home -> Entertainment -> 10 Cidera Parah Yang Pernah Dialami Oleh Jackie Ch...
24 Oktober 2020 10:04

10 Cidera Parah Yang Pernah Dialami Oleh Jackie Chan

Oleh serba_tahu dalam Entertainment pada September 21, 2020

Jackie Chan dikenal sebagai aktor laga asal Hong Kong yang tidak pernah menggunakan jasa pemeran pengganti. Padahal adegan yang ia lakukan sangatlah berbahaya dan bisa membuatnya cidera atau bahkan meninggal dunia. Akibatnya, seluruh bagian tubuhnya tidak ada yang tak pernah mengalami cidera, dari ujung kaki sampai ujung kepala. Sang aktor pernah mengatakan bahwa ia mungkin gila, tapi tidak bodoh. Ia sudah memperkirakan hal berbahaya yang mungkin akan terjadi beserta resikonya. Penasaran cidera atau momen berbahaya apa saja yang pernah dialami oleh Jackie Chan saat syuting film? Berikut daftarnya.

10. Cidera Lutut - Crime Story (1993)

crime story

Mengawali daftar cidera yang pernah dialami Jackie Chan kali ini adalah cidera lutut pada saat syuting film Crime Story. Di kesempatan ini, Jackie berperan sebagai polisi Hong Kong yang bertugas menyelamatkan seseorang dari usaha penculikan. Cidera yang dialami Jackie kali ini adalah cidera lutut yang lumayan parah.

Cidera ini terjadi saat Jackie terjebak di antara 2 mobil. Jackie yang berada di tengah-tengah ditabrak oleh mobil dan membuat kakinya terjepit. Jackie mengalami cidera lutut serius karenanya. Meski begitu, Jackie masih tetap profesional dan menyelesaikan adegan tersebut. Yang luar biasanya lagi, film tersebut bisa diselesaikan tepat waktu meski lututnya cidera.

9. Dislokasi Bahu Kanan, Patah Kaki, Cidera Lutut - City Hunter (1993)

city hunter

Berawal dari manga Jepang buatan Tsukasa Hojo, City Hunter kemudian diangkat menjadi anime dan dibuat live actionnya. Untuk live actionnya, City Hunter yang menceritakan kisah detektif handal dan mesum Ryo Saeba diperankan oleh Jackie Chan. Misi Jackie di film ini adalah mencari seorang anak perempuan kaya raya yang lari dari rumah.

Di City Hunter ada adegan dimana Jackie Chan melakukan kejar-kejaran untuk menangkap putri dari pebisnis kaya. Aksi kejar-kejaran kali ini menggunaakan skateboard. Aksi kejar mengejar ini berlangsung seru dan ekstrim. Karena adegan ini, Jackie mengalami cidera kaki, dislokasi bahu, dan cidera lutut. Karena tidak sanggup melanjutkan adegan, Jackie terpaksa menggunakan stunt double. Inilah satu-satunya momen dimana Jackie menggunakan pemeran pengganti.

8. Vertebra Rusak - Police Story (1985)

Police Story

Dari sekian banyak film terkenal yang pernah dimainkan oleh Jackie Chan, salah satunya yang populer adalah Police Story. Film ini memiliki 8 seri dimana Jackie berperan sebagai polisi yang bertugas untuk menangkap kriminal kelas berat. Yang cukup berkesan dan membuat Jackie cidera adalah Police Story I di tahun 1985.

Di film ini, ada adegan dimana Jackie harus melakukan adegan berbahaya yaitu melompat dari lantai 2 menuju lantai dasar. Sebelum benar-benar jatuh ke lantai, Jackie terlebih dahulu menghantam stuktur bangunan lain. Yang membuat lukanya bertambah parah adalah Jackie sama sekali tidak menggunakan kasur atau matras pengaman. Alhasil ia mengalami cidera di tulang vertebra ke-7 dan 8.

7. Soket Mata Rusak - Drunken Master (1978)

Drunken Master

Drunken Master merupakan salah satu seri dari sekian banyak film Drunken Master yang pernah dimainkan oleh Jackie Chan. Menceritakan tentang keunikan kungfu China, tak sedikit di film tersebut menampilkan adegan fighting yang seru dan kocak ala Jackie Chan. Seperti biasanya, Jackie Chan tidak menggunakan trik kamera untuk menampilkan adegan perkelahian yang seru dan keren. Semua adegan perkelahian dilakukan olehnya sendiri dan kamera diarahkan agar terlihat bahwa pertarungannya seperti nyata.

Ada beberapa adegan fighting yang dilakukan dalam film Drunken Master yang sempat membuat tubuh Jackie Chan menderita cidera. Salah satu adegan fighting yang membuat Jackie cidera adalah ketika pertarungannya dengan aktor Hwang Jang Lee. Saat bertarung, Hwang Jang Lee secara tak sengaja melakukan tendangan dan melukai kantung mata Jackie. Tendangan ini hampir saja membuat mata Jackie buta permanen. 

6. Duduk Di Bara Api - Drunken Master II: The Legend Of Drunken Master (1994)

Drunken Master II The Legend Of Drunken Master

Drunken Master II: The Legend of Drunken Master, Jackie berperan sebagai Wong Fei Hung, seorang legenda China yang ahli dalam kungfu dan paham mengenai dunia medis. Berbicara tentang kungfu sudah jelas bahwa film ini menampilkan banyak sekali adegan perkelahian yang berbahaya tidak hanya untuk Jackie, tapi juga aktor lain.

Namun ada satu adegan berbahaya dimana Jackie harus menjatuhkan diri ke belakang dimana ada bara api yang menyala. Setelah menjatuhkan diri ke belakang, Jackie masih harus merangkak ke belakang sembari duduk. Tidak hanya satu kali, Jackie melakukan adegan tersebut sampai dua kali. Tentu saja ini membuat kedua tangannya mengalami luka bakar.

5. Tulang Tengkorak Retak - Armour of God (1986)

Armour of God

Jackie Chan membuat 2 seri film Armour of God. Yang pertama di tahun 1986 dan yang kedua di tahun 1991. Baik Armour of God I dan Armour of God II, keduanya berisikan adegan berbahaya yang membuat sang aktor harus mendapatkan perawatan serius. Yang pertama akan dibahas adalah luka parah di film Armour of God I dimana Jackie mengalami retak di tulang tengkorak.

Di film Armour of God I, ada adegan dimana Jackie melakukan sebuah lompatan ke pohon. Lompatan tersebut sebenarnya tidak terlalu jauh. Tapi kesalahan mendarat yang dilakukan oleh Jackie membuatnya harus terjatuh dari ketinggian 12 meter. Jatuhnya tersebut membuat darah keluar dari hidup, telinga, dan mulut. Setelah dicek lebih dalam, ternyata ada retak di tulang tengkoraknya dan akhirnya dia harus menjalani operasi. Akibat cideranya tersebut, Jackie kehilangan pendengaran di telinga kanannya.

4. Luka Bakar - Police Story (1985)

Police Story burns

Kali ini masih dari film yang sama yaitu Police Story I yang tayang di tahun 1985. Jika di atas sudah dijelaskan bagaimana Jackie bisa mengalami patah tulang vertebra, disini Jackie mengalami cidera lain yakni luka bakar lumayan serius ditambah dengan cidera tulang belakang untuk yang kesekian kalian, dan dislokasi panggul.

Adalah adegan dimana Jackie Chan harus menuruni sebuah tiang yang sudah dihiasi dengan lampu. Ketika adegan ini dilakukan, listrik tetap dibiarkan mengalir agar lampu tetap menyala, sementara Jackie menuruni tiang tersebut tanpa menggunakan pelindung tangan. Jackie jatuh tanpa bisa dikontrol dan membuat sejumlah cidera serius seperti luka bakar di tangan, cidera tulang punggung, dan dislokasi panggul.

3. Dislokasi Tulang Dada - Armour of God II: Operation Condor (1991)

Armour of God II Operation Condor

Memiliki jalan cerita yang masih sama dengan Armour of God I dimana Jackie berperan sebagai dirinya sendiri yang merupakan pemburu barang-barang berharga. Namun kali ini ia mendapatkan misi yang berbeda dimana ia harus mencari dan mengumpulkan harta karun yang terkubur di bawah Gurun Sahara. Dan disini ia harus bersaing dengan pemburu harta karun lain.

Di saat melakukan adegan kejar-kejaran di gedung militer yang ada di bawah pasir, Jackie melakukan kesalahan fatal saat melakukan adegan berayun dari rantai besi. Pegangan Jackie terlepas dan membuat tubuhnya harus menghantam dinding pasir yang keras. Tabrakan keras ini membuat Jackie mengalami dislokasi tulang dada, patah rusuk, dan gegar otak.

2. Cidera Tulang Belakang - Project A (1983)

Project A

Satu kegilaan Jackie Chan dilakukan pada saat syuting film berjudul Project A I yang tayang pada tahun 1983. Film ini mengisahkan Jackie Chan yang berperan sebagai polisi harus melawan penyelundup dan bajak laut. Aksi kejar-kejaran dan pertarungan pun tak bisa dihindarkan. Dan di film ini, Jackie Chan mengalami cidera parah yang bisa saja merenggut nyawanya.

Dari sekian banyak adegan berbahaya, ada satu adegan paling berbahaya yang dilakukan sendiri oleh Jackie. Yang pernah menontonnya pasti ingat adegan dimana Jackie Chan bergelantungan di menara jam. Di adegan tersebut, Jackie terjatuh ke tanah setelah sebelumnya lebih dahulu mengenai 2 tenda. Tanpa menggunakan alat-alat pengaman, Jackie terjatuh ke tanah dari ketinggian 18 m. Alhasil, jari patah, tulang ekor patah, cidera leher, hidung patah, dan cidera tulang belakang. Luar biasanya, Jackie masih tetap menyelesaikan adegan tersebut tanpa bantuan medis.

1. Tabrakan Dengan Pesawat - Police Story 3: Supercop (1992)

Police Story 3 Supercop

Seri Police Story lainnya yang dimana Jackie mengalami luka serius adalah Police Story 3: Supercop. Masih menjadi seorang polisi yang harus menangkap penjahat, Jackie sampai harus melakukan pengejaran sampai menggunakan helikopter dan naik ke atas kereta api. Dan kecelakaan berikut ini melibatkan Jackie dengan 2 kendaraan besar tersebut.

Di saat Jackie tergantung dan berpegangan pada sebuah tiang di atas kereta api yang berjalan. Tubuh Jackie terhantam oleh helikopter yang mendarat di atas kereta. Atas tabrakan keras ini, otot bahu robek, tulang bahu patah, tulang rusuk patah, dan membuatnya pingsan. Melihat Jackie pingsan, semua kru di sekitar langsung menghentikan syuting dan segera membantunya turun.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh raza dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  1. 1
    oleh raza dalam Entertainment
  2. 2
    oleh raza dalam Entertainment
  3. 3
    oleh admin dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh admin dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh admin dalam Entertainment
  8. 8
    oleh admin dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh raza dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas