home -> Teknologi -> Wanita Ternyata Cenderung Lebih Aktif di Internet ...
16 Oktober 2018 04:41

Wanita Ternyata Cenderung Lebih Aktif di Internet Dibandingkan Pria

Oleh admin dalam Teknologi pada August 03, 2013

Selama ini kita selalu berasumsi bahwa pria selalu lebih aktif jika terkait dalam hal-hal berbau teknologi seperti Internet. Ternyata statistik tidak menunjukkan demikian, di berbagai media sosial ternama bahkan online gaming, statistik menunjukkan bahwa wanita lebih aktif di Internet daripada pria. Lalu dimanakah pria lebih dominan? Dan dimanakah wanita lebih dominan?

WANITA DI INTERNET

women more active in Internet

Dalam penggunaan teknologi, waniat lebih berfokus pada kemampuan untuk meningkatkan kualitas hidup, berbeda halnya dengan pria yang melihat spesifikasi teknis dari teknologi tersebut. Sebagai contoh, jika wanita melihat cara bagaimana membawa sebuah buku menjadi sebuah bentuk nyata yang menarik bagi anak-anak, maka pria hanya akan melihat alat dan devicenya yang canggih bukan caranya.

Dari rata-rata, wanita ternyata lebih aktif di Internet sebanyak 24,8 jam per bulan sedangkan pria hanya 22,9 jam per bulan. Jika dibandingkan di media sosial, maka hal ini akan menunjukkan perbedaan yang lebih jauh dengan 56% pengguna medial sosial adalah wanita, sisanya pria. Perbedaan 6% ini sudah berpengaruh sangat banyak dalam karena pengguna sosial media dari Facebook sendiri saja sebanyak 1,15 Miliar orang. Statistik juga menunjukkan bahwa wanita yang lebih tua, begitu mengalami teknologi web dan media sosial, ia langsung tertarik dalam hal itu dan menjadi bagian dari sosial media terkait.

PENGGUNA MEDIA SOSIAL

Tahukah Anda bahwa jika semua pengguna sosial media digabungkan jadi satu dan dibuat membentuk sebuah negara sendiri, maka mereka dapat mungkin menjadi negara dengan populasi terbanyak nomor satu di dunia.

women social media

Statistik menunjukkan bahwa dari Facebook saja pengguna aktifnya ada sekitar 1,15 Miliar user aktif. Untuk gambarannya, negara dengan populasi terbanyak di dunia adalah Cina dengan 1,35 Miliar orang dan India 1,23 Miliar, lalu diikuti Amerika sebanyak 316 Juta orang. Jadi dari user Facebook saja, sudah dapat mendirikan negara dengan populasi terbanyak ketiga di dunia.

Sama seperti kehidupan nyata, pria dan wanita tentu memiliki perilaku dan kebutuhan yang berbeda, termasuk dalam hal penggunaan teknologi. Di bawah akan dijelaskan mengenai bagaimana pria dan wanita menggunakan sosial media.

DIMANAKAH WANITA LEBIH DOMINAN?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, wanita lebih aktif di Internet dibandingkan pria, khususnya dalam hal media sosial. Tapi apakah berlaku untuk semua media sosial? Berikut adalah media sosial dimana wanita lebih dominan.

FACEBOOK DAN TWITTER

facebook dan twitter

Seperti yang kita tahu media sosial di Internet sudah sangat banyak, tapi di antara berbagai media sosial yang ada, ada 2 media sosial yang menjadi 'raja' dari media sosial lainnya yaitu Facebook dan Twitter. Dua 'raja' media sosial ini ternyata didominasi oleh wanita, dengan 58% pengguna Facebook adalah wanita dan 64% pengguna Twitter adalah wanita. Ironisnya, pria berusaha menang dalam hal-hal yang memalukan. Statistik menunjukkan bahwa pria 2 kali lebih banyak me-post sesuatu yang pada akhirnya ia sesali karena memalukan bagi dirinya.

PINTEREST

pinterest

Telah menjadi pengetahuan umum bahwa sebagian besar pengguna Pinterest adalah wanita. Tapi siapa yang menyangka bahwa wanita benar-benar menguasai Pinterest, mereka mendominasi pria dengan angka 82% pengguna Pinterest adalah wanita.

Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi web-web yang berfokus ke pengguna wanita seperti CookingLight atau MarthaStewart. Bahkan pinterest memberikan peningkatan traffic sebesar 6000% ke CookingLight sedangkan untuk MarthaStewart, Pinterest memberikan traffic lebih banyak daripada traffic Facebook dan Twitter digabungkan.

ZYNGA

zynga

Kebanyakan dari kita jika ditanya soal gaming, maka sebagian besar akan menjawab pria-lah yang lebih sering teknologi tersebut, tapi statistik berkata tidak. Dalam hal online gaming untuk media sosial game seperti Zynga ternyata wanita lebih dominan dibandingkan pria, sebanyak 60% pengguna Zynga adalah wanita.

Bahkan jika kita hanya menghitung statistik pengguna wanita di Zynga yang di atas umur 55 tahun, ternyata statistik wanita tersebut lebih banyak dibandingkan pengguna pria berumur 15-34 tahun digabungkan.

DIMANAKAH PRIA DOMINAN?

Lalu apakah ini berarti semua media sosial didominasi oleh wanita? Tentu saja tidak, ada media-media sosial tertentu yang juga didominasi oleh pengguna pria. Walaupun memang tidak menguasai media sosial utama seperti Facebook atau Twitter, ada media sosial lain yang dikuasai oleh pria, berikut daftarnya.

REDDIT

reddit

Reddit adalah situs web sosial entertainment dan berita dimana user diperbolehkan mengirim post dalam bentuk link ataupun teks. Situs web ini benar-benar didominasi oleh pria sebanyak 84% dibandingkan wanita hanya 16% saja.

GOOGLE+

google plus

Salah satu pesaing media sosial Facebook dan Twitter keluaran Google ini juga didominasi secara signifikan oleh pria, dengan 71% penggunanya adalah pria, sisanya adalah wanita sebanyak 29%.

Di Januari 2013, Google Plus secara resmi menggantikan Twitter sebagai media sosial terbesar kedua setelah Facebook dengan total user yang terdaftar adalah sebanyak 500 juta orang dan 235 juta-nya adalah user aktif.

LINKED IN

linked in

Media sosial untuk kalangan pekerja profesional ini juga didominasi oleh pria sebanyak 63% penggunanya adalah pria dibandingkan wanita sebanyak 37%. Uniknya dalam menggunakan linkedIn wanita dapat memanfaatkannya lebih baik untuk memasarkan produk terkait dalam hal peternakan, sedangkan sama halnya untuk pria, mereka juga lebih efektif untuk menggunakan linkedIn dalam memasarkan produk kosmetik.

KESIMPULAN

Dari statistik dan penjelasan di atas maka dapat dikatakan bahwa memang wanita lebih aktif di Internet dibandingkan pria, bahkan mereka mengunjungi media sosial 99 juta lebih banyak daripada pria.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh raza dalam Teknologi
  8. 8
    oleh reagan dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas