home -> Lifestyle -> 10 Tips Menghemat Uang Saat Liburan
24 Oktober 2020 10:16

10 Tips Menghemat Uang Saat Liburan

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada September 23, 2020

Seringkali kita suka lupa diri ketika sedang melakukan traveling atau liburan ke luar negeri atau suatu tempat. Mulai dari mencicipi setiap makanan yang ditemui sampai membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Alhasil, uang yang dibawa malah habis untuk hal-hal yang tidak penting. Padahal semestinya kita bisa menghemat uang tapi malah harus ke ATM dan menarik uang. Liburan yang semestinya senang-senang namun tetap irit malah jadinya boros. Untuk itu perlu dipikirkan dengan baik apa yang musti dilakukan saat liburan agar budget di dompet tidak jebol. Berikut tips berguna yang bisa kalian ikuti agar tetap hemat dalam liburan.

10. Tentukan Budget

tentukan budget

Tentu dari semua hal yang perlu disiapkan, menentukan budget adalah yang paling utama. Dari sini kita menentukan semua hal yang bersangkutan tentang liburan nanti. Mulai dari tiket pesawat, penginapan, makanan, hiburan apa saja yang mau dicoba, dan lain sebagainya. Dengan ini pula kita bisa mengerem apa yang tidak perlu untuk dibelanjakan.

Sebisa mungkin menentukan budget perjalanan jangan terlalu ketat. Takutnya nanti ada hal yang tak terduga yang ternyata membutuhkan uang lebih. Maka dari selalu lebihkan beberapa ratus dolar atau tergantung mata uang di negara tempat kalian berlibur. Pastikan untuk menyiapkan uang lebih dengan mata uang dari negara sendiri dan negara luar. Kalau-kalau ada tempat penukaran uang, kalian bisa menukarkan uang dari negara kalian ke mata uang lain.

9. Mengikuti Free Tour

free tour

Tidak perlu malu untuk menggunakan jasa tour selama liburan ke luar negeri. Apalagi jika kamu baru pertama kali ke suatu negara dan hanya sendirian. Di beberapa negara ada loh sejumlah jasa tour bagi para turis. Memilih tour guide juga perlu kalian seleksi baik-baik. Dan biasanya ada tour guide yang menyediakan jasa tour tanpa memungut biaya.

Dengan memilih tour guide yang gratisan akan menghemat pengeluaran selama traveling. Kelebihan dari tour guide ini dari tour guide resmi biasanya mereka lebih bersahabat dan tahu tempat-tempat menarik yang tidak banyak orang tahu atau hidden gems. Cuma kalian perlu berhati-hati juga dengan yang namanya penipuan karena kalian adalah orang asing disana.

8. Mencari Makan Pinggiran

street foods

Salah satu tujuan untuk liburan ke luar negeri adalah mencicipi kuliner yang ada di negara tersebut. Sejumlah restoran yang menggoda bisa membuat orang yang lapar mata dan mulut langsung masuk ke dalam. Tidak salah memang untuk menikmati kuliner dengan makan di restoran, tapi pernahkah kalian mencoba jajanan pinggiran atau street food disana?

Mencoba makanan kaki lima atau pinggiran bisa menjadi solusi bagi kalian yang ingin menghemat budget. Mungkin tempatnya tidak seenak di restoran, tapi makanan pinggiran bisa saja memiliki cita rasa yang sama atau mungkin saja lebih dari yang ada di restoran. Selain itu, makanan pinggir jalan juga memiliki harga yang relatif murah dan bisa sekalian melihat bagaimana cara mereka membuat makanan tersebut.

7. Seleksi Hiburan Yang Ingin Dinikmati

entertainment

Selagi berada di luar negeri tidak ada salahnya untuk menikmati segala macam jenis hiburan yang ada disana. Tapi jangan lupa, beberapa jenis hiburan membutuhkan tiket masuk yang harus dibeli dengan mata uang yang berlaku disana. Apakah itu murah? Tidak juga. Tergantung dari hiburan seperti apa yang kalian ikuti dan seberapa banyak uang yang kalian bawa.

Kalau uang yang dibawa sudah ditentukan untuk membeli dan melakukan apa yang sudah dijadwalkan, tidak perlu mengikuti hiburan lain yang tidak penting. Kalau hiburan tersebut gratis ya tidak masalah. Tapi kalau harus membeli tiket masuk, lebih baik tidak perlu diikuti. Masih banyak aneka hiburan menarik lain yang tentunya lebih murah atau bahkan gratis.

6. Buat Daftar Belanja

travel shopping list

Sama seperti saat kita sedang berbelanja di pasar atau mall. Sebelum berangkat, pastikan kita sudah membuat daftar barang yang ingin dibeli. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk tidak membeli barang yang tidak diperlukan saat sedang jalan-jalan. Hal yang sama juga perlu dilakukan saat melakukan liburan ke luar negeri.

Tak bisa dipungkiri di luar negeri kita memiliki kemungkinan besar menemukan barang-barang yang unik, lucu, dan keren yang tidak bisa didapat di negeri sendiri. Jelas ini akan menjadi godaan besar apabila bepergian dengan uang yang seadanya dan tidak ada teman atau keluarga yang mengingatkan. Jadi kita perlu mengingatkan diri kita sendiri dengan cara melihat daftar barang yang ingin dibeli. Jika tidak ada dalam daftar, maka sebaiknya dipikir ulang bila mau membelinya.

5. Menyewa Pocket Wifi

pocket wifi

Anggap saja provider smartphone kalian memiliki jaringan yang luas sehingga bisa dipakai di luar negeri. Tapi semakin jauh jaraknya, maka sinyal akan semakin mengecil, dan ada biaya roaming yang bisa dikenakan. Besarnya seberapa itu tergantung dari providernya masing-masing. Daripada nantinya boros pulsa, lebih baik gunakan yang namanya pocket wifi.

Kecil, murah, dan bisa digunakan dimana saja tanpa harus mengandalkan jaringan sendiri. Pocket wifi sangat populer di Asia dan juga Eropa. Biasanya setelah kalian sampai di airport tujuan akan ada orang yang menawarkan untuk menyewa pocket wifi. Anggapan kalian tidak mau menyewa pocket wifi, kalian bisa cari kafe atau restoran yang menyediakan layanan wifi gratis.

4. Hindari Menyewa Kendaraan

sewa mobil

Menyewa kendaraan untuk dipakai sendiri saat traveling ke suatu tempat memang mengasyikan. Selain tidak perlu capek-capek naek kendaraan umum yang penuh sesak, kita juga jadi tidak mudah lelah karena mau kemana tinggal naik mobil. Namun efek negatif dari menyewa kendaraan adalah biaya liburan yang membengkak.

Tidak semua perjalanan membutuhkan sewa mobil atau kendaraan lain. Gunakanlah kendaraan umum yang ada seperti kereta, bus, atau juga angkot. Ramai sudah menjadi resiko, tapi kita jadi bisa melihat pemandangan sekeliling yang mungkin saja terlewat karena kita harus fokus mengendarai kendaraan sendiri. Bisa saja kalian bertemu dengan sesama turis dan menjadi teman.

3. Menyewakan Rumah Untuk Sementara

renting a house

Ingin liburan tapi dapat pemasukan? Gampang, caranya adalah dengan menyewakan tempat tinggal kalian untuk sementara. Kalian yang sudah tinggal sendiri, lepas dari ikatan siapa-siapa, serta memiliki rumah atau apartemen, pasti tempat tersebut akan kosong untuk sementara waktu. Selama waktu kosong itu bisa kalian manfaatkan dengan membuka jasa sewa.

Dengan menyewakan tempat tinggal kalian untuk sementara waktu bisa sedikit banyak meringankan biaya selama kalian melakukan perjalanan ke luar negeri. Kalian bisa menggunakan aplikasi yang namanya Airbnb atau VRBO. Semakin kalian lama liburan dan tempat kalian disewakan semakin lama, maka semakin banyak juga uang yang bisa kalian dapatkan.

2. Pilih Jadwal Penerbangan Di Awal Pekan

jadwal penerbangan

Satu lagi tips ketika ingin liburan namun sedang dalam kondisi ingin menghemat uang. Kalau kalian ingin liburan dengan menggunakan transportasi pesawat terbang, ada tips agar kalian bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari biasanya. Ada sejumlah hari dimana harga penerbangan lebih murah yaitu di awal Minggu.

Pilih hari penerbangan di sekitar awal Minggu seperti Senin atau Selasa. Kenapa? Karena sedikit orang yang mau melakukan penerbangan di hari ini karena sulitnya bangun pagi setelah Sabtu-Minggu libur. Orang jadi sulit dan malas untuk bangun pagi. Ini kenapa para maskapai penerbangan memberikan harga sedikit miring agar bisa menggoda orang untuk memesan tiket di awal pekan.

1. Liburan Di Off Season

Off Season

Kebanyakan orang memilih liburan tepat di momen libur panjang kantor atau sekolah. Agar jatah cuti dan sekolah tidak terganggu. Namun ini dibarengi juga momen liburan di luar negeri yang istilahnya adalah holiday season. Yang namanya holiday season, biaya liburan pun juga akan ikut naik, bukan turun. Biaya hotel, makanan, dan tempat hiburan ikutan naik.

Apabila kalian sedang ingin liburan namun sedang terjepit biaya, bisa memilih untuk melakukan perjalanan liburan di saat off season. Di saat off season seperti ini lah biaya perjalanan, hotel, makanan, serta liburan akan menjadi harga normal. Negara dan tempat wisata yang kalian kunjungi juga akan lebih sepi dari biasanya sehingga kalian bisa lebih menikmati suasana disana.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas