perancis?

Pertama kali Carrefour hadir di Indonesia adalah pada tahun 1996. Setelah itu mulai bertambah banyak gerai Carrefour bermunculan di sejumlah mall. Kantor utama Carrefour berada di Massy, Perancis. Bisa dikatakan bahwa Carrefour merupakan perusahaan ritel yang menjadi saingan berat dari Wal-Mart milik Keluarga Walton.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas