home -> Berita -> Pemilihan Umum Presiden 2014
01 Oktober 2014 17:10

Pemilihan Umum Presiden 2014

Oleh raza dalam Berita pada July 28, 2013

Pada tahun 2014, akan menjadi saat dimana seluruh warga negara Indonesia melakukan pemilihan Presiden yang ke-tiga kalinya di Indonesia dimana jangka waktu jabatan presiden selama lima tahun.

Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden Indonesia saat ini secara konstitusional dilarang ikut untuk ketiga kalinya dalam Pemilu (Pemilihan Umum) dikarenakan masa jabatannya yang telah berlangsung selama 2 dekade kepemimpinan.

Pada tahun 2014 ini beberapa Nama calon dari berbagai partai politik besar sedang melakukan berbagai lobi atau pendekatan ke berbagai daerah untuk mendapatkan popularitas dan dukungan dari masyarakat. Partai Politik yang akan mengusung Calon Pilpres juga harus memiliki sekitar 20% dari Kursi yang ada di DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) tentu saja Koalisi dengan Parpol lain menjadi salah satu cara dalam memperoleh suara.

SISTEM PEMILU 2014

Indonesia akan menggunakan sebuah sistem baru yang berbasis elektronik dengan e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) yang telah disiapkan dan disosialisasikan pada tahun 2012 dimana perubahan KTP lama menjadi e-KTP.

Sistem e-Voting ini di harapkan dapat segera digunakan pada tahun 2014 dalam memudahkan masyarakat dalam melakukan voting dan mencegah berbagai praktik kecurangan.

BERIKUT DAFTAR NAMA CALON YANG TELAH MELAKUKAN DEKLARASI PILPRES

1. ABURIZAL BAKRIE

Merupakan orang terkaya No.1 se-Asia versi majalah Forbes pada tahun 2006, dan juga bertahan selama 6 tahun menjadi 40 orang Terkaya di Indonesia.

Aburizal Bakrie juga merupakan Ketua Umum Partai Golkar. Anda pasti pernah mendengar Bakrie dimana pada bulan mei 2006 salah satu unit usaha Grup Bakrie yaitu perusahaan pengeboran gas alam milik PT. Lapindo Brantas Inc. menyebabkan bencana lumpur lapindo seluas 400 hektar area dimana lumpur menutupi pemukiman, sekolah, jalan, pabrik dan sawah.

2. HARY TANOESOEDIBJO

Hary Tanoesoedibjo Merupakan pasangan Wiranto dalam pemilihan presiden 2014. Hary Tanoe dikenal sebagai seorang pengusaha Media sukses Indonesia yang bernaung di bawah grup perusahaan Global Mediacom dan Bahkti Investama.

Hanry Tanoe merupakan pemilik dari Stasiun televisi RCTI (PT. Rajawali Citra Televisi Indonesia) dan MNC (PT. Media Nusantara Citra Tbk.), Indovision, dll. 

Pada tahun 2011 di nobatkan sebagai peringkat 22 Terkaya di Indonesia.

3. HATTA RAJASA

Merupakan Ketua Umum DPP PAN (Partai Amanat Nasional) periode 2010-2015 menggantikan Soestrisno Bachir dan juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia sejak Oktober 2009.

Hatta Rajasa secara resmi di dukung menjadi Calon Presiden oleh Partai Amanat Nasional pada 11 Desember 2011 dalam Rapat Kerja Nasional PAN 2011.

Dimana sampai saat ini Hatta Rajasa masi belum mengeluarkan beberapa pernyataan mengenai Pemilu yang akan dilangsungkan pada tahun 2014.

4. PRABOWO SUBIANTO

Merupakan Mantan Danjen Kopassus, pengusaha dan Politisi dari GERINDRA (Gerakan Indonesia Raya).

Pada tahun 2009 Prabowo Subianto dicalonkan oleh partai Gerindra dalam pemilu presiden, namun karna perolehan suara Partai Gerindra Kurang dari 20 % maka Prabowo maju sebagai Calon Wakil Presiden dari Megawati Soekarnoputri.

Saat ini Prabowo sedang melakukan berbagai persiapan dalam pemilu presiden 2014.

5. SUTIYOSO

Merupakan Gubernur DKI Jakarta selama 2 periode yaitu pada 6 Oktober 1997 - 7 Oktober 2007, setelah itu masa jabatannya di gantikan oleh Fauzi Bowo yang merupakan wakilnya.

Semasa jabatannya sebagai Gubernur, Sutiyoso banyak mengundang kontroversi dengan berbagai kebijakannya. Diantaranya terdapat kritikan-kritikan oleh berbagai orang terhadap proyek Angkutan Umum Busway, proyek Pemagaran Taman di kawawsan Monas Jakarta Pusat dan sejumlah proyek lainnya.

Pada 2007 sutiyoso mengumumkan dirinya akan maju sebagai calon presiden pada pemilu presiden 2009.

6. WIRANTO

Merupakan Politikus dan Tokoh Militer Indonesia. Wiranto pernah menjabat sebagai panglima TNI periode 1998 - 1999.

Wiranto merupakan Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat pada periode 2006 - 2010, dan terpilih kembali dengan jabatan kedua yaitu 2010 - 2015.

Wiranto akan mengikut pilpres 2014 berpasangan dengan Hary Tanoe dimana kontroversi bermunculan dari dalam partai sendiri, bahkan media mengatakan akan mungkin terjadi perpecahan dalam partai politiknya.

BEBERAPA NAMA YANG DI JADIKAN CALON KANDIDAT

1. Farhat Abbas (Pengacara)

2. Jusuf Kalla (mantan Wakil Presiden)

3. Megawati Soekarnoputri (Mantan Presiden)

4. Joko Widodo (Gubernur DKI Jakarta)

5. Dahlan Iskan (Menteri Badan Usaha Milik Negara)

6. Rhoma Irama (Musisi Dangdut dan Aktor)

7. Surya Paloh (Ketua Umum Partai NasDem)

8. Mahfud MD (Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi)

9. Hidayat Nur Wahid (Calon Gubernur DKI Jakarta No Urut.4 pada 2012, Partai Keadilan Sejahtera)

SURVEY UNTUK KANDIDAT PEMILIHAN PRESIDEN

Soegeng Sarjadi School of Government mengeluarkan data survey pada tanggal 24 Juli 2013, dengan beberapa nama calon pemilihan presiden.

Berikut Survey dengan Elektabilitas dari calon-calon :

1. Joko Widodo (25.48 %)

2. Prabowo Subianto (10.52 %)

3. Jusuf Kalla (5.69 %)

4. Aburizal Bakrie (4.23 %)

5. Dahlan Iskan (4.14 %)

6. Mahfud MD (2.72 %)

7. Megawati Soekarnoputri (2.68 %)

8. Wiranto (1.18 %)

9. Hidayat Nur Wahid (1.02 %)

Jokowi berada selalu di no.1 dalam berbagai survey dari berbagai lembaga, dimana dapat dikatakan bahwa jika Jokowi maju sebagai calon presiden dalam pemilu 2014 dapat dinyatakan akan memenangkan pemilihan tersebut, namun tentu saja ada berbagai macam kontroversial diantaranya masa jabatan Gubernur DKI Jakarta yang hanya selama 1 tahun.

Siapakah Calon Kandidat Anda pada Pilpres 2014 ?. Akankah Joko Widodo memimpin Indonesia pada tahun 2014 ?

sumber : wikipedia

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh raza dalam Berita
  2. 2
    oleh raza dalam Berita
  3. 3
    oleh raza dalam Berita
  4. 4
    oleh raza dalam Berita
  5. 5
    oleh admin dalam Berita
  6. 6
    oleh admin dalam Berita
  7. 7
    oleh admin dalam Berita
  8. 8
    oleh admin dalam Berita
  9. 9
    oleh admin dalam Berita
  10. 10
    oleh admin dalam Berita
  1. 1
    oleh raza dalam Berita
  2. 2
    oleh admin dalam Berita
  3. 3
    oleh admin dalam Berita
  4. 4
    oleh admin dalam Berita
  5. 5
    oleh admin dalam Berita
  6. 6
    oleh admin dalam Berita
  7. 7
    oleh admin dalam Berita
  8. 8
    oleh raza dalam Berita
  9. 9
    oleh admin dalam Berita
  10. 10
    oleh raza dalam Berita
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas