home -> Lainnya -> 10 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Hubungan Deng...
27 September 2020 00:07

10 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Hubungan Dengan Pasangan

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada September 15, 2020

Menyatukan dua pikiran menjadi satu bukanlah perkara mudah. Masing-masing pihak pastinya memiliki sifat bawaan yang berbeda-beda. Maka dari itu masalah yang dihadapi pastinya akan bertambah. Perlu disadari oleh kedua pihak bahwa sifat dan kebiasaan buruk yang dimiliki harus ditekan atau kalau bisa dihilangkan. Karena jika tidak, maka akan mengancam keharmonisan hubungan asmara. Beberapa kebiasaan buruk yang bisa mengancam atau merusak hubungan dengan pasangan akan dibahas di bawah ini.

10. Membandingkan Dengan Mantan

comparing ex

Mungkin ada orang yang tidak apa-apa bila dibandingkan dengan orang lain, tapi ada orang yang tidak suka dibandingkan. Dengan mengetahui sifat pasangan yang satu ini, kita jadi tahu apa yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh. Kalau pasangan kalian kebetulan adalah yang tidak suka dibandingkan, jangan pernah membandingkannya dengan orang lain, apalagi mantan.

Memori tentang mantan sebaiknya dilupakan atau tidak perlu dibahas dengan pasangan yang memang tidak suka dibandingkan. Dengan membandingkan pasangan yang sekarang dengan mantan hanya akan menimbulkan kecemburuan yang bisa menyulut api masalah. Kalau menganggap mantan lebih baik, buat apa juga menjalin hubungan dengan pasangan yang sekarang.

9. Menolak Kritik

anti critics

Kritik itu pasti akan selalu ada dalam kehidupan. Karena sebenarnya tidak ada manusia yang sempurna, pasti ada salah atau kekurangan. Dan dengan kritik inilah kita jadi bisa belajar untuk memperbaiki kesalahan dan kekurangan kita. Jadi, apabila dikritik oleh pasangan sebaiknya didengarkan. Bukan menjadi orang yang anti kritik.

Dengan menjadi orang yang anti kritik akan membawa dampak buruk pada hubungan bersama pasangan. Tujuan menjalin hubungan adalah saling melengkapi satu sama lain supaya kelebihan yang ada bisa membawa hubungan ke arah yang lebih positif. Sementara kekurangan bisa dikurangi sampai minimal. Dengan menjadi personal yang anti kritik dan tetap pada sifatnya yang salah, akan diragukan hubungan bisa dibawa ke arah yang positif.

8. Tidak Menentukan Batasan

boundaries

Meski sudah memiliki pasangan, batasan itu perlu diadakan dan dihormati oleh tiap pasangan. Karena masing-masing individu pasti punya keinginannya sendiri dalam menjalani hidup. Visi dan misi dalam berhubungan memang tetap dijunjung tinggi dan dilakukan, tapi ada hal lain yang perlu dilakukan tanpa pasangan.

Komunikasi dalam hal ini menjadi poin penting. Di saat awal menjalani hubungan, bicarakan batasan apa saja yang perlu dibuat dalam berhubungan. Setelah daftarnya dibuat, masing-masing pihak wajib untuk menghargai dan menghormati batasan yang sudah dibuat dan disepakati bersama. Kalau perlu buat konsekuensi bagi yang melanggar. Menganggap sepele dan menjalani hubungan tanpa adanya batasan memungkin terjadinya bentrok antar kepentingan masing-masing pihak.

7. Tidak Jujur

not honest

Ketidakjujuran menjadi awal dari semua masalah. Dan ketika sudah memulai suatu hubungan dengan lawan jenis, pastikan bahwa tidak ada kebohongan yang terucap dari mulut. Karena jika sudah sekali berbohong maka akan ada kebohongan lain yang dibuat untuk menutup kebohongan yang lalu. Sejago-jagonya tupai melompat, pasti akan terjatuh.

Sepintar-pintarnya seseorang berbohong pasti akan ada saatnya ketahuan. Apalagi kalian berbohong pada pasangan sendiri. Pasangan kita pasti akan sadar bahwa ada gelagat aneh yang ditunjukan oleh pasangannya. Dan apabila diselidiki dan ketahuan berbohong, akan sulit untuk memperbaiki kepercayaan yang telah rusak. Lebih baik bertengkar karena berkata jujur dari hidup damai dengan kebohongan.

6. Bertengkar Di Depan Umum

couple fight

Bertengkar dalam menjalin hubungan asmara itu pasti terjadi dan tak bisa dihindari. Dari yang mulai di level pacaran sampai sudah berumah tangga pasti ada masalah-masalah yang menjadi awal mula pertengkaran. Tak masalah bertengkar, namun perlu diperhatikan tempatnya. Jangan bertengkar di tempat umum yang banyak orang.

Membuat tempat umum menjadi arena pertengkaran hanya membuat orang akan menilai buruk. Apalagi netizen zaman sekarang yang hanya bisa membicarakan orang lain terutama keburukannya. Jangan jadikan drama pribadi menjadi drama publik. Apabila ada suatu masalah, cari tempat yang private dan bicarakan baik-baik.

5. Mencari Kesalahan Pasangan

finding mistakes

Semua orang pasti pernah berbuat salah dan akan terus berbuat salah. Dan kegunaan adanya pasangan di sampung adalah untuk mengingatkan bahwa yang dilakukan salah dan jangan sampai terulang lagi di depannya. Perlu diingat bahwa kesalahan yang diperbuat hanya untuk sebagai pengingat, bukan untuk diungkit-ungkit.

Kebiasaan mengungkit kesalahan dan juga mencari kesalahan dari pasangan justru akan membuat pasangan menjadi sebal. Mungkin saja dia tahu bahwa sudah melakukan kesalahan, tidak perlu terus menerus mengungkitnya lagi di kemudian hari. Dengan menjadikan kesalahan yang pernah dilakukan masa lalu sebagai senjata dalam perdebatan hanya akan menjadi bumerang bagi diri sendiri.

4. Cuek Dengan Pasangan

cuek

Memiliki sifat cuek itu antara perlu dan tidak, jadi perlu dikondisikan. Cuek terhadap apa yang orang lain katakan tentang kita padahal orang tersebut tak tahu pilihan apa yang kita punya dan tak punya hubungan apa-apa dengan kita itu perlu. Tapi jangan pernah sekalipun cuek dengan pasangan dan kebutuhan yang mereka butuhkan.

Lagi-lagi perlu diingat bahwa kali ini hidup sudah berdua, bukan sendiri lagi. Apapun yang kalian lakukan, cobalah tanya ke pasangan apakah mereka juga mau. Contoh simpelnya seperti pada saat kamu pergi ke dapur untuk mengambil segelas air untuk minum. Coba tanya pasangan apakah dia juga minum. Siapa tahu dia haus. Komunikasikan dengan baik apa yang pasangan butuh, siapa tahu ternyata kalian sebenarnya butuh juga.

3. Berbohong Mengenai Kondisi Finansial

financial

Memutuskan untuk menjalin suatu hubungan pastinya sudah menyiapkan segala hal yang diperlukan. Termasuk salah satunya adalah finansial. Ya, biar ada orang yang mengatakan bahwa uang tidak bisa membeli segalanya, tapi jelas bahwa tanpa uang maka hidup akan sangat sulit. Hidup berdua dengan pasangan juga sulit.

Maka dari itu membahas masalah finansial bersama dengan pasangan sangat penting dilakukan. Tak mungkin membangun bahtera rumah tangga tanpa biaya, itu mustahil. Jadi sedari dini sudah harus direncanakan finansial yang baik berdua. Menghindar dari pembicaraan finansial akan membuat pasangan ragu apakah kamu serius untuk hidup berdua atau tidak.

2. Tidak Menjadi Pendengar Yang Baik

notlistening

Coba introspeksi diri, apakah kalian sudah menjadi pendengar yang baik untuk pasangan kalian. Mungkin pasangan kalian marah karena kalian hanya mau didengarkan tanpa mau mendengarkan masalah yang dialami oleh pasangan. Bila demikian bisa dikatakan bahwa kalian adalah pasangan yang egois.

Cobalah kalian berganti posisi, yang biasa menjadi pembicara sekarang berubah menjadi pendengar. Yang memiliki masalah kan bukan hanya satu orang saja, tapi pasangan kalian juga. Dengan hidup berdua, berarti masalah yang dihadapi salah satu pihak akan menjadi atau berdampak pada pihak yang lainnya. Bicara dan dengarkan dengarn baik untuk kebaikan bersama.

1. Tidak Mengabarkan Ketika Pergi

kabar

Meski terkesan menyebalkan dan merepotkan, ternyata memberikan kabar pada pasangan itu merupakan satu hal yang penting untuk dilakukan. Sama halnya seperti orang tua, pasangan kita perlu diberi kabar kemana kita pergi dan juga kapan pulang. Hal ini agar pasangan tidak khawatir. Hidup sudah berdua, kalau masih sendiri tidak masalah tidak perlu memberi kabar.

Dengan memberi kabar bisa membuat pikiran dan hati pasangan menjadi tenang. Pasangan jadi tahu kita sedang kemana dan dengan siapa. Kalau terjadi sesuatu jadi bisa menghubungi orang yang terdekat dengan kita pada saat itu. Selain itu, pasangan juga bisa mencocokan jadwal dengan kita apabila ada suatu kesibukan di hari yang sama.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas