home -> Misteri -> 10 Hantu Menyeramkan Asal Indonesia Namun Tidak Te...
05 Desember 2020 05:54

10 Hantu Menyeramkan Asal Indonesia Namun Tidak Terkenal

Oleh serba_tahu dalam Misteri pada June 22, 2020

Nama-nama hantu seperti genderuwo, kuntilanak, tuyul, sundel bolong, adalah hantu-hantu seram asal Indonesia yang semua orang pasti sudah tahu ceritanya. Namun sebenarnya ada lebih banyak lagi hantu di Indonesia hanya saja namanya masih belum begitu terangkat atau terdengar. Kalau berbicara soal seram, hantu-hantu ini mungkin memang tidak terkenal, tapi keseramannya tidak kalah dengan kuntilanak, genderuwo, dan kawan-kawannya. Penasaran? Berikut adalah 10 nama hantu tak terkenal di Indonesia namun tetap menyeramkan.

10. Suanggi

Suanggi

Sebagai permulaan, inilah dia suanggi. Suanggi merupakan hantu yang hanya terkenal di daerah Papua dan Maluku saja. Berdasarkan cerita orang Papua, suanggi ini adalah sosok hantu yang sangat mengerikan, jelmaan dari penyihir atau dukun yang memiliki ilmu hitam sangat tinggi. Dukun ini biasa menggunakan ilmu hitam untuk membunuh musuh atau orang yang tak disukai.

Di Maluku, suanggi diceritakan memiliki sosok wanita cantik yang gemar mengincar pria hidup belang. Suanggi ini nantinya akan menyerang dan memakan alat vital si pria. Suanggi biasanya akan melancarkan aksinya pada malam hari. Ketika suanggi datang, ia akan muncul seperti bola api yang terbang di atas rumah korbannya.

9. Lampor

lampor

Sebenarnya Indonesia memiliki banyak sekali hantu lokal menyeramkan yang kalau diangkat ke dalam film maka akan sangat menarik. Beruntung sekali ada seorang sutradara Guntur Soeharjanto yang membuatkan film tentang hantu lampor pada tahun 2019. Judul filmnya adalah Lampor Keranda Terbang. Diperankan oleh sejumlah artis terkenal seperti Adinia Wirasti, Dion Wiyoko, Bimasena, Angelia Livie, dan lain sebagainya.

Lampor ini dipercaya memiliki rupa seperti prajurit. Jika hantu lain akan muncul secara individu, maka lampor ini akan muncul secara beramai-ramai seperti pasukan tentara. Kalau orang Jawa akan menyebutnya sebagai obor setan. Menurut kepercayaan orang Jawa, lampor ini adalah pasukan dari Nyai Roro Kidul. Bila di suatu daerah terjadi peristiwa maut secara beruntun, tandanya itu adalah kemunculan lampor.

8. Balum Bili

Balum Bili

Soal hantu, Aceh pun tak kelah seram hantunya dibandingkan dengan pulau lain. Di Aceh ada sebuah sungai yang dipercaya memiliki penunggu. Sungai tersebut adalah Sungai Arakundo dan hantu penunggu sungai tersebut disebut dengan balum bili. Bukan cuma hantu, Sungai Arakundo sendiri sudah menjadi bahan pembicaraan karena sungai ini pernah menjadi tempat pembuangan mayat tragedi Idi Cut pada tahun 1999.

Ditambah dengan keberadaan sosok hantu balum bili, orang-orang Aceh jadi semakin takut berada di dekat sungai tersebut. Menurut orang Aceh, balum bili adalah hantu yang gemar memangsa anak-anak. Jadi para orang tua melarang anaknya untuk bermain dekat Sungai Arakundo. Untuk menangkal atau menakuti balum bili bisa dengan menggunakan suara senapan api. Tanda kehadiran balum bili ditandai dengan hamparan tikar berwarna merah yang mengambang di air.

7. Banaspati

banaspati

Perlahan namun pasti, nama banaspasti mulai terdengar di telinga orang Indonesia. Alasan kenapa hantu banaspasti tidak begitu terkenal adalah karena hantu ini hanya hanya ada di daerah tertentu saja. Namun untuk di Jawa Tengah, biasanya warga sana tahu apa itu banaspati. Banaspasti adalah sosok hantu berbentuk bola dengan api yang menyala.

Sosok banaspati ini dipercayai bisa membakar dan menghisap darah manusia. Untuk bisa selamat dari serangan banaspati, orang harus lari secepat-cepatnya dan menceburkan diri ke sungai. Menurut cerita, banaspati ini adalah perwujudan manusia yang mempelajari ilmu hitam tingkat tinggi. Ketika meninggal, orang ini akan berubah menjadi banaspasti. Berbicara soal sifat, banaspati memiliki sifat negatif, jadi musti dihindari.

6. Begu Ganjang

Begu Ganjang

Masih dari daerah Sumatera Utara, jika tadi sudah diceritakan tentang hantu balum bili dari Aceh, Sumatera Selatan masih ada sosok lain yang tak kalah menakutkan yakni begu ganjang. Orang dari Tapanuli biasanya tahu mengenai hantu satu ini. Jika kalian tahu sosok slenderman, begu ganjang ini memiliki tinggi tubuh yang tinggi layaknya slenderman.

Nama begu ganjang sendiri apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia maka akan menjadi hantu panjang. Karena kepercayaan orang Tapanuli akan makhluk gaib masih sangat kental, apabila ada warganya yang meninggal secara misterius, maka yang akan disalahkan adalah begu ganjang ini. Padahal kalau dilogika, belum tentu orang meninggal karena perbuatan hantu.

5. Bayi Trek

Bayi trek

Masing-masing hantu memiliki cerita yang berbeda perihal bagaimana mereka bisa menjadi hantu. Seperti hantu berikut ini, hantu ini disebut dengan bayi trek karena asal-usulnya yang berasal dari bayi manusia hasil aborsi atau keguguran. Setelah bayi hasil aborsi dan keguguran meninggal, mereka akan berubah menjadi sosok hantu berwujud kepala bayi, bertubuh belalang.

Sosok setengah manusia setengah belalang jelas bukan sosok yang ingin dilihat oleh orang-orang. Ketika hantu bayi trek muncul, biasanya akan muncul suara seperti kayu pecah. Untuk mengusir bayi trek, biasanya warga sekitar akan menggunakan serbuk garam. Serbuk garam tersebut nantinya dilempar ke arah sumber suara aneh tersebut terdengar.

4. Oreng Pote

Oreng Pote

Di Jawa Timur ada sebuah pulau kecil  yang bernama Pulau Bawean. Pulau ini bisa kalian capai menggunakan kapal di kota Gresik. Pulau ini dikenal memiliki pemandangan pantai yang indah. Namun selain pemandangan indah, kalian juga bisa menjumpai pemandangan menyeramkan yakni hantu oreng pote.

Hantu oreng pote adalah sosok makhluk halus yang sangat terkenal dan ditakuti oleh orang Bawean. Wujud oreng pote adalah hantu dengan kulit yang seputih mayat dan menyerupai manusia. Hantu ini sangat dihindari oleh orang Bawean karena katanya bisa mendatangkan kesialan atau bencana. Tidak hanya orang yang melihatnya akan tertimpa musibah, tapi orang sekitarnya juga.

3. Jerangkong

Jerangkong

Nama hantu atau setan berikutnya sangat mirip dengan jelangkung. Namanya adalah jerangkong, mudah-mudahan kalian tidak ada yang salah baca atau salah mendengar. Kalau jelangkung adalah permainan mistis memanggil hantu yang dilakukan untuk berkomunikasi dengan hantu, kalau jerangkong ini adalah hantu yang memiliki wujud seperti tengkorak berjalan.

Setan ini konon katanya berasal dari Jawa. Jerangkong memiliki arti tulang manusia. Jerangkong biasanya muncul di lingkungan yang sepi sekitar kandang ayam. Kenapa kandang ayam, itu karena jerangkong sangat suka dengan telur ayam. Tanda-tanda kehadiran jerangkong ditandai dengan suara gemeletuk tulang. Ketika jerangkong keluar, akan muncul asap dari dalam kuburan.

2. Gundul Pringis

Gundul Pringis

Yang namanya setan pasti memiliki wujud mengerikan walaupun bentuknya menyerupai manusia. Kali ini ada satu sosok setan yang sangat mengerikan dimana wujudnya hanya berupa kepala saja. Setan tersebut dikenal dengan sebutan gundul pringis atau ndhas nggluntung. Hantu ini sangat terkenal di daerah kota Pemalang.

Menurut cerita, hantu ndas nggluntung atau gundul pringin sering mewujudkan diri hanya kepala saja tanpa badan. Kepala ini lalu menggelinding jalanan yang menurun dan sepi sembari tertawa kecil. Saat hantu ini muncul, orang akan mendengar suara benda keras yang terjatuh. Apabila kalian mendengar suara tersebut di malam hari di jalanan yang sepi dan menurun, lebih baik kalian tidak perlu mengeceknya. Siapa tahu itu adalah hantu ndas nggluntung.

1. Antu Banyu

Antu Banyu

Pernahkah kalian mendengar hantu yang namanya antu banyu? Dibandingkan dengan sosok mengerikan seperti kuntilanak, tuyul, wewe gombel, dan kawan-kawannya, antu banyu merupakan nama yang masih asing di telinga. Namun apabila kalian pergi ke Sumatera Selatan, hantu ini sangat terkenal di daerah sana.

Orang-orang Sumatera Selatan mengenal antu banyu sebagai hantu yang mendiami Sungai Musi dan Muara Dua. Tak ada yang tahu seperti apa sosok hantu ini sebenarnya. Tapi kalau ada kapal yang melewati sungai, maka kapal tersebut akan tenggelam. Orang yang menaiki kapal tersebut akan dibunuh dan dimakan oleh antu banyu. Apabila mayatnya ditemukan, maka akan terlihat lubang di bagian ubun-ubun dan punggungnya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Misteri
  2. 2
    oleh admin dalam Misteri
  3. 3
    oleh admin dalam Misteri
  4. 4
    oleh admin dalam Misteri
  5. 5
    oleh admin dalam Misteri
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Misteri
  7. 7
    oleh raza dalam Misteri
  8. 8
    oleh admin dalam Misteri
  9. 9
    oleh admin dalam Misteri
  10. 10
    oleh admin dalam Misteri
  1. 1
    oleh admin dalam Misteri
  2. 2
    oleh admin dalam Misteri
  3. 3
    oleh admin dalam Misteri
  4. 4
    oleh admin dalam Misteri
  5. 5
    oleh admin dalam Misteri
  6. 6
    oleh admin dalam Misteri
  7. 7
    oleh admin dalam Misteri
  8. 8
    oleh admin dalam Misteri
  9. 9
    oleh admin dalam Misteri
  10. 10
    oleh admin dalam Misteri
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas