home -> Lifestyle -> 10 Makanan Penyebab Sakit Perut
13 Agustus 2020 15:35

10 Makanan Penyebab Sakit Perut

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada June 30, 2020

Tidak ada orang yang mau mengalami sakit, apalagi sakit perut. Sakit perut membuat seseorang bisa rajin bolak-balik WC. Bete, kesal, capek, dan perut tidak enak. Yang namanya sakit pasti tidak muncul begitu saja, pasti ada penyebabnya. Untuk masalah pencernaan ini, biasanya faktor pemicunya adalah kitanya sendiri yang salah makan atau minum. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya tidak kita konsumsi agar perut tidak sakit dan juga memperparah rasa sakit di perut. Berikut daftar makanan dan minuman yang perlu kalian awasi.

10. Alkohol

alcohol

Berbicara soal minuman beralkohol, ada banyak yang suka, ada juga yang tidak. Kalian yang memang tidak suka minum minuman beralkohol atau setidaknya minum dalam batas yang wajar, kecil kemungkinan akan mengalami masalah di pencernaan. Berbeda kasus kalau kalian yang penggemar berat alkohol.

Minuman beralkohol bisa ke dalam pencernaan dengan sangat cepat. Hal ini bisa berdampak buruk dengan kalian akan merasakan yang namanya sakit perut, mual, dan diare. Ditambah dengan rendahnya nutrisi yang ada di dalam alkohol bisa memunculkan radang di dalam perut. Besar kemungkinan kia akan merasa tak nyaman dan kembung.

9. Minuman Soda

carbonated drinks

Sekarang ini sudah banyak minuman berkarbonasi atau soda yang dijual di pasaran. Minuman dari berbagai brand, dengan berbagai merk, rasa, dan bentuk yang menarik. Berbicara soal rasa, memang harus diakui bahwa minuman bersoda ini enak. Tapi sangat tinggi kalori, gula, dan tidak terlalu bagus apabila dikonsumsi terlalu sering.

Minuman berkarbonasi mengandung gas. Gas dalam minuman bersoda ini dapat menciptakan udara di dalam perut yang membuat perut menjadi penuh. Penuh karena gas, bukan karena airnya. Kalau perut sudah kembung karena gas, rasanya pasti tidak akan nyaman. Inilah alasannya kenapa minum minuman bersoda bisa cepat sekali kembung.

8. Tomat

tomatoes

Termasuk makanan sehat yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, siapa sangka bahwa tomat juga bisa mendatangkan masalah untuk pencernaan. Beberapa manfaat tomat seperti menjauhkan radikal bebas, menyehatkan jantung, mencegah kanker, sampai bahkan bisa mempercantik kulit juga bisa dengan tomat.

Tomat dan buah citrus sebenarnya tidak jauh berbeda. Dua jenis makanan ini merupakan makanan yang sangat tinggi asam. Apabila kalian mengkonsumsi secara berlebihan, maka asam dari tomat bisa memicu peningkatan asam lambung sekaligus mengurangi tekanan pada esophagela sphuncter. Hal ini akan memunculkan rasa panas dalam perut karena asam dari lambung menyentuh lapisan dalam esofagus.

7. Makanan Manis/Gula

gluten

Siapa sih orang yang tidak suka makan makanan manis. Makanan bisa menjadi manis karena ada gula. Kalau gulanya adalah gula alami seperti buah-buahan, tidak begitu masalah. Tapi kalau mengkonsumsi makanan manis yang gulanya adalah gula olahan, hal ini bisa mendatangkan masalah pada pencernaan.

Biasa makanan manis seperti kue dan biskuit yang dijual di mini market mengandung gula buatan. Dari hasil penelitian, gula bisa membuat perut menjadi sakit. Namun tidak perlu khawatir, masalah pencernaan yang datang karena mengkonsumsi gula adalah masalah yang umum terjadi. Biasanya setelah menghentikan konsumsi makan gula selama beberapa minggu, perut akan terasa lebih nyaman. Kemungkinan mengalami diare dan kram juga akan semakin kecil.

6. Kopi

coffee

Sebelum berasumsi ada masalah pencernaan serius, terlebih dahulu yang harus dilakukan adalah mengecek makanan atau minuman apa saja yang sudah kita konsumsi. Karena biasanya dari makanan atau minuman itulah kita jadi sakit perut. Seperti salah satunya adalah kopi. Minuman sejuta umat ini tidak ada yang menyadari bahwa bisa mendatangkan masalah untuk pencernaan.

Selain bisa membuat sulit tidur, mengkonsumsi kopi juga bisa membuat perut menjadi tidak enak dan sakit. Sama seperti alkohol, kopi dapat dengan sangat mudah masuk ke pencernaan. Kopi bisa memicu produksi asam lambung yang besar. Kalau kalian sebelumnya sudah makan, tidak masalah. Tapi kalau kalain minum kopi di saat kondisi perut sedang kosong, ini bisa membuat lambung menjadi luka karena meningkatnya jumlah asam lambung.

5. Makanan Berserat

fiber

Memang benar kita diajarkan untuk rajin mengkonsumsi makanan berserat agar pencernaan lancar. Hal ini sudah diajarkan sejak kecil oleh orang tua, guru, dan ahli kesehatan. Makanan berserat paling banyak ditemukan di sayuran. Sayuran seperti bayam, kangkung, brokoli, dan lain sebagainya. Namun makanan berserat juga bagaikan pedang bermata dua.

Bila dikonsumsi dengan benar, pencernaan akan lancar. Tapi apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa mendatangkan masalah untuk pencernaan. Perut bisa menjadi sakit dan kembung. Kebanyakan serat juga bisa membuat kemungkinan terjadinya kram saat olahraga jadi lebih besar. Untuk lebih amannya, konsultasikan ke ahli gizi untuk mengetahui seberapa besar porsi serat yang harus diletakkan di piring makan. 

4. Sayuran Mentah

raw veggies

Makanan berserat bukan satu-satunya hal yang bisa memicu masalah pencernaan. Masih berkatian dengan makanan berserat, sayuran yang masih mentah juga bisa menyebabkan masalah pencernaan. Seperti contohnya sayur yang biasa dijadikan lalapan. Sayuran mentah seperti itu bisa mendatangkan masalah.

Makanan berserat biasa saja, perut kita mengolahnya akan sedikit lebih sulit. Mengkonsumsi sayuran mentah akan membuat proses mencerna menjadi lebih lama dan sulit lagi. Pada ujungnya, proses buang air besar pun akan terasa lebih sakit. Jadi lebih baik untuk mengolah dulu sayuran sebelum dimakan. Bisa direbus, panggang, bakar, atau stir fry.

3. Buah Citrus

citrus fruits

Tahukah kalian bahwa buah jeruk itu banyak jenisnya. Sebut saja jeruk nipis, jeruk biasa, jeruk bali, dan masih banyak lagi jenis jeruk lainnya. Dan jenis-jenis jeruk itu termasuk dalam buah citrus. Jadi bisa dikatakan bahwa citrus ini seperti marga untuk buah-buahan tersebut. Manfaatnya ada banyak seperti mencegah kanker, penyakit jantung, mengurangi resiko ginjal, dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk menghadapi pandemi ini.

Tapi, buah citrus tidak bisa dikonsumsi oleh semua orang. Perlu kalian ketahui bahwa buah citrus mengandung banyak sekali asam. Asam ini apabila jumlahnya terlalu banyak di dalam perut, maka perut akan bermasalah. Jadi perlu dipertimbangkan untuk mengkonsumsi buah citrus mengenai jumlah dan waktunya.

2. Susu

milk

Bagi mereka yang punya masalah mengenai laktosa, pastinya tidak akan bisa mengkonsumsi susu dan produk makanan lain yang diolah dari susu. Maka dari itu, kalian perlu mengetahui kondisi tubuh kalian terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi susu dan produk olahan susu. Karena salah mengkonsumsi malah bisa membuat perut kalian bermasalah.

Mereka yang memiliki masalah laktosa di perutnya, bisa membuat perut menjadi sakit. Andaikan tidak sakit sekalipun, akan memunculkan perasaan tidak enak. Perut terasa seperti kembung, bukan kembung karena kebanyakan minum, tapi karena penumpukan gas di lambung. Untuk mengatasinya, bisa kalian mengalihkan susu dan produk olahan susu lainnya ke yogurt dan keju khusus yang bebas laktosa.

1. Makanan Pedas

spicy food

Bukan hal baru lagi bahwa makanan yang pedas sangat berpotensi besar membuat pencernaan bermasalah. Tapi bagi kita orang Indonesia, makan itu kurang nendang kalau tidak ada cabainya. Betul bukan? Cuma resikonya kita harus bersiap untuk merasakan sensasi tidak nyaman di perut setelah makan atau keesokan harinya.

Perut panas adalah efek paling umum yang terjadi setelah makan makanan pedas. Bagi yang perutnya sensitif, makan makanan pedas bisa membuat perut panas dan juga sakit. Alhasil harus sering-sering ke wc untuk buang air besar. Buang air besar pun terasa tidak enak karena pantat terasa panas. Apabila kalian ingin makan pedas, lebih baik konsumsi di pagi atau siang. Malam hari makanlah makanan yang aman agar istirahat bisa lebih nyenyak dan tenang.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas