home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Bagus Untuk Mengusir Jerawat
27 September 2020 01:03

10 Makanan Yang Bagus Untuk Mengusir Jerawat

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada August 28, 2020

Memiliki kulit bersih tanpa jerawat adalah keingingan banyak orang. Namun terkadang jerawat masih suka muncul dan merusak penampilan. Untuk mengusirnya tidak perlu pakai obat-obatan khusus. Cukup mengkonsumsi sejumlah makanan sehat, maka jerawat bisa hilang. Tidak hanya itu, masalah bekas jerawat yang membandel juga bisa dihilangkan serta kulit wajah bisa menjadi lebih halus. Apa saja makanan yang wajib dikonsumsi untuk mengusir jerawat? Berikut ini daftarnya.

10. Flaxseed

Flaxseed

Berbicara soal manfaat, flaxseed ini memiliki banyak manfaat. Flaxseed sendiri merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman rami. Flaxseed sangat sering dijumpai di Asia, Eropa, dan Mediterania. Telah sejak lama flaxseed digunakan sebagai obat tradisional alami. Sekarang ini, sudah semakin banyak orang yang mengonsumsi flaxseed.

Flaxseed merupakan musuh dari jerawat. Selain jerawat, flaxseed juga bisa menyehatkan kulit dan membuatnya tetap awet muda. Flaxseed memiliki kandungan yang sama seperti ikan salmon yaitu omega-3. Omega-3 ini bisa membantu meredakan inflamasi. Serat dari flaxseed bisa membuat pencernaan lebih sehat.

9. Brokoli

broccoli

Jangan pernah membenci yang namanya sayuran hijau. Dari bentuk, warna, dan rasanya yang tidak enak, sayuran hijau meyimpang segudang manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Salah satu sayuran yang cukup familiar adalah brokoli. Kalian sering mengalami masalah dengan kesehatan kulit terutama jerawat, konsumsilah brokoli.

Brokoli sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit. Memiliki kandungan yang cukup lengkap seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Salah satu makanan anti oksidan ini bisa mengurangi resiko rusaknya kulit yang disebabkan oleh radikal jahat. Masalah penuaan kulit pun juga bisa diatasi.

8. Bawang Putih

garlic

Di film-film horror, bawang putih sering digunakan sebagai tameng dari serangan drakula. Aroma  yang dikeluarkan dari bawang putih memang sangat menyengat hidung. Meski aromanya menyengat, bawang putih justru bisa menjadi solusi dari berbagai macam masalah kesehatan. Jerawat adalah salah satunya.

Tinggal di area perkotaan yang panas dan banyak debu, sangat sulit untuk terhindar dari yang namanya jerawat. Mengkonsumsi bawang putih bisa menjadi solusi untuk terhindar dari masalah tiu. Allicin yang terkandung dalam bawang putih sangat efektif dalam melawan bakteri, virus, dan mencegah terserang jerawat.

7. Anggur

red grape

Kecil, berwarna ungu, memiliki rasa manis, dan minim biji. Inilah dia buah anggur. Anggur memiliki rasa yang sangat enak dan sangat pas untuk dijadikan camilan. Karena ini adalah buah-buahan, maka tidak akan ada masalah jika mengonsumsinya. Apalagi kalau kalian yang sering bermasalah dengan yang namanya jerawat.

Salah satu cara untuk mengusir jerawat adalah dengan mengonsumsi makanan anti oksidan, dan anggur ini adalah salah satunya. Anggur sangat bisa diandalkan untuk menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit. Bukan cuma kulit jadi bebas dari jerawat, tapi keriput yang bisa membuat wajah menjadi lebih tua juga bisa dihindari.

6. Ubi Jalar

sweet potato

Yang sedang mengikuti program diet biasanya yang paling sering mengkonsumsi ubi jalar. Berbeda dengan nasi putih, karbohidrat yang terkandung pada ubi jalar adalah karbohidrat kompleks yang bagus untuk menurunkan berat badan. Selain sering dijadikan menu utama diet, manfaat ubi jalar lebih daripada itu.

Ubi jalar bisa digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan bekas luka akibat jerawat. Ubi jalar mengandung beta-carotene yang bisa dikonversi menjadi vitamin A. Inilah yang membuat warnanya menjadi orange. Vitamin A ini juga yang bisa melindungi kulit dari bahaya jerawat, inflamasi, dan perubahan warna yang disebabkan oleh radikal jahat.

5. Labu

pumpkin

Selain sering digunakan sebagai hiasan untuk merayakan Halloween, labu juga bisa digunakan untuk hal lain. Misalnya adalah untuk mempercantik kulit wajah. Bila kamu sering bermasalah dengan yang namanya jerawat, labu bisa menjadi solusi untuk menghilangkan jerawat. Segala macam mineral penting untuk mengusir jerawat, ada pada labu.

Labu memiliki kandungan zinc dan alpha hydroxy acid yang bisa menyeimbangkan pH kulit. Karena itu banyak produk masker atau perawatan kulit yang dijual menyertakan enzim yang ada pada labu. Ditambah dengan serat tinggi serta zinc yang bisa mengontrol produksi minyak. Cukup olah labu menjadi puree untuk pancake atau jus dan konsumsi di saat pagi.

4. Nasi Merah

nasi merah

Sungguh beruntung bagi kalian yang suka makan nasi merah. Nasi merah termasuk dalam makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, minim gula, dan tinggi serat. Orang yang memakan nasi merah jadi lebih tahan lapar dan lebih sehat daripada mereka yang memakan nasi biasa. Selain itu, nasi merah juga bisa membawa manfaat positif untuk kulit.

Vitamin B yang terkandung pada nasi merah bisa mengusir stres pada kulit. Ya, kulit juga bisa merasakan stres. Dengan vitamin B ini, kadar hormon dan kemungkinan muncul jerawat bisa diperkecil. Beberapa kandungan yang tak kalah penting juga dalam nasi merah seperti protein, magnesium, dan anti oksidan.

3. Salmon

salmon

Tidak perlu lagi bahwa salmon memang benar-benar ikan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Untuk menurunkan berat badan, kolesterol, bahkan hingga bisa menjaga kulit tetap bersih dari jerawat juga bisa. Hal ini dikarenakan daging ikan salmon memiliki kandungan lemak omega-3 yang sangat tinggi.

Lemak omega-3 bisa memproteksi kulit dari berbagai macam hal. Mulai dari sinar matahari, mengurangi resiko terkena kanker kulit, mencegah penuaan dini, dan mengusir jerawat. Selain omega-3, daging ikan salmon juga sangat kaya akan anti oksidan, protein, vitamin B, potasium, dan selenium. Apabila daging ikan salmon terlalu mahal, bisa diganti dengan sardin, mackerel, dan anchovie.

2. Buah Bit

beetroot

Di luar negeri, makanan satu ini dikenal dengan nama beetroot. Di Indonesia dikenal dengan sebutan buah bit. Buah bit masih termasuk dalam tanaman umbi-umbian. Dari dahulu kala buah bit digunakan sebagai salah satu obat tradisional alami. Mampu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, termasuk kesehatan kulit yaitu jerawat.

Buah bit sangat kaya akan karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Beberapa vitamin yang sangat dibutuhkan oleh kulit seperti vitamin A, vitamin E, potasium, sodium, kalsium, dan magnesium. Buah bit ini dianggap sebagai salah satu bahan detox yang sangat efektif bagi tubuh. Segala macam zat berbahaya penyebab jerawat akan dikeluarkan dari tubuh.

1. Kale

kale

Warna hijau dan rasanya yang tidak enak membuat orang enggan mengkonsumsi sayuran hijau. Tapi jika kalian sudah diserang jerawat, mau tak mau kalian musti membuang rasa benci kalian jauh-jauh dan mulai memakan sayur-sayuran. Salah satu sayuran yang cukup efektif dalam mengusir jerawat adalah kale.

Hampir semua jenis sayuran hijau termasuk kale, mengandung anti oksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi. Ada satu mineral dalam kale yang disebut dengan hyperpigmentation. Mineral ini bermanfaat untuk mempercantik kulit. Vitamin Cnya bisa merangsang kolagen dan menutup bekas luka yang ditimbulkan oleh jerawat.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas