home -> Lainnya -> 10 Negara Terbersih Di Dunia
01 Desember 2020 21:01

10 Negara Terbersih Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada August 31, 2020

Kebersihan adalah sebagian dari iman, begitulah kata pepatah yang sering digaungkan. Bagaimana dengan realita yang terjadi di lapangan? Ternyata tidak semua orang mau melakukannya. Nampaknya teori memang hanya teori saja. Di kehidupan nyata sangat mudah dilihat banyak orang yang membuang sampah sembarangan. Sangat disayangkan karena dengan menjaga kebersihan, maka kesehatan juga akan terdampak. Beberapa negara di dunia ada negara yang penduduknya sangat bisa menjaga kebersihan. Membuat negara-negara ini masuk dalam daftar negara paling bersih dunia. Mana saja negara terbersih di dunia itu? Inilah dia daftarnya.

10. United Kingdom

united kingdom

Berada di urutan paling akhir bukan berarti menjadikan United Kingdom buruk. United Kingdom tetap menjadi salah satu negara terbersih yang ada di dunia. Negeri ini mendapatkan skor 94.43 dari Air Quality Index. Usaha yang mereka lakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan ramah benar-benar patut diacungi jempol.

Negara yang terhitung dalam United Kingdom terdiri dari Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Kalau dilihat dari luas, Inggrislah yang menjadi negara terluas dengan jumlah populasi mencapai 63 juta jiwa. Negara yang sudah menyatakan keluar dari Uni Eropa ini memiliki pendapatan per kapita 2,434 triliun USD. Ini bukti bahwa United Kingdom bukan hanya bersih tapi ekonominya juga besar

9. Swedia

sweden

Ada 3 negara Skandinavia yang mereka berhasil menciptakan lingkungan negara yang bersih. Untuk yang kali pertama ini adalah giliran Swedia. Berada di posisi 9, Swedia memiliki skor kebersihan yang cukup tinggi menurut tolak ukur Air Quality. Dimana negara ini berhasil mendapatkan skor 50.51 untuk kebersihannya.

Negara Skandinavia itu sudah terkenal dari sejak dulu dimana negara-negara ini memang sangat menjaga kebersihan, sangat damai dimana angka kriminalitas rendah, dan juga cukup berkembang. Populasi Swedia diperkirakan mencapai 9,1 juta jiwa. Pemerintah Swedia mampu mengedukasi penduduknya untuk selalu menjaga kebersihan. Kualitas udara dan air mereka sangat bagus, hutannya pun masih terjaga dengan baik. Jadi, karbon dioksida yang dihasilkan bisa diserap dengan baik dengan hutan yang mereka miliki.

8. Malta

malta

Malta merupakan sebuah negara kepulauan yang berada di Mediterania antara Sisilia dan Pantai Afrika Utara. Negara kepulauan yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu padat ini nyatanya berhasil membuat sejumlah orang takjub akan kebersihan negaranya. Nampaknya usaha keras yang dilakukan pemerintah Malta terbayar.

Berada di posisi 8, Malta sebenarnya tidak memiliki hutan atau sungai yang melintasi negara tersebut. Negaranya justru mayoritas memiliki banyak bukit yang tingginya bahkan kurang dari 300 meter. Namun, polusi udara dan minimnya sampah menjadi bukti bahwa pemerintah dan warganya mampu bekerja sama untuk menjaga negara mereka. Tak heran juga segi pariwisata mereka juga sangat maju.

7. New Zealand

new zealand

Tetangga dari Australia yakni New Zealand ternyata berhasil menciptakan lingkungan yang ramah dan bersih. Memiliki dua dataran yaitu North Island dan South Island, kebersihan dari kedua 2 wilayah tersebut menjadi fokus dari pemerintaha setempat. Pemerintahnya perduli, warganya juga cukup taat terhadap peraturan kebersihan yang diterapkan oleh pemerintah.

Peraturan mengenai kebersihan di New Zealand sangatlah ketat. Dimana sampah harus dibuang pada tempatnya. Jika tidak melakukannya akan kena denda yang besar. Penggunaan barang juga digunakan yang bisa didaur ulang. Jadi tidak ada sampah plastik yang berserakan di jalanan. Sebuah negara yang maju tentunya juga harus memiliki kebersihan lingkungan yang dijaga. Itulah yang diusahakan oleh pemerintah dan warga New Zealand.

6. Norwegia

norway

Lanjut dengan Norwegia yang masih termasuk dalam wilayah Skandinavia. Norwegia sepertinya tidak mau kalah dengan Swedia dalam soal kebersihan lingkungan. Masih termasuk dalam negara yang maju dan makmur, Norwegia berhasil membuktikan bahwa negara yang memiliki industri maju masih tetap bisa menjaga kualitas kebersihan lingkungan dan udaranya.

Norwegia sendiri sangat kaya akan minyak dan gas bumi. Negara yang sangat maju ini dikelilingi dengan alam yang indah. Tak heran tiap tahunnya Norwegia selalu ramai oleh turis. Mereka tak hanya punya atraksi turis yang menarik, tapi juga memperhatikan kondisi kota mereka. Keamanan serta kebersihan sangat diperhatikan. Karena kalau tidak, mana mungkin warganya bisa nyaman tinggal disana. Kalau warganya sendiri tidak nyaman, turis pun juga enggan mampir.

5. Costa Rica

costa rica

Berbicara soal Costa Rica, negara ini memang berbeda sendiri bila dibandingkan negara-negara yang lain dalam daftar ini. Dengan pendapatan per kapita hanya 9600 USD, Costa Rica sebenarnya tidak termasuk dalam negara yang kaya. Mereka memang masih dalam tahap berkembang, namun mereka sanggup masuk dalam daftar negara terbersih dunia.

Costa Rica memiliki hutan hijau yang luas dan kekayaan alam yang luar biasa, minim pabrik industri, membuat Costa Rica memiliki kualitas udara yang bersih. Fasilitas yang ada di tiap tempat juga sangat dijaga kebersihannya. Setidaknya kekurangan yang ada dapat mereka tutupi dengan hal positif. Kebersihan negara mereka membuat mereka percaya diri untuk mempromosikan segi pariwisatanya.

4. Denmark

denmark

Setelah Swedia dan Norwegia, ada satu lagi negara Skandinavia yang kebersihannya bisa bikin kita takjub. Negara yang dimaksud adalah Denmark. Atas segala usaha yang dilakukan oleh pemerintah dan penduduknya yang mau diatur, Denmark berhasil menempatkan dirinya di urutan ke-4 sebagai salah satu negara paling bersih di dunia.

Di tahun 2020, populasi Denmark sekitar 5,7 juta jiwa. Salah satu sebab kenapa Denmark bisa begitu bersih adalah mereka mampu memaksimalkan produk yang dapat didaur ulang. Jadi mereka sangat minim dengan yang namanya sampah. Warga Denmark juga tercatat sebagai salah satu warga paling bahagia di dunia. Kebersihan, kesehatan, keamanan, dan faktor kehidupan yang lain benar-benar dijamin disana.

3. Perancis

france

Populasi yang padat tidak membuat negara Perancis lupa dengan yang namanya menjaga kebersihan lingkungan. Faktanya, salah satu negara di Eropa ini menjadi negara terbersih ketiga di dunia. Dengan populasi 62 juta orang, belum lagi ditambah dengan banyaknya turis yang sering berlibur ke Perancis, menjadikan Perancis negara yang padat namun tetap tertata rapih dan bersih.

Kebersihan lingkungan yang sangat dijaga berimbas pada kualitas udara di Perancis. Polusi udara yang minim mengingat Perancis adalah salah satu negara industri yang memiliki banyak pabrik dengan 79% disupport oleh tenaga nuklir. Meski begitu, Perancis mampu mengatasi polusi karbon dioksida sehingga tidak mengganggu kesehatan.

2. Swiss

switzerland

Negara yang terkenal karena cokelatnya yang enak ternyata juga terkenal sebagai salah satu negara terbersih di dunia. Swiss, negara ini menjadi negara terbersih ke-2 dalam daftar. Bukan hal baru lagi bagi Swiss bila masuk ke dalam daftar. Apalagi bagi mereka yang cukup sering pergi liburan ke negara satu ini.

Hutan, kehidupan alam, serta airnya sangat terjaga kebersihannya. Penduduk kurang lebih sebanyak 8 juta orang nampak sangat perduli dengan kebersihan. Tidak hanya menjaga kebersihannya dengan sangat baik, angka kriminalitas di negara ini juga sangat rendah. Iklimnya yang terbilang tidak terlalu panas dan dingin menjadikan negara yang ideal untuk berlibur.

1. Iceland

iceland

Iceland atau Islandia boleh saja diremehkan karena luas wilayahnya yang kecil dan populasinya yang sedikit. Tapi perlu diketahui bahwa mengatur sebuah negara yang penduduknya lebih sedikit itu jauh lebih mudah daripada mengatur penduduk yang jumlahnya banyak. Di tahun 2020 tercatat bahwa total penduduk Iceland hanya 364.134 jiwa dari area yang seluas 103.000 km2.

Otomatis dengan jumlah penduduk yang lebih sedikit, jumlah kendaraan yang digunakan juga lebih sedikit bila dibandingkan dengan negara maju lainnya. Namun, soal keindahan alam, Iceland adalah juaranya. Air terjun, kolam air panas, gunung berapi, air terjun, semua keindahan alam ini ada di Iceland. Dan jelas, kebersihan dari tiap tempat tersebut selalu dijaga bukan hanya pemerintah tapi penduduknya juga.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas