home -> Lifestyle -> 10 Makanan Pereda Stres
19 September 2020 19:43

10 Makanan Pereda Stres

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada June 23, 2020

Di zaman sekarang yang sudah semakin sibuk, padat, dan semuanya harus dilakukan serba cepat bisa membuat seseorang menjadi stres. Yang dulu stres hanya dialami oleh mereka yang tua, bahkan sekarang anak-anak pun bisa mengalami stres. Apabila sudah demikian, sudah seharusnya apabila kita melakukan cara untuk mengurangi atau menghilangkan stres tersebut. Caranya dengan apa? Salah satunya adalah dengan makanan. Ada banyak makanan yang ternyata memiliki manfaat untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan stres. Apa saja makanan yang dimaksud? Berikut selengkapnya.

10. Telur

eggs

Telur termasuk dalam makan bergizi yang wajib masuk dalam menu makanan setiap hari. Baik itu putih dan juga kuning telur, memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Putih telur mengandung protein, sedangkan kuningnya mengandung lemak. Mengkonsumsi telur bisa membuat imun tubuh meningkat, mengurangi peradangan, dan menekan depresi.

Pakar nutrisi bernama Keri Gans, RD menjelaskan pada Health bahwa kandungan acetylcholine yang ada dalam telur bisa berfungsi sebagai neurotransmitter di otak dan meningkatkan mood. Kalau mood meningkat, maka secara otomatis level stres pun akan berkurang. Sayang, ada mitos yang mengatakan bahwa banyak makan telur bisa menyebabkan jerawat dan bisul. Itu adalah salah, apabila muncul jerawat, bisul, atau merah-merah di tubuh, itu dikarenakan kalian memiliki alergi pada protein. Kalian wajib konsultasi ke dokter untuk menyelesaikan masalah tersebut.

9. Susu

milk

Sedari kecil kita dianjurkan untuk rajin minum susu. Dengan rajin minum susu, kekebalan tubuh bisa bertambah, mempercepat pertumbuhan, dan juga menguatkan tulang. Satu lagi manfaat susu yang mungkin lupa disebutkan yakni susu dapat membantu untuk menghilangkan stres. Stres karena pekerjaan di kantor, tugas sekolah, atau pun masalah lain.

Dianjurkan untuk rajin minum susu hangat sebelum pergi tidur. Susu hangat bisa membantu tidur lebih nyenyak dan membantu menjernihkan pikiran. Dari penelitian yang pernah dilakukan di Desember 2012, kalsium dipercaya bisa membantu menurunkan tingkat stres. Ini bahkan sudah diterbitkan melalui jurnal Nutrition Research and Practice. Bagi yang memiliki masalah laktosa, mungkin bisa diatasi dengan mengkonsum produk olahan susu seperti coklat atau yogurt.

8. Teh

tea

Ternyata selain bagus untuk membuang racun dalam tubuh, ternyata teh herbal juga bagus untuk menghilangkan stres. Seorang ahli nutrisi yang merupakan pemilik dari Nutrition Works di Louisville ada mengungkapkan manfaat lain dari teh. Menurut sang ahli, Sandra Meyerowitz, MPH, RD, meminum secangkir teh bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang.

Teh herbal yang dianjurkan seperti lavender dan camomile yang telah terbukti ampuh untuk mengurangi rasa stres seseorang. Kafein yang terkandung dalam teh juga mampu memberikan manfaat positif bagi kesehatan otak. Kafein ini bisa memberikan perlindungan tambahan pada saraf otak ketika mengalami infeksi dari neurotoxin, menekan neuroinflamasi, dan meningkatkan kemampuan otak.

7. Alpukat

avocado

Orang yang ingin menurunkan berat badan wajib untuk memangkas makanan yang berlemak. Tapi tidak semua makanan berlemak itu buruk. Ada lemak baik dan ada juga lemak jahat. Lemak jahat biasanya dari makanan yang diolah dengan cara digoreng. Sedangkan lemak baik bisa diperoleh dari buah-buahan, salah satunya adalah alpukat.

Alpukat ini bukan cuma bagus sebagai menu diet, tapi juga bisa dimakan untuk menghilangkan stres. Pengaplikasian alpukat juga tergolong mudah karena bisa diolah atau dimasukan ke dalam menu apa saja. Mau dimakan langsung bisa, dipotong lalu disajikan sebagai salad, atau bahkan di jus juga bisa. Alpukat ini kaya akan lemak baik yakni lemak omega 3 yang berfungsi untuk menghilangkan stres, panik, meningkatkan konsentrasi, dan memperbaiki mood.

6. Oatmeal

oatmeal

Saat ini orang-orang sudah mulai paham betapa pentingnya untuk menjaga kesehatan. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Oatmeal menjadi salah makanan yang kini tengah populer karena simple, mudah disajikan, dan sangat sehat. Kalian tidak percaya kan kalau oatmeal bisa bisa menurunkan stres di pikiran?

Makanan mengandung karbohidrat memang bisa menurunkan stres. Tapi karbohidrat itu ada terbagi 2 yakni karbohidrat sederhana dan kompleks. Yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks karena karbonya tinggi namun gulanya rendah. Dan oatmeal ini termasuk dalam makanan karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini nantinya yang bisa memacu pertumbuhan serotonin yang bisa berfungsi sebagai anti depressant.

5. Olive Oil

olive oil

Memilih minyak yang tepat sangat penting untuk menentukan kesehatan tubuh. Olive oil ditengarai lebih bagus daripada minyak biasa karena memiliki kandungan bahan kimia dan radikal bebas yang lebih rendah. Minyak ini juga mengandung antioksidan yang tinggi, vitamin E, dan E. Sangat cocok digunakan untuk merebus ataupun menggoreng.

Memang kalau membahas soal harga, olive oil memiliki harga yang mahal. Namun apalah arti harga apabila kita bisa mendapatkan manfaat yang banyak. Selain rendah kolesterol, olive oil juga bisa membantu meningkatkan hormon serotomin yang bertanggung jawab menciptakan rasa bahagia. Perasaan bahagia ini yang nantinya akan menekan rasa stres yang dialami.

4. Ikan

salmon

Melawan stres tidak cuma dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan atau tidur-tiduran di kasur saja. Menghilangkan stres juga bisa dilakukan dengan makan, tentunya makan makanan yang tepat. Beruntung makanan yang dikonsumsi ternyata makanan yang memang memiliki nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya adalah daging ikan.

Memasukan daging ikan ke dalam piring makanan bisa menjadi salah satu opsi untuk mengurangi tingkat stres. Umumnya daging ikan mengandung lemak omega 3 yang tinggi. Lemak omega 3 inilah yang nantinya akan bekerja menurunkan tingkat stres kalian. Selain stres hilang, tubuh pun menjadi lebih sehat karenanya. Beberapa ikan yang cukup populer dikonsumsi seperti tuna, salmon, halibut, herring, mackerel, dan sarde

3. Kacang-Kacangan

nuts

Adalah hal yang wajar apabila mereka para penggila fitness rajin mengkonsumsi kacang-kacangan. Kacang-kacangan tinggi akan protein dan lemak sehat yang bisa membantu pertumbuhan otot. Tapi apakah makanan ini hanya bagus untuk yang gemar olahraga saja? Tentu tidak. Kalian yang sering mengalami stres juga boleh mengkonsumsi kacang-kacangan.

Kacang-kacangan sangat kaya akan nutrisi. Sebut saja vitamin B, lemak, magnesium, dan protein. Vitamin B dan magnesium pada kacang-kacanganberguna untuk diet dan mengurangi stres. Jadi, kacang-kacangan seperti almond, pistachio, almond, kacang tanah, bisa kalian masukan ke dalam menu makanan kalian untuk mengurangi stres. Hanya kalian perlu ingat untuk membatasi konsumsinya agar tidak melebihi kalori yang dianjurkan.

2. Sayuran Hijau

green leafty

Makanan berwarna hijau biasanya menjadi makanan yang dihindari atau bahkan dibenci. Contohnya adalah sayuran. Padahal kalau tanpa sayuran, kita bisa mengalami masalah pencernaan. Hal ini disebabkan karena serat yang terkandung dalam sayuran hijau adalah nutrisi penting yang bisa membuat perut kenyang lebih lama dan melancarkan BAB.

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, sayuran hijau seperti kangkung, bayam, kol, dan lain sebagainya, bagus untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan pikiran. Stres yang kalian alami bisa berkurang dengan makan sayuran. Folate yang ada dalam sayuran bisa mendorong tubuh untuk memproduksi dopamine yang bisa membuat pikiran jadi tenang.

1. Dark Chocolate

dark chocolate

Memang ada orang yang tidak suka terhadap coklat. Apalagi jika itu dark coklat dimana dark coklat memiliki rasa pahit yang tidak mengenakan. Tapi untuk saat ini, mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk mengkonsumsi dark coklat apabila sedang dilanda stres. Ini dikarenakan dark coklat ternyata ampuh untuk membuat orang menjadi lebih rileks.

Dark coklat bisa mengurangi stres dengan 2 cara yakni dari efek kimia dan emosional. Mengonsumsi coklat bisa memberikan perasaan senang. Jelas bahwa perasaan senang maka pikiran yang sedang kusut bisa dibuat menjadi lebih santai. Antioksidan dari coklat juga bisa membantu mengurangi hormon stres yang ada di dalam tubuh. Cukup makan 1,5 ounce per hari dalam 2 minggu, maka pikiran akan jauh lebih enak.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas