home -> Lainnya -> 10 Cerita Rakyat Asal Indonesia
01 Oktober 2020 11:22

10 Cerita Rakyat Asal Indonesia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada June 19, 2020

Negeri kita ini Indonesia, memiliki banyak cerita rakyat yang sangat menarik dan terkenal. Masing-masing pulau, daerah, memiliki cerita  yang unik. Cerita rakyat ini diceritakan turun menurun dari kakek sampai ke anak cucu. Tentu bukan sembarang cerita yang dikisakan oleh para orang tua kita. Ada pesan moral yang bisa kita ambil dari cerita tersebut. Untuk mengingat serta belajar kembali, berikut ini adalah 10 cerita rakyat asal Indonesia yang terkenal.

10. Cindelaras

cindelaras

Kisah rakyat Cinderalas bermula dari seorang raja yang bernama Raden Putra. Raden Putra memiliki ratu dan seorang selir. Selirnya ini sangat iri dan jahat. Ia menyusun rencana untuk bisa mengusir ratu. Rencananya adalah berbohong dengan mengatakan bahwa dirinya sakit karena ulah ratu. Raden Putra yang marah, menyuruh penjaga untuk mengusir ratu ke dalam hutan. Padahal kondisi ratu saat itu tengah mengandung.

Di dalam hutan, sang ratu kemudian melahirkan seorang anak laki-laki yang nantinya tumbuh menjadi pria dewasa yang tampan dan baik, diberi nama Cinderalas. Cinderalas memiliki seekor ayam yang sangat kuat dan dapat berbicara. Ayam tersebut menceritakan kejadian sebenarnya pada Cinderalas. Cinderalas kemudian kembali ke kerajaan sembari membawa ayamnya tersebut. Di hadapan Raden Putra, Cinderalas dan Raden Putra melakukan taruhan. Apabila ayam Cinderalas menang, maka ia akan mendapatkan sebagian tahta kerajaan. Jika kalah, maka Cinderalas akan dipenggal. Hasilnya, Cinderalas menang dan ia pun menceritakan kejadian sebenarnya pada Raden Putra.

Raden Putra yang tahu kejadian sebenarnya, pergi ke hutan menjemput sang ratu dan membawa sang ratu beserta anaknya tinggal lagi di istana. Sedangkan selir jahat diberi hukuman.

9. Bawang Merah dan Bawang Putih

bawang merah dan bawang putih

Siapa pula yang tak tahu dengan cerita bawang merah dan bawang putih. Cerita ini sungguh populer sehingga pernah diangkat menjadi sinetron dan ditayangkan di salah satu channel televisi swasta. Kisahnya sangat simpel dimana ada satu keluarga terdiri dari ayah, ibu tiri, saudara tiri bernama bawang merah, dan saudara yang tertindas yakni bawang putih.

Si ibu tiri dan bawang merah setiap harinya selalu menyiksa dan memperlakukan bawang putih dengan tidak adil. Sebaliknya, bawang putih yang baik hati selalu sabar mendapatkan perlakukan tersebut. Di ujung cerita, kondisi berbalik dimana ibu dan saudara tiri dari bawang putih sadar akan perlakuan jahat mereka dan meminta maaf pada bawang putih. Bawang putih yang baik hati kemudian memaafkan mereka. Dari cerita ini kita bisa belajar bahwa kebaikan tidak akan pernah kalah dari kejahatan dan selalu memaafkan orang yang selalu bersalah pada kita.

8. Lutung Kasarung

lutung kasarung

Cerita rakyat Indonesia sangat kental dengan pertarungan antara kebaikan dan kejahatan. Dimana kebaikan selalu bisa mengalahkan kejahatan. Dan gambaran kebaikan yang menang atas kejahatan digambarkan melalui kisah Lutung Kasarung. Lutung Kasarung sebenarnya adalah seekor kera hasil jelmaan seorang pengeran dari khayangan yakni Pangeran Guruminda. Pangeran Guruminda berubah menjadi seekor kera dan turun ke Bumi untuk mencari pasangan.

Sampai akhirnya Lutung Kasarung bertemu dengan Purbasari yang merupakan salah satu putri raja Prabu Tapa Agung. Purbasari diasingkan dari kerajaannya ke dalam hutan karena saudarinya yakni Purbararang sangat iri padanya. Kutukan buruk yang diberikan oleh Purbararang ke Purbasari luntur oleh Lutung Kasarung. Lutung Kasarung dan Purbasari kembali ke kerajaan dan membongkar kejahatan Purbararang. Serangkaian kompetisi diberikan Purbararang agar tahta kerajaan tetap berada di tangannya. Sampai tiba di kompetisi dimana Purbasari baru akan menang apabila ia memiliki tunangan yang lebih tampan dari tunangan Purbararang. Di saat itulah Lutung Kasarung berubah ke wujud aslinya dan mengalahkan ketampanan Indrajaya. Purbararang pun kalah dan tahta kerajaan kembali ke Purbasari.

7. Keong Mas

keong mas

Cerita rakyat menarik datang dari Jawa Timur yakni Keong Mas. Ada 2 orang putri raja yang sangat cantik yaitu Candra Kirana dan Dewi Galuh. Seorang pangeran yang berkunjung, jatuh cinta pada Candra Kirana. Dewi Galuh yang cemburu kemudian meminta bantuan pada penyihir jahat untuk mengutuk Candra Kirana menjadi keong berwarna emas. Dewi Galuh kemudian membuang Keong Mas ke sungai.

Hingga suatu hari, Keong Mas ditolong oleh seorang nenek baik hati. Demi membalas budi, Keong Mas tersebut memberikan makanan setiap harinya untuk si nenek. Sang Pangeran yang ingin mencari keberadaan Candra Kirana, akhirnya berhasil bertemu dengannya di rumah si nenek. Perjumpaan Pangeran dengan Candra Kirana berhasil mematahkan sihir si penyihir jahat. Sang Pangeran membawa Candra Kirana dan nenek ke istana dan hidup bahagia selamanya. Sedangkan Dewi Galuh melarikan diri ke hutan karena takut dihukum.

6. Sangkuriang

sangkuriang

Masyarakat Sunda sangat terkenal dengan cerita Tangkuban Perahu atau Sangkuriang. Cerita bermula dari seorang pemuda yang bernama Sangkuriang. Dirinya tinggal bersama dengan sang ibu yang bernama Dayang Sumbi. Sangkuriang melakukan kesalahan dimana dirinya membunuh anjing yang merupakan ayahnya sendiri. Sangkuriang sebenarnya tidak tahu bahwa anjing yang selalu menemani dirinya adalah ayahnya sendiri. Dayang Sumbi yang murka kemudian memukul dan mengusir Sangkuriang.

Waktu lama berlalu, Sangkuriang kembali ke rumahnya namun tidak mengenali sang ibu dan jatuh cinta padanya. Dayang Sumbi yang sadar bahwa itu adalah anaknya sendiri, tidak mau menikah dengan Sangkuriang. Supaya tidak terlihat menolak, Dayang Sumbi meminta syarat pada Sangkuriang untuk dibuatkan sebuah perahu besar dalam satu malam. Sangkuriang sebenarnya hampir berhasil menyelesaikan perahu tersebut. Karena kesal, Sangkuriang kemudian menendang perahu tersebut hingga terbalik. Konon perahu terbalik tersebut kini berubah menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

5. Timun Mas

timun mas

Pulau Jawa sangat menarik karena kaya akan kebudayaan dan cerita rakyat. Salah satu cerita rakyat yang terkenal dari Pulau Jawa adalah Timun Mas. Apa kalian pernah menderngar cerita tentang Timun Mas? Timun Mas menceritakan kisah seorang wanita tua yang ingin sekali memiliki anak. Ibu tua tersebut bertemu dengan seorang raksasa dan diberikanlah sebuah timun besar oleh sang raksasa. Katanya, dari timun tersebut akan menghasilkan anak. Namun ketika anak tersebut dewasa, raksasa tersebut akan datang kembali dan meminta anak tersebut.

Memang benar bahwa dari dalam timun tersebut muncul seorang anak yang kemudian diberi nama Timun Mas. Waktu terus berjalan, Timun Mas tumbuh dewasa menjadi wanita yang menarik. Dan tiba saat dimana raksasa akan mengambil Timun Mas untuk dimakan. Ingin mempertahankan sang anak, sang ibu berusaha mencari cara untuk bisa menyelamatkan anaknya dengan bertemu seorang pertapa. Pertapa tersebut memberikan 4 buah timun kepada Timun Mas yang bisa digunakan untuk mengalahkan raksasa. Raksasa tersebut pun berhasil dikalahkan. Inti dari cerita ini adalah kita diajarkan untuk tidak pernah menyerah dan terus bekerja keras. Biar bagaimanapun, orang jahat pasti akan kalah.

4. Si Kancil

si kancil

Sebenarnya cerita tentang hewan Si Kancil ada banyak sekali. Masing-masing cerita memiliki sisi positif berbeda yang bisa dipelajari. Makanya banyak orang tua yang menggunakan kisah Si Kancil untuk mengajarkan anaknya tentang nilai positif dari kehidupan. Satu hal yang pasti dari Si Kancil adalah, hewan satu ini terkenal dengan akal cerdik dan kenakalannya.

Di satu kisah pernah diceritakan bahwa si kancil yang cerdas namun nakal bisa kena batunya. Kisah dimulai dari si kancil yang senang mencuri ketimun dari petani. Si petani yang kesal karena ulah kancil, kemudian memasang perangkap. Perangkap buatan petani tersebut berhasil menjerat si kancil. Kisah ini pun pernah dibuatkan menjadi lagu berjudul Si Kancil ciptaan Ibu Soed.

3. Asal Usul Danau Toba

asal usul danau toba

Dari Sumatera Utara, terdapat cerita rakyat mengenai Danau Toba. Cerita tersebut berjudul Asal Usul Danau Toba. Cerita dimulai dari seorang petani yang berniat memancing ikan untuk dijadikan makanan. Ia pun pergi ke sungai untuk memancing. Petani tersebut berhasil menangkap seekor ikan. Namun ikan yang ditangkap bukanlah ikan biasa. Ikan tersebut ternyata adalah seorang putri cantik yang dikutuk. Karena petani tersebut membebaskan ikan tersebut, ia pun menikah dengan sang putri dengan syarat tidak boleh menceritakan identitas si putri.

Dari hasil pernikahan tersebut lahirlah seorang anak laki-laki. Anak laki-laki tersebut tumbuh dewasa menjadi pria yang sangat kuat dan tampan. Sang putri memerintahkan anaknya tersebut untuk mengantarkan makanan ke ayahnya. Tapi karena sangat lapar, makanan tersebut dihabiskan oleh anaknya. Sang ayah yang marah kemudian memaki sang anak sampai mengucapkan kata yang tidak boleh diucapkan. Sadar telah melanggar janjinya, sang istri dan anaknya tersebut menghilang. Dari tempat ia menghentakkan kaki, meluaplah air yang sangat tinggi dan luas sehingga membentuk sebuah danau. Danau tersebut akhirnya diberi nama Danau Toba.

2. Roro Jonggrang

Roro Jonggrang

Tahukah kalian bahwa ada cerita rakyat yang panjang dan menarik dari Candi Prambanan yang ada di Yogyakarta? Cerita tersebut adalah cerita dari Roro Jonggrang. Alkihsa ada seorang wanita cantik bernama Roro Jonggrang. Kecantikan luar biasa dari Roro Jonggrang sampai membuat banyak pria jatuh hati padanya, termasuk Raden Bandung Bondowoso.

Karena Roro Jonggrang tidak suka pada Raden Bandung Bondowoso, Roro Jonggorong meminta syarat yang sangat sulit. Syarat tersebut adalah agar Raden Bandung Bondowoso menciptakan 1000 candi dalam waktu semalam. Raden Bandung Bondowoso dibantu oleh makhluk gaib, berhasil menyelesaikan 999 candi. Roro Jonggrang yang sadar bahwa Raden Bandung Bondowoso hampir berhasil, menyuruh rakyatnya untuk menciptakan suanasa layaknya di pagi hari agar para makhluk gaib yang membantu Raden Bandung Bondowoso pergi dan gagal. Marah karena hampir berhasil menyelesaikan 1000 candi, Raden Bandung Bondowoso kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi ke 1000.

1. Malin Kundang

malin kundang

Pernahkah kalian mendengar kisah batu menangis dari Sumatera Barat? Batu menangis tersebut konon adalah anak manusia yang dikutuk menjadi batu oleh ibunya sendiri. Kisah tersebut dikenal dengan judul Malin Kundang. Malin Kundang dikutuk karena dirinya telah durhaka dengan tidak mengakui ibunya sendiri.

Kisah dimulai dari Malin Kundang yang hidup bersama dengan ibunya. Kesal dengan hidupnya yang miskin, Malin Kundang memutuskan untuk pergi merantau. Sukses di tempat baru, Malin Kundang kembali ke kampung halamannya. Sempat bertemu dengan ibunya, Malin Kundang malu mengakui ibunya yang miskin. Ibunya kemudian langsung mengutuk Malin Kundang menjadi batu.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas