home -> Lainnya -> 10 Hewan Dengan Pendengaran Terbaik
04 Desember 2020 14:13

10 Hewan Dengan Pendengaran Terbaik

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada November 09, 2020

Setiap hewan memiliki keunggulannya masing-masing yang membuat mereka bisa bertahan hidup. Ada yang unggul di penglihatan dan ada pula yang memiliki pendengaran atau telinga yang sangat tajam. Memiliki pendengaran yang tajam tentu bisa memudahkan mereka untuk mendeteksi dimana mangsa mereka berada. Selain itu bisa juga membuat mereka lebih awas terhadap predator yang ingin menyerang mereka. Mari kita simak hewan apa saja yang memiliki pendengaran super tajam tersebut.

10. Merpati

pigeon

Meski tidak terlihat bukan berarti merpati tidak memiliki telinga. Terlepas merpati memiliki telinga sangat kecil, bukan berarti mereka tidak bisa mendengar. Justru merpati memiliki indera pendengaran yang sangat tajam. Mereka mampu mendeteksi suara yang memiliki frekuensi lebih kecil daripada yang bisa didengar oleh manusia.

Hal ini cukup mengesankan apabila mengingat merpati lebih sering terlihat di daerah perkotaan yang sangat berisik. Di tengah kebisingan tersebut, merpati dapat mendengar suara meski frekuensinya sangat rendah yaitu 0,5 hz. Jadi ketika ada suara seperti badai, gempa bumi, dan gunung meletus yang sangat kecil, mereka bisa langsung sadar dan terbang menjauh.

9. Tikus

rats

Memiliki tubuh kecil, berekor panjang, hitam, bau, dan sering ditemukan di saluran air. Apalagi kalau bukan tikus. Hewan ini dianggap hama karena lebih banyak mendatangkan masalah ketimbang manfaat bagi manusia. Selain bisa merusak perabotan rumah karena memiliki gigi dan kuku yang tajam, mereka juga dapat menjadi perantara penyebaran penyakit. Meski lebih banyak hal negatif ketimbang positif, tidak membuat kita harus mengacuhkan mereka.

Kita tetap harus mempelajari hewan satu ini. Apalagi setelah tahu bahwa tikus memiliki indera pendengaran yang tajam. Tikus memiliki telinga yang posisinya sangat berdekatan. Membuat mereka bisa menentukan lokasi dengan tepat asal suatu suara. Pendengaran tikus masuk dalam kategori ultrasound, jadi mereka dapat mendengar suara yang frekuensinya lebih tinggi daripada yang bisa manusia dengar.

8. Lumba-Lumba

dolphin

Memiliki otak yang pintar bukan satu-satunya kemampuan yang dimiliki oleh lumba-lumba. Sebagai pelengkap, lumba-lumba memiliki penglihatan serta pendengaran yang super tajam. Sama seperti kelelawar, lumba-lumba menggunakan teknik memantulkan suara yang disebut dengan echolocation. Dengan suara khas yang mereka keluarkan, lumba-lumba bisa mengetahui ada apa di sekitar mereka.

Dibandingkan dengan manusia, kita hanya bisa mendengar suara dengan rentang frekuensi antara 20 hz sampai 20 khz. Sebaliknya, lumba-lumba dapat mendengar suara dengan rentang frekuensi antara 20 hz sampai 150khz. Kemampuan echolocation ini digunakan bukan cuma untuk berburu agar lebih efisien, tapi juga untuk menghindari bahaya.

7. Kuda

horse

Dimanfaatkan karena memiliki stamina tinggi, lari yang cepat, dan kuat, kuda memiliki satu lagi kemampuan yang bisa membuat kita takjub. Kemampuan itu adalah telinga yang tajam. Telinga yang tajam ini berguna bagi kuda untuk memperingatkan jika ada predator seperti singa, harimau, dan hyena yang datang menyerang.

Di alam liar, kuda hidup dalam kelompok. Jika diperhatikan dengan seksama, selalu ada beberapa kuda yang bertugas sebagai penjaga dengan melihat sekeliling dan mendengarkan apabila ada predator yang datang. Seketika ada suara yang mencurigakan, mereka akan memperingatkan kawanan yang lain untuk segera melarikan diri.

6. Kucing

cats

Ketika kalian mencoba mendekati kucing liar, kenapa mereka selalu bisa langsung lari meski mereka belum melihat kedatangan manusia? Itu dikarenakan kucing memiliki pendengaran yang sangat tajam. Jadi begitu mendengar suara yang mencurigakan, mereka langsung sigap mengambil pilihan untuk melarikan diri.

Telinga kucing dapat mendengar suara dengan frekuensi 45 sampai 64.000 hz. Frekuensi ini hampir sama seperti suara "purr" yang mereka keluarkan. Dibandingkan dengan manusia yang hanya memiliki 3 otot dan 3 tulang kecil di telinga, kucing memiliki otot yang lebih banyak di telinganya. Belum lagi ditambah dengan kemampuan untuk memutar telinga mereka yang membuat mereka bisa mendengar suara lebih baik dari berbagai arah.

5. Anjing

dogs

Tak perlu jauh-jauh mencari tahu hewan dengan pendengaran yang tajam. Karena hewan dengan pendengaran terbaik dapat ditemukan dengan mudah dan banyak di dekat kita. Mereka adalah anjing. Hewan yang dijuluki sebagai sahabat terbaik manusia ini memiliki pendengaran yang sangat sensitif. Bisa dilihat ketika ada orang yang lewat depan rumah, mereka pasti akan menyalak.

Kemampuan pendengaran yang dimiliki anjing ini sangat spesial. Mereka dapat mendengar suara dengan frekuensi yang jauh di atas pendengaran manusia. Bahkan belum lama ini diadakan pemindaian MRI oleh para ilmuwan terhadap anjing. Ditemukan hasil bahwa anjing dapat merespon lebih baik ketika manusia menggunakan nada yang bersahabat dan mengundang ketika berbicara dengan mereka daripada menggunakan suara yang lebih rendah dan monoton.

4. Gajah

elephant

Ketika membayangkan hewan gajah, jelas terbayang bentuk gajah yang besar dengan gading putih panjang, belalai yang panjang, dan telinga besar yang bisa bergerak ke depan dan belakang. Memiliki bentuk telinga yang besar dan unik ternyata membantu gajah mendengar lebih baik bila dibandingkan dengan hewan lain.

Kemampuan pendengaran gajah bisa mencapai 16 sampai 12.000 hz. Membuat mereka bisa mendengar dengan baik apabila ada bahaya yang datang. Sebelum bahaya datang, para gajah bisa melarikan terlebih dahulu. Selain berguna sebagai pendengaran, telinga besar gajah bisa digunakan sebagai kipas untuk mendinginkan bagian belakang telinga mereka.

3. Burung Hantu

owl

Sebagai burung predator yang biasa aktif di malam hari, burung hantu dibekali dengan penglihatan yang super tajam. Mereka dapat melihat dengan baik di kondisi gelap dibandingkan dengan manusia. Tapi penglihatan bukanlah satu-satunya hal yang menjadi senjata utama dari burung hantu. Mereka dibekali juga dengan pendengaran yang baik.

Dengan memiliki 2 indera yang bekerja dengan sangat baik, burung hantu menjadi predator malam yang sangat menakutkan. Beberapa jenis burung hantu memiliki bentuk telinga yang unik. Ada yang memiliki telinga bengkok dengan salah satunya yang memiliki posisi lebih sedikit lebih maju dari kepala. Membuat mereka bisa mendeteksi lokasi dengan tepat berdasarkan suara yang mereka dengar.

2. Ngengat

moths

Ngengat termasuk dalam salah satu jenis serangga yang lebih aktif di malam hari. Terlihat seperti kupu-kupu, tapi ngengat berada dalam ordo yang berbeda. Banyak orang menganggap ngengat sebagai hama karena telur yang mereka taruh di tumbuhan akan berubah menjadi ulat yang akan memakan apapun di sekitar mereka dengan sangat agresif.

Meski dianggap sebagai hama, ngengat memiliki indera pendengaran yang sangat baik dibanding hewan lainnya. Kemampuan pendengaran yang dimiliki ngengat dimanfaatkan untuk mendeteksi adanya predator yang ingin menyerang mereka. Karena pendengaran mereka yang sangat tajam, ngengat bisa melarikan diri dengan cepat sebelum diserang oleh hewan lain.

1. Kelelawar

bats

Bukan hal baru lagi kalau kelelawar memiliki pendengaran yang sangat baik. Pendengaran yang sangat baik ini menjadi penutup bagi penglihatan mereka yang justru sangat buruk. Padahal mereka musti berburu di kegelapan malam. Jadi mereka mengandalkan pendengaran mereka untuk bisa bertahan hidup di alam.

Adalah teknik yang disebut sebagai echolocation yang digunakan oleh kelelawar untuk mendeteksi lokasi mangsa atau lawan. Dengan mengeluarkan suara khas mereka pada saat terbang atau saat diam, kelelawar bisa memperkirakan kondisi di sekitar mereka melalui pantulan suara yang masuk ke dalam telinga. 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas