home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Memiliki Kadar Air Tinggi
04 Desember 2020 15:18

10 Makanan Yang Memiliki Kadar Air Tinggi

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada November 10, 2020

Ketika seseorang kurang minum maka tubuhnya akan mengalami yang namanya dehidrasi. Jika sudah demikian, sesegera mungkin kita harus mencari air minum untuk mengembalikan kadar air yang ada di dalam tubuh. Perlu kalian ketahui bahwa air putih bukanlah satu-satunya sumber mineral yang bisa kalian konsumsi. Ada pula makanan lain yang juga memiliki kadar air tinggi. Apa saja makanan yang memiliki kadar air tinggi? Inilah dia daftarnya.

10. Brokoli

broccoli

Tak sedikit anak-anak yang malas mengkonsumsi makanan berwarna hijau yakni sayuran. Alasannya karena warna serta bentuk yang tak menarik serta rasanya yang tak enak. Tak heran banyak orang tua yang dibuat pusing karena anaknya sangat sulit untuk disuruh makan sayuran. Tapi tetap orang tua harus memberikan anaknya sayuran.

Selain terkenal akan seratnya yang bagus untuk menjaga pencernaan tetap sehat, sayuran juga sangat tinggi akan mineral. Apalagi jika itu brokoli. 90% brokoli terdiri dari air, ditambah dengan vitamin K, A, iron, kalsium, dan folic acid. Tinggal bagaimana cara memasak brokoli agar tidak pahit dan enak dimakan. Mungkin kalian bisa mencoba untuk memanggang brokoli, dicampur dengan kacang almond dan minyak wijen.

9. Jamur

mushrooms

Terdiri dari 92% air, jamur menjadi makanan kesekian yang memiliki kandungan air sangat tinggi. Selain air, jamur juga dapat ditemukan vitamin B2. Vitamin B2 ini bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit dan sarat. Kalau kalian ingin memiliki kulit yang kencang, sehat, dan bersinar, jangan lupa untuk mengkonsumsi jamur.

Jamur juga bisa menjadi pendukung dari makanan lain. Maksud pendukung disini adalah jamur bisa membantu melepaskan energi lebih maksimal dari makanan yang sudah kalan makan. Untuk mengolah jamur juga sangat mudah. Kalian bisa menumis jamur dan mencampurkannya dengan berbagai macam makanan lain seperti tomat, wortel, jagung, dan sayuran.

8. Bayam

spinach

Sebaiknya kalian tidak malas atau takut makan sayuran karena ada banyak manfaat kesehatan yang diberikan oleh makanan hijau satu ini. Setelah tadi disebutkan manfaat luar biasa dari brokoli, kini adalah giliran bayam. Sayuran hijau yang menjadi sumber kekuatan dari karakter kartun Popeye ini memiliki banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam bayam terkandung vitamin K, vitamin A, mangan, folat, tembaga, vitamin B2, B6, E, kalsium, vitamin C, dan juga yang tidak terlupa adalah air. Sebanyak 93% dari bayam terdiri dari air. Air dalam bayam bisa membantu kita untuk tidak haus. Tembaga dalam bayam membantu mengirim oksigen ke seluruh bagian tubuh dan meningkatkan imun tubuh.

7. Melon

melon

Ketika memotong melon saja sudah terlihat bahwa buah ini mengeluarkan air yang sangat banyak. Mengetahui hal tersebut maka tak jadi alasan kenapa kita harus melewatkan buah satu ini. Apalagi ketika sudah capek beraktivitas dan haus sementara di sekitar kita tidak ada yang menjual air. Ada buah melon, langsung dipotong dan makan saja.

Buah melon memiliki kandungan air sebanyak 91%. Belum lagi ditambah dengan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Bagi kalian yang tengah menjalani program untuk menurunkan berat badan, bisa memasukan melon dalam menu diet kalian. Melon memiliki kalori dan gula yang sanagt rendah. Jadi aman untuk dikonsumsi.

6. Tomat

tomato

Sudah bukan hal baru lagi bahwa tomat mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Yang umum diketahui bahwa tomat bisa membantu menurunkan resiko terkena kanker dan penyakit jantung. Ini dikarenakan tomat memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, serat, dan juga termasuk makanan anti oksidan.

Bukti bahwa tomat mengandung air, kalian bisa melakukannya dengan memotong jadi 2 bagian atau menghancurkannya. Akan terlihat bahwa bagian dalam tomat sangat berair. Untuk ukuran sedang, tomat memiliki kandungan air sebanyak 118 ml. Selain bagus untuk mencegah dehidrasi, tomat juga bisa dimakan untuk menurunkan berat badan. Kalori di tomat sangat kecil, ukuran 149 gram hanya mengandung 32 kalori.

5. Daun Selada

lettuce

Rajin mengkonsumsi sayuran itu ada banyak manfaatnya. Tak hanya bagus untuk pencernaan, sayuran juga bagus untuk menjaga seseorang untuk tetap terhidrasi dengan baik. Jika sebelumnya sudah disebutkan brokoli dan bayam, kini sayuran selanjutnya yang musti kalian masukan dalam menu makanan kalian adalah daun selada.

Untuk 72 gram daun selada terdapat 59 ml air. Selain bisa membuat orang tetap terhidrasi, daun selada juga bermanfaat untuk ibu hamil. Daun selada bisa mencegah resiko bayi lahir dengan kondisi cacat. Dalam daun selada juga terdapat vitamin K dan A. Vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan mata. Sedangkan vitamin K bagus untuk kesehatan tulang dan meningkatkan imunitas tubuh.

4. Jeruk

oranges

Siapa disini yang suka dengan buah jeruk? Ada berbagai macam jenis jeruk, buah satu ini termasuk juga dalam daftar makanan dengan kadar air yang tinggi. Tak jarang dilihat di pinggir jalan ada tukang keliling yang menjual es atau jus jeruk. Haus setelah berolahraga lalu menenggak segelas es jeruk, rasanya sangat menyegarkan.

Jeruk sangat bermanfaat karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam satu buah jeruk terdapat air dalam jumlah 118 ml. Selain itu, buah jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C ini membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Rajin makan buah jeruk diyakini dapat mencegah yang namanya batu ginjal.

3. Timun

cucumber

Entah kalian sadar atau tidak, timun yang sering kita lihat di sejumlah restoran juga memiliki kadar air yang tinggi. Namun sayangnya orang agak malas mengkonsumsi timun karena rasanya yang hambar. Amat disayangkan apabila kalian melewatkan mineral yang terdapat pada timun. Belum lagi timun juga bagus untuk diet.

Sebagian besar nutrisi yang ada pada timun, salah satunya adalah air. Selain itu ada vitamin K, potassium, dan magnesium. Bila dibandingkan dengan sayuran yang lainnya, mengkonsumsi timun tidak akan membuat orang menjadi gemuk karena kalorinya yang sangat kecil. Mereka hanya memiliki 8 kalori untuk 52 gramnya.

2. Strawberry

strawberry

Siapa sangka bahwa strawberry yang berukuran kecil tapi ternyata kadar air di dalamnya sangat tinggi. Kadar air tinggi ini membuat buah strawberry sangat cocok dimakan pada saat haus. Selain bisa melepas dahaga, strawberry juga bisa menunda lapar meski hanya sebentar. Setelah makan beberapa buah, barulah kalian cari makanan dan minuman yang sesungguhnya.

Sekitar 91% strawberry teridiri dari air. Seperti kebanyakan buah, selain memiliki mineral, strawberry juga kaya akan serat, vitamin C, folate, dan mangan. Belum lagi ditambah dengan fungsi strawberry yang bisa menjadi anti oksidan. Jadi, racun atau zat berbahaya dalam tubuh bisa dikeluarkan dengan mengkonsumsi buah ini. Strawberry juga bisa membantu mengurangi resiko terserang penyakit jantung, diabetes, alzheimer, dan kanker,

1. Semangka

watermelon

Jika ada makanan yang memiliki kadar air tinggi sangat tinggi, maka itu sudah pasti adalah semangka. Buah semangka menjadi buah yang sangat favorit dan terkenal di dunia. Memiliki bentuk yang besar dan bagian dalamnya berwarna merah cerah. Dilihat sekilas saja sudah tampak jelas bahwa buah satu ini memiliki banyak air di dalamnya.

Apabila kalian merasa sangat haus dan cadangan air minum kalian habis, daripada minum minuman berenergi yang merupakan hasil ciptaan manusia, lebih baik mengkonsumsi yang alami saja yakni semangka. Semangka sangat menyehatkan dan menyegarkan. Untuk ukuran 154 gramnya, buah semangka mengandung air sebanyak 118 ml. Selain mineral, ada pula vitamin C, vitamin A, dan magnesium.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas