home -> Top -> 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia
16 September 2014 07:51

10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia

Oleh raza dalam Top pada August 11, 2013

Lukisan mungkin hanya terlihat bagaikan sebuah gambar yang di gambar maupun di lukis di sebuah kanvas atau media, namun tidak bagi orang-orang yang menikmati seni dan dapat memahami keindahan suatu lukisan.

Lukisan itu adalah sebuah karya seni yang di curahkan atau ekspresi dari pelukisnya, seni dari seorang seniman tersebut yang ada pada gambar tersebut yang membuat lukisan itu terlihat ekspresif maupun imajinatif.

Tahukah Anda bahwa di dunia ini terdapat beberapa lukisan yang merupakan karya seni yang sangat di puji bahkan hingga ratusan tahun telah berlalu lukisan ini tetap menjadi suatu goresan yang terkenal.

Berikut merupakan 10 Lukisan paling Terkenal di Dunia :

10. WHISTLER'S MOTHER By James McNeil Whistler

Jika anda menonton film Rowan Atkinson yaitu Mr.Bean The Movie, maka anda akan mengenal lukisan ini.

Lukisan ini merupakan lukisan yang di buat dari cat minyak di kanvas dari seorang seniman amerika yang bernama McNeil Whistler pada tahun 1871. Nama resmi dari lukisan ini sebenarnya adalah Arrangement in Grey and Black, tapi menjadi terkenal dengan namanya sekarang yaitu "Whistler's Mother".

Lukisan ini sekarang berlokasi di Musee d'Orsay, Paris.

9. THE SCREAM By Edward Munch

Salah satu lukisan artistik dan imajinatif dari seorang seniman yang bernama Edward Munch yang berasal dari Norwegian pada tahun 1893. The Scream sebenarnya terdapat 4 versi, yaitu 1 yang di cat dan 3 yang menggunakan pastel.

Lukisan ini mengekspresikan kecemasan, kesedihan dan perasaan kagum atau terpesona. Terlepas dari seni artistik dan nilai emosi yang di gambarkan lukisan ini, nilai jual lukisan ini pun sangat Mahal yaitu pada tahun 2012 versi ke-4 dari pastel lukisan ini mencapai nilai jual $119,922,600 (Rp. 1,233,403,941,000 yaitu 1,2 Trilliun Rupiah) dalam sebuah Lelang.

8. AMERICAN GOTHIC By Grant Wood

Lukisan ini Terinspirasi dari Konsep American Gothic House, yaitu berdasarkan pada presepsi seorang seniman Grant Wood yang berpikir bahwa orang-orang harus tinggal di rumah yang seperti ini.

Lukisan ini di akui sebagai lukisan yang paling dikenal pada abad 20, model dari lukisan ini merupakan seorang adik perempuan dari seniman ini dan seorang dokter gigi. Dalam lukisan ini mereka di representasikan sebagai anak perempuan dan ayah.

7. GUERNICA By Pablo Picasso

Lukisan ini mencerminkan sebuah kejahatan dari pemboman di kota Guernica, spanyol. Picasso ingin menarik perhatian dunia terhadap betapa kebiadaban dalam pemboman yang di lakukan di kota tersebut.

Lukisan ini di kenal sebagai karya besar pada abad ke-20, dimana di lukis pada 3.5 x 7.8 Meter kanvas yang di lukis menggunakan cat minyak. Terdapat beberapa elemen pada lukisan ini seperti banteng, kuda, seorang wanita dengan anaknya yang meninggal, sebuah bohlam, tangan prajurit, dan beberapa objek tersembunyi.

6. NO. 5 By Jackson Pollock

Di buat pada tahun 1948, lukisan ini merupakan sebuah lukisan minyak  yang di lukis pada papan kain.

Jackson Pollock terkenal dengan gaya seni lukisnya yaitu Drip Painting. Dimana ia menggunakan kanvas yang di baringkan di lantai dan melukisnya dengan meneteskan warna-warna dengan alat seperti pisau, stik, handuk dan benda lainnya.

Keunikan dan keartistikan dari karya seni ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi, yaitu pada tahun 2006 lukisan ini terjual dengan harga mencapai $ 140 Juta (1,4 Trilliun Rupiah).

5. GIRL WITH A PEARL EARRING By Johannes Vermeer

Lukisan ini terkadang di kenal sebagai "Mona Lisa Belanda", dimana pada lukisan ini dapat terlihat seorang gadis dengan anting mutiara yang di lukis oleh seniman belanda Johannes Vermeer.

Lukisan ini di lukis pada tahun 1665, dimana ketika saat itu lukisan yang hanya menggambarkan sebagian tubuh ke-atas ini tidak dapat di anggap sebagai sebuah lukisan, oleh karena itu lukisan ini bahkan tidak dapat terjual.

Tapi saat ini lukisan ini telah menjadi lukisan yang paling di kagumi di dunia seni.

4. THE SCHOOL OF ATHENS By Raphael

Salah satu lukisan yang di lukis pada dinding terletak di Apostolic Palace, Vatian oleh seorang seniman bangunan Raphael Sanzio.

Raphael membuat lukisan dinding ini dalam waktu 2 tahun di dinding apostolic palace dan di lukis ini anda dapat melihat beberapa figur utama dari sekolah athena ini termasuk filosofi dan sarjana seperti plato, aristoteles, scrates, pythagoras dan lainnya. Setiap figur memiliki aktifitas yang berbeda.

3. THE CREATION OF ADAM By Michelangelo

Lukisan dinding yang mungkin paling anda sering lihat di berbagai film, karya seni dinding yang di lukis oleh seorang pemahat dan pelukis terkenal yaitu Michelangelo.

Lukisan ini merupakan salah satu bagian dari atap dinding gereja Sistine, dimana terdapat berbagai kejadian dalam kitab suci.

Lukisan ini merepresentasikan kejadian ketika adam, yaitu manusia pertama menerima kehidupan dari tahun, yang di gambarkan sebagai adam berbaring di tanah dan tuhan memberikan kehidupan dengan sentuhan dari jarinya.

2. THE LAST SUPPER By Leonardo da Vinci

Lukisan ini merupakan lukisan yang menggambarkan perjamuan malam suci, yang di lukis oleh seorang seniman bernama Leonardo da Vinci di dinding dari Biara Santa Maria Delle Grazie, Mila, Itali.

Lukisan ini di lukis pada tahun 1495, dimana pada lukisan ini terlihat yesus dan ke-12 muridnya sedang melakukan makan malam. Dimana ketika saat itu yesus memberitahukan bahwa salah satu dari ke-12 muridnya akan mengkhianati dirinya.

1. MONA LISA By Leonardo da Vinci

Karya seni ke-2 dari Leonardo da Vinci, dimana lukisan ini di kenal juga sebagai lukisan paling terkenal di dunia sepanjang sejarah.

Tidak ada lukisan yang dapat menandingin ketenaran dan popularitas dari lukisan ini sepanjang 500 tahun masa dari lukisan ini di ciptakan. Lukisan ini memiliki rekor dunia sebagai paling banyak di tiru, paling banyak di tuliskan, dan paling banyak di parodikan dalam dunia seni.

Rahasia dari lukisan ini adalah "Secret of The Smile" dari seorang wanita / perempuan, yang sampai sekarang masih menjadi misteri, dimana terdapat cerita bahwa seorang seniman perancis bernama Luc Maspero yang melakukan bunuh diri dengan meninggalkan sebuah pesan dimana ia lebih memiliki kematian dari pada memahami misteri di balik senyuman pada lukisan wanita ini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas