home -> Lainnya -> 10 Pemain Sepakbola Yang Beralih Menjadi Pelatih
09 Agustus 2020 01:06

10 Pemain Sepakbola Yang Beralih Menjadi Pelatih

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada July 27, 2020

Pernah membayangkan bagaimana nasib pemain sepakbola setelah mereka pensiun? Atlet sepakbola yang telah mencapai usia 30an biasanya sudah memutuskan untuk gantung sepatu. Ada begitu banyak profesi yang bisa dipilih setelah tidak lagi merumput di lapangan hijau. Namun banyak di antara mereka yang memilih untuk menjadi manajer atau pelatih sepakbola. Mereka membagikan skill dan pengalaman mereka selama bermain kepada para pemain muda. Berikut ini adalah beberapa pemain sepakbola yang kini telah beralih profesi menjadi pelatih sepakbola.

10. Antonio Conte

antonio conte

Inter Milan kini dilatih oleh seorang pria asal Italia yang bernama Antonio Conte. Dilihat dari jejak kepelatihannya, Conte bisa dikatakan bukan pelatih yang buruk. Total ia sudah 3 kali menjuarai Serie A, 1 kali Premier League, 1 kali Serie B, dan 2 kali domestic cup. Berkat dirinya, Inter Milan kini bisa berada di papan atas Serie A, bersaing dengan Juventus.

Sebelum menjadi pelatih, Antonio Conte sempat bermain sebagai pemain sepakbola. Dirinya sempat bermain untuk Lecce, Juventus, dan timnas Italia. Pemain dengan posisi gelandang ini menjalani masa emasnya ketika berseragam Juventus di tahun 1991 sampai 2004. Sebagai pemain, dirinya sudah pernah memenangkan Champions League, UEFA Cup, Serie A, domestic cup, UEFA Super Cup, Intercontinental Cup, dan Intertoto Cup.

9. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane

Sang Maestro lapangan tengah dari Perancis, dialah Zinedine Zidane. Sebagai pemain sepakbola, karir Zidane bisa dibilang sangat sukses. Banyak gelar telah berhasil ia raih. Sebelum bermain di Real Madrid pada tahun 2001, Zidane lebih dahulu menjajal tantangan di Serie A bersama Juventus untuk musim 1996 sampai 2001.

Setelah dirinya pensiun, di tahun 2013 ia kembali ke dunia sepakbola dengan posisi barunya yakni pelatih. Di tahun itu, Zidane menjadi asisten pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti. Di 2014, Zidane kemudian beralih menjadi pelatih Real Madrid Castilla, tim kedua dari Real Madrid. Di tahun 2016 barulah ia menjadi pelatih utama Real Madrid dan berhasil membawa Real Madrid juara Champions League.

8. Pep Guardiola

pep guardiola

Kiprah kepelatihan Pep Guardiola bisa dibilang sangat menarik. Ketika melatih Barcelona, Pep berhasil membuat Barcelona menjadi klub yang sangat menakutkan. Bukan menakutkan di La Liga saja, tapi di Champions League juga. Siapapun yang berhadapan dengan Barcelona yang dilatih oleh Pep pasti akan kesulitan untuk menang.

Prestasi bagus Pep itulah yang membuat pemilik Manchester City tertarik menunjuknya sebagai pelatih utama. Di saat masih vakum sebagai pelatih, isunya Pep didekati oleh Manchester United namun isu itu mentah begitu Pep menandatangani kontrak melatih Manchester City. Berbicara soal karirnya sebagai pemain sepakbola justru berkebalikan dari karir melatihnya. Sebagai pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan, klub besar yang pernah ia tempati hanyalah Barcelona dan Roma saja.

7. Roy Keane

roy keane

Beberapa pemain Manchester United yang sudah memutuskan untuk pensiun sebagai pemain sepakbola, berarlih profesi menjadi pelatih sepakbola. Dan salah satu pemain MU yang sangat fenomenal dan eks kapten adalah Roy Keane. Selam menjadi pemain, Keane dikenal sebagai pemain yang sangat temperamen dan selalu all out di setiap pertandingan.

Keane memutuskan untuk gantung sepatu pada tahun 2006. Kala itu, dirinya baru 6 bulan bergabung dengan Celtic. Pensiunnya tersebut disebabkan karena faktor kesehatan. Tidak lama setelah pensiun, dirinya langsung mendapat jabatan sebagai pelatih tim Sunderland. Hanya bertahan 2 tahun, Keane kemudian melatih Ipswich di 2009, menjadi asisten pelatih timnas Irlandia di tahun 2013, asisten pelatih Aston Villa tahun 2014, dan 2019 asisten pelatih Nottingham Forrest.

6. Gennaro Gattuso

gennaro gattuso

Sosok bad boy selalu dibutuhkan di dalam tim. Jika di Manchester United ada Roy Keane, Real Madrid ada Pepe dan Ramos, maka AC Milan juga tak mau kalah. Di tim berjuluk I Rossoneri tersebut ada pemain garang bernama Gennaro Gattuso. Karena gaya pernainannya yang keras, dirinya mendapat julukan The Rhino.

Ketika masih menjadi pemain, Gattuso yang beroperasi sebagai gelandang bertahan berhasil membawa AC Milan juara di berbagai ajang. Sebut saja Serie A, Champions League, dan Coppa Italia. Setelah dilepas oleh AC Milan tahun 2012, Gattuso bergabung dengan klub FC Sion. Karena kondisi keuangan yang tidak memungkinkan, kesepakatan itu gagal. Bukan menjadi pemain, Gattuso malah ditunjuk sebagai manajer baru Sion berganti posisi sebagai pencari bakat.

5. Frank Rijkaard

frank rijkaard

Salah satu raksasa klub Spanyol yakni Barcelona, terkenal akan permainan menyerangnya yang cantik. Salah satu pelatih yang berhasil membuat Barcelona menjadi salah satu klub sepakbola paling menakutkan di dunia adalah Frank Rijkaard. Dirinya melatih Barcelona musim 2003 sampai 2008. Di saat itu, Barcelona masih memiliki Ronaldinho, Deco, Giuly, dan Eto'o.

Sebelum menjadi pelatih, Rijkaard ternyata adalah mantan pemain sepakbola yang memiliki dua posisi yakni gelandang dan defender. Ia pernah bermain untuk Ajax, Real Zaragoza, dan AC Milan. Berasal dari Belanda yang menganut sistem sepakbola total football, Rijkaard menerapkan strategi yang sama di setiap klub yang ia latih.

4. Jose Mourinho

jose mourinho

Bisa dibilang tidak ada pelatih sepakbola yang sefenomenal Jose Mourinho. Mourinho mencuat ketika dirinya berhasil membawa FC Porto menjuarai Primeira Liga. Taca de Portugal, dan juga UEFA Cup. Karena memiliki rapor yang bagus, Chelsea kemudian menunjuknya sebagai pelatih. Chelsea pada kala itu berhasil disulap menjadi klub yang menyeramkan dan berhasil memenangkan Premier League setelah 50 tahun tidak pernah juara.

Serangkaian kesuksesan Mou setelah selesai melatih Chelsea masih berlanjut. Meski belakangan performanya sempat menurun, Mou kini sedang membuktikan bahwa dirinya masihlah The Special One dengan melatih klub Tottenham Hotspur. Berbicara soal karirnya sebagai pemain, Mou tidak memiliki catatan bagus. Tercatat dia hanya pernah bermain di 4 klub yakni Rio Ave, Belenenses, Sesimbra, dan Comercio e Industria.

3. Filippo Inzaghi

filippo inzaghi

Untuk menjadi seorang striker tidak hanya diperlukan insting mencetak gol yang tinggi. Skill lain seperti drible, menahan bola, tendangan keras, dan sundulan akurat juga sangat diperlukan. Di antara sekian banyak striker menakutkan di dunia, ada satu striker yang memiliki kemampuan biasa-biasa saja namun sangat mematikan di kotak penalti. Dia adalah Filippo Inzaghi.

Musim 1997 sampai 2001, Inzaghi yang berkostum Juventus berhasil mencetak banyak gol. Oleh karena itu, di tahun 2001 AC Milan tertarik membelinya. Pembelian ini ternyata berbuah manis. Meski tidak sehebat Ronaldo Nazario, Inzaghi berhasil membuktikan diri mencetak banyak gol meski kebanyakan golnya ajaib. Seakan bola yang menghampirinya, bukan dirinya yang menghampiri bola. Setelah pensiun sebagai pemain, Inzaghi mulai karir baru sebagai pelatih di tahun 2012 dengan melatih Milan Allievi, tim muda AC Milan. Semakin naik, tahun 2014 Inzaghi resmi melatih tim utama Mulan selama satu tahun. Kini, ia tengah melatih klub Serie B, Benevento.

2. Frank Lampard

frank lampard

Di Premier League sudah tidak asing lagi jika pemain legendanya menjadi pelatih klub yang pernah ia bela. Manchester United pernah dilatih oleh Ryan Giggs dan Ole Gunnar Solskjaer, Chelsea pun melakukan hal yang sama dengan menunjukan Frank Lampard sebagai pelatih kepala. Penunjukan Lampard sebagai pelatih terjadi di tahun 2019 setelah sebelumnya Lampard melatih tim Derby County.

Frank Lampard sendiri sebenarnya bukanlah pemain binaan akademi Chelsea. Ia justru memulai karir sepakbolanya di akademi West Ham United. Di tahun 1995, barulah Lampard mendapat kesempatan bermain di tim utama setelah sebelumnya dipinjamkan selama satu tahun bersama Swansea. Di Chelsea, Lampard menjadi salah satu gelandang serang paling subur di Premier League. Total golnya bersama Chelsea sebanyak 147 dari 429 pertandingan.

1. Ole Gunnar Solskjaer

ole gunnar solskjaer

Para penggemar Setan Merah pasti tidak akan lupa dengan sosok striker yang berjuluk Babyface Striker yaitu Ole Gunnar Solskjaer. Solskjaer lah yang berjasa memenangkan Champions League ketika Manchester United melawan Bayern Munchen di partai Liga Champions tahun 1999. Masuk sebagai pemain pengganti, Solskjaer mampu merubah kedudukan dalam hitungan menit.

Kini, pemain legendaris Manchester United tersebut telah pensiun sebagai pemain dan memulai karir barunya sebagai pelatih. Sebelum resmi ditunjuk sebagai pelatih Manchester United, Solskjaer sebelumnya ditunjuk sebagai caretaker setelah Jose Mourinho dipecat. Selama menukangi MU, performa MU sempat naik turun hingga akhirnya mereka membeli gelandang Bruno Fernandes dan permainan mulai berubah menjadi positif.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas