home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil
05 Desember 2020 06:42

10 Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada September 22, 2020

Ibu hamil sangat memerlukan makanan yang bernutrisi agar kondisi tubuhnya serta bayi yang dikandung tetap sehat. Dan tidak hanya itu, makanan yang sehat dan bergizi juga bisa membantu dalam proses persalinan agar lebih mudah. Jika ada salah mengkonsumsi makanan yang tidak seharusnya bisa menimbulkan masalah seputar kandungan dan juga saat bersalin. Agar tidak mendapatkan masalah tersebut, apa saja sih makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil?

10. Suplemen dan Herbal Teh

supplement and herbal tea

Sepertinya tak sedikit orang yang menyarankan untuk rajin mengkonsumsi suplemen dan teh herbal dalam masa kehamilan. Tapi setelah dicek lebih dalam, ternyata suplemen dan teh hijau malah bisa membuat kesehatan sang ibu dan calon bayi menjadi terancam. Masalah seperti persalinan prematur dan keguguran mungkin saja terjadi.

Beberapa bahan herbal yang diperkirakan bisa berbahaya seperti wormwood, saw palmetto, dan senna. Dan selain itu masih ada beberapa bahan herbal lain yang manfaatnya masih belum teruji secara klinis. Salah meminum bisa saja membuat tubuh malah menjadi drop. Lebih amannya adalah mencari dokter dan meminta sarannya untuk meminum minuman mana yang aman bagi kesehatan diri dan janin.

9. Kacang

nuts

Mungkin di masa belum berbadan dua kamu suka mengkonsumsi kacang. Tapi jika sudah positif hamil, konsumsi kacang-kacangan sebaiknya direm untu ksementara. Ini memang agak berat karena kacang-kacangan memiliki rasa yang enak, kaya akan protein, dan mineral. Namun demi kesehatan diri dan bayi, lebih baik tidak coba-coba.

Ada jenis kacang yang mungkin aman dikonsumsi, ada juga yang tidak. Yang tidak aman bisa membuat tubuh menjadi alergi. Kalaupun yang tidak memiliki alergi, ada kemungkinan bisa terkena juga apabila terus menerus mengkonsumsi tanpa batas. Perlu dikonsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk amannya seperti apa.

8. Buah dan Sayuran Yang Belum Dicuci

unwashed fruits

Sayuran mentah atau lalapan memang menyehatkan. Tapi lihat dulu apakah sayuran dan buah-buahan tersebut sudah dicuci dengan bersh apa belum. Tidak hanya bagi orang normal, ibu hamil memiliki menu diet yang sangat ketat. Tidak hanya harus mengkonsumsi makanan yang bergizi tapi juga harus higienis.

Sebelum memakan buah dan sayuran, terlebih dahulu harus mencuci sampai bersih. Karena di permukaan kulit buah dan sayuran itu terdapat zat pestisida dan herbisida yang berbahaya untuk kesehatan. Belum lagi ditambah dengan patogen lain seperti toxoplasma, gondii, dan listeria. Sayuran yang sebaiknya dihindari untuk sementara seperti toge, lettuce, dan cabbage. Kalau buah yang harus dihindari seperti pepaya, nanas, dan anggur.

7. Ikan Mentah

raw fish

Paling enak memang kalau memakan sushi yang dijual di restoran Jepang. Jenis-jenis sushi pun beragam. Ada nigiri, sashimi, roll, dan lain sebagainya. Dan biasanya daging ikan yang digunakan untuk sushi adalah daging ikan yang masih mentah dan segar. Ini agar cita rasa daging ikan bisa benar-benar terasa.

Bagi orang normal boleh-boleh saja mengkonsumsi daging ikan mentah, tapi tidak untuk ibu hamil. Sangat berbahaya bagi kesehatan sang ibu dan buah hati bila mengkonsumsi makanan mentah. Ada bakteri yang bisa berbahaya bila sampai termakan seperti norovirus, vibrio, salmonella, dan listeria. Jika sampai terjadi infeksi bisa membuat tubuh menjadi mudah haus dan lemah.

6. Fast Food

fast food

Beruntungnya kita jika sedang berada di luar dan dalam kondisi buru-buru, ada restoran cepat saji yang bisa menyajikan makanan dengan segera. Kalau perut sedang lapar, mau tidak mau makan di restoran yang bisa menyajikan makanan dan minuman dengan cepat. Setelah itu baru bisa melanjutkan aktivitas.

Makanan fast food atau cepat saji memang enak, tapi soalnya gizi itu yang diragukan. Sementara ibu yang tengah hamil memang membutuhkan makanan yang banyak dan juga bergizi. Makanan fast food memiliki kalori, lemak, dan gula yang luar biasa besar. Sangat tidak sehat bila dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil.

5. Alkohol

alcohol

Sudah seharusnya ibu hamil menghindari yang namanya alkohol. Alkohol mau dalam kadar berapa pun sebaiknya dihentikan untuk sementara. Alkohol bisa menimbulkan banyak masalah baik itu untuk si ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan. Resiko keguguran dan bayi meninggal sangatlah tinggi bila mengkonsumsi alkohol selama mengandung.

Andaikan tidak mengalami keguguran dan bayi berhasil keluar, besar kemungkinan bayi yang lahir akan mengalami kecacatan. Bisa itu cacat di fisik atau bisa juga mengalami masalah dengan jantung dan otak. Mau itu level alkoholnya rendah, namun untuk keselataman diri sendiri dan bayi alangkah baiknya untuk benar-benar stop alkohol selama masa kehamilan.

4. Susu Yang Tidak Dipasteurisasi dan Keju

pasteurized milk

Memang benar bahwa ibu hamil perlu asupan gizi yang cukup dari segala macam makanan dan minuman. Susu termasuk dalam salah satu minuman yang wajib untuk diminum. Tapi tidak semua jenis susu aman untuk dikonsum untuk ibu hamil. Jenis susu yang tidak boleh dikonsumsi adalah susu mentah yang belum dipasteurisasi dan keju.

Susu yang belum melalui proses pasteurisasi dan keju yang juga belum dipasteurisasi mengandung banyak bakteri yang bisa berbahaya untuk kesehatan ibu dan cabang bayi. Listeria, salmonella, e. coli. dan campylobacter adalah bakteri yang umum dijumpai. Tidak main-main, bakteri ini bisa mengurangi resiko bayi lahir dengan selamat.

3. Kafein

caffeine

Jika sedang berada dalam situasi dikejar deadline tugas sekolah atau kantor, yang biasa menjadi sahabat di kala bekerja malam adalah kopi. Bahkan bukan hanya sekedar minuman di kala malam hari, kopi kini sudah menjadi kebutuhan utama orang banyak. Pagi, siang, sore, malam selalu tak lupa mensruput segelas kopi.

Ketika seorang perempuan tengah berbadan dua, kopi dan minuman lain yang mengandung kafein sebaiknya distop untuk sementara. Disarankan untuk membatasi asupan kafein hingga 200 mg per hari. Kafein bisa dengan mudah diserap tubuh dan ditransfer ke plasenta. Karena bayi di kandungan tidak memiliki enzim yang cukup untuk mengolah kafein maka bisa menyebabkan kemungkinan berat badan bayi menjadi tidak normal. Dan lagi kafein juga bisa membuat ibu hamil menjadi susah tidur. Padahal tidur cukup adalah suatu keharusan.

2. Telur Setengah Matang

raw eggs

Telur merupakan salah satu makanan yang memiliki protein tinggi. Apabila tidak ada daging, maka bisa disubstitusi dengan telur ini. Cara masaknya pun bisa beragam seperti direbus, digoreng menjadi telur dadar, atau juga telor mata sapi. Dari sekian banyak cara memasaknya, pastika untuk memasaknya sampai matang bila ingin disajikan untuk wanita yang sedang hamil.

Telur yang masih dalam kondisi mentah itu banyak mengandung bakteri salmonella. Dan kondisi telur mentah ini yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Bakteri salmonella bisa membuat si ibu menjadi mual, muntah, mabuk, perut kram, dan diare. Bila sampai ke level lebih serius bisa menyebabkan kelahiran prematur.

1. Daging Mentah

raw meat

Selain daging ikan mentah, daging dari hewan lain yang tidak dimasak secara benar juga tidak boleh dikonsumsi oleh ibu yang tengah hamil. Misalnya daging ayam atau sapi yang dibakar atau digrill namun tidak sampai matang seluruhnya. Sama seperti daging ikan mentah, daging mentah juga memiliki bakteri yang berbahaya.

Sebutlah toxoplasma, e. coli, listeria, dan salmonella bisa saja masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan masalah. Beberapa masalah yang bisa ditimbulkan oleh bakteri ini terhadap kesehatan janin seperti gangguan saraf, turunnya intelijen anak, kebutaan, dan epilepsi. Maka dari itu selalu masak daging sampai benar-benar matang untuk terhindar dari bakteri ini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas