home -> Lainnya -> 10 Fakta Menarik Tentang Adolf Hitler
09 Agustus 2020 00:34

10 Fakta Menarik Tentang Adolf Hitler

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada July 08, 2020

Dari sederet pemimpin diktator kejam dunia, nama Adolf Hitler menjadi salah satu yang sangat sering dibicarakan. Meski dirinya sudah meninggal dunia 30 April 1945, nama, ideologi, serta aksinya kerap dibicarakan hingga sekarang. Membahas tentang sosok Adolf Hitler sangat menarik. Mulai dari masa kecil, remaja, hingga dewasa, berikut adalah sejumlah fakta menarik seputar pemimpin Nazi yakni Adolf Hitler.

10. Ikut Perang Dunia I Dan Hampir Mati

ww1

Selama 4 tahun, Perang Dunia I berlangsung melibatkan 2 kubu yakni kubu Jerman, Austria-Hungaria, Bulgaria, dan Kerajaan Ottoman melawan Great Britain, Perancis, Rusia, Italia, Romania, Jepang, dan Amerika Serikat. Pemenang dari Perang Dunia I adalah Great Britain dan kawan-kawan. Pada masa perang itu, Hitler bergabung sebagai tentara Jerman.

Dalam kesempatan tersebut, ada seorang tentara British bernama Henry Tandey yang melihat tentara lawan sedang terluka. Tentara tersebut diperkirakan adalah tentara Jerman. Melihat kondisinya yang terluka, Henry Tandey memutuskan untuk tidak menghabisi dan pergi meninggalkannya. Tentara Jerman yang terluka tersebut adalah Hitler.

9. Nasionalis Jerman

german nationalist

Di mata orang Yahudi dan Kristiani, Adolf Hitler bagaikan seorang iblis dari neraka yang sangat kejam. Tidak ada orang yang berharga di matanya dan Hitler sangat haus akan kekuasaan. Namun pandangan berbeda diberikan pada Hitler oleh orang Jerman. Di mata orang Jerman, Hitler adalah pemimpin yang sangat baik dan nasionalis.

Memang benar bahwa Hitler adalah orang yang sangat nasionalis. Kecintaannya pada Jerman tidak perlu diragukan lagi. Tapi pasti ada orang yang mempengaruhi pikiran Hitler sehingga ia bisa begitu cintanya pada Jerman. Ternyata rasa nasionalis tinggi Hitler adalah pengaruh dari guru masa kecil yang bernama Leopold Poetsch. Poetsch juga adalah seorang nasionalis Jerman.

8. Hanya Memiliki Satu Testis

one testicle

Superhero itu hanya ada di komik dan televisi. Di dunia nyata, kita semua hanya manusia biasa yang bisa saja sakit dan meninggal. Hitler, seorang pemimpin Nazi dan Jerman juga hanyalah manusia biasa. Dirinya bisa terluka dan juga sakit. Selama hidupnya, Hitler ternyata memiliki masalah kesehatan yang cukup banyak.

Menurut dokter yang pernah mengurus Hitler, sang diktator diketahui memiliki sejumlah penyakit serius. Syphilis, Huntington's, Parkinson's, dan salah satunya adalah right-side cryptorchidism. Right-side cryptorchidism ini adalah satu kondisi kesehatan dimana salah satu testis tidak tumbuh secara normal. Biasanya terjadi di testis sebelah kanan.

7. Penganut Ideologi Fasisme

fascism

Satu kesalahan fatal yang banyak orang lakukan adalah mengecap Hitler adalah seorang komunis. Komunisme adalah sebuah ideologi yang tujuannya adalah menciptakan negara dimana tidak ada yang namanya harta milik sendiri. Semua barang adalah kepemilikan bersama, tidak ada kelas sosial, dan uang.

Sedangkan fasisme adalah ideologi yang masih menganggap kelas sosial dimana ada kelas superios dan kelas bawah. Nah, Hitler ini adalah penganut paham fasisme. Dirinya menganggap bahwa bangsa Aryan (Jerman) adalah kelas superior. Kelas sosial atau bangsa lain dianggapnya sebagai kelas bawah. Terlihat dari caranya memandang orang Yahudi dan Kristiani.

6. Tak Pernah Mengunjungi Camp Konsentrasi

concentration camps

Kekejaman Hitler sudah tak perlu diragukan lagi. Jutaan orang Yahudi menjadi korban pembantaian di masa pemerintahan Nazi Jerman. Salah satunya yang terkenal ada Holokaus. Holokaus ini merupakan aksi pembantaian besar-besaran dan sadis terhadap 6 juta orang Yahudi di Eropa. Penyiksaan yang sangat mengerikan terjadi dalam camp konsentrasi yang didirikan oleh orang Jerman.

Sebagai bentuk penghormatan terhadap para korban Holokaus, dunia menetapkan tanggal 27 Januari sebagai tanggal untuk mengenang kejadian tersebut. Memang camp konsentrasi menjadi tempat untuk mengurung dan menyiksa para tahanan Jerman. Tapi Hitler tak pernah sekalipun mengunjungi camp tersebut. Bahkan ketika terjadi Holokaus sekalipun. Maka dari itu muncul pendapat bahwa Hitler sebenarnya tidak terlibat dalam aksi Holokaus.

5. Hobi Bersiul

whistle

Setiap orang pasti punya hobi walau hanya satu sekalipun. Melakukan hobi bisa menjadi salah satu opsi untuk melepas rasa bosan setelah capek beraktivitas. Hitler, ternyata memiliki satu hobi yang unik. Hobi yang mungkin kalian semua juga sering lakukan secara sadar atau tidak sadar. Hobi yang dimaksud adalah bersiul.

Bersiul adalah tindakan seseorang menirukan suara seruling dengan mulut. Biasanya yang disiulkan adalah lagu yang kita suka. Hitler ini diketahui terlihat sangat relaks ketika dirinya sedang bersiul. Lagu yang paling sering ia siulkan adalah lagu When You Wish Upon a Star. Ia bahkan pernah menghibur tamu restoran dengan siulannya tersebut.

4. Bukan Orang Jerman Asli

not a german

Memang benar bahwa Adolf Hitler adalah pendiri sekaligus pemimpin Partai Nazi di Jerman. Tapi bukan berarti dirinya adalah orang Jerman. Kenyataannya, tidak banyak orang yang tahu bahwa dirinya bukanlah kelahiran Jerman. Hitler justru lahir di luar Jerman yakni Braunau am Inn, Austria pada 20 April 1989.

Meski lahir di Austria, Hitler justru membenci orang-orang berdarah Austria-Hungaria dan malah menaruh rasa hormat dan bangga pada Jerman. Rasa kebanggaan Hitler terhadap Jerman dipengaruhi oleh gurunya yang bernama Leopold Poetsch. Poetsch memang diketahui merupakan seorang nasionalis Jerman. Hal inilah yang ditanamakan Poetsch pada Hitler kecil.

3. Bercita-Cita Menjadi Pendeta

priest

Hitler lahir dalam keluarga yang terbilang unik. Ibunya yang bernama Klara Polzl adalah seorang Katolik taat. Sedangkan ayahnya yang bernama Alois Hitler adalah anticlerical. Sejak kecil, sang ibu selalu mengajarkan ajaran agam Katolik pada Hitler. Tak jarang juga Hitler diajak untuk ke gereja, bernyanyi, dan memperdalam agama Katolik.

Sebagai anak yang menurut pada orang tua, Hitler pun kemudian bermimpi untuk menjadi seorang pendeta. Seiring berjalannya waktu, Hitler justru merubah mimpinya tersebut. Ketika dewasa, Hitler justru ingin menghancurkan gereja-gereja yang ada di Jerman. Ia memiliki intensi untuk menghabisi umat Kristiani sampai ke akar dan memutuskan untuk menjadi atheist.

2. Hampir Mati Tenggelam

drowning

Ada beberapa momen yang sempat membuat nyawa Hitler melayang. Kalau dihitung ketika Hitler dewasa memang banyak orang yang membencinya sehingga mencoba melakukan percobaan pembunuhan padanya. Namun ada satu masa ketika dia masih kecil, Hitler sempat kehilangan nyawanya hingga ada seorang pendeta yang berhasil menyelamatkannya.

Kejadian mengerikan ini terjadi ketika Hitler masih berumur 4 tahun. Hitler sendiri tidak pernah membahas kejadian ini. Hingga suatu ketika ada potongan kecil dari suatu koran di tahun 1894 yang menyebarkan informasi ini. Diceritakan bahwa seorang bocah laki-laki yang nyaris tenggelam berhasil diselamatkan oleh seorang pendeta bernama Max Tremmel.

1. Vegetarian

vegetarian

Diet vegetarian yang sedang ngetrend saat ini ternyata sudah ada sejak dahulu kala. Sudah banyak orang terkenal yang menganut atau mengikuti diet vegetarian. Salah satunya adalah Adolf Hitler. Tidak ada yang membayangkan bahwa orang yang sangat terkenal akan kekejamannya bisa menjadi vegetarian. Dan alasan dibalik pilihannya tersebut sangatlah mengejutkan.

Memang benar korban Hitler sudah mencapai angka jutaan dan tidak ada pembenaran akan hal itu. Namun seburuk-buruknya seseorang, pasti ada satu atau dua hal yang positif dari mereka. Hitler, meski dirinya kejam tapi ternyata ia adalah seorang penyayang binatang. Dirinya juga yang membuat undang-undang tentang perburuan hewan di Jerman. Karena rasa cintanya yang besar pada hewan, ia lebih memilih untuk menjadi vegetarian.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas