home -> Unik -> 10 Tanaman Yang Bisa Bertahan Meski Tanpa Air
04 Desember 2020 15:07

10 Tanaman Yang Bisa Bertahan Meski Tanpa Air

Oleh serba_tahu dalam Unik pada November 04, 2020

Agar pekarangan atau halaman rumah terlihat hijau atau lebih segar, sebisanya ditanam atau ditaruh dengan sejumlah tanaman atau tumbuhan. Yang menjadi masalah adalah, orang bisa lupa atau tidak sempat menyiram tanaman kesayangannya. Membuat tanamannya lama-kelamaan menjadi layu dan mati. Tentu amat disayangkan bukan, sudah beli mahal tapi karena kesalahan sepele jadi mati. Apabila kalian termasuk orang yang pelupa dan super sibuk sehingga lupa untuk menyiram tanaman dengan air, ada beberapa jenis tanaman yang tetap bisa tumbuh meski jarang diairi. Apa saja? Berikut daftarnya.

10. Jade Plant

Jade Plant

Apabila sedang mencari tumbuhan hias yang mudah perawatannya, bisa coba dengan yang namanya jade plant. Tanaman yang tengah banyak dibicarakan orang ini memiliki mitos yang mengatakan bahwa siapapun yang memeliharanya maka akan mendapatkan hoki atau keberuntungan. Tak heran banyak orang yang tak cuma memelihara tapi menjadikannya hadiah.

Tanaman jade plant memiliki asal dari Afrika Selatan. Bagian dari tanaman jade plant yang sangat unik terletak di bagian daun. Daun dari jade plant memiliki karakteristik tebal, halus, dan tampak mengkilat. Batangnya yang kecil namun tebal mengingatkan kita pada tanaman bonsai. Bisa ditaruh di mana saja di dalam rumah, jade plant justru tidak perlu disiram air setiap hari. Terlalu sering disiram malah bisa mendatangkan jamur. Siram kalau memang tanahnya benar-benar kering.

9. Bougainvillea

bougainvillea

Bougainvillea atau yang orang kita lebih mengenalnya dengan nama bunga kertas. Berbicara soal tanaman yang minim membutuhkan air, inilah dia salah satunya. Termasuk tanaman hias yang populer, bougainvillea menjadi pilihan bukan cuma karena kemudahan dalam perawatannya. Tapi juga karena memiliki bunga yang rindang dan warnanya indah.

Selain dimanfaatkan sebagai tumbuhan hias, tanaman bougainville juga bisa digunakan sebagai obat herbal. Adalah bagian bunganya yang mengandung zat yang bagus untuk kesehatan. Tanaman satu ini berasal dari negara Amerika Selatan. Di negara tempat asalnya, tanaman bougainville sering ditanam di pekarangan rumah. Memiliki perawatan mudah, bougainville bisa tumbuh hingga 10 meter.

8. Ponytail Palm

ponytail palm

Meski namanya ada unsur palm, bukan berarti tanaman ini berasal dari keluarga palem. Tanaman ini justru berasal dari suku Arecaceae. Karena memiliki bentuk menyerupai poni kuda, tanaman ini mendapat sebutan ponytail palm. Nama lainnya adalah tanaman nolina atau juga bottle palm. Asal tanaman ini adalah dari Meksiko. 

Berbicara soal perawatan, tanaman ponytail palm justru memiliiki perawatan yang gampang. Kalian bisa meletakkannya di daerah yang terkena sinar matahari langsung. Untuk cara menyiram, kalian bisa memberi tanaman ini air kira-kira seminggu sekali. Ponytail palm lebih suka tanahnya kering dan apabila membutuhkan air, ia akan mengambilnya dari cadangan air yang disimpan di bagian batangnnya yang tebal.

7. Kaktus

cactus

Sangat tidak mungkin membahas tanaman yang bisa bertahan hidup lama meski tidak disiram tanpa menyebut nama kaktus. Tanaman hias satu ini sudah menjadi favorit banyak orang untuk dijadikan penghias di dalam maupun luar rumah. Apalagi mengingat jenis kaktus sangat bervariasi, semakin memudahkan orang untuk memilih ingin tanaman yang mana.

Tanaman kaktus juga bisa berfungsi sebagai penyegar ruangan. Sudah mudah perawatannya, bisa membuat ruangan menjadi lebih enak dilihat, dan juga bisa menjadi air purifier alami. Masalah posisi penempatan, pastikan kalian meletakkan kaktus di area yang langsung terkena sinar matahari. Untuk penyiraman, kaktus hanya butuh disiram 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

6. Snake Plant

snake plant

Tanaman hias satu ini sangat sering ditemukan di beberapa rumah yang memiliki halaman luas. Bentuknya terlihat simpel dan sangat mudah untuk dirawat. Tanaman ini adalah tanaman snake plant atau lidah mertua. Snake plant terkenal memiliki bentuk daun yang sukulen, tegak, dan memiliki ujung yang runcing seperti pedang.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat apabila memiliki tanaman snake plant. Pertama sudah jelas bahwa pemandangan rumah menjadi lebih indah dengan adanya tanaman ini. Apalagi snake plant bisa diletakkan di indoor atau outdoor. Selanjutnya, snake plant juga memiliki fungsi sebagai penyegar ruangan. Masalah air, snake plant cukup disiram air 1 atau 2 kali dalam seminggu.

5. Lithops

Lithops

Jika ingin mencari tanaman hias yang berbeda sendiri dengan tanaman lainnya, kalian bisa mengambil opsi lithops. Mereka yang tidak mengenal apa itu lithops pastinya akan mengira bahwa lithops adalah sejenis batuan kecil yang biasa ada di dalam akuarium. Padahal sejatinya, lithops termasuk dalam tanaman berbentuk seperti batu yang sangat unik.

Bukan cuma bentuknya saja yang menyerupai batu, tapi lithops juga terdiri dari aneka warna. Kemudahan dalam merawat lithops membuat tanaman satu ini menjadi pilihan para pecinta tanaman hias, terutama yang masih pemula. Tanaman ini biasa ditemukan di daerah Namibia, Afrika Selatan, pantai, dan pegunungan. Lithops memiliki daun yang letaknya saling berhadapan. Dari sela daun tersebut itulah yang nantinya akan tumbuh bunga.

4. Sago Palm

sago palm

Ada beberapa tanaman yang sudah tumbuh bahkan sebelum era dinosaurus ada di muka Bumi. Dan tanaman itu salah satunya adalah sago palm. Tanaman tua ini lebih cocok diletakkan di outdoor dan bisa bertahan di kondisi iklim yang kering dan dingin. Sago palm memiliki karakteristik memiliki daun besar, berbulu, dan batang yang kasar.

Sago palm sangat cocok dipelihara bagi mereka yang menginginkan pemandangan rumah hijau namun tidak mau repot dalam hal perawatan. Berikan air secukupnya seminggu satu kali atau hanya saat tanahnya benar-benar kering. Bagi kalian yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing lebih baik untuk berhati-hari. Tanaman ini sangat beracun bagi bagi mereka.

3. String of Pearls

string of pearls

Tanaman hias selanjutnya merupakan tanaman hias yang berasal dari Afrika Selatan. Namanya adalah string of pearls atau kalau orang Indonesia menyebutnya dengan sukulen tasbih. Disebut demikian karena memiliki bentuk tanamannya yang bulat seperti tasbih. Seperti yang kita tahu bahwa Afrika memiliki iklim panas, jadi tanamannya sudah terbiasa bertahan hidup di kondisi demikian,

Tak heran tanaman string of pearls bisa berkembang dengan baik pula. Tanpa air dan lingkungan sekitar yang kering, tanaman ini masih bisa tumbuh. Biasa hidup menjalar dan tumbuh di bawah pohon lain, tanaman string of pearls ini jika berbunga, maka ia bisa mengeluarkan aroma seperti cinnamon. Tak hanya rumah menjadi indah, aroma ruangan juga bisa menjadi wangi.

2. Agave

Agave

Ada banyak sebutan bagi tanaman mungi satu ini. Mulai dari agave tequilana, agave biru, agave tequila, atau mezcal. Tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko dan menjadi tanaman penting bagi penduduk Meksiko. Alasan pentinnya karena tanaman ini menjadi bahan dasar dari minuman tequila.

Agave bisa ditanaman di dalam pot kecil dan diletakkan dimana saja di dalam rumah. Seperti tanaman lain yang sudah dijelaskan, tanaman satu ini tidak perlu banyak disiram dengan air. Meski pemiliknya lupa atau terlalu sibuk dengan pekerjaan, tanaman agave masih bisa tumbuh dengan baik meski jarang disiram air. Jika butuh air, agave akan mengambilnya dari cadangan air yang disimpan di daunnya yang tebal.

1. Aloe Vera

aloe vera

Tentu kalian semua sudah tak asing dengan tanaman aloe vera atau lidah buaya. Tanaman ini adalah tanaman yang bisa membuat rambut menjadi sehat. Makanya banyak produk shampoo yang menyertakan aloe vera dalam bahan pembuatannya. Ternyata, aloe vera ini menjadi tanaman yang cocok dipelihara di rumah karena perawatannya yang mudah.

Aloe vera bisa tumbuh dengan baik di iklim tropis seperti Indonesia. Tak perlu disiram air, aloe vera cukup disiram 1-2 minggu sekali. Setelah disiram, aloe vera akan menyimpan kelebihan air di bagian batang daunnya. Makanya kalau kalian potong daunnya akan keluar banyak sekali air. Dari segi kesehatan, aloe vera bisa menyehatkan rambut, membunuh bakteri yang ada di buah dan sayur, mengurangi inflamasi, dan meningkatkan imub tubuh.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas