home -> Lifestyle -> 10 Manfaat Dari Tertawa
21 September 2020 02:57

10 Manfaat Dari Tertawa

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada July 31, 2020

Apa manfaat dari tertawa? Hal simpel satu ini ternyata bisa memberikan banyak manfaat positif bagi kita. Bukan cuma di kitanya saja, tapi tertawa cuma bisa membawa pengaruh positif saat bersosialisasi dengan orang. Dilihat pun akan jauh lebih enak dan nyaman melihat orang yang tersenyum dan tertawa daripada orang yang muram. Maka dari itu, jangan lupa untuk rutin tertawa untuk bisa mendapatkan sejumlah manfaat di bawah ini.

10. Mengurangi Rasa Sakit

rasa sakit

Rasa sakit itu banyak macamnya. Ada yang memang benar-benar rasa sakit karena adanya luka atau penyakit. Bisa juga karena rasa sakit karena dikecewakan oleh seseorang yang dekat dengan kita. Dan dengan sedikit senyum atau tertawa di bibir, bisa membuat seseorang lupa bahwa dirinya mengalami rasa sakit.

Ada satu hormon yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan menghilangkan stres. Hormon yang dimaksud adalah endorphin. Dengan tertawa bisa memicu produksi endorphin lebih banyak dalam tubuh. Hormon endorphin bisa memunculkan perasaan rileks, santai, dan tenang. Sama seperti efek yang diberikan oleh morphine.

9. Melindungi Jantung

heart

Banyak orang ingin memiliki jantung yang sehat. Olahraga, diet, dan istirahat cukup menjadi hal yang sering dilakukan. Tapi bila sudah melakukan ketiga hal tersebut tapi hidup kalian hanya datar-datar saja alias tidak senyum dan juga tertawa, maka hasilnya akan sia-sia. Karena tertawa itu sangat diperlukan untuk mendapatkan jantung yang sehat.

Tertawa ternyata sama bagusnya seperti olahraga. Mereka yang tertawa secara rutin maka akan memiliki tekanan darah yang lebih rendah dari mereka yang tidak tertawa. Ketika seseorang melihat suatu hal yang lucu dan tertawa, reaksi pertama yang terjadi pada jantung adalah meningkatkannya tekanan darah. Tapi setelahnya akan turun hingga di bawah normal. Bahkan peneliti mengungkapkan bahwa 15 menit tertawa per hari memiliki efek yang sama seperti 30 menit olahraga sebanyak 3 kali per minggu.

8. Menurunkan Berat Badan

lower body weight

Di masa sekarang dimana banyak netizen lebih cepat memberikan komentar pedas ketimbang berpikir perihal bentuk fisik seseorang membuat orang bisa merasa minder dengan badannya sendiri. Alhasil, banyak orang yang melakukan usaha ekstra untuk bisa menurunkan atau menaikan berat badannya. Apakah olahraga dan diet adalah satu-satunya cara untuk bisa mencapai berat badan yang diinginkan? Tidak.

Ternyata, tertawa memiliki efek yang sama seperti olahraga. Tertawa bisa membakar kalori lebih banyak. Kalori yang terbakar lebih banyak, maka berat badan pun akan lebih cepat susut. Tertawa bisa membuat jantung berdetak lebih cepat dan mempercepat metabolisme. Menonton film komedi selama satu jam atau lebih sangat boleh untuk dicoba.

7. Memperlancar Pernafasan

respiration

Yang semula hanya olahraga yang dipercaya bagus untuk menyehatkan tubuh terutama sistem pernafasan, ternyata tidak juga. Seperti kata pepatah yang mengatakan ada banyak jalan menuju Roma. Ada banyak cara juga yang bisa dilakukan untuk memperlancar pernafasan. Salah satunya yang simpel adalah dengan tertawa.

Tertawalah secara rutin karena dengan tertawa bisa membuat paru-paru menjadi kosong dan menghirup udara dalam jumlah yang banyak. Ini disebut juga dengan efek pembersihan. Hal ini kurang lebih sama seperti menarik nafas dalam-dalam. Mereka yang memiliki masaah pernafasan seperti asma bisa terbantu dengan hal ini.

6. Menciptakan Hawa Positif Di Pertemanan

social

Tertawa itu seperti virus, sangat mudah menular. Tidak percaya? Coba saja ketika kalian berkumpul bersama dengan teman lalu salah satu di antara teman kalian ada yang tertawa. Tidak lama kemudian pasti ada yang ikutan tertawa. Seperti refleks seseorang dalam merespon sesuatu. Apakah ini bagus? Tentu saja.

Dengan tertawa maka akan memunculkan hawa yang positif di lingkungan pertemanan. Mood yang awalnya jelek bisa berubah menjadi bagus. Apabila ada salah satu teman kalian yang sedang stres, dengan tertawa bisa saja membantu menghilangkan atau menurunkan tingkat stresnya.  Maka dari itu pintar-pintarlah mencari lingkungan pertemanan. Lingkungan pertemanan yang tepat bisa membawa kalian ke arah yang positif.

5. Meningkatkan Hubungan Dengan Pasangan

laugh couple

Buat apa menjalin hubungan bila dalam hubungan tersebut yang ada hanya marah-marah dan tidak ada rasa bahagia di dalamnya. Yang ada kita malah menjadi stres dan stres tidaklah baik untuk kesehatan tubuh. Makanya muncul pendapat bahwa lebih baik mencari pasangan yang humoris ketimbang hanya ganteng saja.

Semua pasangan tentunya ingin hubungannya bahagia. Terutama wanita, ternyata wanita bisa tertawa 125% lebih banyak ketimbang pria. Kalau kalian yang saat ini sedang menjalin hubungan asmara, usahakan untuk bisa mencari suatu hal yang lucu dan tertawa bersama. Dengan tertawa bahkan bisa membuat suasana tegang menjadi sedikit lebih cair.

4. Mengurangi Stres

less stress

Banyak hal yang bisa membuat orang merasa stres. Pekerjaan yang menumpuk, tugas kuliah, sekolah, dan masalah keluarga bisa membuat orang menjadi stres. Bahkan sekarang ini muncul pandemi yang membuat orang susah melakukan kegiatan secara normal. Semakin dibiarkan, stres bisa mengganggu pikiran dan orang yang tidak tahan bisa berakhir dengan bunuh diri.

Agar tidak larut dalam stres, penting bagi kita untuk mencari solusinya. Salah satu solusi menghilangkan atau setidaknya mengurangi stres adalah dengan tertawa. Tertawa sudah terbukti dapat membantu mereka yang stres untuk menjadi lebih tenang. Dalam sebuah studi yang dirilis di Geriatrics and Gerontology International, terapi tertawa mampu mengurangi tingkat depresi yang dialami oleh para orang tua.

3. Menambah Umur

awet muda

Siapa pula yang tidak ingin memiliki umur panjang? Rasa-rasanya tidak ada orang seperti itu. Dengan umur yang panjang, kita memiliki waktu untuk melakukan apa yang kita mau dan meraih mimpi yang masih belum tercapai. Makanya banyak orang yang berusaha untuk bisa menambah panjang usianya. Setidaknya kalau tidak bertambah usia, bisa awet muda kurang lebih seperti itu.

Dan salah satu cara untuk bisa memiliki umur panjang adalah tertawa. Tentu tidak sulit bukan untuk tertawa setidaknya sekali dalam satu hari. Dari hasil penelitan yang sudah dipublikasikan di Archives of General Psychiatry, mereka yang sering tertawa ternyata memiliki umur yang lebih panjang daripada mereka yang cenderung muram dan pesimis. Kira-kira 55% partisipan dengan rentang usia 65-85 tahun memiliki resiko meninggal lebih kecil daripada mereka yang sering muram.

2. Relaksasi

relax

Hormon kortisol adalah hormon yang muncul atas reaksi seseorang terhadap stres. Semakin stres seseorang maka akan semakin tinggi hormon kortisol yang diproduksi. Dan hal ini bukanlah hal yang bagus untuk tubuh. Stres bisa membuat seseorang menjadi uring-uringan, tidak nyaman, tegang, dan lain sebagainya.

Salah satu hal yang bisa membuat pikiran lebih tenang adalah hormon endorphin. Hormon endorphin bisa diperoleh ketika seseorang melakukan hal yang menyenangkan seperti olahraga dan juga tertawa. Hormon endorphin bisa melawan hormon kortisol, membuat stres menjadi hilang dan membuat pikiran serta tubuh menjadi lebih rileks.

1. Meningkatkan Imun Tubuh

immunity

Di masa pandemi seperti sekarang ini, penting bagi kita untuk meningkatkan dan menjaga imunitas atau daya tahan tubuh. Karena bila tidak, maka kita akan mudah terserang penyakit dan virus. Olahraga menjadi salah satu aktivitas yang paling sering dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tak banyak orang yang tahu bahwa tertawa juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Para ilmuwan berhasil menemukan sesuatu dimana tertawa ternyata bisa meningkatkan produksi antibody T. Antibody ini berperan penting untuk membuat tubuh lebih kebal dari serangan batuk, pilek, dan demam. Jadi jangan kira tertawa itu hanyak reaksi biasa yang muncul ketika merasa ada suatu hal yang lucu saja. Perlu disadari bahwa tertawa itu juga penting untuk kesehatan tubuh.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas