home -> Lainnya -> 10 Gempa Bumi Paling Mematikan Sepanjang Sejarah
01 Desember 2020 21:20

10 Gempa Bumi Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada August 25, 2020

Tidak ada satu orang pun di dunia yang menginginkan terjadinya bencana alam. Sudah jelas bencana alam selain bisa mengakibatkan kerugian materil, juga bisa berdampak pada jatuhnya korban jiwa. Bukan hanya ratusan, bahkan ada kemungkinan bisa mencapai angka ratusan ribu. Jika sudah demikian, maka lengkap sudah derita dari orang yang ditinggalkan oleh keluarga dan negara yang mengalami bencana alam. Salah satu bencana alam yang sangat ditakuti dan berbahaya adalah gempa bumi. Ada 10 kejadian gempa bumi mematikan yang pernah terjadi di dunia. Dua diantaranya sempat menimpa salah satu pulau di Indonesia. Berikut penjelasan lengkapnya.

10. Haiti Earthquake - 12 Januari 2010

haiti earthquake

Sudah 10 tahun lamanya sejak Haiti diserang bencana alam gempa bumi. Haiti Earthquake terjadi pada 12 Januari 2010. Gemoa bumi ini memiliki kekuatan hingga 7 SR. Pusat gempa bumi dideteksi berasal dari kota Leogane, 25 km di Barat dari kota Port-au-Prince. Jelas tidak ada satu orang pun yang bisa memprediksi hal buruk ini akan terjadi tak lama setelah tahun baru.

Perihal angka korban jiwa yang berjatuhan hingga kini masih diperdebatkan. Namun dari hasil perkiraan, didapatkan angka 220.000 jiwa. Setelah terjadi gempa bumi mematikan itu, sebenarnya masih ada rentetan gempa yang terjadi hingga tanggal 24 Januari. Tercatat ada 52 gempa dengan kekuatan sekitar 4,5 SR.

9. Indian Ocean Earthquake - 26 December 2004

indian ocean earthquake

Orang Indonesia terkhususnya Sumatera tidak akan pernah lupa dengan kejadian memilukan yang terjadi menjelang akhir tahun 2004. Tepat pada tanggal 26 Desember 2004, terjadi sebuah gempa bumi besar dengan episentrum di lepas pantai Barat Sumatera Utara. Gempa bumi memiliki kekuatan mematikan, 9,1 SR.

Mimpi buruk masih berlanjut, setelah terjadi gempa bumi itu, munculah tsunami tinggi yang menghantam Aceh. Tsunami ini menyapu bangunan dan juga menelan korban jiwa sebanyak 227.898 orang. Tsunami ini juga menyerang 14 negara yang berada di Asia Tenggara dan Afrika Timur. Total korban jiwa yang tercatat pada Januari 2005 mencapai 286.000 jiwa.

8. Aleppo Earthquake - 9 Agustus 1138

aleppo earthquake

Tahun 1138 menjadi salah satu tahun terburuk yang pernah dirasakan oleh penduduk kota Aleppo, Syria. Hal ini disebabkan pada tahun itu terjadi sebuah gempa bumi parah yang tidak hanya menghancurkan bangunan di Aleppo. Tapi bahkan tembok Syria yang terkenal juga ikut rata dengan tanah. Gempa bumi ini terjadi pada 9 Agustus 1138.

Banyak rumah penduduk hancur, tembok Syria  runtuh, dan ratusan ribu orang meninggal dunia akibat bencana alam ini. Sebanyak 230.000 jiwa melayang. Tidak jelas mengenai seberapa kuat gempa bumi ini, tapi efek getarannya terasa sampai Damascus, sekitar 220 mil ke arah Selatan. Gempa bumi yang menimpa Aleppo ini menjadi yang pertama dari beberapa gempa bumi yang terjadi dalam selang waktu 1138 sampai 1139 yang menghancurkan Utara Syria dan Barat Turki.

7. 2011 Tohoku Earthquake - 11 Maret 2011

2011 Tohoku Earthquake

Sekitar 9 tahun lalu, Jepang pernah dilanda bencana gempa bumi mematikan. Tohoku Earthquake, begitulah nama bencana alam yang menimpa Tohoku. Titik gempa diperkirakan berada di 70 km Timur dari Oshika Peninsula yang berada di Tohoku. Berdasarkan kekuatannya, ini bisa dibilang termasuk dalam gempa bumi terkuat yang pernah terjadi. Kekuatannya mencapai 9 SR.

Seperti yang terjadi di Aceh, setelah gempa bumi ini masih dilanjut dengan terjadinya tsunami. Tinggi tsunami pun tidak main-main, 40,5 meter. Tsunami ini menyapu bersih kota Miyako yang berada di Iwate Prefecture. Beruntung ada tanda peringatan yang menyuruh warga sekitar untuk menyingkir. Jika tidak, maka korban jiwa yang jatuh pasti akan bertambah banyak.

6. Nias-Simeulue Earthquake - 28 Maret 2005

nias simeulue earthquake

Belum cukup dihantam gempa bumi yang dilanjut tsunami pada tahun 2004, pada tahun 2005 terjadi lagi gempa bumi besar yang menyerang Sumatera Utara. Gempa bumi kali ini terjadi pada 28 Maret 2005. Bila dibandingkan dengan yang terjadi pada tahun 2004, gempa bumi memiliki kekuatan yang sedikit lebih kecil yaitu 8,6 SR.

Meski lebih kecil, sebanyak 915 orang meninggal dunia karenanya. Kebanyakan korban meninggal dunia merupakan orang yang tinggal di Pulau Nias. Dari gempa bumi tersebut sebenarnya muncul tsunami namun relatif lebih kecil dari yang tahun 2004. Sumber gempa berasal dari 30 km di bawah permukaan Samudra Hindia.

5. Assam-Tibet Earthquake - 15 Agustus 1950

assam tibet earthquake

Malam hari adalah waktu bagi banyak orang untuk beristirahat. Siapa sangka waktu istirahat malah terganggu dengan munculnya gempa bumi. Bukan sembarang gempa bumi, gempa bumi yang terjadi memiliki kekuatan hingga 8,6 SR. Jelas saja orang panik dan berusaha untuk menyelamatkan diri. Dan gempa bumi mematikan ini terjadi di Assam dan juga Tibet.

Tidak tanggung-tanggung, 2 kota merasakan akibat dari gempa bumi ini. Disebut dengan Assam Earthquake, gempa bumi ini terjadi pada 15 Agustus 1950. Pusat kekuatan gempa berada di Mishmi Hills. Pada jam 7:39 pm waktu setempat, gempa bumi mematikan tersebut terjadi. Sebanyak 4.800 orang meninggal dunia karenanya. Gempa itu disebabkan oleh tabrakan benua dan dari tabrakan itu muncul suara yang sangat keras dari gempa tersebut.

4. 1964 Alaska Earthquake - 27 Maret 1964

1964 alaska earthquake

Great Alaskan Earthquake atau Good Friday Earthquake adalah sebutan untuk gempa bumi yang terjadi di Alaska pada 27 Maret 1964. Kalau dilihat dari korban jiwa yang jatuh memang gempa bumi ini tidak semengerikan gempa bumi yang lain. Tapi kalau dilihat dari kekuatannya, ini adalah salah satu dari gempa bumi erkuat yang pernah ada dengan kekuatan mencapai 9,2 SR.

Area di Prince William Sound, Port Valdez adalah area yang paling terdampak dari gempa bumi ini. Terjadi tanah longsor parah di bawah air. Hal ini mengakibatkan 32 orang meninggal dunia. Kota yang berfungsi sebagai pelabuhan tersebut langsung berubah menjadi kuburan bagi banyak kapal yang sedang berlabuh. Belum ditambah dengan rumah penduduk yang juga turut hancur.

3. Tangshan Earthquake - 28 Juli 1976

tangshan earthquake

Sebuah gempa bumi mengerikan terjadi pada tanggal 28 Juli 1976. Gempa bumi ini menyerang kota Tangshan dan mendapat nama Great Tangshan Earthquake. Great Tangshan Earthquake menyerang tepat di pagi hari. Dengan kekuatan yang mencapai 7,6 SR, gempa bumi ini berhasil menghancurkan kota serta kegiatannya.

Semua jaringan komunikasi, transportasi, dan jalanan mengalami kerusakan parah. Angka korban jiwa mencapai 242.000. Namun ada yang memprediksi bahwa angkanya 3 kali lipat lebih banyak. Tidak ada tanda khusus yang menandakan bahwa akan ada gempa bumi. Warga Cina pun langsung melakukan protes terhadap pemerintah untuk menciptakan program yang bisa mendeteksi bencana alam agar tidak ada korban jiwa yang jatuh. 

2. 1960 Valdivia Earthquake - 22 Mei 1960

valdivia earthquake

Dengan kekuatan mencapai 9,6 SR, gempa bumi yang melanda Valdivia ini menjadi gempa bumi terkuat yang pernah ada dalam sejarah manusia. Valdivia adalah salah satu kota yang berada di Chile. Dan gempa bumi mematikan ini mendapat julukan Great Chiliean Earthquake. Gempa bumi terjadi sore hari dan terjadi dalam waktu 10 menit.

Seperti kebanyakan gempa bumi yang pernah terjadi, setelah gempa bumi ini masih disusul dengan bencana lain yakni tsunami. Kombinasi gempa bumi dan tsunami ini langsung mengkibatkan area di Selatan Chile, Hawaii, Jepang, Filipina, New Zealand, Tenggara Australia, dan Pulau Aleutian ikut terdampak. Sumber gempa bumi diprediksi di dekat Lumaco, 570 km Selatan Santiago. Korban jiwa yang jatuh berkisar 1000-7000 orang dengan total kerugian mencapai 800 juta USD.

1. Shensi - 23 Januari 1556

shaanxi earthquake

Sebelum gempa bumi Tangshan yang terjadi pada 28 Juli 1976, Cina sempat dihantam gempa bumi mematikan 400an tahun yang lalu. Tepatnya pada tanggal 23 Januari 1556, gempa bumi mematikan menghantam Cina, di daerah Shensi. Gempa bumi ini diperkirakan memiliki kekuatan sampai 8 SR dimana itu sudah termasuk gempa bumi yang kuat.

Akibat gempat bumi ini, korban yang jatuh hingga 830.000 jiwa. Sumber gempa diperkirakan dari 50 mil Timur Laut Xi'an yang merupakan ibukota dari Shensi. Kerusakan yang ditimbulkan dari gempa bumi ini terasa hingga jarak 500 mil. Sejauh mata memandang terlihat dengan jelas tanah retak, tanah terangkat, ada yang turun, likuifaksi, dan tanah longsor.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas