home -> Lainnya -> 10 Manusia Tertua Dalam Sejarah
04 Desember 2020 14:15

10 Manusia Tertua Dalam Sejarah

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada November 02, 2020

Umur manusia tidak ada yang tahu. Ada yang diberi usia pendek, ada juga yang diberi usia panjang. Biasanya manusia paling lama bisa bertahan hidup antara 70 sampai 80. Bisa lebih dari itu adalah keajaiban. Karena di usia tua, semua fungsi organ tubuh menurun dan memungkinkan orang untuk meninggal kapan saja. Namun ada sejumlah orang yang berhasil menembus logika umum orang dimana mereka mampu hidup hingga umurnya lebih dari 100 tahun. Hal ini membuat para orang tersebut namanya masuk dalam daftar manusia tertua di dunia. Penasaran siapa saja manusia tertua di dunia dan usia mereka? Simak selengkapnya di bawah ini.

10. Misao Okawa - 117 Tahun, 27 Hari

Misao Okawa

Sebagai permulaan daftar orang tertua di dunia ini akan diawali oleh Misao Okawa, seorang wanita yang berasal dari Jepang. Jepang ini memang orang-orangnya dikenal sebagai orang yang sehat dan berumur panjang. Makanan yang dikonsumsi selalu yang segar dan menyehatkan seperti buah dan daging ikan.

Misao Okawa ini tercatat lahir di tanggal 5 Maret 1898. Ia tutup usia di tahun 2015 pada tanggal 1 April. Dengan demikian, Misao Okawa memiliki usia 117 tahun dan 27 hari. Misao Okawa adalah anak perempuan dari keluarga pembuat kimono yang terkenal di Jepang. Dia menjadi salah satu saksi hidup di masa Perang Dunia UU dimana Jepang saat itu masih dalam berada masa-masa sulit karena Perang Dunia II dan ekonominya yang tengah turun.

9. Chiyo Miyako - 117 Tahun, 81 Hari

chiyo miyako

Menjalani gaya hidup sehat ternyata terbukti bisa membuat umur seseorang bisa menjadi panjang. Setelah sebelumnya ada Misao Okawa yang mampu hidup hingga usia 117 tahun, kini orang tertua dunia selanjutnya masih berasal dari Jepang yakni Chiyo Miyako. Chiyo Miyako memiliki usia tak berbeda jauh dari Misao Okawa yakni 117 tahun 81 hari.

Chiyo Miyako lahir pada 2 Mei 1901, lebih awal dari Misao Okawa. Ia lalu meninggal dunia pada tanggal 22 Juli 2018. Bukan tanpa sebab kenapa Chiyo Miyako bisa hidup panjang seperti itu. Sebelum meninggal dunia, Chiyo Miyako mengaku bahwa dirinya menjalani gaya hidup sehat dimana dirinya tidak pernah merokok, selalu minum wine, dan makan belut.

8. Emma Morano - 117 Tahun, 137 Hari

Emma Morano

Abad ke-19 adalah masa dimana di Eropa sedang terjadi revolusi industri. Sejumlah negara di Eropa, dunia industrinya mengalami revolusi besar-besaran, Italia adalah salah satunya. Jika ada orang yang hidup di masa itu dan masih hidup sekarang, umurnya pasti sangatlah tua. Sebutlah Emma Morano, seorang wanita asal Italia yang sempat menyaksikan revolusi industri tersebut. Namun ia sudah meninggal duina di tahun 2017.

Emma Morano lahir di Italia pada 29 November 1899 dan meninggal dunia pada 15 April 2017. Berarti ia telah hidup selama 117 tahun 137 hari. Merupakan usia yang sangat tua di masa itu. Itu berarti Emma Morano pernah hidup di masa Queen Victoria, Karl Marx, Oscar Wilde, dan Abraham Lincoln. Emma Morano meninggal dunia di rumahnya sendiri di Verbania.

7. Violet Brown - 117 Tahun, 189 Hari

Violet Brown

Ketika dunia kehilangan salah satu manusia tertua di dunia yaitu Emma Morano, maka posisi manusia tertua di dunia di urutan berikutnya adalah Violet Brown. Violet Brown adalah seorang wanita asal Jamaica yang diketahui lahir pada 10 Maret 1900. Ia tutup usia di tanggal 15 September 2017 dalam usia 117 tahun 189 hari.

Menurut wawancara yang pernah dilakukan oleh Violet Brown, dirinya mengaku bahwa tak ada kunci rahasia mengenai umur panjangnya. Yang ia lakukan sama seperti orang pada umumnya. Ia makan dan minum apapun kecuali ayam dan babi. Dirinya juga tidak meminum rum dan minuman sejenisnya. Dirinya meninggal dunia di sebuah rumah sakit karena mengalami dehidrasi dan detak jantung tak beraturan.

6. Marie-Louise Meilleur - 117 Tahun, 230 Hari

Marie-Louise Meilleur

Kanada menjadi negara tujuan orang untuk menikmati usia tua. Kanada dikenal sebagai negara yang damai, sejuk, dan mereka yang tua-tua hidupnya dijamin oleh negara. Kenapa membahas Kanada? Itu karena salah satu manusia tertua di dunia berada di Kanada. Nama orang tersebut adalah Marie-Louise Meilleur, seorang wanita yang memiliki darah campuran Kanada dan Perancis.

Marie-Louise Meilleur lahir pada 29 Agustus 1880. Dirinya hanyalah seorang wanita biasa yang memiliki suami dan juga anak. Dirinya menjadi terkenal karena memiliki usia yang di atas rata-rata. Oa meninggal pada 16 April 1998 di usia 117 tahun 230 hari. Membuatnya menjadi manusia tertua urutan 6 di dunia. Kunci rahasia umur panjang ia ungkapkan hanya satu yakni bekerja keras.

5. Lucy Hannah - 117 Tahun, 248 Hari

Lucy Hannah

Ketika Marie-Louise Meilleur tutup usia di angka 117 tahun 230 hari, banyak orang bertanya-tanya siapakah kira-kira yang akan menjadi manusia tertua di dunia selanjutnya. Jawaban tersebut ternyata ada pada Lucy Hannah. Lucy Hannah yang lahir pada 16 Juli 1875 tercatat sebagai manusia tertua di dunia karena ia meninggal di usia 117 tahun 248 hari.

Hanya berbeda waktu sedikit dengan Marie-Louise Meilleur bukan? Lucy Hannah merupakan wanita asal Amerika yang memiliki darah campuran Afrika-Amerika. Selain memiliki usia yang luar biasa panjang, Lucy Hannah hanyalah seorang wanita biasa. Baru ketika ia meninggal pada 21 Maret 1993, ia tercatat di buku sejarah sebagai salah satu manusia tertua di dunia.

4. Nabi Tajima - 117 Tahun, 260 Hari

Nabi Tajima

Jika kalian ada yang bosan mendengar negara Jepang, itu adalah hal yang lumrah. Memang Negeri Sakura ini banyak memiliki keunikan. Salah satu keunikan selanjutnya adalah keberadaan salah satu manusia tertua di dunia bernama Nabi Tajima. Nabi Tajima diketahui sebagai manusia tertua dunia urutan 4 dengan usia 117 tahun 260 hari.

Nabi Tajima merupakan seorang wanita biasa yang lahir di sebuah pulau kecil, Kikaijima. Dirinya lahir disana pada 4 Agustus 1900. Pada tahun 2017, ia sudah memiliki 160 keturunan. Sementara ia memiliki umur panjang, suaminya yaitu Tominishi Tajima meninggal dunia lebih dulu di usia 93 tahun. Pada tanggal 21 Aoril 2018, giliran Nabi Tajima yang tutup usia. Ia membeberkan kunci umur panjangnya yakni makan makanan yang lezat dan tidak lupa istirahat.

3. Kane Tanaka - 117 Tahun, 289 Hari

Kane Tanaka

Dengan ini, Kane Tanaka menjadi penutup dari sekian banyak orang paling tertua di Jepang dan orang tertua di dunia yang berasal dari Jepang. Kane Tanaka diketahui lahir pada 2 Januari 1903. Ia lahir bertepatan dengan Wright Bersaudara menerbangkan pesawat terbang pertama di dunia. Kane Tanakan hidup di masa akhir Meiji.

Ketika Kane Tanaka lahir, ia lahir dengan prematur. Meski begitu, ia berhasil bertahan hidup hingga lanjut usia. Pekerjaannya hanya sebagai penjual shiruko dan udon. Di usia 103, Kane Tanaka divonis menderita kanker usus besar. Namun ajaibnya, ia berhasil hidup hingga usia 117 tahun 289 hari. Diketahui bahwa Kane Tanaka masih hidup hingga sekarang dan tinggal di rumah khusus manula di Higashi-ku, Fukuoka.

2. Sarah Knauss - 119 Tahun, 97 Hari

Sarah Knaus

Di urutan kedua manusia tertua di dunia diisi oleh wanita asal Amerika yaitu Sarah DeRemer Knauss atau biasa disebut Sarah Knauss. Cerita tentang Sarah Knauss bisa masuk dalam daftar manusia tertua di dunia cukup unik. Sempat terjadi kesalahan menghitung usia dari Sarah Knauss yang menyebabkan harus dilakukan verifikasi ulang.

Setelah diselidiki lebih lanjut, Sarah Knauss lahir pada 24 September 1880 dan meninggal dunia di 30 Desember 1999. Hasilnya, usia Sarah Knauss yang dikonfirmasi adalah 119 tahun 97 hari. Selama hidup, Sarah Knauss bercerita bahwa dirinya menjalani hidup seperti wanita pada umumnya. Menjadi seorang istri dan ibu yang baik. Ia tak pernah membiarkan kesedihan menyerang dirinya. Itulah yang membuat dirinya bisa bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama.

1. Jeanne Calment - 122 Tahun, 164 Hari

jeanne calment

Inilah manusia paling tua di dunia dengan usia hidup 122 tahun 164 hari, Jeanne Calment. Dengan ini, semua manusia tertua di dunia didominasi oleh wanita. Memiliki nama lengkap Jeanne Louise Calment, ia adalah wanita berdarah Perancir yang lahir pada 21 Februari 1875. Ia meninggal dunia pada 4 Agustus 1997.

Dengan usia panjangnya tersebut, banyak ahli kesehatan dan media yang mencari tahu apa yang membuat Jeanne Calment bisa hidup begitu lama di dunia. Beberapa studi pun dilakukan untuk menemukan jawabannya. Semua aspek kehidupan dari Jeanne Calment dicari tahu. Seperti makanan, olahraga, dan istirahat. Namun satu hal yang diungkap oleh Jeanne Calment, jika ada hal yang tidak bisa kamu lakukan, maka kamu tidak musti stres karenanya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas