home -> Lainnya -> 10 Kriminal Terkenal Di Dunia
19 September 2020 19:01

10 Kriminal Terkenal Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada June 26, 2020

Dunia itu kejam, siapapun yang ingin bertahan hidup harus melakukan berbagai cara untuk bisa memenuhi kebutuhan perutnya. Meski ada cara yang halal, tidak sedikit di antara mereka yang justru memilih cara yang haram dengan menjadi kriminal. Dari membunuh, merampok, mencuri, perdagangan manusia, narkoba, dan lain sebagainya dilakukan untuk bisa menjadi sukses dan kaya. Meski ada juga yang melakukan kejahatan untuk kesenangan, kriminal tetaplah kriminal. Ada 10 kriminal terkenal dunia yang mendengar namanya saja bisa membuat orang bergetar takut. Tidak ada yang berani macam-macam dengan mereka. Inilah 10 kriminal terkenal dunia.

10. Meyer Harris ‘Mickey’ Cohen

Meyer Harris

Aksi gangster sangat terkenal di Amerika sejak dulu. Di masa itu, orang tidak perlu menjadi artis untuk terkenal. Cukup menjadi anggota gangster, kalian akan terkenal, dihormati, dan ditakuti oleh semua orang. Salah satu contoh gangster yang terkenal di Amerika adalah Mickey Cohen. Dirinya terkenal di tahun 1930an akhir sampai 1940an.

King of Los Angeles, itulah julukan dari Cohen. Cohen masuk ke dalam dunia gangster dengan posisi awal sebagai tukang pukul. Latar belakangnya sebagai petinju sangat mendukung profesinya saat itu. Perlahan namun pasti, posisi Cohen di organisasi semakin naik hingga akhirnya berhasil menjadi pemimpin gang. Perbuatan kotor banyak dilakukan oleh Cohen. Ia bahkan sempat terlibat dalam kelompok Chicago Outfit yang dipimpin oleh Al Capone. Meski begitu, Cohen selalu lolos dari jerat hukum berat. Hukuman terberat yang pernah dijatuhi padanya hanyalah menghindari pajak.

9. John Dillinger

John Dillinger

Tidak ada perampok yang lebih terkenal daripada John Dillinger. Dillinger menjadi dalang dari sejumlah perampokan besar di Amerika. Alhasil, wajahnya tersebar dalam poster buruan polisi. Pengejaran Dillinger bahkan sampai melibatkan FBI karena dirinya sangat cerdik dalam melarikan diri dan sadis.

Selain menjadi perampok, Dillinger juga merupakan seorang pembunuh. Banyak orang nyawanya melayang di hadapan pistol miliknya. Meski begitu, media sangat mengagumi penampilan dan gayanya. Dirinya pernah 2 kali kabur dari penjara. Di saat dirinya keluar dari suatu bioskop, Dillinger sudah ditunggu oleh polisi dan FBI. Berusaha kabur dengan menggunakan senjata api miliknya, pihak kepolisian terpaksa menembak Dillinger. Ia pun tewas di tempat.

8. Harold Shipman

Harold shipman

Orang sakit yang pergi ke dokter berharap agar penyakitnya bisa sembuh. Tapi jika dokter yang ditemuinya adalah Harold Shipman, bukan hanya penyakitnya saja yang hilang, tapi nyawa juga hilang. Harold Shipman adalah seorang serial killer yang berprofesi sebagai dokter di Inggris. Tak ada yang mengira bahwa Shipman adalah seorang pembunuh mengingat dirinya adalah dokter dan merupakan seorang suami sekaligus ayah yang baik.

Total 250 kasus pembunuhan yang dicatatkan oleh Shipman selama dirinya hidup. Aksi pembunuhan pertama diperkirakan dimulai pada tahun 1972. Tahun 1988 kecurigaan sudah muncul karena angka kremasi atas nama Shipman sanagt banyak dan aneh. Sampai akhirnya seorang anak perempuan dari korban yang ia bunuh, melapor pada polisi. Setelah diselidiki dan disidang, Shipman terbukti bersalah. Dirinya dihukum penjara seumur hidup di tahun 2000. Di tahun 2004, Shipman bunuh diri di dalam selnya.

7. Ted Bundy

Ted Bundy

Salah satu kriminal yang mungkin tidak akan pernah dilupakan oleh orang Amerika adalah Ted Bundy. Ted Bundy adalah pembunuh berantai berdarah dingin dan juga orang yang memiliki ketertarikan terhadap mayat (necrophilia). Aksi kejatahannya terjadi di tahun 1970an dengan total korbannya mencapai 50.

Yang sangat menarik dari Bundy, selama persidangan ia bersikukuh tidak pernah melakukan segala macam kejahatan yang dituduhkan padanya. Padahal sudah secara jelas bukti dan korban mengarah padanya. Sikapnya tersebut hingga membuat publik bertanya-tanya apakah benar Bundy adalah penjahat. Sangat ahli dalam memanipulasi orang, begitulah kira-kira Bundy. Pernah melarikan dari penjara sebanyak 2 kali, Bundy kemudian dijatuhi hukuman mati pada tahun 1989.

6. John Wayne Gacy

john wayne gacy

Tujuan utama dari badut adalah untuk menghibur orang. Bisa itu anak kecil sampai dewasa diharapkan bisa terhibur oleh badut. Tapi bagaimana bila badut yang seharusnya menghibur malah membunuh orang? Itulah yang dilakukan oleh John Wayne Gacy. Dirinya mendandani dirinya sendiri menyerupai badut dan membunuh banyak orang di Amerika.

Pogo the Clown, itulah julukan yang diberikan publik untuk Gacy. Dirinya merupakan salah satu pembunuh berantai paling sadis yang ada di Amerika. Total ada 33 orang yang sudah ia bunuh dalam rentang waktu 1972 sampai 1978. Mayatnya dibawa dan disimpan di ruangan rahasia di rumahnya. Dengan dandanan seperti badut, Gacy dapat dengan mudah mendekati dan membunuh anak-anak. Ia pun dijatuhi hukuman mati di tahun 1994.

5. Ted Kaczynski

Ted Kaczynski

Saat sepasang suami istri menikah, tentu mereka ingin memiliki seorang anak yang nantinya diharapkan anak itu bisa tumbuh sehat dan  dewasa menjadi seseorang yang berguna. Setidaknya itulah yang diharapkan oleh orang tua Ted Kaczynski. Namun mimpi hanyalah mimpi, Ted malah tumbuh dewasa menjadi seorang teroris.

Di kelompok teroris ada dibagi beberapa spesialisasi. Karena Ted Kaczynski ini merupakan jenius di bidang matematika, dirinya menjadi spesialis pembuat bom. Pengalaman buruk masa kecil membuat Ted menjadi tidak memiliki empati terhadap orang lain. Antara tahun 1978 sampai 1995, pria dengan nama asli Theodore John Kaczynski ini memasang 16 bom buatan dirinya sendiri di beberapa kota di Amerika Serikat. Atas perbuatannya, ia ditahan di penjara ADX Florence seumur hidup tanpa adanya keputusan pembebasan bersyarat.

4. Pablo Escobar

Pablo Escobar

Nama Pablo Escobar begitu terkenal hingga orang awam pun tahu bahwa nama ini bukanlah nama penjahat biasa. Di negara kelahirannya yakni Kolombia, dirinya sudah seperti raja. Dialah pemimpin Kartel Medellin. Kartel Medellin ini adalah kartel yang memiliki spesialisasi dalam melakukan jual beli narkoba. Posisi Escobar sebagai bos dari Kartel Medellin.

King of Coke adalah julukan yang diberikan untuk Escobar. Gayanya yang khas seringkali menjadi inspirasi dari berbagai film dan serial televisi. Sebagai bos kartel, Escobar tidak pernah bercanda dalam melakukan bisnis. Siapapun yang menghalangi bisnisnya pasti akan dihabisi. Mau itu polisi bahkan anak kecil sekalipun tak akan ragu disikat. Berjaya di era 70 sampai 80an, Escobar menjadi pemasok 80% narkoba di Amerika.

3. Charles Manson

Charles Manson

Charles Milles Manson adalah salah satu kriminal terkenal sepanjang sejarah Amerika. Dirinya mendirikan sebuah sekte atau perkumpulan yang dinamakan Manson Family. Aktif di akhir tahun 1960an sampai 1970an, titak ada 50 orang yang masuk dalam sekte sesat ini. Apa yang dilakukan oleh para anggotanya? Mereka menggunakan narkoba, melakukan pembunuhan, dan menjalani gaya hidup yang mereka inginkan.

Bersama dengan anggotanya, Manson memulai kekacauan antar ras dengan membunuh beberapa orang terkenal di Hollywood, salah satunya adalah aktris Sharon Tate. Aksi gilanya dilakukan karena dirinya begitu tergila-gila dengan The Beatles. Dan ada lirik yang menurutnya menjadi penggambaran peras ras yang akan terjadi di masa mendatang. Meski dijatuhi hukuman mati, hukumannya lalu diubah menjadi seumur hidup karena adanya perubahan terhadap undang-undang hukuman mati di California. Manson pun dipenjara di California State Prison, Corcoran dan meninggal di tahun 2017.

2. James Marcello

james marcello

Di dunia permafiaan Amerika, ada sosok pria yang mendapat julukan Little Jimmy. Tidak bisa bermain-main dengan mafia satu ini karena ia beserta anggota gengnya tidak ragu untuk menyingkirkan dan membunuh siapapun yang menjadi penghalang jalannya. Little Jimmy ini tidak lain adalah James Marcello.

Ia sangat berjaya di tahun 1980an sampai 1990an. Yang awalnya hanya seorang bawahan, kemudian meroket menjadi bos mafia di Chicago. Selama perjalanannya menjadi bos mafia, ia membuat skenario kejahatan yang sangat bagus. Pemerasan, rentenir, hingga membunuh belasan anggota mafia dari lawannya. Dia beserta adiknya Michael 'Mickey' Marcelo menjadi inspirasi dari film Casino tahun 1995. Ia pun dikurung seumur hidup di tahun 2009.

1. Al Capone

Al Capone

Tidak mungkin membahas kriminal terkenal dunia apabila tidak menyebut nama Al Capone. Al Capone sangat terkenal sebagai penjahat kelas kakap yang bahkan kisah hidupnya dibuatkan menjadi film yang baru-baru ini tayang di Amerika berjudul Capone. Diperankan oleh aktor Hollywood, Tom Hardy.

Memiliki nama asli Alphonse Gabriel Capone, pemilik julukan Scarface ini dikenal sebagai salah satu gangster dan pebisnis paling berbahaya di era 1920an. Dirinya membangun kerajaannya sendiri di Chicago. Catatan kriminalnya meliputi penjualan minuman beralkohol secara ilegal, prostitusi, dan judi. Capone lah yang menjadi terduga tersangka dibalik aksi St Valentine's Day Massacre dimana banyak anggota geng dibantai secara keji dengan menggunakan machine gun. Diduga pembantaian ini disebabkan karena ada anggota geng yang membajak barang dari Al Capone.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas