home -> Lifestyle -> 10 Cara Agar Tetap Terlihat Awet Muda
24 Oktober 2020 04:00

10 Cara Agar Tetap Terlihat Awet Muda

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada September 04, 2020

Menjadi tua itu pasti akan terjadi pada semua orang. Meski usia boleh tua, tapi fisik tetap bisa terlihat seperti muda. Kalian pasti sering lihat di media sosial bahwa ada wanita atau pria berusia tua tapi bisa terlihat seperti remaja. Kalian juga bisa melakukan hal tersebut. Cara agar tetap bisa terlihat awet muda akan dijelaskan di bawah. Nanti tinggal kalian sendiri apakah niat kalian sangat besar untuk bisa memiliki kulit wajah tetap muda atau tidak.

10. Banyak Minum Air

drink water

Ada alasan kenapa para ahli kesehatan menganjurkan kita untuk rajin minum, terutama air putih. Perlu diketahui bahwa sebagian besar tubuh manusia itu terdiri dari air. Apabila tubuh kekurangan air, maka dampaknya akan sangat terlihat dan sangat mempengaruhi si manusia itu sendiri. Mulai dari kulit kering, hingga bisa membuat pingsang karena dehidrasi.

Nah, untuk itu para ahli kesehatan menganjurkan untuk jangan lupa minum air putih. Setidaknya 6-8 gelas perhari. Bagi mereka yang mager atau malas gerak, yang kerjanya duduk bisa membutuhkan lebih banyak lagi air. Taruhlah botol air minum di atas meja atau samping kalian agar kalian tidak lupa untuk minum. Karena jika sampai mengalami dehidrasi, maka kulit bisa menjadi kering dan mengeriput.

9. Jaga Kesehatan Mental

mental health

Selain menjaga kesehatan fisik, ternyata kesehatan mental juga perlu untuk dijaga. Kadang orang lupa dengan hal yang satu ini. Untungnya dalam kesempatan kali ini, orang-orang sudah mulai memikirkan tentang kesehatan mentalnya karena muncul film Joker yang diperankan oleh Joaquin Phoenix di tahun 2019.

Menjaga kesehatan mental bisa dilakukan dengan berbagai cara, tergantung dari karakter orangnya. Melakukan aktivitas sosial, lebih aktif olahraga, melakukan hobi, atau bisa juga melakukan me time. Semua hal yang bisa membuat pikiran tenang dan bahagia yang harus dilakukan untuk menjaga mental agar tetap sehat.

8. Konsumsi Suplemen

supplement

Semakin banyaknya kegiatan yang musti dilakukan dan mepetnya waktu membuat waktu 24 jam dalam sehari itu terasa kurang. Tak sedikit orang yang lupa dengan makan karena saking sibuknya. Padahal tubuh butuh nutrisi yang ada di makanan yang kita makan untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Kurang makan, nutrisi yang masuk pun juga berkurang.

Maka dari itu munculah yang namanya suplemen. Mirip seperti obat tapi berbeda. Jika obat dibuat untuk menyembuhkan penyakit, suplemen dibuat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang tidak didapat dari makanan sehari-hari. Untuk menjaga kesehatan dan kesegaran kulit, konsumsilah suplemen yang mengandung vitamin A dan omega 3.

7. Minum Teh Hijau

green tea

Mengawali pagi hari dengan sesuatu yang menyenangkan akan membuat mood menjadi bahagia selama seharian. Kalau mood sudah jelek, maka apapun hal yang dilakukan akan terasa berat dan kesalahan sepele bisa dibuat menjadi besar. Mengawali pagi ini bisa dilakukan dengan meminum teh hijau. Kenapa teh hijau? Itu karena teh ini bisa menjadi minuman yang menyehatkan dan menenangkan.

Teh hijau sudah terbukti dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Mulai dari mengurangi resiko terkena kanker, membuang racun yang ada di dalam tubuh, menyehatkan pencernaan, dan menyegarkan kulit. Yang perlu diperhatikan adalah waktu untuk meminumnya. Disarankan meminum teh di pagi hari, bukan saat setelah makan berat. Karena teh bisa membuat nutrisi dari makanan yang dikonsumsi menjadi sulit untuk diserap tubuh.

6. Lemak Baik

good fat

Masihkah di antara kalian ada yang takut dengan makanan yang mengandung lemak? Sama seperti karbohidrat yang terbagi menjadi 2 yaitu karbohidrat sederhana dan kompleks, lemak pun dibagi menjadi 2 yakni lemak baik dan lemak jahat. Lemak jahat memang harus kalian kurangi atau hindari sedangkan lemak baik musti kalian konsumsi.

Lemak baik ini bisa mendatangkan banyak manfaat seperti membantu menjaga berat badan, mengurangi resiko penyakit jantung, stoke, membantu regenerasi sel, dan lain sebagainya. Dimana bisa menemukan makanan yang mengandung lemak baik? Kalian bisa menemukannya di alpukat, ikan, telur, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan tahu.

5. Istirahat

rest

Kerja keras mencari uang, olahraga setiap hari, dan makan makanan yang bergizi tidak akan terasa efeknya apabila kaliannya sendiri lupa dengan yang namanya istirahat. Sama seperti mobil, tubuh juga butuh yang namanya istirahat. Sayangnya orang demi mendapatkan uang atau kesenangan, lupa bawah malam adalah waktunya untuk tidur.

Anak kecil membutuhkan waktu minimal 8-9 jam istirahat malam. Sedangkan orang dewasa setidaknya membutuhkan minimal 7-8 jam istirahat. Dengan beristirahat, maka tubuh akan mengganti semua sel-sel tubuh yang rusak dengan yang baru. Maka dari itu pastikan kalian mendapatkan tidur malam yang berkualitas agar tubuh bisa kembali pulih di pagi hari.

4. Percaya Diri

confidence

Tidak ada yang lebih bagus daripada membangun pola pikir yang positif. Apabila ketika melakukan sesuatu, pikiran sudah dipenuhi dengan rasa negatif dan keraguan akan kesuksesannya, maka ini juga akan mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Dan apabila sudah masuk dalam tahap stres atau depresi, maka akan sulit untuk dihilangkan.

Dimana seperti yang kita tahu bahwa orang yang gampang stres akan sangat terlihat dari wajahnya. Yang bila tak diatasi, bisa membuat seseorang menjadi tampak lebih tua setelah beberapa lama. Maka dari itu penting untuk membangun rasa percaya diri. Jika kita percaya bisa melakukannya, maka kita pasti bisa melakukannya dan meminimalisir kegagalan yang mungkin sebenarnya tercipta karena kita merasa ragu.

3. Makan Makanan Antioksidan

antioksidan

Tubuh manusia memang bisa memproduksi antioksidan sendiri. Namun karena seiring berjalannya waktu, jumlah radikal bebas yang berbahaya semakin meningkat. Sementara tubuh lama kelamaan akan bertambah tua dan level antioksidan yang diproduksi tidak lagi sebanyak ketika masih muda. Tentu ini akan sangat berbahaya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, disarankan untuk kita agar rajin mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Contoh seperti buah-buahan dan sayuran. Mereka kaya akan antioksidan dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Antioksidan inilah yang nantinya akan melindungi tubuh dari radikal bebas, membuat proses penuaan menjadi lebih lambat.

2. Konsumsi Minyak Ikan

fish oil

Menjaga makan juga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit agar terlihat lebih muda. Dengan mengkonsumsi sejumlah makanan yang memang memiliki manfaat untuk menyegarkan kulit. Salah satu nutrisi yang memang bagus untuk kulit, tidak lain tidak bukan adalah minyak ikan. Minyak ikan ini pun bisa diperoleh dari berbagai macam jenis ikan.

Sebutlah ikan salmon, mackerel, herring, dan tuna. Jenis-jenis ikan ini sangat mudah ditemukan di supermarket dan juga restoran. Ikan yang sudah disebutkan di atas memiliki kandungan omega 3 yang dibutuhkan untuk kulit. Omega 3 ini bisa menjaga kulit untuk tetap kencang dan tetap terhidrasi dengan baik. Mengecilkan kemungkinan keriput kulit juga.

1. Olahraga

workout

Olahraga itu adalah hal yang wajib dilakukan. Karena selain bisa bagus buat fisik, bagus juga buat pikiran. Dengan berolahraga maka tubuh akan memproduksi hormon dopamin yang bisa membuat pikiran menjadi tenang, rileks, dan bahagia. Selain itu, tubuh juga akan merasakan dampaknya. Tubuh menjadi lebih sehat dan membuatnya terasa lebih muda.

Bahkan dengan melakukan olahraga simpel seperti lari saja bisa membawa dampak yang signifikan terhadap tubuh. Jelas lemak akan terbakar, kesehatan kulit juga ikut terpengaruh. Hal ini sudah pernah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Fels Longitudinal Study. Sejumlah wanita yang melakukan aktivitas fisik seperti berlari, sepeda, dan berenang memiliki tubuh yang lebih sehat daripada wanita yang seumuran.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas