home -> Lifestyle -> 10 Cara Untuk Menambah Nafsu Makan
02 Oktober 2020 07:00

10 Cara Untuk Menambah Nafsu Makan

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada July 28, 2020

Nafsu makan turun sebaiknya tidak dianggap remeh. Karena nafsu makan ini sangat berpengaruh terhadap frekuensi makan kita. Kalau nafsu makan turun, jelas seseorang juga akan makin malas untuk makan. Padahal tubuh kita tetap butuh nutrisi yang hanya bisa diperoleh dari makanan. Maka dari itu, nafsu makan yang turun harus segera dicari solusinya. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan atau meningkatkan kembali nafsu makan yang turun.

10. Minum Suplemen

suplemen

Cara untuk menambahkan nafsu makan yang pertama adalah dengan minum suplemen. Ini merupakan caya yang paling mudah dilakukan karena zaman sekarang yang sudah sangat maju, ada begitu banyak suplemen yang dijual untuk menyelesaikan masalah kesehatan yang dialami oleh seseorang. Tidak hanya di apotek, bahkan di supermarket saja ada yang menjual suplemen untuk meningkatkan nafsu makan.

Yang perlu kalian perhatikan sebelum membeli dan mengkonsumsi suplemen sudah tentu adalah konsultasi dengan dokter. Mungkinkah kalian memang benar-benar butuh suplemen atau tidak. Karena jika memang tidak butuh, tidak perlu kalian menggunakan suplemen. Dan lagi, konsultasi ke dokter bisa membuat hal lebih jelas mengenai suplemen apa yang harus dibeli dan berapa banyak yang harus dikonsumsi.

9. Makanan Pedas/Cabai

spicy food

Boleh kalian praktekan atau tidak cara berikut ini yaitu memasukan cabai atau bumbu lain yang juga bisa menghasilkan rasa pedas. Cuma resikonya bisa memunculkan rasa yang tidak enak di perut bagi mereka yang sensitif terhadap makanan pedas. Efek setelahnya juga tetap ada yakni ketika buang air besar terasa panas dan sakit.

Meski efeknya terdengar mengenakan, namun menambahkan efek pedas terhadap makanan bisa meningkatkan nafsu makan seseorang. Cabai merah, hijau, lada, paprika, memiliki kandungan capsaicin yang bisa meningkatkan nafsu makan. Bahkan ketika dimasak pun, aroma pedas yang keluar juga bisa membuat air liur menetes.

8. Minum Minuman Tinggi Kalori

minuman berkalori

Orang mungkin bisa menahan lapar tapi tak bisa menahan haus. Orang yang selera makannya sedang turun mungkin mereka bisa melewatkan makan, tapi tidak bisa melewatkan yang namanya minum. Terima kasih ada alat dapur yang namanya blender, jadi kita bisa memblender makanan kita menjadi jus.

Minum minuman dari hasil blender makanan memang tidak terlalu bagus karena faktor seratnya jadi hilang. Tapi hal ini bisa dilakukan untuk meningkatkan selera makan dan juga tetap ada kalori yang masuk ke dalam tubuh. Mungkin kalian bisa bosan makan makanan yang biasa. Kalau gitu coba saja kalian blender. Dada ayam, kacang, olive oil, wortel, dan brokoli misalnya.

7. Olahraga

workout

Ternyata, olahraga bukan hanya bermanfaat untuk mengubah berat badan, membuat tubuh lebih sehat, dan menyegarkan pikiran saja. Olahraga juga bisa menjadi jawaban bagi mereka yang memiliki masalah dengan nafsu makan rendah. Ketimbang mencoba mencoba minum suplemen yang kita tidak tahu efek sampingnya apa, kita coba dulu cara alami ini.

Dengan berolahraga, tubuh akan membakar kalori lebih banyak dari biasanya. Setelah berolahraga, tubuh pasti akan dalam kondisi lapar, di masa inilah kalian mau tidak mau pasti akan makan. Semakin rutin melakukan olahraga, makanan yang dimakan juga akan semakin banyak. Hal ini diakibatkan kalori yang terbuang semakin banyak, sedangkan tubuh tetap membutuhkan kalori untuk melakukan aktivitas lainnya.

6. Kurangi Serat

serat

Solusi untuk menaikan nafsu makan berikut ini akan sangat disukai oleh mereka yang membenci sayuran yaitu kurangi serat. Serat merupakan kandungan yang dapat ditemukan di segala macam sayuran. Dan serat ini memiliki fungsi utama yakni membuat perit lebih tahan lapar. Yang lagi menjalani diet untuk menurunkan badan, disarankan untuk memperbanyak makan sayuran.

Meski sayuran sangat direkomendasi untuk dimakan di setiap makanan kita, tapi ketika dalam kondisi yang tidak nafsu makan seperti ini, tetap memakan sayuran bisa berakibat nafsu makan turun dan kenyang lebih lama. Bila ingin meningkatkan nafsu makan, boleh kalian melewatkan sayuran untuk sementara waktu hingga nafsu makan kembali naik. Ingat, hanya sementara, jangan benar-benar berhenti makan sayuran karena ini juga akan memberikan dampak negatif bagi pencernaan.

5. Buat Jadwal Makan

schedule

Seiring semakin banyaknya aktivitas yang dilakukan, seringkali kita melupakan jam makan rutin kita. Yang biasanya makan jam 12 siang, diundur jadi jam 13 atau 14. Banyak dari kita yang sadar bahwa ini adalah kebiasaan buruk, tapi karena adanya tugas yang harus diselesaikan maka waktu makan dikorbankan. Akibatnya, selera makan semakin menurun.

Rasa lapar biasa menjadi penanda bahwa sudah waktunya untuk makan. Tapi bagaimana kalau lapar dan selera makan tidak ada? Salah satu solusinya adalah buat jadwal makan. Jam berapa saja yang harus kalian tentukan sebagai jam makan. Tentu ini hanya bisa efektif kalau kalian bisa memegang teguh dan konsisten terjadap jadwal makan tersebut.

4. Sarapan

sarapan

Dikejar waktu untuk segera pergi ke sekolah atau ke kantor dan rasa malas membuat sarapan seringkali ditinggalkan. Padahal, sarapan bisa menjadi jawaban untuk meningkatkan selera makan dan berat badan bagi yang menjalani program diet. Kebiasaan melewatkan sarapan bahkan sudah terbukti melalui penelitian bahwa akibat dari tidak sarapan adalah seseorang bisa makan kurang dari biasanya dalam satu hari.

Semua aktivitas yang dilakukan manusia, mau sesimpel apapun itu, butuh yang namanya kalori. Sarapan bisa membantu thermogenesis effect yang membuat tubuh kalian akan membakar kalori lebih banyak dalam satu hari. Ini secara otomatis akan meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan juga. Jika kalian ingin makan lebih banyak, sarapan menjadi hal yang wajib dilakukan. Sama wajibnya seperti makan siang dan makan malam.

3. Makan Makanan Yang Disuka

favourite food

Menjalani diet ketat dimana makanan yang harus dimakan sudah ditentukan dan terjadwal pastinya akan membuat bosan. Bahkan fitness model dan body builder bisa bosan jika hanya mengikuti pola makan normal tersebut. Sesekali atau dua kali, boleh lah kita melupakan menu diet wajib dan mengkonsumsi makanan yang kita suka.

Makanan apa yang kalian suka? Pizza, burger, indomie, cokelat, snack ringan, silahkan kalian konsumsi. Dengan catatan tetap membatasi jumlah yang kalian makan agar lemak dan berat badan tidak naik. Tujuan melewatkan diet disini hanyalah untuk meningkatkan nafsu makan. Jika nafsu makan sudah normal, kembali lagi ke makan makanan kalian yang bergizi.

2. Pilih Makanan Yang Bergizi

makanan bergizi

Makan makanan favorit memang boleh, tapi jangan lupa juga untuk memastikan makanan yang masuk ke mulut adalah yang bergizi. Kalian bisa saja makan pizza, burger, kentang goreng, dan lain sebagainya. Namun makanan tersebut meski enak, memiliki kalori besar yang bisa membuat berat badan dan lemak meroket naik.

Anggaplah kalian sudah makan makanan favorit kalian tersebut, kalian harus segera kembali ke menu normal dimana kalian harus memenuhi kebutuhan karbohidrat, serat, lemak, dan protein. Nutrisi penting ini bisa kalian peroleh dari ikan, nasi merah, oatmeal, alpuikat, telur, dan makanan sehat lainnya.

1. Makan Dalam Porsi Kecil dan Lebih Sering

small portion

Makan secara normal dimana porsinya biasa dalam jumlah besar tentu akan sangat sulit di masa nafsu makan sedang turun. Apalagi kalau yang kamu makan adalah menu makanan yang tidak menarik, pasti akan semakin enggan untuk menghabisinya. Salah satu tips untuk mengakalinya adalah dengan mengatur porsi makan.

Untuk memancing selera nafsu makan, cobalah untuk membagi porsi makan kalian yang besar itu menjadi porsi lebih kecil. Dengan membagi porsinya lebih kecil, otomatis frekuensi kalian makan akan lebih banyak. Dari porsi besar kalian bisa bagi menjadi 4 atau 5 kali makan. Ketika selera makan sudah kembali normal, porsi makanan kalian bisa ditambah sedikit.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas