home -> Lifestyle -> 10 Kebiasaan Yang Bisa Merusak Mata
04 Desember 2020 14:59

10 Kebiasaan Yang Bisa Merusak Mata

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada November 20, 2020

Mata merupakan indera penglihatan yang harus diperhatikan. Sering disangka sehat-sehat saja, orang seringkali lupa memberi perhatian khusus pada mata misalnya dengan mengecek kesehatannya ke dokter mata. Selain itu, ada sejumlah kebiasaan yang dilakukan ternyata bisa mempengaruhi kesehatan mata. Kebiasaan sepele ini yang musti kita hindari apabila ingin menjaga tetap sehat. Inilah dia kebiasaan sepele yang ternyata bisa merusak mata.

10. Merokok

smoking

Siapa bilang merokok hanya bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan paru-paru saja? Nyatanya, banyak masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan oleh kebiasaan buruk satu ini. Salah satunya adalah turunnya kemampuan penglihatan kita akibat paparan asap rokok yang berlebihan. Meski kalian perokok pasif sekalipun, kalau sering terpapar asap rokok juga bisa ikut terdampak.

Merokok bisa merusak mata dan juga membuat kuli menua sebelum waktunya. Kulit sekitar mata bisa menjadi berkeriput. Belum lagi ditambah dengan asap rokok. Asap rokok bisa memperbesar kemungkinan terserang katarak, kerusakan pembuluh darah, uveitis, dan hilangnya penglihatan. Maka dari itu, cobalah untuk berhenti merokok. Tidak hanya untuk kesehatan diri sendiri tapi juga kesehatan orang tersayang di sekitar.

9. Menggunakan Obat Tetes Mata Berlebihan

tetes mata

Kemungkinan adanya benda asing yang bisa masuk ke mata selalu ada. Mau kalian beraktivitas di dalam maupun luar. Ketika ada benda asing yang masuk ke mata, contohnya debu, bisa membuat mata menjadi kering, gatal, merah, dan iritasi. Daripada menggaruk menggunakan tangan, biasanya orang akan menggunakan yang namanya obat mata.

Yang namanya obat, harus digunakan seperlunya saja. Gunakan obat mata memang diperlukan. Kalau ada debu yang masuk ke mata, mata kering, merah, dan iritasi, barulah gunakan obat tetes mata tersebut. Terlalu sering menggunakan obat tetes mata malah bisa memuat mata iritasi. Pastikan kalian gunakan obat tetes mata seperlunya atau dengan panduan dokter.

8. Menatap Komputer atau Televisi Terlalu Lama

playing comp

Ketika asyik bekerja atau bermain bisa membuat kita menatap komputer dalam waktu yang lama. Atau ketika sedang menonton acara televisi yang seru juga bisa membuat mata tertuju pada satu titik saja. Perlu diketahui bahwa menatap televisi, komputer, atau hal lain yang terang bisa membuat mata menjadi lelah.

Boleh saja kalian menatap layar televisi atau komputer dalam waktu yang lama, tapi perlu diingat bahwa mata perlu istirahat. Ketika kita menatap layar televisi atau komputer, mata jarang sekali berkedip karena terlalu berkonsentrasi dengan yang di depan mata. Akibatnya mata akan cepat kering, merah, dan gatal. Istirahatkan mata dari layar selama beberapa menit baru kembali bekerja lagi.

7. Tidak Melepas Lensa Kontak

lensa kontak

Berkat adanya lensa kontak, orang jadi tidak perlu takut kelupaan membawa atau menggunakan kacamata. Dan orang juga tidak perlu merasa insecure karena ejekan orang. Seringkali orang mengejek temannya yang menggunakan kacamata. Membuat wajah terlihat berbeda atau bahkan penggunaan kacamata yang tidak tepat malah membuat orang jadi lebih tua atau tidak dikenali.

Namun ada efek samping juga dari penggunaan lensa kontak ini. Dipakai di pagi hari sebelum keluar rumah, seringkali orang lupa melepas lensa kontak ketika sudah di rumah atau ketika ingin tidur. Terlalu lama menggunakan lensa kontak malah bisa menyebabkan infeksi pada mata. Apabila dibiarkan bisa menyebabkan kerusakan permanen.

6. Memakai MakeUp Berlebihan

makeup

Tak hanya wanita, sekarang banyak pria yang juga menggunakan makeup di wajahnya. Mereka yang menggunakan makeup setidaknya mulai memperhatikan perihal penggunaan makeup. Kapan harus memulai makeup dan kapan harus menghapusnya. Karena kalau kalian menyepelekan hal ini, bahayanya bisa tidak terduga.

Menggunakan efek makeup yang berlebihan sampai lupa untuk membersihkannya bisa membahayakan kesehatan. Apalagi kalau kalian mengaplikasikan makeup di daerah sekitar mata. Penggunaan makeup dekat mata seperti eyeliner atau maskara bisa menutup kelenjar minyak yang bisa membuat bakteri tumbuh subur. Disarankan untuk tidak lupa mengganti maskara dan makeup lainnya secara rutin untuk menghindari tumbuhnya bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

5. Diet Yang Tidak Seimbang

unbalanced diet

Mengkonsumsi makanan yang tidak seimbang juga bisa membuat kesehatan menurun. Mata juga memerlukan nutrisi yang didapat dari pola makan yang sehat. Pola makan yang tidak seimbang seperti makan makanan cepat saji tidak hanya bisa membuat berat badan saja yang naik, tapi mata juga ikut terpengaruh.

Mata memerlukan nutrisi seperti vitamin C, A, E, lemak omega 3, dan zinc. Nutrisi ini hanya bisa didapat dari pola atau diet yang sehat. Konsumsilah sayuran hijau, daging, ikan, kacang, dan buah. Minum air juga turut membantu kesehatan mata. Kalau tidak cukup minum air putih, maka mata kesulitan untuk memproduksi air mata yang berguna untuk menjaga mata tetap basah.

4. Tidak Menggunakan Pelindung

eye protection

Di beberapa aktivitas, menggunakan kacamata khusus sangat dianjurkan. Ini dilakukan agar melindungi mata dari benda asing yang mungkin saja bila masuk akan melukai mata. Seperti apa kacamata pelindung yang harus digunakan? Kalau itu tergantung dari kegiatan apa yang kalian lakukan dan seberapa sering dilakukan.

Ambil contoh pekerja bangunan, mereka memerlukan kacamata pelindung yang bisa melindungi mata mereka dari debu, pasir, atau benda tajam. Kalau kalian berenang, gunakan juga kacamata renang yang sesuai. Bahkan aktivitas sederhana seperti sepedaan juga sebaiknya menggunakan kacamata yang bisa memantulkan sinar ultraviolet.

3. Kurang Tidur

less sleep

Ternyata kurang istirahat bisa membawa pengaruh buruk yang lebih besar daripada yang kalian kira. Sudah jelas bahwa kurang tidur bisa membuat seseorang lelah dan juga mood berantakan, tapi ternyata kurang tidur juga bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan mata. Coba saja kalian kurang tidur, kalian pasti akan merasa tidak enak di bagian mata bukan?

Efek kurang tidur pada mata bagi setiap orang bisa cukup bervariasi. Ada yang bisa mengalami kantung mata menjadi hitam, mata gatal, merah, dan iritasi. Apabila kalian sudah melihat tanda-tanda itu, pastikan untuk mencukupi kebutuhan tidur kalian. Pastikan kalian tidur malam setidaknya 7 jam dan singkirkan semua hal yang bisa mengganggu waktu tidur.

2. Menatap Komputer atau Televisi Di Ruangan Gelap

menonton komputer

Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai bahaya menatap layar komputer atau televisi terlalu lama bisa merusak mata, maka ada satu hal lagi yang lebih berbahaya namun sering sekali dilakukan oleh banyak orang. Hal itu adalah menonton televisi atau menatap komputer di dalam ruangan yang gelap.

Ketika menatap layar televisi atau komputer di ruangan yang gelap, maka akan terjadi perubahan cahaya yang sangat cepat. Hal ini membuat mata harus beradaptasi lebih keras untuk bisa beradaptasi. Karena kerja ekstra yang dilakukan mata ini, membuat mata akan lebih cepat lelah dan membuat kepala menjadi sakit.

1. Mengusap Mata Dengan Tangan

menggaruk mata

Tidak jarang mata terasa gatal atau perih. Mata gatal atau perih bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena kena asap kendaraan bermotor, asap rokok, dan juga debu. Ketika sudah merasa tidak nyaman, otomatis kita akan mengusap atau menggaruk mata dengan menggunakan tangan agar rasa gatal atau perih itu hilang. Meski rasa tak nyaman itu bisa hilang, tapi ini justru bisa mengganggu kesehatan mata.

Dengan mengusap atau menggaruk mata menggunakan tangan, maka kita akan memberikan tekanan yang sebenarnya tidak boleh dan tidak bisa diterima oleh mata. Belum lagi ditambah dengan kondisi tangan yang belum tentu bersih. Memungkinkan mata kemasukan benda asing lain. Solusinya adalah dengan membilas mata dengan menggunakan air bersih ketimbang menggunakan tangan untuk menggaruk.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas