home -> Lainnya -> 10 Kesalahan Saat Melakukan PDKT
24 Oktober 2020 09:55

10 Kesalahan Saat Melakukan PDKT

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada October 05, 2020

Masa pdkt adalah masa yang sangat penting dalam menjalin sebuah hubungan. Di masa inilah orang menunjukan kualitas dirinya dan berusaha untuk mengenal lebih dekat pasangan yang hendak dipacari. Sering dianggap remeh, akibatnya tak sedikit orang yang mengalami penolakan dan ditinggal pergi oleh calon pasangannya. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, berikut sejumlah contoh kesalahan yang umum terjadi pada masa pdkt yang musti kalian hindari.

10. Chatting Terlalu Sering

chatting

Sebelum bertemu dengan gebetan atau calon pacar, tentu akan melalui tahapan chatting. Saat chatting ini juga kita bisa mencari tahu banyak hal tentang si dia. Mulai dari hobi, kegiatan sehari, apa yang disuka, dan hal yang tidak disuka. Tidak ada salahnya dengan chatting, tapi jangan terus-terusan chatting dengan si dia juga.

Terus menerus chatting dengan doi dari pagi sampai malam hingga berhari-hari menandakan kita ini terlalu fokus dan seperti tidak ada kerjaan. Ini bisa membuat orang jadi ilfil dan mulai menjauhi kita. Dan lagi, terlalu banyak hal yang dibicarakan saat chatting malah bisa membuat momen bertemu jadi sepi karena semua topik sudah dilempar pada saat chatting. Berikan jeda waktu dalam chatting dan sisakan sejumlah topik untuk ditanyakan langsung pada saat bertemu.

9. Fokus Pada Diri Sendiri

fokus diri sendiri

Momen pacaran itu bukan hanya momen seorang diri saja tapi juga berdua. Begitu ketika menjalani masa pdkt. Agar hubungan asmara bisa berjalan dengan baik dan lancar, maka perlu dua pihak yang saling bercerita. Jangan biarkan satu sisi saja yang dominan karena itu akan membuat hubungan menjadi satu arah.

Baik itu pria dan wanita, jangan terlalu fokus pada diri sendiri. Fokus pada diri sendiri ini bisa dengan selalu membicarakan diri sendiri dan tidak memberikan kesempatan lawan bicara untuk bercerita. Padahal belum tentu cerita kamu yang menarik. Bisa saja cerita dia lebih menarik dan ada nilai positif yang bisa diambil.

8. Berdebat Siapa Yang Bayar

bills problem

Tidak mungkin pdkt tapi tidak melakukan apa-apa alias tidak kemana-mana. Minimal makan di restoran atau menonton film di bioskop adalah hal paling umum dilakukan pada saat pendekatan. Dan di masa inilah seringkali muncul masalah siapa yang harus membayar bill. Di sisi pria ingin menjadi gentleman, tapi di sisi wanita enggan untuk dibayari.

Berdebat mengenai siapa yang harus membayar siapa itu sah-sah saja. Tapi jangan sampai memanas. Karena di budaya Indonesia dimana-mana adalah kewajiban pria yang membayar, maka biasakanlah demikian. Tapi kalau ternyata wanita yang ingin bayar sendiri ya biarkan saja. Bicarakan saja dengan baik masalah bill tersebut. Bisa juga menggunakan strategi si pria yang akan membayari kencan ini, namun berikutnya baru gantian.

7. Berbicara Soal Mantan

berbicara mantan

Memiliki mantan kekasih yang sangat berkesan dalam hidup? Bagus, tapi sebaiknya tidak perlu membicarakan masalah mantan ketika sedang menjalin hubungan dengan gebetan. Momen pdkt dengan gebetan seharusnya dimanfaatkan untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya dengan si dia, bukan malah menceritakan tentang mantan atau bertanya tentang mantannya.

Yang lalu biarkan berlalu. Meski memiliki kisah semenarik apapapun dengan mantan sebaiknya tidak perlu diungkit di depan calon kekasih. Ingat, tidak semua orang suka membicarakan mantan. Membicarakan mantan seolah-olah seperti membandingkan satu orang dengan yang lain. Tidak semua orang suka untuk dibandingkan.

6. Tidak Membuat Rencana Menarik

topik menarik

Ada yang bilang bahwa hidup di jalani saja mengikuti kemana arah angin berhembus. Tidak benar. Hidup itu harus memiliki tujuan. Karena dengan memiliki tujuan kita jadi bisa menentukan langkah apa yang harus dilakukan untuk bisa mencapai tujuan tersebut. Begitu juga ketika menjalani kencan pertama, harus ada rencana yang dibuat.

Kencan pertama harus jelas apa yang mau dilakukan. Tanpa adanya rencana, momen kencana malah jadi momen saling diam tanpa tahu harus melakukan apa. Sebelum tiba hari H, persiapkan dulu rencana yang matang. Ingin kemana, melakukan apa, makan dimana, mau jalan sampai berapa lama, dan lain sebagainya. Tidak lupa juga menyiapkan topik pembicaraan apa yang menarik agar tidak garing.

5. Banyak Diam

silent dating

Nah, apabila kamu tidak menyiapkan rencana sama sekali sewaktu bertemu dengan doi, maka yang akan terjadi adalah momen saling diam satu sama lain. Tidak tahu mau kemana, berbuat apa, makan apa, dan yang lebih parahnya lagi tidak tahu harus membicarakan apa. Mau pakai alasan kamu adalah orang yang pendiam dan introvert itu tidak bisa dibenarkan.

Momen pdkt atau kencan pertama ini harus dimanfaatkan sebaiknya untuk menciptakan suasana dan memori baik. Jika impresi pertama dari kencan saja sudah buruk, sulit rasanya untuk bisa melanjutkan hubungan ke arah yang lebih serius. Jadi sebisa mungkin rencanakan di saat pdkt mau melakukan apa dan hindari momen saling diam.

4. Berbicara Soal Politik

talking politics

Memang saat chatting dan kopi darat harus membicarakan hal yang penting dan menarik, tapi bukan berarti kamu boleh membicarakan soal politik. Meski kamu adalah orang yang suka dengan politik atau berkecimpung di dunia politik, jangan langsung bawa topik yang begitu berat pada saat kencan pertama. Pilih topik yang sekiranya general dan disuka oleh lawan jenis.

Tak semua orang menyukai membicarakan politik karena terlalu berat dan pandangan orang bisa saja bias dalam soal politik. Cari ide untuk membicarakan topik menarik lain agar pembicaraan bisa menjadi panjang. Kalau bisa carilah topik yang berkaitan dengan si dia, entah itu hal yang disuka ataupun yang tidak disuka. Kalaupun kalian sudah tahu karena melakukan research, pura-puralah tidak tahu dan buat pertanyaan agar percakapan bisa berjalan terus.

3. Yakin Langsung Jadian

jadian

Percaya diri penting dimiliki dalam menjalani hidup dan berinteraksi dengan orang lain. Karena ketika orang percaya diri, maka ia cenderung bisa lebih santai dalam menjalani hidup. Santai karena dia tahu dia bisa menjalani hidup beserta melalui kesulitan yang dialami. Tapi perlu diingat jangan sampai kamu terlalu percaya diri dalam suatu hal karena bisa membawa dampak buruk.

Ketika dalam masa pdkt atau kencan pertama, banyak orang yang gagal di tahap ini karena mereka terlalu percaya diri bahwa semuanya akan berjalan lancar dan pasti akan jadian dalam jangka waktu yang lama. Padahal tidak ada yang bisa menebak masa depan akan seperti apa. Tidak sedikit orang yang kencan pertama sudah gagal dan diputus karena melakukan beberapa kesalahan.

2. Menyombongkan Diri

sombong

Ketika percaya diri sudah terlalu tinggi maka akan masuk dalam tahap yang disebut sombong. Inilah alasan kenapa banyak orang tersandung karena kesombongannya sendiri. Kencan pertama yang harusnya digunakan untuk mencitapkan impresi baik dan membuat si dia nyaman, malah membuatnya ilfil karena kita terlalu sombong.

Tak perlu membanggakan kemampuan diri sendiri secara berlebihan karena yang memiliki kelebihan bukan kamu seorang. Ada pula kelebihan yang dimiliki oleh pasangan kamu, itulah yang harus kamu gali lebih dalam dan pancing dia untuk bercerita. Di masa pdkt usahakan untuk buat si dia yang banyak berbicara tentang dirinya dan kita berikan rasa kagum.

1. Terlalu Fokus Dengan Handphone

fokus hp

Berbeda dulu dengan zaman sekarang. Dulu tidak ada yang namanya handphone sehingga komunikasi dengan sesama ketika bertemu benar-benar intens, fokus, dan tidak terpecah dengan hal lain. Sekarang dimana semua hal bisa dilakukan di handphone, banyak orang terlalu fokus dengan handphone dan tidak bisa melepaskan gadget kesayangannya tersebut meski sedang kencan.

Ketika menjalani kencan pertama, hal yang perlu kalian ingat adalah untuk tidak terlalu fokus dengan handphone kalian. Fokuslah dengan yang ada di hadapan kalian yaitu lawan bicara kalian. Berkomunikasi dengannya dengan bertatap mata langsung. Mengecek handphone sesekali boleh tapi setelah itu simpan kembali handphone dan kembali berbincang dengan si doi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas