home -> Lainnya -> 10 Pasukan Terbaik Sepanjang Sejarah
24 Januari 2017 14:03

10 Pasukan Terbaik Sepanjang Sejarah

Oleh admin dalam Lainnya pada August 02, 2013

Pada sejarah manusia, ada masa kelam dimana perperangan terus menerus terjadi. Di antara banyaknya perperangan ini, ada berbagai prajurit atau pasukan mematikan yang disegani oleh musuh-musuhnya. Berikut ini 10 pasukan terbaik dan terhebat yang dikenal sepanjang sejarah.

Yang kita bicarakan di sini adalah pasukan yang ada di sejarah dan bukan pasukan modern sekarang ini. Karena kalau kita membandingkan pasukan modern sekarang ini maka tentu mereka adalah yang terbaik dengan perlengkapan pistol dan sejenisnya.

10. Mamluks

mamluks

Mamluk sebenarnya merupakan sebutan untuk seorang budak yang telah dibeli. Budak-budak yang telah dibeli ini dipaksa untuk menganut Muslim (Islam) dan dilatih untuk menjadi seorang kavaleri (pasukan berkuda) yang menguasai taktik berkuda, seni berkuda, kemampuan memanah, merawat luka dan masih banyak lainnya.

Nama pasukan ini menjadi terkenal dalam Perang Yerusalem (Perang Salib). Di akhir abad pertengahan, pasukan Mamluk inilah yang pada akhirnya menguasai Yerusalem bahkan merekalah yang mengakhiri era tentara salib (crusader) dan juga pernah berhasil mengusir pasukan Mongol, walaupun pada akhirnya dibalas kembali oleh pasukan Mongol. Kekuasaan mereka, mereka dapatkan dari perperangan, salah satunya adalah dengan menguasai Mesir selama 250 tahun lebih.

9. Mongol Warriors

mongol warriors

Genghis Khan, pendiri dan kaisar dari Kerajaan Mongol dan merupakan salah satu pemimpin militer terbaik sepanjang sejarah. Prajurit atau pasukan yang dipimpinnya adalah tentunya pasukan mongol ini. Bersamaan dengan nama Genghis Khan sendiri, pasukan Mongol ditakuti karena sifatnya yang kejam dan liar.

Pasukan ini terkenal dengan kemampuannya mengendarai kuda, mereka didisiplin dan diharuskan untuk dapat menguasai keahlian panah selagi menaiki kuda. Panah yang mereka gunakan juga bukan panah biasa, busur mereka merupakan busur buatan yang dapat menembus baju baja musuhnya. Selain menguasai panah, mereka juga merupakan ahli tombak, scimitar, psikologi perperangan dan telah berhasil mendirikan salah satu kerajaan terbesar yang pernah dilihat dunia.

8. Aztec Warrior

aztec warriors

Pada saat pasukan Aztec berperang, ada dua hal yang menjadi tujuan utama mereka. Yang pertama adalah mendapatkan tanah tujuan mereka, yang kedua adalah mendapatkan korban untuk ritual pengurbanan mereka (ritual pengurbanan manusia). Perang telah menjadi makanan sehari-hari mereka dimana jika ada seorang pemimpin baru yang dipilih, ia diharapkan untuk melakukan perperangan secepatnya untuk menunjukkan kemampuan dan kepemimpinannya.

Kejam dalam perperangan dan terkenal sebagai prajurit dengan pakaian dari elang dan jaguar, menggunakan senjata primitf seperti panah dan gada, tapi digunakan dalam cara yang sangat efektif. Jika pasukan musuh datang ke tempat mereka, mereka bersumpah bahwa pasukan musuh ini tidak akan mengambil langkah balik, dengan kata lain semua pasukan dibunuh. Sayangnya, mereka akhirnya dikalahkan oleh Spaniard (Orang Spanyol) yang memiliki persenjataan lebih modern.

7. Apache

apache warriors

Pasukan ninja mungkin memang hanya ada dan terkenal di Asia, tapi di Amerika ada pasukan yang bergerak dan berperang dalam cara yang serupa, itulah pasukan Apache. Mereka akan secara tiba-tiba menggorok atau memotong leher musuhnya dari belakang tanpa diketahui musuhnya.

Mereka sangat ahli dengan senjata mereka, yaitu Tomahawk atau kampak Indian. Walaupun senjata utama mereka ini kampak, mereka dapat bertarung jarah jauh dengan melemparkan kampak mereka ini (throwing ax), menggunakan panah atau pisau. Bahkan karena kekuatan mereka, pasukan militer saja kewalahan dalam mengalahkan mereka. Terkenal sebagai pasukan gerilya terbaik, dikatakan keturunannya-lah yang mengajari pertarungan tangan kosong sekarang ini.

6. The Immortals (Persian)

The Immortals

Jika Anda pernah menonton film 300, maka Anda berarti pernah melihat gambaran pasukan ini. Pasukan ini digambarkan berada di bawah naungan Raja Persian Xerses dengan pakaian serba hitam. Pada kenyataannya, penampilan sangatlah berbeda dimana aslinya mengenakan pakaian penuh warna. Walaupun nama mereka adalah immortal yang berarti abadi, nama ini sebenarnya terjadi karena kesalahan penamaan Anûšiya (pertemanan) dengan Anauša (abadi).

Pasukan ini merupakan satu kesatuan yang terbentuk dari 10.000 (sepuluh ribu) orang terpilih dan selalu dijaga agar jumlahnya selalu 10 ribu. Jika ada yang terluka atau meninggal maka ia akan langsung digantikan. Pasukan ini ahli dalam panah dan pedang tapi yang mengerikan dari pasukan ini adalah karena mereka selalu berjumlah 10 ribu. Pasukan ini lenyap seiring perkembangan zaman.

5. Samurai

samurai

Dapat diibaratkan sebagai ksatria dari Jepang dan menguasai seni pedang katana. Mereka adalah pasukan dengan perlengkapan lengkap dan siap mati jika itu memang untuk tuannya. Pedang katana ini merupakan pedang tertajam dunia yang dapat dengan mudah membelah manusia menjadi dua.

Selain menguasai pedang katana mereka juga menguasai yumi (panah) dan beberapa dari samurai ini masuk sejarah sebagai salah satu pemanah terbaik di sejarah kuno. Mereka merupakan pasukan yang melambangkan kekuatan Jepang yang apabila mereka memang harus mati, maka mereka melakukannya dengan menjaga harga diri mereka yaitu dengan harakiri (bunuh diri ala Jepang).

4. Viking

viking

Merupakan pasukan dan prajurit paling ditakuti di sejarah kuno. Mereka meneror Eropa dengan serangan dan perampokan mereka. Liar dan kejam dalam perperangan dan menggunakan senjata yang cocok untuk badan mereka, seperti pedang, kapak, atau tombak yang juga mereka dapatkan dari kota-kota yang mereka kuasai.

Bahkan kepercayaan mereka adalah mengenai perperangan dimana mereka menganut ke Dewa Odin (Dewa Perang yang dikaitkan dengan perang, kemenangan dan kematian). Mereka juga mempercayai bahwa jika Anda meninggal maka Anda akan melanjutkan perperangan Anda di perang tiada akhir. Mereka akan menghancurkan apapun yang ada di jalan mereka.

3. Spartan

spartan

Sama seperti Viking, kebudayaan mereka adalah mengenai perperangan dan melatih semua anak laki-laki untuk menjadi pria yang siap untuk perang sepanjang hidup mereka. Di kebudayaan mereka ada istilah : "kembali dengan perisai atau berada di atasnya." Istilah ini berarti jangan kembali kecuali jika Anda menang.

Mereka adalah pasukan yang sangat terkenal dengan kombinasi perisai dan tombaknya  yang pada akhirnya diikuti oleh pasukan-pasukan kuno lainnya. Pasukan Sparta ini merupakan salah satu pasukan terkuat dan paling mematikan yang pernah dilihat dunia. Bahkan kekuatannya digambarkan sangat kuat di film 300 dan tokoh video game God of War, Kratos.

2. Ninja (Hashishin)

ninja

Ninja di Jepang merupakan hasil dari pemberontakan terhadap kaum Samurai oleh kaum petani yang disebabkan oleh sifat liar kaum Samurai. Mereka akhirnya menjadi pembunuh gelap (assassin) paling ditakuti yang pernah diketahui manusia sampai sekarang ini. Dengan senjat ayang benar-benar untuk melumpuhkan musuhnya dengan cepat dan terkenal dengan kemampuannya untuk membunuh secara instan dan hilang begitu saja. Selain hal itu, Ninja juga dikatakan merupakan orang yang sangat ahli dalam bela diri.

Selain di Jepang, ada pasukan serupa di Persia dan Syria dengan nama yang berbeda, yaitu Hashishin yang merupakan sumber kata dari kata 'Assassin'. Mereka juga dilatih dan melakukan pembunuhan dalam hal yang serupa, yaitu pembunuhan instan dan tanpa diketahui, hanya saja yang lebih dikenal adalah pasukan Ninja di Jepang. Alasan mengapa pasukan ini berada di atas Spartan adalah karena kemampuannya untuk membunuh diam-diam dan secara instan (bagaimana Anda akan melawan sesuatu yang tidak Anda ketahui?)

1. Templar (Knight)

templar knight

Knight atau Templar merupakan pasukan terbaik dan terkuat dengan perlengkapan berat dan mengendarai kuda yang juga dilengkapi dengan perlengkapan berat (kuda berlapis baja). Mereka berada di urutan teratas karena perlengkapan ini, dengan senjata, baju pelindung, dan kuda terbaik. Tidak seperti pasukan lainnya, pasukan ini mengenakan pakaian pelindung yang benar-benar melindungi tubuh mereka secara keseluruhan.

Mereka dapat diibaratkan sebagai 'tank' di sejarah kuno. Selain itu, mereka juga diharapkan untuk berperilaku dengan penuh moral. Pasukan ini merupakan contoh terbaik yang menggambarkan prajurit dan bangsawan (gentleman).

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas