home -> Lainnya -> 10 Tempat Yang Belum Dijelajahi Di Bumi
27 September 2020 00:27

10 Tempat Yang Belum Dijelajahi Di Bumi

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada September 09, 2020

Banyak peneliti, ilmuwan, serta penjelajah mengklaim telah berhasil menemukan dan menjelajahi tempat baru. Nyatanya dari sekian banyak tempat baru yang ditemukan, masih ada banyak tempat lain di Bumi ini yang masih belum tersentuh oleh tangan manusia. Maklum saja karena Bumi yang kita tempati ini begitu besar. TahuPedia telah merangkum dari berbagai sumber mengenai beberapa tempat yang masih belum dijelajahi oleh manusia. Mana saja tempat tersebut, berikut penjelasan lengkapnya.

10. Kamchatka, Rusia

Kamchatka

Sebagai permulaan dari daftar ini adalah Kamchatka. Tempat ini dapat kalian temukan jika berkunjung ke Rusia. Tapi apakah kalian bisa masuk ke dalamnya? Dipastikan tidak. Alasannya adalah, Kamchatka merupakan area yang sudah tertutup sejak lama. Kira-kira hingga runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, tempat ini belum bisa dikunjungi lagi.

Kamchatka sendiri menjadi tempat yang spektakular karena rumah bagi sejumlah gunung berapi. Tercatat ada setidaknya 300 gunung berapi yang masih aktif. Terakhir salah satu gunung berapi di Kamchatka pernah meletus pada tahun 1996. Karena tak tersentuh manusia sejak lama, kehidupan alam disana berkembang dengan sangat baik. Sejumlah hewan liar berkembang dengan sangat baik seperti beruang coklat dan salmon.

9. Cenotes Of Yucatan Peninsula, Meksiko

Cenotes Of Yucatan Peninsula

Cenote atau sinkhole, begitulah sebutan yang diberikan pada sebuah lubang besar yang ada di Meksiko. Diberi nama Cenotes of Yucatan Peninsula, lubang ini memiiki pemandangan indah yang sangat luar biasa. Dari atas bisa dilihat ke arah bawah ada air yang sangat jernih sebening kristal. Cenote ini dipercaya memiliki peran penting terhadap kepercayaan Suku Maya.

Bukan cuma ada satu, melainkan ada sebanyak 6000 cenote yang ada di sekitaran area tersebut. Dan belum semua lubang tersebut yang berhasil dijelajahi oleh para ilmuwan. Beberapa ada cenote yang memang terlihat secara jelas. Namun beberapa ada yang letaknya tersembunyi di dalam goa. Jadi butuh usaha ekstra untuk meneliti semua lubang tersebut.

8. Gangkhar Puensum, Bhutan

Gangkhar Puensum

Tepat di perbatasan antara Bhutan dan Tibet, ada satu pegunungan yang dinamakan Gangkhar Puensum. Pegunungan ini dikenal sebagai pegunungan tertinggi yang belum pernah berhasil ada manusia yang mendakinya. Kira-kira begitulah informasi yang diberikan oleh BBC dan Conde Nast Traveler. Membuat para pendaki merasa tertantang untuk mendakinya bukan?

Bukan tanpa alasan kenapa tidak ada orang yang pernah mendaki gunung tersebut. Pemerintah Bhutan yang melarang para pendaki untuk mendaki gunung tersebut. Gunung setinggi 24.981 kaki tersebut ditutup pada tahun 1994. Oleh pemerintah setempat, gunung tersebut ditutup sebagai bentuk penghormatan terhadap pada penduduk sekitar yang menganggap gunung tersebut adalah area sakral.

7. Southern Namibia Desert, Afrika

Southern Namibia Desert

Padang gurun terbesar di dunia berada di Afrika, namanya adalah Gurun Namibia. Selain menjadi padang pasir terbesar, Gurun Namibia juga menjadi gurun tertua yang ada di Bumi. Seperti padang pasing umumnya, tempat ini sejauh mata memandang hanya terlihat pasir kuning. Suhunya sangat panas dan sangat kering.

Karena padang pasirnya sangat luas, tidak seluruh area yang berhasil ditelusuri. Terutama di bagian Selatan yang benar-benar masih belum pernah dikunjungi manusia. Medan yang berat, suhu yang jauh lebih panas, dan kering, membuat manusia sulit untuk menelusuri area tersebut. Karena kondisi yang ekstrim, sangat diragukan ada makhluk hidup yang bisa bertahan di wilayah tersebut.

6. Northern Patagonia, Chile

Northern Patagonia

Chile yang diketahui memiliki wisata yang indah, ternyata tidak semua tempat bisa atau pernah dikunjungi oleh manusia. Perlu diketahui bahwa Chile menjadi negara yang memiliki hutan hujan yang luas, glasier, fjord, dan juga sumber mata air panas. Dan satu tempat yang menarik untuk dibahas adalah Northern Patagonia.

Area satu ini merupakan area luas yang terbentuk dari es. Northern Patagonian Ice Field menjadi satu-satunya es berukuran besar yang tersisa di luar area kutub. Sisanya telah meleleh karena efek global warming. Dan karena suhunya yang sangat dingin, tak ada orang yang sanggup menelusuri tiap sudut dari tempat tersebut.

5. Northern Forest Complex, Myanmar

Northern Forest Complex

Hutan subtropis seringkali banyak ditemukan di daerah Himalaya. Tepatnya di lereng Pegunungan Himalaya di sebelah Timur. Dan hutan-hutan subtropis ini masih banyak yang belum tersentuh oleh manusia. Salah satu hutan subtropis itu dapat ditemukan di Myanmar. Tepatnya ada di negara bagian Kachin, namanya adalah Northern Forest Complex.

Hutan subtropis ini terletak di pedalaman Kachin. Yang namanya hutan pasti di dalamnya diisi tidak hanya pepohonan tapi juga hewan liar. Sejumlah hewan yang diketahui tinggal di hutan tersebut seperti macan, beruang, red panda, dan gibbon. Sebenarnya para ilmuwan memiliki rencana untuk menjelajahi hutan tersebut untuk mengungkap spesies baru yang mungkin ada disana. Namun karena tidak ada akses jalan ke dalam hutan, rencana tersebut masih menjadi wacana.

4. Papua Nugini

papua new guinea

Tidak perlu jauh-jauh mencari sampai ke luar negeri. Bahkan di dekat Indonesia juga masih ada tempat yang belum seluruhnya dijelajahi oleh manusia. Papua Nugini, itulah negara bagian yang ada di sebelah Timur Pulau Papua. Negara ini berbatasan dara dengan Propinsi Papua yang ada di sebelah Barat.

Area terpencil ini memiliki luas 462.840 km2 dan telah menjadi area bagi sejumlah penduduk asli Papua. Tidak hanya itu, ekosistem di Papua Nugini juga masih sangat asri. Negara ini diketahui memiliki kekayaan biologi yang luar biasa. Diketahui ada ribuan spesies hewan serta tumbuhan yang tumbuh dengan baik disana. Dan banyak di antaranya yang masih belum teridentifikasi.

3. Lake Vostok, Antartika

Lake Vostok

Antartika dikenal sebagai tempat terdingin yang ada di dunia. Bergeser ke arah Timur, ada sebuah danau yang sangat unik yaitu Lake Vostok. Kenapa danau ini sangat unik, karena danau ini berada di bawah bongkahan es yang sangat besar. Dan yang lebih membuatnya unik lagi, air di danau tersebut tepat cair meski ada es di atasnya.

Ketebalan es yang ada di atas Lake Vostok mencapai 3,7 km. saking tebalnya, Lake Vostok sangat minim pencahayaan matahari. Danau ini baru diketemukan di tahun 1960an. Karena permukaan es yang sangat tebal, sangat sulit bagi para peneliti untuk menjelajahi keseluruhan danau tersebut. Padahal para ilmuwan meyakini ada banyak spesies air yang tidak pernah ditemukan sebelumnya yang tinggal di danau tersebut.

2. Pitcairn Island

pitcairn island

Akan sangat menyenangkan apabila bisa jalan-jalan ke sebuah pulau terpencil yang belum pernah ada satupun manusia yang menginjakan kaki disana. Meski terlihat akan menjadi liburan yang menyenangkan, ada satu pulau di dunia yang tidak akan mungkin bisa kalian injakan kaki disana. Pulau itu adalah Pitcairn Island.

Pulau ini membutuhkan waktu perjalanan 32 jam dari Auckland, New Zealand bila menggunakan kapal. Masuk dalam wilayah teritori British, area ini tidak memiliki landasan yang ideal untuk pesawat ataupun helikopter. Meski orang luar tidak bisa masuk ke sana, pulau tersebut sebenarnya memiliki penduduk asli. Di tahun 2018, tercatat penduduknya ada sebanyak 50 penduduk.

1. Vale do Javari, Brazil

Vale do Javari

Dari sekian banyak tempat yang belum sepenuhnya dijelajahi oleh manusia, ada satu tempat di Brazil yang menjadi rumah bagi sejumlah suku asli Brazil yang juga belum diketahui suku apa saja mereka. Tempat tersebut adalah Vale do Javari. Di area tersebut terdapat setidaknya  14 suku asli Amazon yang asal usul mereka belum diketahui.

Salah satu tempat yang cukup terisolasi ini tidak tersentuh tangan manusia dan juga teknologi. Diketahui ada sekitar 2000an orang yang hidup di area tersebut. Untuk menjaga keasrian dan kehidupan baik itu area dan sukunya, pemerintah Brazil menetapkan bahwa area tersebut adalah area yang dilindungi. Siapapun yang masuk secara ilegal akan kenakan sanksi yang berat.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas