home -> Lainnya -> 10 Cara Menjalani Hidup Bahagia Meski Single
04 Desember 2020 15:30

10 Cara Menjalani Hidup Bahagia Meski Single

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada October 20, 2020

Hidup tidak selalu harus bersama dengan pasangan. Terkadang ada banyak hal menarik lain yang ternyata juga bisa membuat kita bahagia meski tanpa adanya pacar. Kalau kalian melihat sekitar, ada banyak orang yang ternyata tidak memiliki pacar atau jomblo tapi masih terlihat bahagia dan bisa menikmati hidup. Bagaimana orang tersebut bisa menikmati hidup tanpa kekasih? Berikut cara yang bisa kalian lakukan untuk menikmati hidup meski status single atau jomblo.

10. Cari Kegiatan Baru

do new things

Single bukan berarti akhir dari segalanya. Hidup itu panjang dan masih banyak hal menyenangkan yang masih bisa dilakukan. Kalian yang sudah berpasangan mungkin akan kesulitan untuk mencoba sesuatu hal yang baru karena membagi waktu sudah cukup pusing. Tapi bagi yang masih sendiri, peluang besar untuk mencari kegiatan yang baru.

Ada banyak kegiatan baru yang bisa kalian coba selama masih single. Jika ada sesuatu yang kalian penasaran atau ingin kalian kuasai, inilah kesempatan untuk melakukannya. Dengan melakukan kegiatan yang lain dari biasanya, memungkinkan kalian akan menemukan hobi baru dan mengembangkan kemampuan yang baru pula.

9. Jauhi Sosial Media

social media

Sosial media memang dibuat untuk mengumpulkan teman sebanyak-banyaknya. Dan yang lebih bagusnya lagi, teman yang dicari bukan hanya dari yang dekat saja tapi bisa dari luar negeri yang berbeda bahasa. Tapi sosial media ini mirip dengan pedang bermata dua. Di satu sisi menguntungkan, di sisi lain bisa membuat hancur seseorang.

Di sosial media yang memungkinkan kita kenalan dengan orang lain, tak ada jaminan orang yang kita temui itu memiliki nilai positif. Bisa jadi sosial media bisa menjadi toxic dimana ada banyak pasangan yang memamerkan mesranya hubungan mereka bersama pasangan. Kalau kalian tipe orang yang mudah stres karena melihat hal tersebut, ada baiknya jauhi sosial media dan hal-hal toxic lainnya.

8. Fokus Dengan Pekerjaan

focus on your job

Ketika memiliki pasangan, fokus hidup menjadi terpecah. Menjalani hidup sendiri, keluarga, teman, hobi, pacar, dan tentunya pekerjaan. Semakin sibuk ini bisa membuat orang cepat lelah dan stres. Ketika kamu masih single atau baru saja putus dari pasangan, setidaknya beban pikiran bisa hilang satu. Lupakan yang namanya galau, mulailah fokus dengan salah satu hal di hidup kalian. Misalnya pekerjaan.

Pekerjaan merupakan hal yang sangat penting karena dengan bekerja, kita bisa mendapatkan uang yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kalau ada sisa bisa ditabung untuk masa depan. Ketimbang memikirkan kenapa bisa putus dari pacar atau masih sendiri di usia yang sudah dewasa, lebih baik fokus dengan apa yang ada di depan mata. Jangan sampai pekerjaan terganggu juga karena kegundahan hati.

7. Cintai Diri Sendiri

love yourself

Jangan pernah menyiksa diri sendiri. Salah satu contoh hal yang bisa menyiksa diri adalah dengan overthinking. Terlalu memikirkan orang lain yang belum tentu orang tersebut memikirkan kita sama saja dengan buang-buang waktu dan tenaga. Ketimbang memikirkan doi yang sudah memutuskan kita atau kenapa masih jomblo saja, lebih baik cintai diri sendiri ketimbang orang lain.

Kenapa harus dimulai dari sendiri? Karena dengan mencintai diri sendiri, kalian akan sadar bahwa dunia itu menyenangkan. Apapun hal yang kamu lakukan akan terasa ringan dan tanpa beban. Secara kalian tak sadar, kalian akan lupa dengan kesedihan karena diputus pacar atau status single yang sudah bertahun-tahun.

6. Ingat Keluarga dan Teman

Friends

Kita semua hidup di dunia ini tidak sendirian. Status single yang melekat lama harusnya tidak menjadi beban dalam hidup kita. Kalian masih punya keluarga dan teman. Kesedihan tidak memiliki pasangan pasti bisa ditutupi dengan keberadaan keluarga dan teman. Keluarga dan teman yang mengenal baik dirimu pastinya tahu apa yang harus dilakukan agar kamu tetap bahagia.

Hubungi satu atau lebih keluarga atau teman lalu luangkan waktu bersama mereka. Entah itu menonton film, shopping, atau jalan-jalan ke mall. Isi waktu kalian dengan kegiatan positif bersama keluarga atau teman. Ceritakan sekalian keluh kesah yang kalian rasakan. Jangan pendam sendirian karena itu bisa membuat pikiran menjadi rumit.

5. Menerima Kondisi

pasrah

Ada hal yang memang bisa kita ubah, ada juga yang tidak. Putus dari pacar atau tetap sendiri meski sudah berusia adalah salah satu hal yang tidak bisa diubah. Daripada bingung dan stres kenapa masih sendiri sementara teman seumuran sudah ada yang menikah dan punya anak, salah satu cara untuk terlepas dari beban pikiran itu adalah menerima kondisi atau pasrah.

Biarkan saja mereka yang sudah berpacaran, menikah, dan punya anak menjalani hidup mereka. Mungkin itu memang sudah takdir mereka. Kalau kalian percaya dengan Tuhan, ingatlah bahwa Tuhan pasti sudah menyiapkan pasangan yang terbaik bagi kalian. Kalian hanya perlu bersabar saja dan menikmati waktu.

4. Jangan Takut Melakukan Kesalahan

mistakes

Tidak ada manusia yang sempurna. Semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Mungkin saja kalian ada melakukan kesalahan yang membuat status single menempel dalam waktu yang lama. Atau karena satu kesalahan, kalian berantem dengan pacar dan putus darinya. Haruskah pusing dengan hal itu? Tentu tidak.

Wajar jika kalian melakukan kesalahan. Bahkan kalian tidak perlu takut melakukan kesalahan. Yang terpenting sadari saja penyebab kesalahan tersebut dan jadikan pelajaran. Jangan sampai berikutnya terulang lagi. Belajar menerima kesalahan diri dan mau berubah maka akan mengurangi beban pikiran di kepala.

3. Perluas Pertemanan

new friends

Mungkin kalian dikecewakan dengan pacar dan terpaksa mengakhiri hubungan dengannya. Tidak perlu bingung dan lain sebagainya. Saatnya kalian menghibur diri kalian dengan hal yang bisa membuat kalian bahagia. Perluas lingkaran pertemanan kalian, cari teman baru yang mungkin sehobi dan sepemikiran agar kamu tetap bahagia.

Memperluar pertemanan memberikan banyak manfaat. Selain bisa menambah teman baru, bisa juga menambah pengetahuan, mendapatkan kesempatan kerja, atau bahkan bisa juga mendapatkan pasangan baru. Jangan kurung diri sendiri di dalam penjara yang kalian buat sendiri. Pergi keluar, cari teman, nikmati hidup, cari dan lakukan hal yang bisa membuat kamu senang.

2. Lakukan Hal Menyenangkan Sendiri

hal menyenangkan

Setiap orang bebas melakukan apapun. Yang penting tidak melanggar hukum dan merugikan orang lain. Jomblo? Santai saja, kalian hilangkan rasa bosan dan sedih akibat kesendirian dengan melakukan hal yang kalian suka. Yang tadinya selama berpacaran dihalang-halangi ketika ingin melakukan sesuatu, kini kalian bebas melakukannya.

Kalau kalian punya hobi seperti olahraga, outbound, shopping, nongkrong di kafe, inilah kesempatannya. Lakukan apa yang bisa membuat kalian senang. Hidup di dunia hanya sekali, jangan pikirkan hal-hal yang bisa membuat suasana hati sedih. Kalian berhak mendapatkan kebahagiaan dan melakukan apa yang kalian suka.

1. Solo Traveling

solo traveler

Baru putus atau single sejak lama tidak perlu putus asa sampai stres. Kalian bukan satu-satunya orang single di dunia. Masih ada juga orang single atau jomblo lain tapi mereka tidak sesedih itu. Kenapa bisa demikian? Itu karena mereka sadar bahwa pacar itu bukan segalanya, ada banyak hal lain yang musti dan bisa dilakukan.

Kalau kalian butuh hal yang menyenangkan, lakukan saja. Misalnya dengan liburan. Jika ada wishlist negara yang ingin dikunjungi, lakukan saja. Atur jadwal, pesan tiket, packing pakaian, dan pergi. Ada banyak negara yang cocok didatangi oleh solo traveler seperti kalian. Kalau tidak mau bepergian sendiri, ajak teman atau keluarga juga boleh.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas