home -> Lainnya -> Bagaimana Bir dan Kopi Mempengaruhi Otak Anda
17 Oktober 2018 20:28

Bagaimana Bir dan Kopi Mempengaruhi Otak Anda

Oleh admin dalam Lainnya pada August 13, 2013

Selama ini kita selalu berpikir bahwa bir dan kopi tidak baik untuk kesehatan karena alkohol dan kafein, tapi benarkah itu? Ternyata kopi dan bir tidaklah selalu berdampak negatif bagi diri kita, mereka juga dapat memberikan dampak positif khususnya saat kerja. Berikut cara bir dan kopi mempengaruhi otak kita dan bagaimana mereka dapat meningkatkan kreativitas dan kinerja.

TREN BARU: BIR BAGI KARYAWAN

beer for employee in start up company

Selama bertahun-tahun, banyak perusahaan ternama dan modern yang menawarkan kopi gratis bagi karyawannya, tetapi belakangan ini sedang ada tren baru yang muncul di perusahaan-perusahaan start-up.Tren yang berlaku di perusahaan-perusahaan start-up (perusahaan baru berdiri) tersebut adalah menawarkan bir bagi karyawannya, sebagai contoh hal ini diterapkan di salah satu perusahaan Florida.

BAGAIMANA KOPI DAN BIR MEMPENGARUHI OTAK KITA

Tapi mengapa perusahaan menawarkan kopi dan bir yang dapat memberikan efek negatif? Di bawah ini akan dijelaskan mengapa banyak orang meminum kopi selagi kerja dan bagaimana kopi dan bir dapat mempengaruhi otak kita tergantung dari situasi kita berada.

KOPI

coffee

Minum kopi selagi kerja bukanlah sesuatu yang baru, bahkan hal itu sudah sangat biasa di perusahaan-perusahaan. Tapi tahukah Anda selain menyegarkan diri kita, kopi juga ditujukan untuk mengesekusi ide-ide yang ada di pikiran kita.

KOPI DAPAT MEMBUAT LEBIH BERENERGI?

coffee make you feel more energized

Hal ini sudah dikenal secara umum, tapi bagaimana cara kerjanya? Otak kita pada dasarnya secara berkala selalu menghasilkan sebuah molekul yang dinamakan adenosine, molekul inilah yang membuat kita merasa ngantuk apabila reseptor (saraf) di otak kita berkenaan dengan adenosine ini.

Tapi begitu kafein mencapai otak kita, si reseptor (saraf) di otak kita akan lebih tertarik untuk menyatukan diri mereka dengan si kafein. 5 Menit kemudian inilah yang memberikan Anda perasaan lebih bersemangat dan berenergi daripada mengantuk.

SISI BURUK

negative side of coffee

Seperti yang diketahui secara umum, kafein juga dapat memberikan efek yang negatif. Sesudah kita merasakan kafein, maka tubuh kita akan memiliki tingkat toleransi atau kekebalan tertentu terhadap tingkat kafein tersebut dan membutuhkan kafein lebih untuk mendapatkan efek positif yang sama ke depannya.

Hal inilah mengapa beberapa orang merasa tidak dapat melepaskan diri mereka dari kafein (kecanduan).

Saat terbaik untuk Anda yang meminum kopi adalah saat Anda sudah mempunyai ide akan pekerjaan yang akan Anda lakukan tetapi Anda tidak dapat fokus karena rasa letih atau ngantuk di kesibukan kerja.

BIR

Beer

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, di perusahaan-perusahaan baru ada tren dimana bir juga ditawarkan kepada karyawan-karyawannya selagi mereka bekerja. Selain bir bermanfaat meningkatan relasi dalam lingkungan sosial ternyata ia juga membantu Anda menemukan ide-ide kreatif.

BIR DAPAT MEMBUAT ANDA LEBIH KREATIF?

beer and creativity

Di otak kita ada yang namanya cerebral cortex, yakni bagian di otak kita yang terkait dengan kesadaran, bahasa, interaksi dan pemikiran. Begitu bir mencapai cerebral cortex  ini maka Anda akan merasa kurang fokus tetapi juga merasakan kebebasan dari semua beban pikiran dan gangguan yang biasa Anda hadapi.

Begitu kadar alkohol di darah Anda menyentuh 0.07 (dua gelas bir) Anda akan menjadi lebih kreatif karena Anda tidak merasakan beban pikiran dan merasa bebas untuk menghasilkan ide apapun yang ingin Anda pikirkan. Penelitian menunjukkan melalui kebebasan ini maka Anda akan menghasilkan ide-ide yang luar biasa.

SISI BURUK

beer bad for your brain cell

Minum bir tentu memiliki efek negatif, dari kecil kita telah diberitahukan untuk menjauhi minum-minuman seperti ini. Efek negatif tersebut disebabkan karena bir dapat membuat kita kehilangan fokus dan mengurangi ingatan Anda.

Hal ini disebabkan karena alkohol dapat melemahkan sel-sel otak yang secara jangka panjang juga dapat menyebabkan gangguan jiwa dan perilaku.

Saat terbaik bagi Anda yang suka minum bir adalah saat Anda sedang mencari ide-ide baru dan bersosialisasi dengan kehidupan sosial sekitar Anda apabila memang dibutuhkan.

KETAHUILAH

how beer and coffee effect our brain

Minum bir ataupun kopi terlalu banyak justru akan memberikan efek yang benar-benar berbeda dari yang diharapkan. Minumlah secukupnya dan ketahuilah juga bahwa begitu Anda meminum salah satu dari kedua minuman ini, maka Anda akan merasakan efek negatif dari minuman ini baik Anda minum sedikit ataupun banyak.

KESIMPULAN

Jika bisa, hindari meminum kedua minuman ini dan gunakan pola hidup yang lebih baik untuk membantu kehidupan kerja Anda. Bagi Anda yang memang sudah meminum salah satu di antara minuman ini, ketahuilah bahwa bir baik untuk membantu Anda menemukan ide-ide kreatif sedangkan kopi membantu Anda melaksanakan ide-ide tersebut.

Kedua minuman ini dapat memberikan Anda gangguan kesehatan bagi tubuh Anda, walaupun juga dapat membantu kehidupan kerja Anda. Pilihannya ada di tangan Anda.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas