home -> Teknologi -> 10 Game Online Jadul Paling Populer
22 Oktober 2020 04:50

10 Game Online Jadul Paling Populer

Oleh serba_tahu dalam Teknologi pada July 07, 2020

Meski perkembangan game online sekarang sudah semakin maju dimana grafiknya sudah semakin bagus dan gameplaynya semakin kompleks, game online jadul atau zaman dulu masih tetap berkesan di hati. Kenapa? Karena bisa dibilang bahwa di tahun 2000an bisa dibilang bahwa di tahun inilah internet mulai booming dan game online bermunculan. Ada setidaknya 10 game online jadul  yang sangat sering dimainkan di warnet pada masa itu. Kalau kalian yang lahir di tahun 90an pasti masih ingat dengan game-game berikut ini.

10. Audition: Ayodance

Audition Ayodance

Jika dulu game DotA diidentik dengan game laki-laki, maka ada satu game yang diidentik dengan kaum perempuan. Game online tersebut adalah Audition: Ayodance. Gameplay dari Audition: Ayodance ini adalah para pemain akan mendengar lagu sembari menekan panah di keyboard sesuai dengan arahan yang muncul di monitor. Sembari itu, karakter atau avatar kita akan melakukan sejumlah trik dance yang rumit dan keren.

Pada masa itu, game ini dijadikan sebagai ajang mencari jodoh. Karena mayoritas pemainnya adalah wanita, tidak sedikit ada pria yang ikutan bermain Ayodance dan menemukan tambatan hatinya. Kepopuleran game Ayodance ini juga didukung oleh lagu K-Pop yang kala itu sedang ngetrend. Jadi, player bisa mendengar lagu, bermain, sembari melihat avatarnya menari ala boyband dan girlband Korea.

9. Seal Online

Seal Online

Di tahun 2000an dimana masa-masa bermain game online masih di warnet, Lyto adalah salah satu perusahaan game terbesar yang ada di Indonesia. Ada banyak game online menarik dan seru yang berada di bawah naungan Lyto. Selain ada Ragnarok Online, Getamped, RF Online, ada pula satu game MMORPG yang berada di bawah naungan LytoGame yaitu Seal Online.

Bisa dibilang bahwa Seal Online ini ingin mematahkan anggapan bahwa game MMORPG harus memiliki grafik yang bagus dan keren. Di Seal, grafik yang ditampilkan justru sangat mirip dengan kartun. Karakternya saja sangat imut dan lucu. Para pemain harus meningkatkan level karakternya setinggi mungkin, mengupgrade senjata, dan skill agar bisa melangkah lebih jauh dan membasmi monster yang lama-lama semakin kuat juga.

8. RF Online

rf online

Game bergenre MMORPG sudah sangat diminati sejak dulu. Lalu pada tahun 2004, ada satu game online MMORPG yang dirilis bernama RF Online. RF Online adaah game hasil besutan CCR Inc yang merupakan singkatan dari Rising Force Online. Berbicara soal gameplay, pastinya game ini sangat kompleks namun menarik. Terbukti dari banyaknya pemain dan komunitas yang muncul.

Di RF Online ada 3 bangsa yang harus bertempur satu sama lain. Ketiga bangsa itu adalah Accretia Empire, Bellato Union, dan Holy Alliance Cora. Ketiga bangsa ini harus bertempur untuk memperebutkan area tambang. Area tambang ini bisa menghasilkan item bernama ore yang bisa digunakan untuk menempa senjata agar semakin kuat. Kerja antar pemain dari bangsa yang sama sangat diutamakan dalam RF Online.

7. Xian

xian online

Jika ingin merasakan bagaimana rasanya menjadi orang yang bisa bermain kungfu, maka game online bernama Xian ini bisa merealisasikan mimpi tersebut. Pengembang Xian menciptakan game ini hanya dengan satu profesi saja. Namun meski begitu, ada begitu banyak tergila-gila pada game ini dan rela menghabiskan waktu berjam-jam bermain di warnet.

Berbicara soal genre, Xian Online mengusung genre MMORPG. Game lawas di era 2000an ini tidak bisa bertahan lama. Ada begitu banyak pengembang game yang merilis game online dengan mode permainan yang lebih menarik. Dimana ada banyak karakter, skill, senjata, dan fitur yang lebih menarik. Lalu Xian pun hilang begitu saja.

6. O2 Jam

o2 jam

Bukan cuma Audition: Ayodance saja yang menjadi game online melatih koordinasi otak dan kecepatan tangan. Ada game online lain yang mengusung gameplay yang nyaris sama yakni O2 Jam. Yang menjadi pembeda adalah lagu yang digunakan dan karakter. Jika di Ayodance mengusung lagu K-Pop dan dance keren, maka O2 Jam hanya berfokus pada lagu saja.

Game rythm music ini begitu populer di kalangan anak warnet. Dimana anak-anak warnet akan mengadu dengan satu dengan yang lain, mana yang skornya paling tinggi dan kombonya paling banyak. Disini kalian harus berkonsentrasi melihat monitor dan menekan keyboard yang ditentukan. Player O2 Jame bisa menghias karakternya dengan membeli sejumlah pakaian serta item keren. Sayang, karena tingkat kesulitannya yang sangat tinggi dan munculnya game online lain yang lebih menarik, perlahan-lahan game ini mulai ditinggalkan para pemainnya.

5. DotA

DotA

Sebelum adanya DotA 2 yang dirilis pada tahun 2013, sebelumnya sudah terlebih dahulu dirilis DotA 1 di tahun 2003. Apabila dibandingkan dengan DotA 2, memang benar DotA 1 memiliki grafik yang berada di bawah DotA 2. Namun pada tahun 2000an, grafik tersebut sudah cukup memuaskan mata para gamer hampir di seluruh dunia.

Kepanjangan dari Defense of the Ancients, game Dota adalah game multiplayer onlline yang masih menjadi bagian dari Warcraft III. Tujuan dari DotA 1 adalah untuk menghancurkan throne milik lawan. Ada 4 tipe hero yang ada di DotA 1 yaitu human, night elf, undead, dan orc. Di game ini kamu harus memilih hero dan item yang tepat serta membangun strategi bersama teman satu tim untuk bisa menghancurkan dan mengalahkan tower musuh.

4. Getamped

getamped

Beberapa game menarik warnet pada zaman dulu kebanyakan berada di bawah kontrol oleh LytoGame. Setelah sebelumnya dijelaskan tentang Seal Online dan RF Online, kini giliran Getamped. Bisa dikatakan bahwa game ini adalah game pertarungan battle royal. Kalian harus mengalahkan musuh dan bertahan sampai batas waktu yang ditentukan untuk menang.

Strategi jitu, kemampuan menguasai arena, serta menguasai jurus dari karakter yang dimainkan sangat diperlukan untuk bisa menang. Sejumlah karakter memiliki karakteristik yang berbeda. Ada beberapa karakter yang memang didesain menjadi lawan sepadan untuk karakter tertentu. Kalian pun kalau mau bisa mendesain karakter sendiri. Sempat sepi pemain, LytoGame sempat melakukan branding ulang dengan judul Getamped R.

3. Gunbound

gunbound

Pernahkah kalian memainkan game pc bernama Worms? Jika iya, game Gunbound ini memiliki gameplay yang sama persis dengan game Worms. Para player akan diberi pilihan untuk mengendari kendaraan yang dimau. Setiap kendaraan tersebut memiliki serangan, damage, serta karakter berbeda satu dengan yang lain.

Bisa bermain solo atau tim, kalian baru bisa dinyatakan menang apabila HP lawan berhasil kalian buat jadi 0 atau membuat lawan jatuh ke jurang. Terdapat avatar spesial juga yang dapat meningkatkan damage ke lawan. Meski sempat hilang dari peredaran, kini Gunbound telah muncul kembali di smartphone.

2. Pangya

Pangya

Sekitar tahun 2000an, para gamer di dunia diberi kejutan dengan munculnya sebuah game baru yang bertemakan golf. Game yang dimaksud adalah Pangya. Game yang bersifat online ini diluncurkan untuk PC dan player yang ingin bermain harus melakukan registrasi karakter dulu di website Pangya.

Tidak hanya bisa merasakan sensai bermain golf, para pemain juga bisa dihibur dengan banyak karakter imut yang terdapat di game tersebut. Masing-masing karakter memiliki karakteristik berbeda yang bisa membantu player untuk bisa bermain dengan maksimal. Karena gabungan konsep golf dan karakter imutlah, Pangya begitu diminati pada masa itu.

1. Ragnarok

ragnarok online

Sangat tidak mungkin ada gamer yang tidak kenal dengan Ragnarok Online. Game satu ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama di Indonesia. Dan jika kalian pergi ke warnet-warnet, pasti ada orang yang bermain game ini. Bahkan para gamer Ragnarok rela menghabiskan waktu sampai berhari-hari untuk bisa memainkan game ini.

Ragnarok Online hadir di tahun 2003 dan dikembangkan oleh Gravity Corporation. Meski menggunakan sistem play per subscription, hal ini sama sekali tidak perusak gameplaynya. Bahkan komunitasnya bermunculan dimana-mana dengan anggota yang segudang. Karena kepopulerannya, Ragnarok kemudian muncul di versi mobile dengan nama Ragnarok M: Eternal Love.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh raza dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas