home -> Lifestyle -> 10 Kebiasaan Buruk Yang Sering Dilakukan Di Pagi H...
04 Desember 2020 15:04

10 Kebiasaan Buruk Yang Sering Dilakukan Di Pagi Hari

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada November 17, 2020

Bangun pagi menjadi hal penentu mood seseorang untuk di hari itu. Kenapa demikian? Karena kalau ada suatu hal buruk yang terjadi, maka mood pasti akan rusak seharian. Apabila bangun pagi sudah diawali dengan hal yang menyenangkan, maka apapun yang dilakukan pada hari itu juga akan terasa senang. Hal buruk yang dimaksud termasuk di dalamnya seperti kegiatan atau aktivitas yang kita lakukan setiap pagi. Tak kita sadari bahwa ada kebiasaan di pagi hari yang ternyata tak hanya bisa merusak mood, tapi juga bisa merusak kesehatan apabila dilakukan secara terus menerus. Apa saja kebiasaan buruk yang sering dilakukan di pagi hari?

10. Mengeluh

morning complain

Dikira sepele ternyata tidak juga. Mengawali pagi dengan pikiran yang negatif sudah salah. Begitu bangun lalu langsung dipikirkan hal-hal negatif malah bisa berpengaruh pada kegiatan seharian. Padahal kita butuh hal yang positif dan bersemangat untuk bisa menghadapi hari demi hari. Salah satunya adalah dengan mengeluh.

Memikirkan tentang hal negatif dan mengeluhkannya bisa berujung pada stres. Dan kita semua tahu bahwa stres bukanlah hal yang baik. Tak hanya jelek untuk pikiran tapi juga fisik. Tak ada untungnya mengeluh tentang rutinitas kerja atau sekolah yang dihadapi karena itu tidak akan mengubah kenyataan bahwa orang memang harus sekolah dan bekerja.

9. Langsung Bangun Dari Tempat Tidur

wake up

Mungkin kalian di pagi hari ada tugas kantor yang harus segera dikerjakan atau meeting sehingga membuat kalian harus segera bangun pagi dan melakukan persiapan. Langsung bangun dari tempat tidur yang terlihat biasa saja dan bagus dalam segi efisiensi waktu ternyata menyimpan efek negatif di baliknya. Tubuh tidak bisa dikagetkan dengan langsung bangun dan melakukan aktivitas.

Mesin mobil atau motor saja perlu dipanaskan sebelum mau digunakan, begitu juga dengan tubuh manusia. Begitu kalian bangung, tidak masalah kalian berguling sebentar di tempat tidur sampai benar-benar tubuh siap untuk bangun. Lakukan sedikit stretching sangat disarankan untuk membuat otot-otot tubuh siap untuk melakukan aktivitas berat.

8. Sarapan Dengan Menu Yang Berat

heavy breakfast

Sebelum memulai aktivitas pagi yang melelahkan, tubuh butuh energi. Dan energi itu hanya bisa didapat dari makanan. Makanya banyak orang menyarankan untuk memakan sarapan sebelum berangkat kerja atau sekolah. Tapi yang sering dilakukan adalah kita memakan sarapan terlalu banyak dan berat dengan harapan perut kenyang dan tenaga terisi.

Setelah bangun tidur, semua organ tubuh butuh waktu kembali menyiapkan diri. Termasuk itu adalah lambung kita. Langsung menyantap makanan berat dan berkalori besar seperti nasi, gorengan, dan lain sebagainya malah bisa membebani kinerja lambung. Kalian bisa saja memiliki masalah pencernaan apabila selalu sarapan dengan menu yang terlalu berat.

7. Mandi Air Panas

shower

Siapa di antara kalian yang senang mandi air panas terutama di pagi hari? Memang setelah istirahat malam yang panjang, mandi dengan air panas di pagi hari bisa meningkatkan mood dan membuat segar. Tapi apakah benar demikian? Ternyata, mandi dengan air panas setelah bangun pagi bukanlah pilihan yang tepat.

Jika karena alasan agar tubuh merasa segar dan ngantuk hilang, yang harus dilakukan adalah mandi dengan air dingin. Setelah bangun pagi, lebih baik mandi dengan suhu air normal. Tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Dengan demikian, tubuh akan menjadi lebih rileks dan tidak tegang. Detak jantung pun juga tidak berubah secara drastis.

6. Mengecek Handphone

handphone

Kehadiran smartphone di zaman sekarang sedikit banyak membawa perubahan pada hidup manusia. Karena keberadaan smartphone, semua hal bisa dilakukan di smartphone dan membuat orang susah lepas dari benda satu ini. Sebelum tidur bahkan setelah bangun pun yang langsung dicari adalah handphonenya.

Setelah bangun pagi kebanyakan orang langsung mencari handphone dan membuka sosial media miliknya. Melihat ada berita atau update terbaru apa tentang kejadian hari ini. Yang semula hanya mengecek sebentar malah jadi menghabiskan waktu di handphone. Belum lagi kalau melihat berita gosip atau hoax, kepala sudah terisi dengan hal-hal yang negatif.

5. Melupakan Olahraga

morning workout

Siapa bilang di rumah tidak bisa melakukan olahraga? Mau pakai alasan terlalu malas, badan pegal, dan masih mau tiduran itu hanyalah ciri dari orang malas. Padahal olahraga pagi sebelum berangkat beraktivitas bisa memberikan efek positif pada tubuh dan pikiran. Sayangnya banyak orang yang melupakan hal satu ini.

Melakukan olahraga pagi tidak perlu yang langsung olahraga berat seperti mengangkat beban atau lari. Cukup dengan jogging, jumping jack, dan cardio ringan lain sudah cukup untuk membuat tubuh siap untuk menghadapi aktivitas. Apalagi olahraga ringan di pagi hari sangat efektif dalam membakar lemak, meningkatkan metabolisme, dan produktivitas.

4. Tidak Minum Air Putih

drink water

Ketika kita tidur, tubuh tidak mendapatkan supply energi dari makanan dan juga minuman. Metabolisme tubuh menurun tapi bukan berarti berhenti total. Semua tetap berjalan namun dengan tempo yang lebih lambat dari biasanya. Karena tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman dalam jangka waktu yang lama, itulah penyebab kenapa kita merasa haus ketika bangun pagi.

Para ahli kesehatan menyarankan untuk segera minum air putih setelah bangun. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengisi cairan tubuh yang berkurang ketika tidur. Dengan minum air putih tidak hanya mengisi cairan tubuh, tapi juga bisa membantu kalian bangun, dan mengembalikan metabolisme seperti semula. Tentang takaran air yang harus diminum, kalian minum air sekiranya sampai rasa haus kalian hilang.

3. Melewatkan Sarapan

skip breakfast

Meski bangun telat atau kesiangan, tetap tidak dibenarkan untuk melewatkan sarapan. Karena sarapan pagi adalah hal penting yang harus dilakukan. Tujuannya jelas untuk memberikan nutrisi dan energi setelah tubuh seharian dalam masa istirahat tanpa makan dan minum. Lagipula memang sudah telat, jadi buat apa tergesa-gesa untuk mengejar waktu lagi.

Perlu diingat lagi bahwa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan selama tidur. Jadi tubuh tidak mendapatkan pasokan energi sehingga kita akan mudah capek ketika beraktivitas. Tubuh capek, tak ada tenaga, produktivitas pun ikut menurun. Sarapanlah dengan makanan yang ringan namun tetap sehat. Contohnya seperti cereal, oatmeal, buah-buahan, roti gandum, dan lain sebagainya.

2. Minum Kopi

coffee

Sangat disadari bahwa ketika bangun pagi yang terasa sekali adalah haus. Ini karena ketika tidur tubuh tidak mendapatkan masukan mineral sama sekali. Sementara metabolisme tetap jalan dan kita tetap bernafas. Meski merasa sangat haus, bukan berarti kita bisa seenaknya langsung memasak dan meminum kopi.

Meskipun kalian sangat adiktif terhadap kopi, sebaiknya setelah bangun pagi yang diminum adalah air putih. Meminum kopi dalam kondisi perut kosong malah bisa menyebabkan pencernaan jadi terganggu seperti asam lambung naik. Belum lagi ditambah dengan meningkatnya hormon kortisol yang menjadi penyebab stres.

1. Menekan Tombol Snooze dan Kembali Tidur

snooze

Siapa disini yang sulit bangun tidur sehingga bergantung pada alarm? Tidak ada salahnya bergantung pada alarm karena memang alarm tercipta untuk membantu mereka yang memiliki masalah bangun tepat waktu. Yang menjadi masalah adalah ketika alarm sudah berbunyi lalu kalian menekan tombol snooze.

Ketika kalian menekan tombol snooze, kebanyakan orang lebih memilih untuk melanjutkan tidurnya kembali. Dimana ini adalah kebiasaan buruk yang bisa mengakibatkan kalian telat bangun. Telat bangun bisa berakibat semua jam aktivitas akan mundur dari biasanya. Kalian jadi terburu-buru bangun, lupa sarapan, dan emosi di jalan. Sekali kalian sudah mengatur alarm, maka kalian harus konsisten untuk bangun pada jam yang sudah ditentukan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas