home -> Lainnya -> 10 Karakter Antihero Dari DC Comics
09 Agustus 2020 00:09

10 Karakter Antihero Dari DC Comics

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada July 03, 2020

Kalau berbicara soal komik Amerika yakni salah satunya adalah DC Comics, perdebatan yang sering terjadi adalah antara mana yang lebih keren atau kuat antara superhero atau villain. Tapi tahukah kamu bahwa ada satu golongan lain yang disebut dengan antihero? Jika superhero selalu mengedepankan nilai moral dan peraturan dalam membasmi villain, maka antihero tidak. Antihero memiliki moral yang dipertanyakan. Mereka tidak ragu menempuh jalan kotor untuk menegakan keadilan versi mereka sendiri. Dari DC Comics, ada 10 karakter antihero yang menarik untuk dibahas. Siapa saja mereka? Inilah dia daftarnya.

10. Deathstroke

deathstroke

Berbicara soal Deathstroke, kemampuan beladiri, otak, dan bertarungnya bisa dikatakan sejajar dengan Batman. Dalam beraksi, Deathstroke selalu menggunakan kostum khusus yang anti peluru. Senjata yang gunakan adalah pedang yang ada di punggungnya dan senjata api. Dirinya sangat ahli mengguna dua macam senjata tersebut.

Moral kompas dari pria yang bernama asli Slade Wilson ini selalu menjadi pertanyaan. Di satu sisi dirinya bekerja sebagai pembunuh bayaran. Di sisi lain ia juga pernah bekerja sama dengan superhero. Kerja sama yang ia lakukan didasari dengan alasan yang sama menyingkirkan orang yang bisa mengganggu tujuannya.

9. Talia Al Ghul

Talia Al Ghul

Kita tahu bahwa Bruce Wayne adalah seorang playboy yang memiliki hubungan dengan banyak wanita cantik. Tapi siapa sangka salah satu wanita cantik yang pernah ia kencani adalah anak Ra's al Ghul yaitu Talia Al Ghul. Hubungan ini jelas hubungan asmara gila dan terlarang dimana Ra's al Ghul dan Bruce Wayne adalah musuh bebuyutan.

Entah bagaimana cerita, Talia yang berasosiasi dengan League of Assassins bisa jatuh cinta pada Bruce Wayne. Bersama-sama, mereka berdua membasmi kejahatan yang ada di kota Gotham. Dari hasil hubungan cinta Bruce dan Talia, menghasilkan seorang anak bernama Damian Wayne. Damian Wayne juga yang nantinya jadi Robin, sidekick dari Batman.

8. Lobo

Lobo

Ada banyak karakter kuat di DC Comics, salah satunya adalah Lobo. Lobo berasal ras Czarnians yang nyaris tidak bisa mati (katanya). Hanya Czarnians yang bisa membunuh Czarnians, namun ini tidak berlaku bagi Lobo. Lobo tidak bisa mati dan ditolak baik itu di Surga dan Neraka. Selain tidak bisa mati, kekuatan Lobo yang lain seperti regenerasi, kuat, cepat, dan bisa bertahan hidup tanpa makan.

Profesi Lobo adalah sebagai pemburu berhadiah. Apabila Lobo sudah menentukan targetnya, maka orang itu pasti akan ia buru kemananpun dan sampai kapanpun. Lobo seringkali terlihat membantu para superhero yang sedang kesulitan. Walaupun sebenarnya Lobo membantu mereka hanya karena tujuannya sama. Kalau tujuannya berbeda, belum tentu Lobo mau ikut bergabung.

7. Sinestro

sinestro

Jangan lupakan perankan Sinestro dalam menjaga galaksi agar selalu aman dari bahaya. Selama menjadi pasukan Green Lantern Corps, Sinestro selalu sukes menaklukan para penjahat galaksi. Disamping kesuksesannya menjaga keamanan galaksi, Sinestro menggunakan metodologi yang berbeda dari seharusnya dilakukan.

Karena terobsesi ingin menciptakan galaksi yang aman versinya sendiri, akhirnya Sinestro mendapat hukuman dari para petinggi Green Lantern. Sakit hati, Sinestro bekerja sama dengan Parallax untuk menghancurkan Green Lantern Corps. Karena bekerja sama dengan Parallax itulah Sinestro memperoleh kekuatan luar biasa dari cincin kuning. Dan dirinya pun berubah dari green lantern menjadi yellow lantern.

6. Rorschach

rorschach

Kriminal yang bertemu dengan Batman masih terbilang beruntung. Kode etik Batman adalah dirinya hanya akan menyiksa namun tidak akan sampai membunuh. Tapi kalau dengan Rorschach berbeda. Dia sama sekali tidak memiliki kode etik. Kriminal yang hadapi kebanyakan mati di tangannya. Sepak terjang Rorschach ini bisa dilihat di serial Watchmen.

Karakter Rorschach memiliki nama asli Walter Kovacs. Dia merupakan seorang anak dari keluarga yang berantakan. Kovacs berubah menjadi Rorschach ketika dirinya menginterogasi seorang penculik yang membunuh korbannya dengan sangat sadis. Rorschach selalu menggunakan topeng putih bercorak hitam yang dapat berubah-ubah. Berbicara soal karakter, Rorschach adalah sosok yang sangat brutal, kuat, bisa menggunakan benda apapun sebagai senjata, dan jago dalam hal menyiksa. 

5. Amanda Waller

amanda waller

Jika kalian pernah menonton serial Arrow dan The Flash, maka kalian pasti tidak asing dengan satu grup yang bernama Argus. Argus merupakan singkatan dari Advanced Research Group United Support dan grup ini dipimpin oleh seorang perempuan yang sangat mengerikan yakni Amanda Waller. Sosok Amanda Waller pernah tampil di dalam film Suicide Squad arahan David Ayer.

Alasan kenapa dirinya begitu ditakuti adalah karena ia akan menghalalkan segala macam cara untuk menjaga keamanan dunia. Berada di balik layar, Waller tak ragu untuk menggunakan cara kotor untuk menyingkirkan kriminal. Salah satunya ketika Waller memanfaatkan para kriminal terkenal seperti Harley Quinn, Deadshot, Killer Shark, dan lain sebagainya, menggabungkannya menjadi Suicide Squad.

4. Deadshot

deadshot

Di komik DC ada satu karakter yang memiliki ketepatan dalam menembak sangat luar biasa. Tidak pernah sekalipun ia pernah meleset. Dia adalah Floyd Lawton atau yang biasa dikenal dengan sebutan Deadshot. Menjadi musuh bebuyutan dari Batman, Deadshot sempat tergabung dengan suatu grup bentukan Amanda Waller yakni Suicide Squad.

Tak ada kemampuan superhuman dari dalam dirinya. Hanya akurasi tembakannya yang sangat luar biasa. Dirinya pun bisa menggunakan segala macam senjata api. Masa bodoh dengan keadilan dan kejahatan, selama ada yang memberinya target dan bayaran, maka ia pasti akan melakukan tugas tersebut. Satu kelemahan dari Floyd adalah anak perempuannya yang sangat ia sayang yakni Zoe.

3. Jason Todd

jason todd

Meski Batman mengatakan bahwa ia lebih memilih beraksi sendiri, nyatanya ia selalu ditemani dengan sidekicknya yakni Robin. Nah, Robin sendiri ada banyak versinya. Ada Dick Grayson, Jason Todd, Tim Drake, Stephanie Brown, dan Damian Wayne. Dari sekian banyak orang yang sempat memakai kostum Robin, hanya Jason Todd lah yang membelok menjadi sosok antihero.

Jason Todd adalah salah satu rekan Batman yang mati karena disiksa oleh Joker. Lalu ia kembali dihidupkan menggunakan kekuatan Lazarus Pit. Alhasil setelah dihidupkan, mental Jason menjadi terganggu. Ia tidak kembali menjadi Robin melainkan menjadi Red Hood. Red Hood dengan segala kemampuan dan pengetahuannya, mencegah kriminal di kota Gotham. Apabila Batman masih ada kode etik tidak membunuh, Red Hood justru tidak ragu untuk membunuh orang.

2. John Constantine

john constantine

Ahli sihir hitam dari DC Comics ini dikenal dengan nama John Constantine atau Hellblazer. Memiliki aksen Inggris yang khas, Constantine lebih bisa dibilang antihero daripada superhero. Dirinya membentuk grup yang disebut dengan Dark Justice League. Apabila Justice League bertugas menjaga dunia dari alien dan monster, Dark Justice League lebih menjaga dunia dari ancaman serangan yang bersifat gaib.

Constantine sendiri berposisi sebagai pemimpin dari Dark Justice League. Berbeda dengan superhero, Constantine sering memilih memecahkan masalah dengan masalah. Metodologinya dalam menyelesaikan masalah selalu saja menimbulkan masalah lain. Tapi hebatnya, ia selalu bisa mengakalinya. Intinya, dia akan melakukan apa saja untuk menang.

1. Catwoman

catwoman

Kadang baik, kadang jahat, begitulah sifat dari Selina Kyle. Menggunakan topeng khasnya menjadi Catwoman, Selina dikenal sebagai pencuri yang cerdik dan handal. Dia memang termasuk dalam daftar kriminal, tapi seringkali dirinya turut bekerja sama dengan Batman dalam memberantas penjahat yang ada di kota Gotham.

Pencuri yang memiliki kode etik, begitulah Selina dikenal. Dirinya selalu mencuri dari yang kaya dan memberikannya pada yang miskin. Mengingatkan pada sosok Robin Hood bukan? Meski sering membuat onar di kota Gotham, tapi dirinya tidak ingin kota Gotham hancur. Makanya apabila ada orang yang memiliki niat menghancurkan kota Gotham, maka pasti akan berhadapan dengan dirinya dan juga Batman.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas