home -> Entertainment -> 10 Anime Dan Pelajaran Positif Yang Bisa Kita Pela...
13 Juli 2020 19:31

10 Anime Dan Pelajaran Positif Yang Bisa Kita Pelajari

Oleh serba_tahu dalam Entertainment pada June 15, 2020

Kalian yang pecinta anime dan manga Jepang pasti pernah bertemu dengan orang yang meremehkan kalian. Di mata mereka, orang yang suka nonton anime dan baca manga itu orang bodoh dan tidak berguna. Buat apa nonton anime atau kartun, itu sama saja seperti anak kecil. Kalau kalian pernah bertemu dengan orang seperti itu, kalian tidak perlu marah atau down karena sebenarnya tidak ada salahnya dengan hobi menonton anime. Justru dari menonton anime kita bisa mendapatkan banyak pelajaran hidup. Anime populer seperti Doraemon, Naruto, Dragon Ball, dan lain sebagainya itu, memiliki pesan moral yang sangat bagus. Pada kesempatan kali ini, TahuPedia akan membahas sejumlah anime populer beserta pelajaran hidup berharga yang bisa kita pelajari.

10. My Hero Academia

my hero academia

Superhero bukan hanya milik DC Comics dan Marvel saja, bahkan di Asia terutama Jepang juga ada cerita tentang superhero yakni Boku no Hero Academia atau My Hero Academia. Berawal dari sebuah cerita manga hasil kreasi Kohei Horikoshi, My Hero Academia memiliki plot cerita tentang Izuku Midoriya yang tidak memiliki kekuatan super apa-apa tapi ingin menjadi superhero. Animenya kini tengah memasuki Season 2.

Dari anime My Hero Academia, kita banyak mendapatkan pelajaran. Pelajaran tersebut didapat dari masing-masing karakter yang ada dalam anime tersebut. Beberapa yang penting adalah untuk tidak pernah menyerah. Kita diajari bahwa orang yang tidak memiliki talenta, apabila terus berlatih maka bisa mengalah mereka yang memiliki kemampuan.

9. K-On

k-on

Jangan pernah meremehkan film anime atau kartun seperti apapun grafik dan ceritanya. Karena setiap anime pastinya memiliki nilai penting yang bisa kita ambil. Tentu apabila kita cukup cerdas untuk mencerna jalan ceritanya. Bahkan dari anime seperti K-On! yang terlihat seperti anime biasa dengan grafik yang imut.

Dibuat oleh Kakifly, K-On! merupakan anime dan manga yang sangat populer di Jepang. Menceritakan kehidupan anak sekolah yang bergabung dengan sebuah klub musik. Klub musik ini sayangnya hampir dibubarkan. Lalu nilai apa yang didapat dari K-On! ini? Kita bisa belajar bahwa hidup itu harus dibawa senang, jangan menyia-nyiakan kesempatan. Kalau waktunya bermain ya bermain, kalau bekerja ya bekerja.

8. Akame Ga Kill

Akame Ga Kill

Kebanyakan anime itu dibuat berdasarkan manganya, begitu pula dengan Akame Ga Kill. Akame Ga Kill pertama kali muncul di manga buatan Takahiro dan Tetsuya Tashiro. Barulah diserialkan di Square Enix's Gangan Joker. Kalian pasti sudah tidak asing dengan Square Enix bukan? Ceritanya tentang seorang anak muda yang melakukan perjalanan untuk mendapatkan uang namun malah bergabung dengan sebuah grup yang tengah memerangi korupsi.

Apabila kalian yang sudah pernah menonton Akame Ga Kill pasti sedikit banyak mengerti bahwa anime ini mengajarkan beberapa pelajaran hidup. Pelajaran hidup seperti hidup tidaklah selalu adil bagi kita. Ada orang yang hidupnya bahagia, ada pula yang tidak. Dan uang bukanlah akar dari kejahatan, melainkan orangnya sendiri yang jahat.

7. Doraemon

doraemon

Doraemon adalah anime sejuta umat yang tidak mungkin ada orang yang tidak pernah menonton atau bahkan tidak tahu sama sekali tentang anime satu ini. Cerita Doraemon diciptakan oleh Fujiko Fujio. Baik dari manga dan animenya, keduanya meraih sukses. Kisahnya tentang robot kucing dari masa depan yang datang ke masa lalu, mengunjungi seorang anak laki-laki bernama Nobita.

Doraemon ini selalu menolong Nobita di saat genting dengan peralatan canggih yang ada di kantong ajaib. Dari sini kita bisa belajar bahwa di kehidupan asli tidak ada yang namanya kantong ajaib. Kita harus berjuang keras untuk mendapatkan suatu hal yang diinginkan. Dan dari Doraemon pula kita bisa belajar tentang pentingnya persahabatan.

6. Dragon Ball

dragon ball

Sama seperti Doraemon, Dragon Ball ini juga anime sejuta umat. Semua orang pasti tahu tentang Dragon Ball. Dragon Ball sendiri memiliki cerita yang sangat panjang. Bahkan dari TK sampai kuliah pun, anime ini masih berlanjut ceritanya. Patut diberi acungan jempol si pembuat cerita Dragon Ball yakni Akira Toriyama.

Beberapa hal yang bisa kita jadikan pelajaran dari Dragon Ball ini adalah kerja keras tidak akan pernah mengecewakan. Kita tahu bahwa Son Goku si karakter utama Dragon Ball ini tidak begitu kuat. Namun untuk bisa mengalahkan setiap lawan-lawannya, ia sampai berlatih keras. Dan lagi, jangan pernah meremehkan lawan dan menganggapnya sebagai musuh. Siapa tahu dari yang semula musuh, bisa berubah menjadi teman yang bisa membantu kita untuk semakin berkembang.

5. Assassination Classroom

assassination classroom

Diciptakan oleh Yusei Matsui, Assassination Classroom kini telah menjadi anime yang sangat populer. Berawal dari manga yang diterbitkan di Shueisha's Weekly Shonen Jump, lalu diangkat ke anime, lalu dibuatkan ke live action. Ceritanya tentang satu makhluk gurita yang sangat kuat dan bekerja sebagai guru sekolah. Para murid di sekolah berusaha untuk membunuh makhluk ini untuk mencegahnya menguasai Bumi.

Dari cerita Assassination Classroom, kita bisa belajar banyak tentang kehidupan. Meski Koro Sensei ini sangat kuat, para murid tidak pernah berhenti berjuang untuk menghabisinya. Semua hal dilakukan untuk menjaga kehidupan di Bumi. Disini, kreativitas para murid diuji dan seberapa tinggi semangat mereka untuk mengalahkan Koro Sensei.

4. Attack on Titans

attack on titans

Kemunculan Attack on Titan langsung mencuri perhatian dari penggila anime dan juga orang biasa. Jalan ceritanya yang terkesan simpel, ternyata ada banyak plot twist yang bisa membuat orang yang mengikuti anime ini terkejut bukan main. Di Jepang, anime ini dikenal dengan judul Shingeki no Kyojin. Ceritanya adalah perjuangan manusia yang bertahan diri dari serangan raksasa.

Kalau ditanya tentang sisi positif dari Shingeki no Kyojin, anime ciptaan Hajime Isyama ini mengajarkan orang untuk selalu bekerja keras dan menghargai persahabatan. Tidak lupa untuk tinggalkan masa lalu yang buruk tapi jangan pernah lupakan. Karena masa lalu buruk bisa menjadi pelajaran berikutnya untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

3. Hunter x Hunter

hunter x hunter

Pertama kali anime Hunter x Hunter tayang itu pada tahun 1999. Sempat stop di sekitar tahun 2009, pada tahun 2011 dibuat lagi dengan grafik yang lebih namun dengan jalan cerita yang sama dengan versi sebelumnya. Kalau manganya sendiri diciptakan oleh Yoshihiro Togashi dan dirilis di Weekly Shonen Jump pada tahun 1998.

Cerita petualangan dan persahabatan sangat terasa di anime Hunter x Hunter. Dari karakter utamanya sendiri yakni Gon, dirinya tidak pernah berhenti untuk menjadi seorang hunter dan mengejar sang ayah yakni Ging Freecss. Tidak pernah sendiri, Gon selalu ditemani dengan 3 orang temannya yakni Kurapica, Killua, dan Leorio. Mereka berempat meski memiliki tujuan hidup yang berbeda, selalu menyempatkan diri untuk menolong temannya dikala kesulitan.

2. One Piece

one piece

Selain Akira Toriyama, kita sepertinya juga harus mengacungkan jempol pada pencipta One Piece yakni Eiichiro Oda. Entah apa yang mengisi kepalanya, Eiichiro Oda tidak pernah kehabisan ide cerita dalam mengembangkan cerita One Piece. Bahkan ia selalu memunculkan karakter baru yang menarik dengan latar belakang yang tak kalah seru dengan karakter utamnya.

Pertama kali animenya tayang adalah di tahun 2000 dan sekarang masih ongoing. Sangat mudah untuk menebak makna dari perjalanan Luffy beserta kawan-kawannya. Mereka mengajarkan untuk selalu mengejar mimpimu  dan tida pernah menyerah. Serta jangan pernah melupakan teman karena teman dan keluarga adalah hal yang penting.

1. Naruto

naruto

Secara resmi sebenarnya cerita Naruto sudah berhenti sampai di Naruto berhasil membuat Sasuke kembali menjadi baik dan mengalahkan Kaguya Otsutsuki. Setelahnya berlanjut ke Boruto. cerita tentang Naruto menjadi hokage dan anaknya Naruto yang bernama Boruto. Fokus cerita Boruto lebih ke perjalanan Boruto sendiri ketimbang Naruto.

Untuk Narutonya sendiri, anime ciptaan Masashi Kishimoto ini memiliki banyak nilai bagus yang bisa kita terapkan dalam hidup. Naruto memiliki kehidupan yang sangat menyedihkan namun tetap bisa berjalan maju, menaklukan setiap rintangan hidup. Itulah yang harus kita terapkan dalam hidup ini. Sekeras apapun hidup, kita tetap harus maju berjuang. Dan kerja keras tidak akan pernah mengecewakan hasil.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh raza dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  1. 1
    oleh raza dalam Entertainment
  2. 2
    oleh raza dalam Entertainment
  3. 3
    oleh admin dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh admin dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh admin dalam Entertainment
  8. 8
    oleh admin dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh raza dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas