home -> Lifestyle -> 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental
24 Oktober 2020 09:38

10 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada October 09, 2020

Tidak hanya fisik, tapi mental kesehatannya juga perlu dijaga. Karena dengan mental yang sehat, maka kita selangkah lebih kuat untuk menahan segala rintangan hidup. Kalau sehari-hari diawali dengan pikiran negatif dan stres, apapun yang dilakukan maka akan berantakan meski kita sebelumnya sudah sering melakukan hal yang sama dan berhasil. Maka dari itu harus melakukan beberapa cara agar kesehatan mental tetap terjaga, apalagi di masa sulit seperti ini. Apa saja cara agar mental tetap sehat?

10. Konsultasi Pada Ahli

consulting mental

Menjalani hidup pastinya penuh dengan masalah. Setiap masalah yang dihadapi jika selesai maka bisa membuat seseorang menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Sebaliknya, terlalu banyak masalah sehingga sulit untuk diatasi bisa menjadi beban pikiran. Stres dan depresi menjadi hal yang sering terjadi di masa sekarang.

Di saat stres dan depresi yang terasa sudah parah, penting untuk segera mengatasi hal ini. Konsultasi dengan yang ahli bisa dilakukan untuk meredakan sedikit beban pikiran. Kapan waktu untuk melakukan konsultasi itu berbeda tiap orang. Setiap orang musti mengenali pikiran dan perasaannya sendiri. Jika pikiran dan perasaan sudah sangat tidak enak, tak perlu tunggu waktu lama untuk mencari pertolongan yang ahli.

9. Membaca

read

Gara-gara pandemi, semua aktivitas di luar rumah dibatasi dan membuat orang jadi lebih sering menghabiskan waktu di rumah. Merasa bosan adalah hal yang wajar karena harus diam lama di dalam rumah. Butuh hiburan agar pikiran tidak pusing dan stres. Dengan waktu yang banyak di rumah, ini adalah kesempatan yang bagus untuk digunakan membaca.

Membaca disini tidak memiliki batasan. Kalian bebas membaca apapun yang bisa dibaca. Buku, komik, novel, majalah, koran, dan lain sebagainya. Tetap buat otak tetap aktif dan membaca tidak hanya bisa membuat pikiran tetap aktif tapi juga menambah pengetahuan dan kemampuan baru. Kalian juga tetap update dengan berita baik itu dari dalam negeri atau luar negeri.

8. Habiskan Waktu Dengan Teman

socialize

Masa pandemi membuat berkumpul bersama teman dan saudara menjadi sulit. Tapi bukan berarti kalian bisa memutus kontak atau tidak bertemu sama sekali. Tidak bertemu sama sekali dengan teman atau saudara justru bisa membuat pikiran menjadi stres. Manusia adalah makhluk sosial, tetap butuh yang namanya sosialisasi.

Ketika bersosialisasi, pastikan saja kalian selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kalian. Bawa masker dan sanitizer jika memang diperlukan. Di masa sekarang yang sedang sulit ini, menjaga relasi agar tetap baik dan berbicara pada teman jika ada kesempatan. Hal ini wajib dilakukan karena teman biasanya bisa memberikan support secara mental apabila ada temannya yang tengah dilanda kesulitan.

7. Lakukan Sesuatu Yang Disuka

hal disuka

Berita di media sekarang diisi dengan pandemi, politik, kriminal, dan hal buruk lain. Memang ada gunanya membaca berita untuk tahu perkembangan yang terjadi tidak hanya di negara sendiri tapi juga negara lain. Tapi terus menerus membaca berita negatif justru bisa menciptakan rasa takut sendiri yang akhirnya membuat mood menjadi rusak.

Ketika mood sedang rusak, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya adalah dengan melakukan hal yang disuka. Semua orang pasti memiliki hal yang disuka. Lakukan hal yang disuka tersebut agar mood tetap baik dan mental juga akan terjaga. Mendengarkan musik, menonton film, membaca buku, atau olahraga, terserah kalian.

6. Olahraga

olahraga

Di masa pandemi seperti ini, menjaga kesehatan fisik menjadi hal yang prioritas. Untuk menjaga kesehatan fisik tersebut, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah berolahraga. Meski sejumlah stadion olahraga, lapangan, serta tempat gym tutup, kita masih bisa melakukan olahraga di rumah dengan melihat video di televisi atau internet.

Dengan olahraga, tubuh akan lebih sehat dan imunitas tubuh meningkat. Imunitas tubuh ini yang akan menjadi tameng kita dari virus dan bakteri jahat yang ingin menyerang tubuh. Selain fisik terjaga, mental pun juga ikutan sehat. Olahraga bisa meningkatkan mood, menghilangkan stres, dan membuat pikiran lebih tenang.

5. Berjemur Di Bawah Sinar Matahari

sunbathing

Terpapar sinar matahari secara lama memang bisa membuat kulit menjadi rusak. Sinar ultraviolet dari matahari ini memang berbahaya. Tapi jangan hanya melihat dari satu sisi saja. Itu sisi buruk dari matahari, tapi di lain matahari justru bisa memberikan manfaat positif. Seperti salah satunya yaitu membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat dan segar.

Sinar matahari adalah sumber vitamin D yang sangat baik. Vitamin D ini merupakan vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan otak. Ia bisa membantu otak untuk melepaskan bahan kimia dalam tubuh yang bisa meningkatkan mood. Cobalah berjemur di bawah sinar matahari selama 30-120 menit sehari. Tapi tetap pastikan menggunakan pelindung kulit dan mata.

4. Stop Rokok

stop cigarette

Rokok masih dikategorikan aman meski memiliki efek candu yang sama seperti narkoba. Ditambah lagi dengan efek dari merokok yang buruk bagi kesehatan. Efek tersebut sekarang sudah terpampang dengan jelas di setiap bungkus rokok. Meski sudah dijelaskan dengan tulisan dengan gambar, orang tetap saja masih merokok. Efek buruk dari rokok itu tidak datang dalam waktu dekat, melainkan perlahan-lahan terakumulasi sampai akhirnya tiba di usia lanjut baru efeknya terasa.

Kalau di waktu yang dekat, efek buruk rokok paling hanya membuat mood jadi jelek. Coba saja kalau sehari tidak merokok, pasti mulut dan mood langsung tidak enak. Lalu sebagai pelampiasan, merokok sebatang. Mulut dan mood tidak enak bukan dihilangkan dengan merokok, tapi konsumsi makanan lain yang bisa memberikan rasa enak pada mulut dan mood. Misalnya makan coklat. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, daripada uang digunakan untuk merokok, lebih baik disimpan sebagai jaga-jaga siapa tahu saja ada keperluan penting lain yang membutuhkan uang lebih.

3. Hindari Alkohol

stop alcohol

Di kala seharian sudah capek bekerja membuat sejumlah orang melakukan kegiatan yang menyenangkan di malam hari sebelum tidur. Dan salah satu kegiatan menyenangkan yang dilakukan adalah menenggak alkohol. Momen ini bisa dilakukan sendiri atau lebih seru lagi ditemani dengan sahabat dekat.

Apabila ingin menjaga kesehatan mental, konsumsi alkohol perlu dihentikan. Meski hanya minum beberapa gelas kecil, alkohol dapat berefek pada pikiran. Keesokan hari saat bangun pagi bisa merasa depresi dan anxious. Ini tentu akan membuat otak menjadi susah berkonsentrasi. Menambah dosis alkohol akan berdampak lebih buruk lagi pada otak dan saraf.

2. Makan Sehat

good foods

Pizza, hamburger, steak, keripik, dan gorengan, siapa juga orang yang bisa menahan godaan dari makanan tersebut. Perlu diketahui bahwa tidak semua makanan yang enak tersebut benar-benar dibutuhkan oleh tubuh. Kenali makanan apa yang dibutuhkan oleh tubuh bisa membantu menjaga mental tetap sehat.

Makanan sehat yang diperlukan untuk menjaga mental tetap sehat adalah makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B12. Kedua hal ini yang bisa membuat mood tetap dalam kondisi yang baik. Terkhusus kalian yang memiliki anxiety yang berlebihin, cobalah untuk membatasi konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh.

1. Istirahat Cukup

rest

Terlalu sibuk dan asyiknya seseorang dalam menjalani hidup bisa membuat lupa dengan istirahat. Bekerja di kantor tanpa henti atau melakukan hal yang disuka sampai lupa waktu. Dua hal itu bisa membuat orang menjadi lupa waktu dan istirahat. Padahal bukan cuma manusia, mesin pun butuh yang namanya istirahat.

Istirahat menjadi hal yang sangat penting dilakukan bukan hanya untuk fisik, tapi mental juga. Kalau fisik sudah jelas, istirahat sebagai cara untuk mengisi kembali tenaga yang telah habis dikuras. Kalau mental, istirahat yang cukup bisa membuat mood menjadi stabil. Apabila istirahat kurang, bangun tidur bukan cuma badan saja yang terasa pegal, tapi mood juga rusak.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas