home -> Lifestyle -> 10 Tips Untuk Berhenti Merokok
04 Desember 2020 14:45

10 Tips Untuk Berhenti Merokok

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada October 19, 2020

Merokok sudah dijelaskan oleh banyak ahli kesehatan bahwa bisa membahayakan kesehatan. Meski begitu masih ada banyak orang yang tetap merokok meski di bungkus rokok sudah diberikan peringatan akan bahaya rokok serta gambar mengerikan dari mereka yang sudah sakit karena rokok. Memang kalau sudah terikat atau kecanduan dengan rokok akan sulit untuk melepaskan diri. Tapi tenang saja, sulit bukan berarti mustahil. Ada beberapa cara yang bisa kalian ikuti untuk bisa berhenti dari kebiasaan merokok. Berikut caranya.

10. Buat Rencana

make plan

Tak ada sesuatu hal yang bisa berjalan tanpa rencana. Mau jalan-jalan harus buat rencana, mau bekerja juga buat rencana. Apalagi untuk hal seperti berhenti merokok yang kita semua tahu bukanlah hal yang mudah. Jadi seorang perokok yang ingin berhenti merokok, harus membuat rencana terlebih dahulu.

Pilih awal tanggal dimana kalian memutuskan untuk berhenti merokok. Setelah menentukan tanggal, usahakan pegang teguh terhadap rencana tersebut. Sama seperti kalian menjalani hubungan dengan seseorang, pastinya kalian akan berusaha setia dengan pasangan bukan. Ketika muncul niatan untuk merokok, ingat kembali apa tujuan kalian berhenti merokok.

9. Berpikir Positif

think positive

Berpikir positif yang biasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di dunia pekerjaan, sekolah, dan keluarga, ternyata bisa juga dipakai menjadi salah satu tips untuk menghentikan kebiasaan merokok. Kebanyakan orang langsung berpikir bahwa dirinya sudah ketergantungan dengan rokok dan tidak mungkin bisa lepas dari itu. Itu adalah pikiran yang salah.

Coba ganti pola pikir menjadi lebih positif. Yakinlah bahwa kalian itu bisa melakukan kebiasaan baik seperti berhenti dari merokok. Jumlah perokok aktif itu banyak, yang bisa melepaskan diri dari rokok juga banyak. Kalau mereka saja bisa, tidak ada alasan kenapa kita tidak bisa. Pikiran kitalah yang membatasi diri kita untuk melakukan suatu perubahan yang lebih positif.

8. Atur Pola Makan

diet

Tak hanya menjadi kunci dalam mencapai berat badan ideal, pemilihan makanan juga bisa menjadi pendukung kalian dalam menjalani program berhenti merokok. Ada beberapa makanan yang apabila dikonsumsi lalu lanjut dengan merokok, maka rokok tersebut akan terasa lebih nikmat. Inilah yang harus dicari solusinya.

Ada sebuah studi yang mengatakan bahwa merokok setelah mengkonsumsi daging ternyata bisa membuat rasa dari rokok tersebut lebih enak dari biasanya. Lalu makanan apa yang musti dikonsumsi agar keingingan merokok hilang? Coba makan keju, buah, dan sayur. Makanan ini bisa membuat selera merokok kalian turun bahkan hilang.

7. Ganti Minuman

drinks

Tidak bukan cuma makanan saja yang bisa mendorong keingingan seseorang untuk merokok, melainkan minuman juga. Dari studi yang sama, dilakukan sejumlah penelitian minuman apa saja yang dapat meningkatkan keinginan seseorang untuk merokok. Ternyata dari penelitian tersebut ditemukan minuman beralkohol, soda, teh, dan kopi.

Minuman tersebut yang bisa membuat seseorang menjadi semakin niat untuk merokok. Tidak jarang pula kalian melihat orang yang minum minuman di atas sembari merokok. Agar niat merokok tersebut hilang, kalian perlu juga menghentikan kebiasaan tersebut. Ganti ke air putih dan juga jus buah. Siapkan minuman tersebut kemana pun kalian pergi.

6. Minta Dukungan Dari Teman dan Keluarga

ask friends

Kalian hidup di dunia ini tidak sendiri bukan? Kalian punya teman dan juga keluarga yang selalu ada di samping kalian. Kalau teman kalian baik, tentunya akan memberikan saran yang baik pada kalian. Kalau keluarga sudah tidak perlu dijelaskan lagi pastinya selalu ingin yang terbaik untuk keluarganya. Jadi ketika kalian ingin berhenti dari kebiasaan buruk, bisa minta tolong pada mereka.

Ungkapkan rencana kalian untuk berhenti merokok pada teman dan keluarga. Berhenti dari kebiasaan merokok adalah suatu hal yang baik bagi kesehatan dan juga ekonomi. Keluarga dan teman yang baik pastinya akan mendukung keputusan kalian. Ketika kalian ingin merokok, teman atau keluarga pasti akan mengingatkan kalian untuk tidak melakukannya.

5. Sibukan Diri

keep busy

Kenapa orang bisa merokok? Itu dikarenakan ada niat, uang, orang yang menawarkan, dan waktu. Ketika ada waktu kosong, maka digunakanlah kesempatan tersebut untuk merokok. Bahkan orang yang tengah sibuk-sibuknya masih bisa curi kesempatan untuk merokok. Jadi, hal ini perlu dicari jalan keluarnya.

Kalau kalian bermasalah dengan adanya waktu kosong untuk merokok, cobalah untuk mengisi waktu kosong tersebut dengan hal lain. Isi dengan kegiatan yang lebih positif. Kalian bisa makan, minum, mengerjakan pekerjaan untuk hari esok, atau bisa juga dengan melakukan aktivitas fisik. Buat diri kalian secapek mungkin atau sesibuk mungkin hingga niat untuk merokok tidak pernah terlintas di kepala. 

4. Cari Motivasi

motivation

Ketika awal mula seseorang ingin melakukan sesuatu, pastinya butuh motivasi. Bahkan ketika sedang melakukan hal tersebut lalu semangat tiba-tiba menurun, butuh lagi motivasi tersebut. Ketika kalian ingin berhenti dari merokok juga kalian butuh yang namanya motivasi. Apa kira-kira yang bisa membantu kalian dalam mencapai target berhenti merokok tersebut?

Merokok sudah jelas memberikan efek negatif bukan hanya untuk si perokok, tapi juga orang sekitar. Kalau kalian yang sudah berkeluarga, bisa menggunakan alasan keluarga kalian untuk berhenti dari merokok. Jika ingin keluarga aman dan sehat, jauhi rokok. Apalagi bagi yang punya anak kecil atau bayi. Masa iya kalian mau membahayakan kesehatan mereka. Kalau yang masih tidak ada ikatan dengan siapa-siapa, bisa menggunakan alasan menabung untuk jadi motivasi. Uang tabungan itu nantinya bisa kalian gunakan beli barang yang kalian inginkan atau apalah yang positif.

3. Jauhi Teman Perokok

smoking friends

Percayalah, bergaul dengan teman yang positif maka kalian pun bisa ikut dengan mereka menjadi positif. Mengikuti teman yang negatif, besar kemungkinan kalian akan terpengaruh ke arah yang negatif. Kecuali kalian yang memiliki pendirian teguh jadi bisa bertahan, itu lain cerita. Tapi yang namanya bersama teman, apalagi mereka yang merokok, tidak mungkin kalian duduk jauh-jauhan bukan. Perlu diingat bahwa perokok pasif juga terancam kesehatannya.

Jadi, perlu dipertimbangkan untuk memilih teman yang baik. Kalau kalian ingin berhenti merokok, berbaurlah dengan mereka yang tidak merokok. Kebiasaan mereka yang positif ada kemungkinan tertular juga ke kalian. Atau mungkin juga mereka ada yang mantan perokok dan bisa memberikan kalian tips untuk berhenti merokok.

2. Mengurangi Sedikit Demi Sedikit

cicil

Yang namanya sudah ketergantungan pastinya akan sulit untuk melepaskan diri dari hal tersebut. Dalam kasus ini adalah merokok. Banyak orang yang perokok berat sadar bahwa itu adalah kebiasaan buruk dan ingin berhenti. Namun mereka gagal berhenti karena langsung menargetkan langsung benar-benar berhenti merokok. Itu pasti sangat susah.

Menargetkan sesuatu yang sangat sulit lalu tidak tercapai akan membuat orang menjadi putus asa dan menyerah ketika gagal melakukannya. Tidak apa-apa jika kalian merokok, tapi perlu dihitung atau dibatasi jumlahnya. Yang biasa sehari merokok bisa 10 batang, dipangkas menjadi 5 misalnya. Lalu lanjut lagi di minggu berikutnya. Jika terlalu susah untuk langsung berhenti, kurangi saja sedikit demi sedikit. Tidak masalah progress lama, selama itu masih berjalan, progress tetaplah progress.

1. Ikuti Terapi Khusus

therapy

Tips berikut tidak hanya butuh niat, tapi juga butuh uang untuk melakukannya. Tipsnya adalah minta tolong pada yang ahli dengan mengikuti sejumlah terapi. Sekarang ini sudah banyak para ahli kesehatan atau apapun namanya, bisa memberikan terapi yang bisa membuat seorang perokok berhenti dari merokok.

Mungkin akan butuh banyak uang untuk memilih menjalani terapi. Tapi kalian perlu sadari bahwa untuk sehat itu tidak ada yang gratis. Semua butuh usaha dan juga uang. Selain terapi, ada pula program hipnotis yang bisa mempengaruhi orang jadi enggan untuk merokok. Poinnya adalah, cari orang ahli yang bisa membuat kamu berhenti dari merokok.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas