home -> Lainnya -> 10 Stadion Sepakbola Terbesar Tahun 2020
27 September 2020 01:15

10 Stadion Sepakbola Terbesar Tahun 2020

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada August 24, 2020

Seberapa banyak pembaca TahuPedia yang suka nonton pertandingan sepakbola? Pertandingan sepakbola tentu dilakukan di stadion sepakbola yang dilengkapi dengan kursi penonton dan perlengkapan lainnya untuk menunjang fungsi dari sebuah stadion. Tentu harus disiapkan kursi yang banyak karena peminat olahraga ini begitu banyak. Berdasarkan jumlah kapasitas penontonnya, TahuPedia merangkum 10 stadion sepakbola terbesar yang ada di dunia. Berikut daftar lengkapnya.

10. Gelora Bung Karno Stadium - 88.083

gelora bung karno stadium

Secara mengejutkan bahwa stadion olahraga kebanggaan Indonesia yakni Gelora Bung Karno berhasil masuk dalam daftar stadion sepakbola terbesar di dunia. Meski hanya berada di posisi 10, stadion raksasa yang dibangun pada 1962 ini telah menjadi tempat berlangsungnya banyak pertandingan olahraga.

Ya, Stadion Gelora Bung Karno bukan hanya untuk sepakbola saja, tapi beberapa cabang olahraga juga bisa diselenggarakan disini. Dibangun pada tahun 1962 dengan sedikit bantuan dari Uni Soviet, stadion ini kemudian diberi nama sesuai dengan nama presiden Indonesia pertama yakni Soekarno. Stadion Gelora Bung Karno ini memiliki kapasitas tempat duduk hingga 88.083.

9. Wembley - 90.000

Wembley

Liga Inggris menjadi pertandingan sepakbola yang paling diminati di seluruh negara. Di negara Ratu Elizabeth tersebut terdapat banyak sekali stadion sepakbola yang masing-masing memiliki cerita dan kebanggaan sendiri. Dari sekian banyak stadion, ada satu stadion terbesar di Inggris yang menjadi salah satu stadion sepakbola terbesar di dunia. Stadion tersebut diberi nama Wembley.

Bagi rakyat Inggris, Stadion Wembley adalah stadion yang paling dibanggakan dan ikonik. Dengan kapasitas penonton yang mencapai 90.000, stadion ini tidak hanya menjadi tempat dilaksanakannya pertandingan sepakbola. Beberapa jenis olahraga juga pernah diselenggarakan di tempat ini. Contohnya seperti Olimpiade, NFL, dan bahkan pernah juga dijadikan tempat konser.

8. Rose Bowl - 92.542

Rose Bowl

Di Negeri Paman Sam ada satu stadion sepakbola yang sangat besar bernama Rose Bowl. Stadion ini berlokasi di Pasadena, California. Stadion sepakbola inilah yang menjadi tempat diselenggarakannya pertandingan final antara Italia dan Brazil. Kala itu, kedua tim bertemu dalam ajang Piala Dunia.

Tidak hanya berfungsi sebagai stadion sepakbola, Rose Bowl juga digunakan sebagai tempat olahraga atletik dan juga football. Tempat inilah kandang dari tim University of California's Los Angeles Bruins. Kalau kalian mengikuti pertandingan NFL pasti tahu. Stadion olahraga ini bisa menampung hingga 92.542 penonton.

7. First National Bank Stadium - 94.736

First National Bank Stadium

Tak sedikit orang yang menganggap remeh negara seperti Afrika Selatan. Bila dibandingkan dengan negara maju seperti Amerika, Afrika Selatan memang kalah. Tapi soal keindahan alam safarinya, Afrika Selatan lah yang keluar sebagai pemenang. Ada banyak tempat menarik disana, salah satunya adalah stadion olahraga kebanggaan Afrika Selatan yakni First National Bank Stadium atau yang bisa disingkat menjadi FNB.

Perlu diketahui bahwa Afrika Selatan pernah menjadi tuan rumah dari ajang sepakbola paling bergengsi level internasional yaitu Piala Dunia. Di tahun 2010, Afrika Selatan lah yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. Dan salah satu stadion sepakbola yang digunakan saat itu adalah FNB Stadium. Stadion sepakbola ini berukuran sangat besar dan dapat menampung hingga 94.736 penonton.

6. Azadi Stadium - 95.225

azadi stadium

Dari Afrika Selatan, kini kita akan bergeser ke Iran. Sepakbola adalah olahraga yang universal. Tidak ada satupun orang di negara manapun yang tidak pernah memainkan olahraga ini, termasuk juga Iran. Seperti negara lain, tiap negara pasti memiliki satu stadion yang menjadi tempat utama diselenggarakannya olahraga sepakbola. Untuk Iran, mereka memiliki Azadi Stadium.

Azadi Stadium adalah stadion sepakbola terbesar yang dimiliki oleh Iran. Kapasitasnya bisa mencapai 95.225 penonton. Stadion ini pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1973. Akan terasa kosong jika stadion ini hanya berisikan lapangan sepakbola saja bukan? Azadi Stadium dilengkapi juga dengan fasilitas kolam renang, mendayung, dan beberapa jenis olahraga lainnya.

5. Estadio Azteca - 95.500

estadio azteca

Salah satu legenda Argentina yaitu Diego Maradona pernah mencetak gol kontroversi kala bertanding melawan Inggris saat turnamen Piala Dunia babak perempat final. Atas kejadian tersebut, gol Maradona disebut dengan Hand of God atau Gol Tangan Tuhan. Insiden itu dilakukan di sebuah stadion sepakbola, Estadio Azteca.

Stadion Estadio Azteca adalah stadion olahraga yang berada di Meksiko. Stadion ini bisa menampung 95.500 penonton. Berlokasi di ketinggian 7.200 kaki dari permukaan laut, stadion ini diresmikan pada tahun 1966. Diberi nama Estadio Azteca sebagai bentuk penghormatan atas orang Meksiko terhadap bangsa Aztec.

4. Camp Nou - 99.354

Camp Nou

Jika Liga Inggris menjadi liga paling menarik dunia, maka yang keduanya adalah La Liga atau Liga Spanyol. Berbicara soal Spanyol, ada 2 raksasa klub yang ada di negeri Matador. Mereka adalah Barcelona dan Real Madrid. Keduanya memiliki stadion sepakbola tersendiri yang ukurannya sangat besar. Namun Stadion Santiago Bernabeu milik Real Madrid masih kalah besar dibandingkan Camp Nou milik Barcelona.

Stadion Camp Nou memiliki kapasitas hingga 99.3541 ribu penonton. Tidak hanya menjadi kebanggaan fans Barcelona, Camp Nou juga menjadi stadion kebanggaan milik warga Spanyol. Sudah banyak pemain sepakbola terkenal yang pernah merumput disana. Sebut saja Johan Cruyff, Ronaldinho, dan Lionel Messi.

3. Melbourne Cricket Ground - 100.024

melbourne cricket ground

Meski diberi nama Melbourne Cricket Ground, stadion satu ini bukan hanya digunakan untuk olahraga cricket saja. Ada banyak macam olahraga bisa dilakukan disana. Sepakbola, football, serta stadion ini juga pernah digunakan sebagai tempat diadakannya Olimpiade. Cricket sendiri adalah salah satu olahraga klasik yang berasal dari Inggris, namun cukup populer di Australia.

The G, sebutan dari Melbourne Cricket Ground, lebih sering digunakan sebagai lapangan cricket. Stadion ini pertama kali dibuka pada tahun 1953 dan terus dikembangkan hingga saat ini. Oleh karena itu, kapasitasnya terus bertambah hingga sekarang berjumlah 100.024. Menjadikannya stadion sepakbola terbesar ketiga di dunia.

2. AT&T Stadium - 105.000

at&t stadium

Sepakbola dan football itu adalah 2 olahraga yang berbeda. Di Amerika, olahraga yang lebih populer adalah football. Ada satu stadion football sekaligus sepakbola di Amerika yang sangat unik dan besar yakni AT&T Stadium. Stadion besar ini memiliki atap yang bisa dibuka dan ditutup, berada di Arlington, Texas. Stadion ini menjadi rumah bagi Cotton Bowl Classic dan Big 12 Championship Game.

Sebenarnya nama awal dari stadion ini adalah Cowboys Stadium. Pemilihan nama Cowboys Stadium terjadi pada tahun 2009. Lalu pada 2013, terjadi kesepakatan dengan perusahaan AT&T. Membuat namanya berubah menjadi AT&T Stadium. Perubahan ini langsung berdampak pada nilai sponsorship mereka yang naik di kisaran 17 sampai 19 juta USD per tahun.

1. Rungrado 1st of May Stadium - 150.000

rungrado 1st of may stadium

Korea Utara dikenal sebagai negara yang tertutup. Butuh perjuangan ekstra apabila ada turis yang ingin berlibur ke Korea Utara. Jangan mengira Korea Utara itu tidak ada apa-apa, karena stadion sepakbola terbesar di dunia ternyata ada disana. Nama stadionnya adalah Rungrado 1se of May Stadium atau May Day Stadium.

May Day Stadium terletak di Pulau Rungra, Pyongyang. Stadion ini memiliki luas 51 acre dan dapat memuat sebanyak 150.000 ribu penonton. Ada alasan kenapa dinamai May Day Stadium. Itu karena setiap tahunnya Korea Utara merayakan yang namanya International Workers Day yang bertepatan pada tanggal 1 Mei.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas