home -> Lifestyle -> 10 Cara Merawat Rambut Agar Sehat dan Kuat
04 Desember 2020 14:37

10 Cara Merawat Rambut Agar Sehat dan Kuat

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada November 13, 2020

Seperti bagian tubuh yang lain, rambut juga perlu dirawat dengan baik. Apalagi rambut adalah bagian kepala yang paling pertama terkena sinar matahari dan juga hujan. Jika tidak dirawat, maka rambut akan mudah rontok yang akan berujung dengan kebotakan. Tentu tidak mau kan kalian mengalami kebotakan di usia muda. Maka dari perlu dilakukan beberapa hal agar rambut tetap terjaga kesehatannya. Untuk menjaga kesehatan rambut, berikut tips yang bisa kalian ikuti.

10. Kenali Jenis Rambut

hair type

Tidak semua orang memiliki karakter rambut yang sama. Ada yang kering, berminyak, keriting, lurus. dan lain sebagainya. Ada begitu banyak karakter rambut, kalian harus mengetahui rambut kalian termasuk tipe yang seperti apa. Dengan mengetahui karakter rambut sendiri maka akan menentukan langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

Sebagai contoh, ada beberapa orang yang memiliki rambut dengan karakter berminyak. Untuk mengatasi rambut berminyak, kalian musti cari tahu dulu kenapa rambut bisa berminyak, setelah itu baru mencari cara untuk mengurangi minyak. Mengurangi minyak di rambut bisa dengan vitamin, shampoo, atau juga konsultasi ke ahli. Jadi, perawatan rambut seseorang belum tentu sama karena perbedaan jenis rambut ini.

9. Memijat Kulit Kepala

memijat

Kulit kepala ternyata juga butuh yang namanya dipijat. Memijat merupakan usaha untuk memperlancar peredaran darah dengan cara menekan secara perlahan dengan pola tertentu. Dengan memijat, maka peredaran darah di bagian tubuh yang dipijat akan lebih lancar. Hasilnya, tubuh akan menjadi lebih enak.

Kulit kepala yang menjadi tempat akar rambut tumbuh, perlu yang namanya dipijat. Dengan melakukan pijatan dengan rutin, maka peredaran darah di kulit kepala akan menjadi lancar. Ini juga akan meningkatkan peredaran yang menuju folikel rambut. Kalian bisa melakukan pijatan di kulit kepala ini saat kondisi kepala kering atau basah selama beberapa menit.

8. Jangan Lupa Konsumsi Vitamin

vitamin for hair

Ketika nutrisi yang didapat dari makanan sehari-hari dirasa masih kurang, maka disinilah fungsi vitamin ada. Vitamin berguna untuk menambah atau melengkapi nutrisi yang tidak ada atau kurang dari makanan sehari-hari. Tidak ada masalah kalian mengkonsumsi vitamin, yang penting kalian tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Untuk rambut, kalian perlu mengkonsumsi vitamin yang memang dibutuhkan oleh rambut. Beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh rambut seperti vitamin A, B, C, D, E, iron, dan zinc. Vitamin-vitamin inilah yang bisa membuat rambut menjadi sehat, kuat, dan berkilau. Agar tidak salah dosis, perlu mengkonsultasikan vitamin apa saja yang harus dikonsumsi dan batasannya pada dokter.

7. Pilih Shampoo Yang Tepat

shampoo

Banyaknya produk shampoo yang beredar di pasaran bukanlah tanpa alasan. Banyaknya jenis shampoo ini disebabkan karena setiap orang memiliki jenis atau karakter rambut yang berbeda. Karakter rambut yang berbeda, berbeda pula perawatan serta shampoo yang harus digunakan. Kalian tidak bisa menganggap semua orang memiliki rambut yang sama dan bisa menggunakan shampoo yang sama.

Sembarangan menggunakan shampoo malah justru bisa merusak rambut. Kalau kalian memiliki karakter rambut berminyak, maka kalian harus menggunakan produk shampoo yang memiliki manfaat mengurangi minyak di kepala. Maka dari itu, penting bagi kalian untuk mengenali karakter rambut kalian sebelum membeli shampoo.

6. Hindari Keramas Dengan Air Panas

hot water

Merawat rambut sebenarnya mudah. Untuk menjaga kesehatan rambut, kalian cukup mandi atau keramas dengan menggunakan air dengan temperatur rendah atau dingin. Sangat tidak disarankan untuk keramas menggunakan air panas. Meski memang ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan mandi air hangat.

Terkhusus untuk rambut, bagian tubuh satu ini sangat sensitif terhadap suhu tinggi atau panas. Sering dihadapkan dengan suhu panas malah bisa membuat rambut jadi rusak dan mudah rontok. Agar rambut tidak cepat rusak, mandilah dengan menggunakan air dengan suhu ruangan apabila kalian tidak kuat mandi dengan suhu yang terlalu dingin.

5. Tidak Boleh Menyisir Rambut Dalam Kondisi Basah

brushing hair

Menjaga kesehatan rambut bukan hanya dengan keramas saja, tapi bagaimana cara kita dalam menyisir rambut juga bisa menentukan kesehatan rambut kita. Kesalahan dalam melakukan sisiran bisa membuat rambut menjadi rontok. Terlalu kasar seperti terlalu menarik rambut atau menyisir rambut dalam keadaan basah adalah kebiasaan yang salah.

Ketika rambut dalam keadaan basah, rambut dalam kondisi sensitif dan lemah. Langsung menyisir rambut dalam kondisi basah justru bisa membuatnya rusak dan mudah rontok. Memang menyisir rambut terlihat lebih mudah karena adanya air. Tapi lebih baik menunggu rambut benar-benar kering barulah dirapikan menggunakan sisir.

4. Tidak Perlu Sering Keramas

washing hair

Tinggal di daerah tropis seperti Indonesia membuat rambut menjadi berminyak, kering, dan lengket. Alhasil, banyak orang yang mengatasinya dengan cara keramas. Memang dengan keramas bisa membuat kepala dan rambut menjadi lebih segar, tapi jika dilakukan terlalu sering justru bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri.

Terlalu sering keramas justru bisa membuat rambut menjadi kering. Ini dikarenakan produk shampoo yang digunakan memiliki fungsi menghilangkan minyak yang menjadi penyebab rambut berminyak. Padahal fungsi minyak ini adalah sebagai pelembap alami rambut dan kulit kepala agar tidak terlalu kering. Keramaslah secukupnya agar minyak alami di kepala tidak rusak.

3. Jangan Terlalu Sering Mengganti Warna Rambut

hair coloring

Salah satu cara untuk bisa tampil keren adalah dengan mewarnai rambut. Ada berbagai macam cat rambut dengan berbagai warna yang bisa diaplikasikan untuk kegiatan yang berbeda. Selesai acara yang satu dan harus ganti ke acara lain, tinggal bilas dan pakai warna cat yang lain. Sering gonta-ganti cat ini malah bisa berdampak buruk pada kesehatan rambut.

Meski keren, cat rambut itu terbuat dari bahan kimia. Sering menggunakan cat rambut bahkan sampai gonta-ganti cat justru bisa merusak warna asli dari rambut. Bahan kimia dari cat juga bisa mempengaruhi akar rambut. Tak hanya warna rambut yang rusak, akar rambut juga jadi lemah. Jadinya bisa mempercepat terjadinya kebotakan.

2. Hindari Mengeringkan Rambut Dengan Hair Dryer

hair dryer

Keberadaan hair dryer atau pengering rambut sangat berguna bagi kita. Jika di saat dikejar waktu, setelah keramas bisa langsung mengeringkan rambut dengan menggunakan hair dryer. Mungkin dari segi efisiensi waktu, hair dryer sangat membantu. Tapi dari segi kesehatan, penggunaan hair dryer saat rambut dalam kondisi basah tidaklah menyehatkan.

Ketika rambut dalam kondisi basah lalu langsung dihadapkan dengan udara panas dari hair dryer, ini justru bisa membuat usia rambut berkurang. Perubahan kondisi dan suhu yang ekstrim dari basah ke kering ini malah bisa menciptakan kerusakan pada rambut dan juga kulit kepala. Lebih baik gunakan handuk untuk menyingkirkan sisa air yang ada di rambut. Jika sudah sisa sedikit, barulah gunakan hair dryer. Atur pula hair dryer di mode yang terkecil agar tidak membuat rambut rusak.

1. Diet Sehat

balance diet

Apa yang kita makan akan berdampak pada tubuh kita. Jika kita mengkonsumsi makanan yang sehat, maka tubuh kita pun akan mendapat manfaat yang positif. Apabila kita makan sembarangan, tidak hanya bisa membuat kita jadi gemuk, tapi juga kondisi kesehatan menjadi diperhitungkan. Termasuk kesehatan rambut juga ikut terpengaruh oleh diet yang kita jalani.

Untuk memperoleh rambut yang sehat dan kuat, diet apa yang kita jalani juga turut mempengaruhi. Diet yang tepat bisa membuat rambut tumbuh dengan baik, sehat, dan kuat. Supaya bisa begitu, kita perlu mengkonsumsi makanan yang tepat. Makanan yang bagus untuk rambut adalah makanan yang mengandung proteinm, antioksidan, dan biotin.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas