home -> Teknologi -> 10 Kode Rahasia Yang Ada Di Smartphone Android
13 Juli 2020 18:12

10 Kode Rahasia Yang Ada Di Smartphone Android

Oleh serba_tahu dalam Teknologi pada June 12, 2020

Salah satu keuntungan menggunakan smartphone Android ketimbang iOS adalah kita sebagai user diberikan kebebasan untuk melakukan hal yang kita mau dengan smartphone kita. Kita mau melakukan root, mengubah bagian dalam aplikasi, menaikan atau menurunkan performa handphone, dan masih banyak hal lain yang bisa dilakukan di Android daripada iOS. Dan tahukah kalian bahwa di dalam Android terdapat banyak sekali kode rahasia yang dimana masing-masing kode tersebut memiliki fungsi berbeda yang ternyata berguna bagi kita. Inilah dia sejumlah kode rahasia dan berguna yang ada di dalam smartphone Android.

10. Factory Reset - *#*#7780#*#*

Factory Reset

Pernahkah kalian mengalami smartphone kalian bekerjanya sudah semakin lambat? Biasanya kejadian ini terjadi apabila kita sudah menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang sangat lama. Hal ini terjadi karena ada banyaknya aplikasi yang terinstall dan data tak terpakai yang dibiarkan di memori. Untuk menyelesaikan masalah itu, jalan keluarnya adalah dengan melakukan yang namanya factory reset.

Ada satu kode di Android yang memungkin penggunanya untuk melakukan factory reset. Caranya adalah dengan menekan tombol *#*#7780#*#* ketika berada dalam menu Call/Panggilan. Dengan menekan tombol ini, kalian akan masuk dalam mode factory reset. Semua aplikasi dan data yang sudah tersimpan di smartphone akan dihapus dan smartphone kalian akan kembali ke masa seperti pertama kali membeli.

9. Phone, Battery dan Usage Info - *#*#4636#*#*

Phone Info

Kita itu kadang suka melakukan hal-hal yang ribet. Kalau ada yang ribet, kenapa harus melakukan yang mudah. Begitulah kira-kira. Di smartphone, ada cara mudah apabila ingin mengecek informasi tentang smartphone, baterai, dan usage. Yaitu dengan cara masuk ke menu Settings dan semua informasi perihal smartphone bisa dilihat disana.

Namun sebagai tambahan informasi, ada cara lain yang juga bisa digunakan untuk mengecek informasi hp. Ini lebih merepotkan dari cara sebelumnya karena kalian harus masuk ke dalam menu Call dan menekan tombol *#*#4636#*#*. Hasilnya sama yakni melihat informasi tentang handphone, tapi dengan cara berbeda.

8. Call Waiting - *43#

call waiting

Beruntung zaman sekarang smartphone sudah canggih. Kalau kita sedang menerima panggilan telepon dari seseorang lalu ada telepon lain masuk, maka panggilan tersebut dihold sementara. Kalau dulu, fitur ini tidak ada. Jadi, kalau ada panggilan masuk selagi kita menerima telepon, maka panggilan tersebut tidak akan tersambung. Fitur ini disebut dengan Call waiting,

Untuk mengaktifkan fitur Call waiting, kalian cukup menekan tomol *43# pada halaman Call. Kalau ingin meniadakan atau mengnonaktifkannya, tekan #43#. Sementara kalai ingin mengaktifkannya untuk voice, kalian bisa menekan *#43#. Dengan ingin, penelpon yang baru masuk akan masuk mode tunggu sampai kita bisa menerima panggilan tersebut.

7. Firmware (Samsung Galaxy) - *#1234#

Firmware

Berbeda handphone sekarang dengan handphone zaman dulu. Semua handphone zaman sekarang sudah dilengkapi dengan yang namanya firmware. Bagi yang tidak tahu apa itu firmware, firmware adalah perangkat lunak yang sudah terprogram dan ditempatkan di perangkat keras untuk mengontrol perangkat atau ponsel beserta fungsi inti lain.

Setiap firmware pun ada versinya sendiri. Untuk mengecek versi firmware kalian, Android ada kode rahasia yang bisa kalian tekan dan masuk ke halaman informasi firmware. Kalian masuk ke menu Call lalu tekan *#1234# dan Call. Sebagai catatan, tidak semua smartphone firmwarenya bisa diakses dengan kode ini. Biasanya kode ini akan bekerja di Samsung Galaxy.

6. Quick Test Menu (Samsung Galaxy) - *#7353#

Quick Test Menu

Melakukan pembelian ponsel baru langsung di toko resmi, kalian harus melalui serangkaian prosedur baru kalian bisa membawa pulang ponsel tersebut. Pihak penjual pastinya akan memastikan bahwa unitnya tersebut bisa bekerja dengan baik dan tidak ada masalah. Untuk itu, serangkaian test dilakukan di depan pembeli.

Sejumlah test yang dilakukan beraneka ragam. Mulai dari cek layar, warna, LED, test menelpon, SMS, jaringan, suara, bluetooth, pokoknya semua fungsi dari handphone dicek sebelum diberikan ke pembeli. Untuk mengecek semua fungsi handphone ini, biasanya penjual akan masuk dalam menu yang dinamakan Quick Test Menu. Caranya adalah dengan menekan tombol *#7353#.

5. Hide Caller ID - #31#

Hide Caller ID

Ingin mengerjai teman atau prank dengan menghubungi tanpa diketahui? Biasa ini disebut dengan No Caller ID, Unknown Caller, atau penelpon tanpa nama. Biasanya ini keisengan paling sering dilakukan ketika zaman sekolah dan kuliah. Di Android, kita bisa melakukannya dengan memasukkan kode rahasia.

Kode rahasia untuk melakukan panggilan tanpa nama adalah #31#. Untuk mencobanya, kalian tekan tombol tersebut di menu Call atau panggilan. Setelah itu, nomor kalian tidak akan muncul di handphone teman. Untuk memunculkan nomor kembali, cukup tekan *31# dan nomor serta nama kalian akan muncul.

4. Call Forward - *#67#

Call Forward

Penting bagi kita untuk mengaktifkan fitur yang namanya Call Forward. Kita tidak pernah tahu kapan smartphone kita tidak bisa dihubungi oleh seseorang. Entah itu karena sinyal hilang atau baterai yang low. Mengaktifkan Call Forward memungkinkan penelpon yang ingin menghubungi kita disambungkan ke nomor lain yang bisa dihubungi.

Ada 2 cara untuk mengaktifkan fitur ini. Pertama adalah dengan masuk ke menu Settings-Call-More Settings-Call Forwarding. Cara lainnya adalah dengan menekan tombol *#67# di menu Call. Setelah menekan tombol tersebut, kalian bisa mengecek panggilan masuk mana saja yang dialihkan. Kalau mengikuti standarnya, Call Forwarding biasanya akan dialihkan ke voicemail service.

3. IMEI - *#06#

imei

Sekarang ini pemerintah Indonesia sedang menggalakan pemberantasan handphone atau smartphone ilegal. Bagi pengguna smartphone ilegal yang IMEI tak terdaftar, maka tidak akan menggunakan provider lokal. Kode IMEI ini biasanya tercantum di box handphone ketika pembelian. Tapi kalau boxnya sudah tidak ada atau ingin memastikan kode IMEI di box sama dengan yang di handphone bagaimana?

Pertama, kalian masuk ke menu Call/Panggilan. Tekan tombol *#06# dan Call. Disini kalian bisa menemukan informasi seputar handphone kalian seperti Model, Serial Number, Wi-Fi Address, Bluetooth, ICCID, MEID, dan IMEI. Apabila IMEI nya tidak sesuai dengan yang tertera di box atau tak terdaftar, kalian bisa klaim ke toko tempat kalian membeli handphone tersebut.

2. General Test Mode - *#0*#

General Test Mode

Ketika membeli ponsel terutama Android, penjual resmi biasanya akan melakukan serangkaian test. Test dilakukan sembari menunjukkan pada pembeli sebagai bukti bahwa handphone yang dibeli dapat berfungsi dengan baik. Apabila tidak, maka akan dicarikan handphone lain yang tidak memiliki masalah. Bagaimana kalau kita ingin mengecek sendiri handphone tersebut apabila tidak berada di toko?

Caranya gampang sekali, kalian cukup masuk ke menu Call dan tekan tombol ini *#0*# lalu tekan tombol Call yang berwarna hijau. Setelah itu kalian akan masuk ke menu yang dinamakan General Test Mode. Di menu ini, kalian bisa menemukan sejumlah menu yang berguna untuk mengecek setiap fungsi yang ada di handphone kalian seperti warna layar, speaker, getaran, kamera, LED, dan lain sebagainya.

1. Field Mode - *3001#12345#*

Field Mode

Ketika ingin mencari tahu informasi tentang jaringan lokal dan hal yang terkait tentang jaringan tapi lupa bagaimana caranya, ada satu cara mudah yang bisa kalian lakukan. Caranya adalah dengan menekan tombol *3001#12345#* pada saat berada di halaman Call. Pastikan saja kalian tidak salah dalam memencet tombolnya.

Setelah menekan tombol dengan benar, kalian bisa menemukan informasi seputar jaringan lokal, menara jaringan, Serving Cell Info, Measured RSSi dan lain sebagainya. Di Android, fitur atau halaman ini disebut juga dengan Field Mode.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh raza dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas