home -> Lifestyle -> 10 Makanan Terlangka Dan Termahal Di Dunia
24 Oktober 2020 10:56

10 Makanan Terlangka Dan Termahal Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada October 06, 2020

Berbeda dengan makanan sehari-hari yang kita makan dan dapat mudah ditemukan. Ada beberapa makanan yang mencarinya butuh usaha ekstra. Belum lagi cara pengolahannya yang membutuhkan cara khusus membuat makanan tersebut sulit untuk dikonsumsi. Dan kalau sudah tergolong langka, pasti akan berdampak pada harganya. Harga makanan yang langka pasti akan mahal juga. Ada 10 makanan yang tergolong langka dan harganya sangat mahal di dunia. Apa saja? Berikut daftarnya.

10. Caffe Raro

Caffe Raro

Kopi luwak yang awalnya dikenal sebagai kopi termahal di dunia ternyata sudah berpindah. Kini telah muncul kopi yang namanya caffe raro. Kalian yang memang pecandu kopi musti coba kopi ini meski hanya sekali. Kenapa? Caffe raro adalah kopi langka yang dibuat dari gabungan dua kopi mahal di dunia yaitu kopi luwak dan Jamaican Blue Montain coffee.

Kedua bahan kopi tersebut sudah dikenal mahal, begitu digabungkan menjadi kopi yang harganya lebih mahal lagi. Kopi luwak susah didapatkan karena diperoleh dari kotoran yang dihasilkan oleh hewan luwak. Sementara Blue Mountain Coffee didapatkan dari biji kopi yang tumbuh di Blue Mountain di Jamaika. Jamaika sendiri memang sudah dikenal sebagai salah satu penghasil kopi enak.

9. Casu Marzu

casu marzu

Ketika kalian berkesempatan mencoba casu marzu, mungkin lebih baik kalian tidak perlu bertanya sampai detail mengenai makanan satu ini karena bisa saja membuat selera makan kalian hilang. Casu marzu merupakan salah satu jenis keju yang ditemukan di kota Sardinia, Italia. Keju ini termasuk dalam salah satu makanan langka dan termahal di dunia.

Keju ini terbuat dari susu domba dan di dalamnya diisi dengan larva belatung. Sangat menjijikan bukan? Begitu mendengar cara membuatnya pasti sudah langsung enggan memakan keju ini. Makanya keju ini dilarang edar di beberapa negara di Eropa. Susu domba dibiarkan diletakkan di luar supaya lalat bisa datang dan meletakkan telur mereka di dalamnya. Terlepas dari proses pembuatannya yang menjijikan, keju casu marzu termasuk makanan yang dihormati di Italia. Rasanya juga dinilai sangat enak.

8. Kobe Beef

Kobe Beef

Makanan langka dan mahal berikutnya yaitu daging kobe. Daging kobe ini sudah sering didengar dan dijumpai di sejumlah restoran. Daging kobe adalah daging sapi yang memiliki kualitas sangat tinggi dan diperoleh langsung dari kota Kobe, Jepang. Cara mendapatkan daging sapi berkualitas tinggi seperti kobe beef tak gampang.

Mulai dari sapi. Sapi yang digunakan adalah sapi khusus yang selama masa ternaknya dipelihara dengan sangat baik. Baik itu makanan dan minumannya dipilih khusus agar sapi tumbuh dengan sehat dan baik. Lingkungan hidup si sapi juga dibuat spesial agar sapi tidak stres. Setelah dewasa, barulah sapi tersebut dipotong. Daging kobe sendiri ada tingkatannya lagi. Yang tertinggi adalah A5.

7. Raw Puffin Heart

raw puffin heart

Pernah mendengar burung jenis Puffin? Burung puffin merupakan jenis burung yang memiliki ukuran tubuh kecil dan sangat imut. Mereka bisa terbang di angkasa dan berburu dengan cara menyelam di dalam air. Biasanya burung puffins membuat sarang di dekat tebing yang dekat dengan pantai atau laut. Islandia menjadi negara dimana mudah ditemukan burung puffins.

Puffins memiliki rasa daging yang enak. Bisa dimakan mentah ataupun diasap. Salah satu koki terkenal Inggris, Gordon Ramsay pernah mencoba memasak burung puffins. Burung puffins sendiri sudah menjadi makanan lokal orang Islandia. Populasi mereka sangat banyak dan tinggal di Westman Islands.

6. Saffron

Saffron

Indonesia memang dikenal sebagai negara penghasil rempah-rempah. Itulah dulu kenapa orang Portugis, Belanda, dan Inggris tertarik ke Indonesia. Tapi apakah Indonesia satu-satunya negara penghasil rempah-rempah di dunia? Tentu tidak. Masih ada negara lain yang juga menghasilkan rempah-rempah yaitu Yunani.

Di Yunani ada satu jenis rempah-rempah yang bernama saffron. Saffron ini dikenal sebagai salah satu rempah-rempah langka dan termahal yang ada di dunia. Saffron diperoleh dari tanaman Crocus Sativa yang hanya tumbuh di musim gugur. Dari bunganya ini terdapat beberapa lembar seperti rambut berukuran panjang beberapa inci. Diperlukan 50.000 tanaman Crocus Sativa untuk bisa mendapatkan 1 pound saffron. Dan saffron ini dijual dengan harga lebih dari 500 USD.

5. Truffles

Truffles

Ada banyak jamur yang dapat ditemukan di dunia. Dari sekian banyak jenis jamur, ada beberapa yang bisa dimakan dan ada yang tidak karena beracun. Untuk yang bisa dimakan, ada satu jamur yang sangat terkenal yaitu jamur Ascomycetes. Dari jamur inilah dihasilkan sebuah makanan yang disebut dengan truffle. Truffle banyak ditemukan dan dikonsumsi oleh orang Eropa.

Truffle sendiri ada yang namanya white truffle dan black truffle. Kedua-duanya termasuk makanan yang langka dan harganya sangat mahal. White truffle memiliki harga sekitar 2000 USD per poundsnya. Baik white truffle dan black truffle, keduanya bisa didapatkan dengan beberapa syarat dan kondisi. Yang pasti sangat sulit untuk bisa mengolah jamur dan mendapatkan trufflenya. Kalau black truffle termahal diperoleh dari jamur Black Perigord yang hanya bisa dijumpai di Perancis.

4. Densuke Black Watermelon

densuke black watermelon

Semangka yang satu ini sangat berbeda dengan semangka yang umumnya kita makan. Dimana semangka yang kita temui biasanya memiliki warna hijau, yang satu ini kulitnya justru berwarna hitam. Dan lagi-lagi, makanan unik dan langka satu ini bisa ditemukan hanya ada di Jepang. Namanya adalah Semangka Hitam Densuke.

Sesuai dengan namanya, semangka hitam memiliki kulit berwarna hitam. Semangka ini merupakan semangka khas yang tumbuh di Pulau Hokkaido. Bila dibandingkan dengan semangka biasa, semangka hitam ini memiliki rasa yang jauh lebih manis. Dan tentu harganya juga berbeda, Densuke Black Watermelon yang segar bisa dijual mulai dari angka 6000 USD.

3. Ikan Fugu

Ikan Fugu

Kembali lagi ke Jepang, negara dengan julukan Negeri Sakura ini ternyata masih memiliki makanan unik dan langka lainnya. Makanan tersebut adalah ikan fugu. Ikan fugu merupakan jenis ikan yang banyak ditemukan di Jepang. Disebut juga dengan ikan kembung atau ikan buntal karena kebiasaannya menggembungkan diri saat terancam.

Ikan fugu selain langka dan mahal, juga sangat berbahaya. Hanya koki profesional dan berlisensi saja yang diizinkan untuk mengolah ikan fugu. Di tubuh ikan fugu terkandung racun berbahaya tetradotoxin yang bisa membunuh manusia. Oleh koki, racun tersebut dikeluarkan dan disisakan sangat sedikit agar tetap bisa dimakan.

2. Bird’s Nest Soup

bird’s nest soup

Makanan selanjutnya diberi nama Bird's Nest Soup atau sup sarang burung. Jika kalian berpikir ini adalah makanan seram dan menjijikan lain sejenis kalajengking, laba-laba, atau belalang goreng, kalian salah. Makanan satu ini justru memiliki wujud seperti sup biasa dan rasanya cenderung enak. Setidaknya begitu kalau kalian tidak membayangkan makanan ini terbuat dari bahan apa.

Sup sarang burung dapat ditemukan di beberapa negara di benua Asia. Sebutlah Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Makanan ini termasuk makanan tradisional yang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Sup sarang burung terbuat dari liur burung layang-layang yang sudah mengering yang dikumpulkan dari berbagai sarang. Burung layang-layang biasa menggunaka ludahnya sebagai material perekat daun dan ranting untuk sarang.

1. Almas Caviar

almas caviar

Caviar sendiri sudah terkenal di dunia sebagai salah satu makanan langka sekaligus mahal. Makanan ini biasa disajikan di restoran mewah di dunia. Terbuat dari telur ikan jenis tertentu, setiap ikan menghasilkan telur dan rasa yang berbeda. Jenis ikan yang umum digunakan sebagai caviar adalah sturgeon.

Di antara semua jenis caviar, hanya ada satu yang harganya sangat mahal yaitu almas caviar. Almas caviar mendapat julukan emas putih dan menjadi caviar termahal yang masuk dalam buku rekor Guinness. Diperoleh dari beluga albino di Laut Caspian, harga per kilo almas caviar diperkirakan mencapai 25.000 pounds.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas