home -> Unik -> 10 Topik Pembahasan Yang Selalu Menimbulkan Perdeb...
20 September 2017 21:48

10 Topik Pembahasan Yang Selalu Menimbulkan Perdebatan

Oleh admin dalam Unik pada August 09, 2013

Salah satu kelebihan dunia digital atau Internet adalah sifat keterbukaannya yang sering menghasilkan berbagai argumentasi dan perdebatan, baik dalam forum, berita, artikel ataupun diskusi. Tapi pada semua hal itu ada beberapa topik pembicaraan atau pembahasan yang dijamin selalu menimbulkan argumen dan perdebatan tiada akhir.

Saya sebagai pembuat daftar ini berusaha untuk serasional mungkin tidak berpihak kemanapun, hanya membicarakan mengenai topik apa saja yang sering memulai argumen.

10. Takdir dan Nasib

fate and destiny

Topik yang dibahas di sini adalah mengenai apakah takdir (destiny) dan nasib (fate) semua sudah ditentukan dan memang benar-benar ada. Pihak pro mengatakan bahwa kita dan semua yang ada di sekitar kita adalah hasil dari takdir dan nasib yang memang sudah ditentukan. Sebelum kemunculan kita di dunia ini, semua jalan telah ditentukan dan setiap pilihan kita sudah memiliki hasil sebagai takdir dari pilihan yang kita ambil.

Pihak kontra mengatakan bahwa takdir dan nasib itu hanyalh sebuah kata yang menggambarkan bagaimana keadaan sebagaih hasil pilihan kehidupan yang kita ambil. Tidak ada apapun di dunia ini yang telah ditentukan, kita sebagai manusia berkuasa atas kehidupan kita sendiri dan tidak ada apapun seperti takdir ataupun nasib.

9. Vegetarian dan Pemakan Daging

vegetarian and meat eater

Topik ini membicarakan mengenai apakah seharusnya manusia mengikuti pola makan vegetarian. Bagi orang yang pro dengan perdebatan atau argumen ini mengatakan bahwa tindakan membunuh hewan yang merupakan mahluk hidup adalah sebuah tindakan tidak bermoral dan seharusnya ditinggalkan, mereka juga mengatakan dengan menjadi vegetarian maka manusia tersebut akan lebih sehat daripada mereka yang memakan daging. Memakan daging bukanlah sebuah keharusan, manusia dapat bertahan hidup tanpa perlu memakan daging.

Sedangkan pihak kontra mengatakan bahwa jika hewan dianggap sebagai mahluk hidup yang dapat merasakan rasa sakit apakah tumbuhan tidak dapat merasakan hal itu? Padahal ada penelitian yang mengatakan bahwa tumbuhan juga dapat merasakan hal yang begitu ia dipetik, ditarik dari akarnya, dan seterusnya. Sedangkan jika terkait kesehatan, hal ini adalah relatif, pada daging ada vitamin-vitamin yang juga bermanfaat bagi kesehatan manusia seperti ikan misalnya yang mengandung omega 3 dan vitamin D.

8. Kemampuan Supranatural (Seperti Meramal)

foresee future

Kemampuan-kemampuan supranatural sangatlah banyak, beberapa di antaranya yang paling sering dibahas adalah kemampuan meramal, indra keenam, dan melihat hal-hal gaib. Topik-topik yang terkait dengan kemampuan supranatural sering sekali menimbulkan perdebatan, salah satu perdebatan terkait topik ini yang pernah dan paling terkenal adalah mengenai ramalan kiamat 2012.

Yang menjadi perdebatan sebenarnya bukanlah topik dari kemampuan tersebut, melainkan apakah kemampuan ini benar-benar ada. Pihak pro mengatakan hal ini benar-benar ada dengan memberikan bukti-bukti di Internet dan sebagainya, sedangkan pihak kontra mengatakan semua hal itu hanyalah rekayasa dan hal ini tidaklah nyata.

7. Keberadaan Alien

Alien

Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar perkataan "Apakah kita sendirian di alam semesta ini?" (Are we alone in this universe). Arti dari perkataan ini sebenarnya adalah mengenai apakah keberadaan alien itu memang nyata dan ada planet lain seperti bumi di luar sana.

Pihak pro mengatakan bahwa tidak mungkin di seluruh alam semesta ini, hanya bumi yang memiliki kehidupan pasti ada bentuk lain menyerupai manusia di luar sana, bukti-bukti ini ditutupi oleh NASA dan agen-agen pemerintah untuk mencegah kepanikan. Sedangkan pihak kontra mengatakan bahwa argumen seperti ini adalah hal yang tidak logis, hanya imajinatif bahkan NASA sendiri juga mengatakan bahwa alien itu tidak nyata.

6. Persamaan Gender

gender equity

Sejak dulu hingga sekarang, topik ini merupakan topik 'sensitif' yang selalu menimbulkan perdebatan, yakni "apakah kesetaraan gender dapat dicapai?" atau "apakah pria lebih superior daripada wanita?". Pihak pro mengatakan kesetaraan gender memang harus dicapai dan diskriminasi gender haruslah dihilangkan, karena baik wanita ataupun pria mempunyai hak asasi manusia dan peluang yang sama dalam hidup maupun kerja (diskriminasi gender paling sering terjadi di dunia kerja).

Pihak kontra mengatakan bahwa yang mereka lakukan bukanlah diskriminasi gender melainkan menghargai orang tersebut sebagai wanita. Jika memang para wanita ingin kesetaraan gender maka mereka juga harus siap kehilangan kelebihan yang mereka miliki, dimana para pria menganggap wanita adalah pihak harus dilindungi dan semua pekerjaan keras juga harus siap dilakukan oleh para wanita.

Uniknya, di sisi lain juga ada 'teriakan' dari kaum pria yang menginginkan kesetaraan gender, jika seorang wanita diperkosa oleh pria maka itu adalah sebuah tindakan pelanggaran hukum yang sangat keras, tapi bagaimana jika pria diperkosa oleh wanita (sudah pernah terjadi)? Jika pria memukul wanita itu adalah tindakan penganiayaan, tapi bagaimana jika wanita menampar pria? Pihak Kontra menganggap itu adalah karena si pria terlalu lemah dan jika ia ditampar oleh wanita itu mungkin memang kesalahannya.

5. Awal Mula Manusia dan Akhir Kehidupan

life and death

Setiap manusia pasti melalui siklus kelahiran dan pada akhirnya kematian. Itu merupakan kedua hal yang pasti dilalui dan juga merupakan topik yang selalu 'panas'. Walaupun kedua hal ini mempunyai perdebatan dengan latar belakang agama, kedua hal ini dipisahkan dari topik agama karena adanya berbagai teori lain yang memperdebati mengenai kedua hal ini. (Lihat artikel "10 Teori Asal Mula Keberadaan Manusia").

Pada topik ini tidak ada pihak pro ataupun pihak kontra, ini adalah perdebatan antara kaum penganut agama dan kaum pemercaya pengetahuan. Para penganut agama mengatakan bahwa awal dan akhir kehidupan selalu kembali ke tangan-Nya. Sedangkan para pemercaya pengetahuan mengatakan bahwa kehidupan manusia dimulai sebagai proses ilmiah (seperti evolusi) dan berakhir ke kekosongan.

4. Keberadaan Setan atau Hantu

ghost

Kepercayaan mengenai alam kematian dan penghuninya (para hantu) telah ada sejak lama bahkan pada zaman nenek moyang kita. Tetapi semakin modern peradaban manusia, maka topik "apakah hantu benar-benar ada?" menjadi salah satu topik yang selalu menimbulkan perdebatan. Pihak pro mengatakan bahwa hantu memang benar-benar ada dengan memberikan berbagai bukti dari Internet mengenai keberadaan hantu dan penampakannya.

Sama halnya seperti topik mengenai keberadaan Alien, pihak kontra mengatakan bahwa semua bukti itu hanyalah rekayasa dan tidak ada bukti yang secara ilmiah mengatakan bahwa hantu itu memang benar-benar ada.

3. Keberadaan Tuhan

God

Sama seperti topik mengenai takdir dan nasib, keberadaan setan atau hantu, dan awal mula serta akhir kehidupan, topik ini menjadi perdebatan bagi kaum yang mempercayai agama dan bagi mereka yang tidak. Pihak pro mengatakan bahwa Tuhan itu memang ada, jika ada orang yang ingin mencari-Nya dan mempercayai-Nya maka ia dapat menemukan-Nya karena Tuhan itu ada dimana-mana.

Sedangkan pihak kontra mengatakan bahwa kata "Tuhan" hanyalah hasil dari pikiran dan imajinasi kita. Tidak ada bukti nyata terkait penciuman, sentuhan atau penglihatan mengenai keberadaan dari Tuhan, bagaimana mungkin kita mengatakan sihir di film-film yang kita lihat itu palsu sedangkan Tuhan yang tidak pernah kita lihat dikatakan nyata? Dari sinilah kaum kontra menyimpulkan bahwa Tuhan itu tidak ada.

2. Aborsi

arbotion

Jika kita membicarakan mengenai aborsi, khususnya mengenai "apakah aborsi diperbolehkan?" Akan ada dua pihak berbeda yang satu berpihak sebagai pro mengatakan bahwa aborsi itu seharusnya diperbolehkan. Karena di negara modern (dimana seks bebas sering terjadi), si orang tua mungkin belum siap untuk memiliki anak, baik karena mereka terlalu muda ataupun si pasangan memang belum memiliki kematangan untuk menjadi orang tua dalam hal keuangan atau kemakmuran, serta si janin sampai minggu ke-9 belum dapat dibilang sebagai manusia.

Yang berpihak ke kontra mengatakan bahwa itu adalah tindakan pembunuhan manusia sebagai mahluk hidup yang bernyawa, dan merupakan sebuah tindakan sadis, penganiayaan, serta pelanggaran hukum yang sangat keras. Menurut mereka, tidak ada lagi yang perlu diperdebatkan jika sedang membicarakan pembunuhan.

1. Agama

religion

Topik yang selalu 'panas' dan paling sensitif adalah mengenai agama. Jika kita sudah menyinggung hal-hal terkait agama, maka berbagai argumen akan selalu ada. Jika Anda melihat baik-baik daftar ini, Anda akan menyadari bahwa Takdir dan Nasib, awal mula dan akhir kehidupan, keberadaan Setan atau Hantu, dan keberadaan Tuhan semuanya terkait dengan agama, dan semua topik ini memiliki tingkat sensitifitasnya sendiri.

Khususnya di negara Indonesia ini yang terdiri dari berbagai ragam suku, agama, dan ras, agama adalah topik yang sangat sensitif untuk disentuh. Apalagi menyentuh topik agama Islam (mungkin karena itu adalah agama mayoritas di Indonesia sebanyak 87% pada tahun 2010), menyentuh topik tersebut seperti melempar granat ke sarang lebah.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas