home -> Lainnya -> 10 Karakter Antihero Dari Komik Marvel
09 Agustus 2020 01:29

10 Karakter Antihero Dari Komik Marvel

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada July 06, 2020

Sebelumnya sudah dibahas mengenai karakter antihero dari DC Comics. Perlu kalian ketahui bahwa DC Comics dan Marvel itu tidak jauh berbeda. Ada banyak karakter dari DC Comics yang ada juga di Marvel, tentu dengan nama dan visual yang berbeda. Karakter antihero juga demikian, Marvel menyelipkan beberapa karakter antihero supaya para pembacanya tertarik membaca dan bisa melihat dari segi lain dimana mungkin ada beberapa cara kotor yang musti dilakukan untuk mencapai suatu target yang bisa membawa kebaikan untuk bersama. Dan inilah mereka para karakter antihero dari komik Marvel.

10. Black Cat

Black Cat

Kalau kalian juga mengikuti DC Comics, karakter Black Cat dari Marvel memang mirip dengan karakter Catwoman dari DC Comics. Keahlian mereka berdua pun juga sama yakni mencuri. Sekali Black Cat menargetkan sesuatu, ia pasti akan mencurinya dan tidak akan gagal. Tapi meski begitu, Black Cat tidak sepenuhnya jahat.

Black Cat adalah alias dari perempuan yang bernama Felicia Hardy. Selain pekerjaannya sebagai pencuri, ternyata Black Cat seringkali berasosiasi dengan Spiderman. Black Cat dan Spiderman bekerja sama dalam menumpas kejahatan dan menolong mereka yang lemah.  Bisa dibilang bahwa Black Cat adalah partner Spiderman yang sangat diandalkan. Dan Black Cat ini punya kode etik sendiri dalam mencuri.

9. Hulk

Hulk

Jangan bingung antara Bruce Banner dan Hulk. Bruce Banner memang merupakan seorang ilmuwan yang baik. Namun Hulk adalah sosok monster ganas yang berada dibalik diri Banner. Sosok Hulk ini terbentuk karena Banner terekspos oleh radiasi sinar gamma yang sangat besar. Apabila di kondisi terdesak, maka sosok Hulk ini akan muncul.

Hulk digambarkan sebagai sosok hijau, besar, kuat, dan pemarah. Ketika Banner berubah menjadi Hulk, Banner tidak dapat mengontrol dirinya. Banner yang berubah menjadi Hulk akan menghancurkan apapun yang ada di depannya. Mau itu musuh, kendaraan, maupun bangunan. Meski memiliki sifat perusak, Hulk bergabung dengan Avengers dan menumpas kejahatan. Apabila Hulk sudah beraksi, maka mereka harus sudah bersiap dengan kerusakan parah yang disebabkan olehnya.

8. Ghost Rider

ghost rider

Kalau kalian ada yang masih ingat, aktor Hollywood Nicolas Cage sempat bermain sebagai Johnny Blaze dalam film Ghost Rider. Dua kali aktor tersebut menjadi sosok mengerikan Ghost Rider yakni di tahun 2007 dan 2011. Lalu karakter Ghost Rider kembali muncul dalam serial Agents of S.H.I.E.L.D. namun karakter Ghost Rider saat itu diperankan oleh Gabriel Luna.

Ghost Rider sebenarnya adalah sosok hantu pembalas dendam. Beberapa orang yang pernah dirasuki oleh hantu ini akan berubah menjadi sosok mengerikan dimana kepalanya menjadi tengkorang yang dibakar oleh api. Sebutlah Johnny Blaze, Danny Ketch, dan Robbie reyes. Semua orang yang dirasuki oleh Ghost Rider memiliki misi yang sama yakni balas dendam dan melindungi yang tidak bersalah. Syaratnya adalah mereka memang ingin melakukan hukuman yang sangat sadis pada mereka yang berbuat jahat.

7. Blade

Blade

Blade merupakan sosok manusia setengah drakula. Dirinya lahir dari seorang ibu yang telah digigit oleh drakula. Karenanya, Blade memiliki kekuatan drakula namun tidak kelemahannya. Kekuatan Blade seperti indera yang lebih peka daripada manusia, tidak terpengaruh oleh gigitan drakula, kuat, cepat, dan regenerasi cepat. Kelemahan drakula yang tidak tahan sinar matahari tidak dimiliki oleh Blade.

Karena memiliki gabungan dua darah, Blade tidak diterima oleh manusia dan juga drakula. Namun Blade lebih memilih untuk memihak pada sisi manusia dengan membantai rasnya sendiri yakni ras drakula. Segala macam cara sadis dilakukan oleh Blade untuk menyingkirkan drakula yang jahat. Termasuk juga manusia yang bersekutu dengan drakula pun ikut ia habisi.

6. Moon Knight

moon knight

Siapapun yang aksinya didorong oleh balas dendam, maka ia sudah tidak pantas dikatakan sebagai superhero. Itulah yang terjadi pada Mark Spector. Sebelum menjadi sosok antihero bernama Moon Knight, Mark Spector adalah seorang petinju yang kemudian beralih profesi menjadi tentara dan prajurit bayaran.

Satu ketika dia melakukan perampokan dan sekarat, Spector diselamatkan oleh dewa Mesir bernama Khonshu. Sebagai balas budi, Spector harus mengabdi padanya. Tugas Spector sebagai Moon Knight adalah menghukum mereka yang berbuat jahat. Tidak ada batasan moral bagi Moon Knight untuk menghukum penjahat. Maka dari itu ia disebut sebagai antihero.

5. Winter Soldier

winter soldier

Karakter Winter Soldier sempat dimunculkan dalam film Captain America: The Winter Soldier di tahun 2014. Kisah di film tersebut tidak jauh berbeda dari kisah di komik. Dimana nama asli Winter Soldier adalah Bucky Barnes. Dirinya merupakan kerabat dekat dari Steve Rodgers dan sangat menjunjung tinggi keadilan dan membenci kejahatan.

Namun suatu ketika, Bucky Barnes mengalami kecelakaan dalam sebuah misi. Tangan kirinya diamputasi dan diganti dengan tangan robot. Sementara otaknya dicuci oleh Uni Soviet dan dijadikan pembunuh berdarah bernama Winter Soldier. Meski berhasil dipulihkan, pikiran Barnes masih suka kacau. Terkadang dia melakukan kebaikan namun dengan cara yang brutal.

4. The Punisher

The Punisher

Tidak ada orang jahat yang bisa selamat dari cengkraman The Punisher. Siapapun penjahat itu, pasti akan ketakutan apabila bertemu dengan The Punisher. Tak hanya dikenal gemar menyiksa, The Punisher tidak ragu untuk membunuh orang jahat. Jadi bisa dibilang bahwa The Punisher berada di atas hukum.

The Punisher memiliki nama asli Frank Castle. Castle memiliki latar belakang militer dimana ia jago beladiri, mengerti tentang senjata, dan sangat cerdas. Setelah keluarganya tewas terbunuh, Castle didorong oleh balas dendam untuk menghabisi orang yang telah menghancurkan keluarganya. Setelah misi utamanya berhasil, Castle kemudian memburu dan membunuh semua penjahat yang ia temui. Mau itu pembunuh, perampok, gangster, pasti akan dibunuh oleh Castle.

3. Wolverine

wolverine

Wolverine atau yang nama lainnya adalah Logan sejatinya tidak bisa dikatakan sebagai superhero, lebih cocok sebagai antihero. Aslinya, Logan adalah seorang mutan yang dipersenjatai kuku panjang tajam yang dapat keluar dari tangannya. Memiliki nama asli James Howlett, Logan memiliki kemampuan kuku tajam, cepat, kuat, dan recovery cepat.

Dirinya kemudian menjadi salah satu kelinci percobaan dimana dirinya disuntikan cairan adamantium. Adamantium adalah material logam yang sangat keras apabila sudah mengeras. Alhasil, seluruh tubuhnya menjadi sangat keras dan kukunya juga menjadi adamantium. Logan memiliki temperamen yang tinggi namun hati yang baik. Memang benar bahwa Logan sering menolong mereka yang membutuhkan. Tapi dirinya tak ragu untuk mengotori tangannya dengan darah musuhnya. Pokoknya, siapapun yang menghalanginya pasti akan dibunuh.

2. Venom

Venom

Ketika karakter Venom dibuat, awalnya Venom ini dijadikan sebagai lawan sepadan untuk Spiderman. Dari fisiknya saja sudah bisa ditebak ke arah mana Venom ini. Sebagai sosok villain, Venom memiliki kostum berwarna hitam, lidah panjang, dan tubuh besar. Sangat berkebalikan dibandingkan dengan Spiderman.

Yang menjadi inang dari Venom, tidak lain adalah Eddie Brock. Brock sendiri adalah sosok yang kompleks. Venom sendiri cukup kesulitan untuk bisa mendapatkan kontrol penuh atas Brock. Alhasil, Venom tidak bisa melakukan hal sebebas yang ia mau. Dari yang semula dibuat sebagai villain, Venom malah menjadi sosok antihero yang sangat keren dimana dirinya membantu mereka yang lemah dan tidak beruntung.

1. Deadpool

deadpool

Sebelum menjadi sosok Deadpool, Wade Wilson adalah sosok pria yang bekerja sebagai pembunuh bayaran. Ahli beladiri, senjata, dan susah diatur. Dirinya kemudian menjadi kelinci percobaan untuk membuat tentara super yang tak bisa dikalahkan. Percobaan tersebut berhasil dimana penyakit kanker Wilson sembuh dan dirinya memiliki kemampuan menyembuhkan diri yang luar biasa.

Alasan kenapa Deadpool dimasukan ke dalam grup antihero karena dirinya melakukan apapun yang ia mau. Jahat atau baik ia lakukan karena ia adalah individu yang bebas. Selagi dia melakukan untuk tujuan kebaikan, cara yang ia gunakan bukanlah cara yang dibenarkan oleh hukum. Sempat bergabung dengan X-Men, Deadpool menjadi anggota yang paling sulit diatur dan tak ragu untuk membunuh musuhnya. Meski itu sangat berlawanan dengan tujuan X-Men.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas