home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Memiliki Kandungan Protein Tinggi
04 Desember 2020 15:50

10 Makanan Yang Memiliki Kandungan Protein Tinggi

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada November 03, 2020

Bagi anak yang rajin ngegym atau fitness wajib untuk mengkonsumi makanan yang mengandung protein. Kenapa protein? Karena protein adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otot. Selain itu, protein juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa membuat seseorang sulit untuk sakit. Banyak  orang yang menganggap bahwa protein hanya bisa diperoleh dari daging ayam saja. Berikut ini TahuPedia akan memberikan sejumlah opsi makanan lain yang juga mengandung protein seperti daging ayam.

10. Kacang-Kacangan

lentils

Tidak banyak orang yang ingat dengan makanan kacang-kacangan. Apabila kesulitan mencari daging ayam atau harganya mahal, kacang-kacangan bisa menjadi solusi pengganti daging ayam. Masalah kandungan gizi, kacang-kacangan memiliki serat, magnesium, potassium, zat besi, folate, copper, mangan, dan juga protein.

Kacang-kacangan sangat mudah dicari dimana-mana. Cara pengolahannya pun tergantung selera dari seseorang. Bisa dijadikan camilan atau juga bisa dikombinasikan dengan sayuran. Cukup satu cup (198 gram) kacang-kacangan mengandung 18 gram protein dan 230 kalori. Beberapa contoh kacang-kacangan seperti mete, kedelai, kacang tanah, polong, merah, dan almond.

9. Keju

cheese

Makanan yang diolah dengan menggunakan bahan dasar susu pastinya memiliki kandungan protein. Itu karena pada dasarnya, susu sendiri merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein. Seperti yang kita tahu bahwa salah satu makanan hasil olahan susu yang terkenal adalah keju. Entah sudah berapa banyak jenis keju dengan rasa beraneka ragam yang dijual di pasaran.

Tapi perlu diperhatikan juga jenis keju tersebut. Karena tidak semua keju itu aman untuk dikonsumsi. Keju yang sebaiknya dikonsumsi adalah keju yang non fat atau low fat. Keju non fat atau low fat kaya akan kalsium phosphorus, selenium, vitamin B12, B2, protein, dan nutrisi lainnya. Satu cup keju dengan berat 226 gram mengandung 28 protein dan 163 kalori.

8. Selai Kacang

peanut butter

Karena bangun pagi tidak baik untuk langsung memakan makanan berat seperti nasi, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang ringan seperti roti. Roti diolesi dengan mentega, gula, dan coklat. Siapa yang bisa menolak sarapan dengan makanan seenak itu. Tapi kalau kalian ingin menggantinya dengan yang lebih sehat, bisa menggunakan selai kacang.

Selai kacang dibuat dengan menggunakan bahan dasar kacang. Dimana kacang adalah salah satu makanan yang kaya akan protein. Daripada menggunakan mentega, gula, dan coklat yang tinggi akan gula, lebih baik gunakan selai kacang. Kalian tetap bisa mendapatkan lemak, manis, dan tentunya protein.

7. Daging Babi

Lean pork

Sumber protein itu ada protein hewani dan nabati. Kalau protein nabati itu diperoleh dari tumbuhan, sedang protein hewani didapat dari hewan. Kalian makan daging hewan apapun, pastinya ada mengandung protein. Ketika orang-orang membicarakan daging ayam, sapi, dan ikan, sebagai sumber protein yang bagus untuk tubuh, ada juga daging babi yang muncul dalam persaingan tersebut.

Hanya saja, tidak semua orang bisa mengkonsumsi daging babi karena alasan agama dan lain sebagainya. Itu tidak menjadi persoalan. Yang terpenting adalah informasi penting mengenai daging babi yang juga ada kandungan protein. Daging babi mengandung nutrisi seperti thiamine, vitamin B6, B12, potassium, zat besi, dan magnesium. Salah satu alasan daging babi tidak populer karena lemaknya yang tinggi dan sulit untuk dicerna oleh tubuh.

6. Yogurt

yogurt

Ketika ada orang yang tidak bisa menikmati susu, maka munculah ide untuk mengolah susu menjadi makanan yang lain. Akan sangat sayang apabila manfaat positif yang ada pada susu tapi karena memiliki masalah kesehatan tertentu jadi tidak bisa mendapatkan manfaatnya. Maka dari itu terciptalah yang namanya yogurt.

Sama seperti keju, yogurt ini juga termasuk salah satu makanan hasil olahan dari produk susu. Bagi mereka yang memiliki masalah laktosa, bisa menjadikan yogurt sebagai alternatif. Greek yogurt, bisa menjadi salah satu solusi bagi orang yang ingin mendapatkan protein. Teksturnya sangat creamy dan mengandung protein. Sekitar 170 gram yogurt mengandung 17 gram protein dan 199 kalori.

5. Telur

eggs

Biar ukurannya kecil, namun telur itu merupakan salah satu makanan yang tinggi akan protein. Sangat bisa dijadikan substitusi dari daging. Coba kalian tanya saja pada penggemar olahraga fitness, kalau tidak daging biasanya mereka akan mencari yang namanya telur. Bahkan atlet binaraga Ade Rai pun sangat sering makan telur.

Tidak hanya protein, telur juga kaya akan mineral, anti oksidan, dan lemak. Telur itu memiliki 2 bagian yakni kuning telur dan putih telur. Kuning telurnya mengandung lemak baik, sedangkan putih telurnya mengandung protein. Satu telur memiliki 6 gram protein dan 78 kalori. Kalian bisa mengkombinasikan telur dengan makanan apa saja. Bisa sebagai sarapan, makan siang, malam, dan juga snack.

4. Susu

milk

Makanan 4 sehat 5 sempurna, dan yang menjadi penyempurna itu tidak lain adalah susu. Susu mengandung hampir semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Kalsium, phosphorus, vitamin B2, dan yang pastinya protein. Sayangnya, tidak semua orang bisa menikmati khasiat dari susu. Beberapa di antaranya ada yang memiliki masalah dengan laktosa.

Seiring perkembangan zaman dan tuntutan orang akan susu yang sehat, maka makin banyak produk susu yang dijual. Ada yang memiliki kandungan lemak tinggi, ada pula yang low fat atau rendah lemak. Bahkan bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan, ada pula yang namanya susu whey protein dimana proteinnya benar-benar protein murni, tanpa ada lemak di dalamnya.

3. Ikan

fish meat

Alternatif lain jika tidak bisa mendapatkan daging ayam, bisa beralih dengan daging ikan. Indonesia merupakan negara kepulauan, pastinya tidak sulit untuk mendapatkan ikan. Tak perlu bingung dengan banyaknya jenis ikan yang ada, karena semua daging ikan memiliki kandungan protein yang cukup untuk tubuh.

Selama ini orang hanya tahu bahwa daging ikan kaya akan lemak omega 3. Dimana lemak omega 3 sangat bagus untuk kesehatan jantung dan juga kulit. Tapi ada yang lupa bahwa ikan juga memiliki kandungan protein. Ambil contoh ikan salmon. Di setiap 85 gram ikan salmon memiliki 19 gram protein dan 175 kalori.

2. Daging Sapi

beef

Selain daging ayam, daging dari hewan sapi juga menjadi favorit banyak orang untuk dikonsumsi. Malah bisa dikatakan bahwa nutrisi yang ada di daging sapi itu lebih tinggi daripada daging ayam. Hal ini jelas berdampak pada harganya. Bila kalian bandingkan, harga daging sapi itu lebih mahal daripada daging ayam.

Daging sapi memiliki kandungan iron, vitamin B12, protein, dan nutrisi penting lain yang sangat tinggi. Cara pengolahan daging sapi paling umum dan enak adalah dengan diolah menjadi steak. Bagi yang sedang menjalani program diet, bagian daging yang disarankan untuk dimakan adalah bagian tenderloin atau has dalam. Bagian ini minim lemak.

1. Daging Ayam

chicken

Makanan yang menjadi sumber protein sangat tinggi dan favorit banyak orang sudah pasti adalah daging ayam. Daging ayam relatif mudah ditemukan karena dijual di pasar dan juga supermarket. Namun harga daging ayam cukup variatif, ada yang murah dan ada juga yang mahal. Cara pengolahannya juga sangat banyak.

Apabila kalian membeli satu daging ayam utuh, kalian bisa singkirkan bagian kulitnya. Meski kulitnya enak, bagian yang paling bernutrisi adalah dagingnya. Terlepas itu mau dada maupun pahanya. Jika kalian memilih memasaknya dengan cara dipanggang, satu daging ayam panggang tanpa kulit mengandung 53 gram protein dan 248 kalori.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas