home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Pender...
05 Desember 2020 06:15

10 Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada October 21, 2020

Ketika seseorang sudah mendapat vonis bahwa dirinya memiliki kadar gula yang tinggi atau diabetes, maka orang tersebut tidak bisa lagi mengkonsumsi makanan dan minuman yang mereka suka. Kalau masih nekat, maka bisa berakibat fatal bagi tubuh mereka. Bisa berujung berakhir di rumah sakit. Agar tidak salah makan, maka perlu diketahui sejumlah makanan dan minuman yang bisa memicu melonjaknya gula darah. Jadi apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes?

10. Kue

cake

Salah satu dessert yang sangat menggiurkan adalah kue. Dengan berbagai macam warna, bentuk, dan rasa, sulit rasanya untuk menahan diri ketika dihadapkan dengan sebuah kue. Apalagi jika kue tersebut adalah kue yang rasanya adalah favorit kita. Kue dan segala macam dessert yang mengandung gula adalah pantangan besar bagi penderita diabetes.

Kue dan semua jenis dessert memiliki kandungan gula yang sangat tinggi dan juga karbohidrat. Bisa ada karbohidrat karena bahan dasar kue adalah tepung terigu. Hanya sepotong kecil kue terdapat gula sebesar 34 gram dan karbohidrat 48 gram. Dan 2 hal tersebut bukanlah hal yang diinginkan tubuh di saat diabetes.

9. Susu Skim

skim milk

Berbeda dengan susu biasa yang masih memiliki kandungan tinggi lemak, susu skim dianggap lebih menyehatkan karena lemak dan airnya sudah disingkirkan, menyisakan krimnya saja. Meski begitu, susu skim masih memiliki semua kandungan positif dari susu, kecuali lemak dan vitaminnya yang larus dalam lemak.

Mungkin ini menyehatkan bagi orang normal, tapi bagi penderita diabetes tidak. Dengan diambil lemak, yang tersisa sebagian besarnya adalah karbohidrat. Dan kita tahu bahwa hubungan karbohidrat dengan diabetes tidaklah baik. Memaksakan meminum susu skim di malam hari justru bisa membuat gula darah melonjak di pagi hari.

8. Yogurt

yogurt

Keberadaan yogurt sangat menguntungkan bagi sejumlah orang. Kenapa? Karena tidak semua orang bisa mengkonsumsi susu karena memiliki masalah dengan laktosa. Lalu dengan adanya yogurt, mereka yang memiliki masalah dengan laktosa tetap bisa mendapatkan manfaat dari susu. Dan karena penggemar yogurt semakin banyak dan para produsen semakin kreatif, dibuatlah yogurt dengan aneka macam rasa.

Kemunculan aneka rasa yogurt ini hanya membantu bagi sebagian orang saja. Mereka yang memiliki masalah dengan gula tidak bisa menikmatinya. Kebanyakan yogurt yang menggunakan perasa, mengandung sedikit rasa buah asli, sisanya menggunakan pemanis buatan. Selain itu, kalian juga musti berhati-hati dengan yogurt yang memiliki kandungan gizi karbohidrat. Karbohidrat juga bukan hal yang bisa dikonsumsi sembarangan oleh penderita diabetes.

7. Jus Buah

juice

Tidak sembarang buah bisa dimakan oleh penderita diabetes. Jika tidak semua aman untuk dimakan, maka jusnya pun juga tidak. Justru malah benar-benar tidak aman untuk meminum jus buah. Buah itu terdiri dari serat, vitamin, gula, dan mineral. Untuk mendapatkan manfaat yang utuh, maka harus dimakan buahnya langsung.

Sedangkan jika buah diolah menjadi jus, maka yang terbuang adalah serat dan tersisa hanya gula, mineral, dan vitamin saja. Masalahnya, ketika seseorang sudah menderita diabetes, mereka tidak bisa mengkonsumsi gula begitu saja. Meski itu adalah gula alami yang berasal dari buah-buahan. Jika ingin minuman yang menyegarkan, solusinya adalah dengan minum infused water atau seltzer tanpa kalori.

6. Makanan Cepat Saji

fast food

Kesibukan yang semakin parah dan kebutuhan orang akan makanan yang cepat membuat restoran cepat saji sangat digemari di masa sekarang. Harus diakui memang makanan cepat saji itu tidak hanya cepat, tapi makanan yang disajikan juga enak. Kalau tidak enak, tidak mungkin juga orang mau beli bukan?

Sayang, tidak semua orang bisa menikmati kenikmatan dari makanan cepat saji. Orang yang divonis menderita diabetes, tidak bisa lagi mengkonsumsi makanan cepat saji kesukaannya. Berdasarkan hasil studi yang melibatkan 3000 orang dewasa, diketemukan bahwa mereka yang rajin memakan makanan cepat saji seminggu dua kali, memiliki masalah dengan insulin. Mereka menjadi resisten terhadap insulin dan dapat memunculkan masalah diabetes tipe 2.

5. Pemanis Buatan

sweetener artificial

Jika sudah memiliki masalah dengan gula, semua makanan yang mengandung gula sudah pasti tidak bisa langsung dikonsumsi begitu saja. Jika gula alami saja sudah tidak bisa dimakan, pantangan yang sama juga berlaku pada pemanis buatan dan semua makanan yang menggunakan bahan pemanis buatan.

Dengan mengkonsumsi pemanis buatan justru dapat meningkatkan resiko metabolik sebesar 36%. Dan 67% kemungkinan meningkatnya resiko diabetes tipe 2. Hal ini terbukti dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Diabetes Care. Dikatakan pula bahwa pemanis buatan memiliki kadar manis 180-20.000 kali lebih manis daripada gula biasa.

4. Soda

soda drink

Soda sudah jelas bukan minuman yang tepat untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bahkan kamu yang belum memiliki masalah dengan diabetes, sebaiknya berjaga-jaga untuk tidak meminum minuman ini secara berlebihan. Karena minuman soda itu mengandung banyak sekali gula dalam satu kemasan. Perbandingannya, dalam 12 oz minuman bersoda terkandung 39 gram gula.

Bayangkan apa yang terjadi dalam tubuh ketika gula sebanyak itu sampai masuk ke dalam tubuh. Gula ini akan cepat sekali terserap dan memicu produksi insulin. Yang dimana bagi penderita diabetes, ini adalah hal yang sangat berbahaya. Lalu apakah minuman bersoda yang zero sugar atau tanpa gula masih bisa dinikmati? Minuman soda yang menggunakan embel-embel zero sugar juga tetap mengandung gula, jadi tetap tidak boleh diminum.

3. Energy Drink

energy drink

Energy drink dianggap sebagai minuman yang bagus karena diiklankan dapat menambah semangat dan energi seseorang ketika berolahraga. Dengan kemasan yang menarik, warna yang menggoda, dan rasa yang nikmat, cukup sulit untuk menolak godaan dari minuman ini. Padahal minuman yang terbaik untuk berolahraga adalah air putih.

Jika energy drink saja tidak disarankan untuk diminum bagi mereka yang sehat, tentu orang yang memiliki masalah dengan gula tidak disarankan untuk meminum minuman ini. Minuman berenergi memiliki kalori yang sangat tinggi, gula, dan juga sodium. Ketiga hal itu bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. Kalau di tengah olahraga merasa haus, minumlah air putih.

2. Kentang Goreng

fried fries

Tidak ada yang lebih enak daripada ngemil kentang goreng. Kentang goreng dengan dibaluri garam dan juga sambal. Jika kalian masih belum tahu, kentang adalah salah satu makanan yang tinggi karbohidrat. Bagi mereka yang tidak memiliki masalah dengan gula, tidak masalah dengan mengkonsumsi kentang.

Kentang biasa mengandung karbohidrat yang jelas-jelas tidak bisa dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes. Belum lagi ditambah dengan cara mengolahnya yang digoreng. Otomatis akan ada lemaknya. Kombinasi lemak dan karbohidrat adalah 2 hal yang sangat dihindari. Gula darah akan cepat naik dan butuh waktu lama bagi lemak untuk bisa dicerna.

1. Roti Tawar

bread

Tidak hanya dikonsumsi ketika sarapan, roti juga menjadi salah satu pilihan makanan yang dikonsumsi di saat senggang. Simpel, mudah dikombinasikan dengan apa saja seperti coklat, keju, selai kacang, gula, dan lain-lain, bisa dimakan langsung ataupun dipanggang. Sayangnya makanan satu ini tidak bisa dimakan oleh mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi.

Roti ada 2 jenis yaitu roti gandum dan roti biasa. Yang sebaiknya tidak dimakan oleh penderita diabetes adalah roti biasa. Roti biasa terbuat dari tepung yang termasuk dalam makanan yang tinggi karbohidrat. Dengan memakan roti jenis ini akan membuat kadar gula dalam darah langsung naik. Kalau mau yang lebih aman dan sehat, makanlah roti yang berbahan dasar gandum murni.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas