home -> Top -> 10 Hal Dalam Mitologi yang Ternyata Memang Benar-B...
26 November 2014 23:01

10 Hal Dalam Mitologi yang Ternyata Memang Benar-Benar Ada

Oleh admin dalam Top pada August 07, 2013

Dalam dunia modern ini ada banyak sekali cerita, kisah hingga hal-hal mistis atau mitologi yang muncul dalam berbagai bentuk seperti film, literatur ataupun hanya pembicaraan belaka. Karena itu kita sering menganggap semua hal itu hanyalah hal tidak nyata, tapi ternyata di dunia ada beberapa hal dalam mitologi yang sebenarnya ada atau dapat dibilang memiliki hal yang setara di dunia nyata.

10. Hobbit

Hobbit

Jika Anda pernah menonton film Lord of The Rings, maka ada sebuah ras menyerupai manusia hanya saja tingginya tidak setinggi manusia dimana hanya sepertiga atau setengah manusia biasa, ras itu dikenal dengan nama Hobbit atau manusia kerdil. Sebuah penggalian di Pulau Flores, Indonesia menghasilkan penemuan akan sebuah kerangka menyerupai manusia hanya saja tingginya dan bentuknya juga hanya sepertiga manusia biasa.

Dari sini ada dua kesimpulan yang dapat diambil, apakah memang benar bahwa ada sebuah ras yang gaya hidupnya berbeda dari manusia biasa dan dikenal dengan hobbit, atau memang ini disebabkan karena adanya gangguan pertumbuhan pada manusia terkait seperti microcephaly (gangguan atau kelainan pertumbuhan).

9. Dvaraka Kota Krishna

dvaraka

Berdasarkan legenda, Krishna (Dewa di Hindu yang setara dengan Tuhan Yesus) berkuasa atas kota Dvaraka atau Dwarka hingga pada akhirnya ia ditelan oleh laut. Bagi kaum Hindu, menemukan Kota Hilang Dvaraka ini seperti menemukan Kitab Perjanjian atau Cawan Suci. Kota ini berbeda dengan kota modern Dwarka di India, Dvaraka adalah kota dalam legenda yang dibawahi oleh Krishna.

Arkeologi menemukan sebuah kota lepas pantai di India yang serupa dengan deskripsi pada legenda tersebut. Dengan bebatuan yang mengindikasikan bahwa itu memang Dvaraka dan juga ternyata itu adalah salah satu kota paling tua dalam sejarah yang dibawahi oleh Maha Dewa Krishna.

8. Wanita Amazon

Amazon Woman

Wanita Amazon digambarkan sebagai bentuk kewanitaan yang sangat kuat dan menggambarkan pejuang wanita yang tidak kalahnya dengan pejuang pria. Seorang sejarawab Yunani yang bernama Herodotus menuliskan sebuah cerita dimana para wanita Amazon menikah dengan para pria Scythian (sebuah suku penunggang kuda Eurasia). Para wanita Amazon menyetujui pernikahan tersebut asalkan anak-anak perempuan mereka masih diperbolehkan mengikuti tradisi pejuang wanita ini.

Jika tidak ada bukti pasti mengenai cerita ini maka tentu cerita ini tidak akan dapat dipercaya. Tapi ternyata ada bukti nyata, yaitu sebuah kuburan yang ditemukan di padang rumput Eurasia yang menunjukkan bahwa Wanita Scythian mempunyai sifat pejuang seperti yang dideskripsikan di Wanita Amazon. Mereka ditemukan memiliki tulang yang terkena luka perang dan dikubur bersama pedang, panah, pisau dan bukti-bukti perjuangan lainnya.

7. Dragons

wingless dragon

Walaupun bentuknya tidak benar-benar seperti naga yang kita bayangkan, tetapi kita tidak tahu darimanakah sebenarnya keaslian bentuk naga yang kita bayangkan tersebut. Mungkin saja bentuk aslinya dikembangkan dari seekor hewan yang memang benar-benar memiliki nama 'Dragon' pada namanya, yaitu Komodo Dragon yang lebih kita kenal sebagai Naga Komodo atau Komodo saja, dan dapat ditemukan di Pulau Komodo, Indonesia. Tapi yang kita bicarakan bukan hewan ini, melainkan nenek moyangnya Komodo, yaitu Megalania.

Merupakan sebuah kadal berukuran raksasa yang dapat tumbuh hinga 8 meter dengan berat hingga 1,9 ton. Megalania ini tidak kalah mematikannya dengan Naga yang di film-film atau kisah literatur, korban yang digigitnya akan terkena racun yang sangat mematikan dan berdarah hingga ia mati, dimana gigitannya akan membuat daging membusuk secara perlahan.

6.Kraken

kraken

Kraken adalah sebuah mahluk dalam mitologi yang berdiam di laut dengan keganasan dan bentuk yang mengerikan. Tapi ternyata Kraken dipercaya terinspirasi dari seekor cumi-cumi. Cumi-cumi memang bentuknya menyerupai kraken, tapi apakah besarnya sangatlah berbeda dimana kraken dapat dengan mudah menghancurkan kapal. 

Hal ini mungkin masuk akal jika kita bukan membicarakan cumi-cumi umumnya yang berukuran kecil tetapi Cumi-cumi Raksasa atau Colossal Squid. Dengan panjang dapat mencapi 14 meter dan tangan dan mata yang jauh lebih besar daripada cumi besar lainnya. Cumi-cumi raksasa inilah yang sering digambarkan bertarung dengan ikan paus. Ya, jika kita membicarakan cumi-cumi ini maka ia memang berniat melakukannya, maka ia dapat memberikan kerusakan ke kapal.

5. Kapten Ahab dan Moby Dick

captain ahab and moby dick

Moby Dick terinspirasi dari sperm whale (Paus Sperma atau Paus Kepala Kotak) raksasa yang bewarna putih. Hal ini nyata, bahkan yang asli ternyata lebih jahat daripada kisahnya. Ia dinamakan Mocha Dick, dimana paus ini telah berhasil mengalahkan hingga seratus kapal pemburu paus, bahkan ia pernah menghadapi 3 kapal pemburu paus sekaligus dan berhasil mengalahkannya.

Kapten Ahab sendiri digambarkan sebagai seorang kapten yang tergila-gila untuk memburu Moby Dick. Kapten Ahab ini ternyata diinspirasikan dari seorang pria yang tinggal di zaman yang sama dengan Mocha Dick, yaitu Kapten Pollard. Kapal kapten Pollard juga idhancurkan oleh seekor paus, yang akhirnya memaksa ia dan krunya untuk melakukan kanibalisme agar dapat bertahan hidup. Setelah bertahan hidup, ia kembali melaut dengan kapal yang baru. Sayangnya, kapalnya tenggelam lagi, kali ini oleh sebuah badai dan akhirnya ia menghabiskan sisa hidupnya menjadi seorang penjaga.

4. Scylla dan Charybdis

scylla and charybdis

Odysseus, seorang raja Yunani yang terkenal akan taktik Kuda Trojan (Trojan Horse)-nya ini pada pelayarannya harus melalui sebuah selat sempit yang mempunyai monster di kedua tepian daratannya. Di sisi satu adalah Scylla, sebuah monster berkepala banyak yang siap menyerang kru kapal jika mendekat dan di sisi lainnya adalah Charybdis, sebuah monster laut yang menyerang kapal dengan menariknya ke kedalaman laut melalui pusaran air. Akhirnya Odysseus memutuskan mendekati Scylla daripada Charybdis karena akan lebih baik kehilangan sedikit kru daripada semua kapal.

Straits of Messina (Teluk Messina) yang berada di antara Sisilia dan daratan utama Italia dipercaya adalah tempat Scylla dan Charybdis ini tinggal. Charybdis sebenarnya adalah memang pusaran air hanya saja tanpa si monster, dan arusnya itu lebih lemah daripada yang diceritakan di legenda. Di sisi lain pada teluk ini ada tebing berbatu yang menginspirasikan kepala Scylla.

3. Berserker

Berserker

Berserker adalah pejuang dalam mitologi Norwegia Kuno yang dikatakan pada saat bertarung berada dalam karakteristik yang sangat liar, tidak terkontrol dan seperti mengamuk, mereka adalah pejuang atau prajurit yang ditakuti hingga sekarang ini karena seberapapun mereka terluka mereka tidak peduli dengan satu tujuan, yaitu menghabisi siapapun yang ada di pandangan mereka. Lalu darimanakah kekuatan ini  berasal?

Ternyata cerita ini memang benar-benar nyata. Berserker atau keadaan ini dapat dicapai dengan memakan sebuah obat sebelum berperang yang dapat memberikan rasa mabuk, serupa seperti halusinogen. Ini akan membuat mereka tidak mengenal takut, sakit dan menjadi lebih kuat. Obat seperti bufotenin dipercaya dapat menghasilkan hal serupa.

2. Menara Babel

Tower of Babel

Dikisahkan bahwa Raja Babilonia Modern, Nebuchadnezzar II, berusaha membuat sebuah menara yang sangat tinggi dengan tujuan mencapai keberadaan Surga dan kemudian karena murka Tuhan, menara tersebut dihancurkan oleh kekuatan-Nya. Anda dapat melihat hal serupa di sini.

Hanya saja ini bukan seperti puing-puing sisa menara Babel yang dihancurkan Tuhan. Ini adalah sebuah Ziggurat (struktur bangunan raksasa seperti Pyramid), untuk kuil Dewa Marduk (Dewa Matahari Babilonia) yang dihancurkan oleh Alexander the Great (Raja Macedonia yang berhasil menciptakan salah satu kerajaan terbesar dalam sejarah kuno).

Alexander kemudian mencoba membangun kembali tempat ini untuk membesarkan namanya, tetapi tidak berhasil karena ia meninggal sebelum selesainya pembangunan tersebut. Setelah itu banyak sekali orang-orang berusaha membangun kembali hal serupa namun gagal sebelum selesai. Tempat ini seperti menggambarkan ketidakmampuan manusia untuk bekerjasama membangun satu hal.

1. Imoogi

imoogi

Imoogi berasal dari legenda Korea, dikatakan merupakan sebuah mahluk menyerupai ular raksasa dan setara dengan dragon (naga). Imoogi ini diibaratkan merupakan sebuah calon naga yang pada akhirnya jika ia dapat bertahan hidup selama ribuan tahun, ia akan berubah menjadi bentuk naga yang sebenarnya dan pada akhirnya pergi ke langit.

Walaupun hal nyatanya bukan berada di Korea, melainkan Amerika Selatan, dikatakan bahwa ada sebuah ular phyton raksasa yang disalah persepsikan sebagai naga muda. Inilah yang mnejadi cikal bakal dari Imoogi. Ular phyton raksasa ini adalah Titanoboa dengan panjang sekitar 14 meter dan berat lebih dari 1 ton. Mahluk ini dapat menelan manusia bulat-bulat tanpa ada tonjolan di perutnya. Untungnya, mahluk ini telah punah sejak lama sekitar 58-60 juta tahun yang lalu.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Artikel Serupa dari Portal Tahupedia
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas