home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Untuk S...
26 Oktober 2020 10:24

10 Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Untuk Sarapan

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada June 09, 2020

Sarapan sangat penting untuk mengawali hari. Makanya sangat perlu untuk mengkonsumsi makanan yang tepat untuk bisa menjadi bahan bakar tubuh untuk menghadapi kesibukan di satu hari tersebut. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang ringan namun kaya akan serat, vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya agar tubuh tidak lemas saat beraktivitas. Namun makanan apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sarapan? Berikut penjelasan lengkapnya.

10. Kopi

coffee

Meski ada beberapa orang yang tidak begitu suka kopi, namun bisa dikatakan bahwa kopi ini adalah minuman sejuta umat karena banyaknya orang yang menyukai kopi. Saking sukanya, orang-orang ini bisa menghabiskan beberapa gelas kopi dalam satu hari. Mau itu pagi, siang, sore, maupun malam, tak ada patokan pasti kapan minum kopi. Kalau lagi ingin ya diminum. Tapi sebisa mungkin jangan meminum kopi di pagi hari.

Meminum kopi di pagi hari bisa mungkin bisa memberikan sedikit dorongan tenaga, tapi energi tambahan dari kopi ini tidak akan mencukupi energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas seharian penuh. Selain itu, beberapa masalah kesehatan yang bisa muncul apabila mengkonsumsi kopi di pagi hari saat perut kosong seperti naiknya tingkat gula darah dan asam lambung naik.

9. Gorengan

gorengan

Karena kita tinggal di Indonesia, jadi sangat umum melihat yang namanya gorengan. Makanan apa saja bisa digoreng dan rasanya memang lezat. Risoles, tempe, pisang goreng, dan makanan lain yang juga pengolahannya dengan cara digoreng. Memang terlihat simpel, tapi makan gorengan di pagi hari ternyata tidak terlalu bagus untuk kesehatan.

Tubuh butuh energi besar yang dimana bisa diperoleh dari sarapan dengan menu yang bergizi dan bukan dari gorengan. Gorengan memiliki kalori yang besar yang diolah dengan cara digoreng dengan menggunakan minyak. Lemak trans dan minyak yang terkandung dari gorengan dapat menumpuk dan memperlambat sirkulasi darah yang berujung dengan berbagai macam masalah kesehatan.

8. Yogurt

yogurt

Yogurt bisa menjadi makanan yang menyehatkan apabila dikonsumsi dalam waktu yang tepat dan jenisnya harus tepat juga. Ada banyak jenis yogurt yang menyehatkan dan cocok untuk sarapan, tapi tidak dengan yogurt yang bertuliskan bebas lemak dan berpemanis dari buah-buahan. Nyatanya produk yogurt yang non-fat ternyata mengandung lebih banyak gula ketimbang es krim.

Solusi untuk bisa mendapatkan manfaat yogurt dalam sarapan adalah kalian memilih produk yogurt yang biasa saja atau mengandung lemak tanpa ada pemanis tambahan. Lemak membantu kalian untuk bisa kenyang lebih lama karena lemak memerlukan waktu lebih lama diolah menjadi energi ketimbang karbohidrat sederhana. Kalaupun ingin menambah dengan sesuatu yang manis, tambahkan lah buah-buahan. Gula dari buah-buahan itu aman dikonsumsi.

7. Kue Kering/Pastries

pastries

Sekarang ini, waktu sesedikit apapun sangatlah berharga. Makanya orang kesannya ingin cepat-cepat bangun pagi, sarapan lalu langsung berangkat kerja, sekolah, atau kuliah. Momen dikejar waktu ini membuat kita ingin yang instan, termasuk sarapan. Makan apapun yang penting bisa mengisi perut, langsung saja disikat. Dan kue kering atau pasties dirasa cocok untuk jadi menu sarapan.

Perlu disadari bahwa hampir semua atau mungkin bisa dikatakan semua pastries dibuat dengan bahan dasar tepung terigu. Beda kue, beda lagi bahan yang diperlukan. Mungkin ada yang menambahkan gula, coklat, dan lain sebagainya. Tergabunglah di dalam kue itu ada karbohidrat sederhana serta gula olahan. Kalaupun ada protein, itu porsinya kecil. Tidak akan cukup untuk mengisi tenaga dan menjaga perut agar tetap kenyang. 

6. Fast Food

processed food

Dulu, tidak ada restoran fast food atau cepat saji yang buka 24 jam dan menyediakan menu sarapan. Tapi karena sekarang kesibukan manusia semakin bertambah dan butuh makanan yang cepat, disinilah fast food masuk untuk mencari untung. Restoran fast food kini menyajikan menu sarapan yang cepat dan tentunya enak. Tapi apakah itu menyehatkan?

Jawabannya tentu saja tidak. Makanan dari restoran cepat saji tidak ada yang menyehatkan, hanya bisa memuaskan lidah saja. Sedangkan tubuh butuh asupan energi dari makanan yang bergizi. Fast food bukanlah jawabannya. Makanannya tidak alami alias makanan olahan, kalorinya pun terbilang sangat besar. Dan pastinya kalian akan cepat lapar lagi setelah makan makanan cepat saji. Lebih mending kalian mengkonsumsi oatmeal dengan topping buah. Kenyangnya bisa tahan lebih lama.

5. Snack Bar

snack bar

Mencari menu makan untuk sarapan ternyata susah-susah gampang. Intinya harus ada sedikit karbohidrat kompleks, serat, vitamin, mineral, kalsium, dan protein. Nutrisi penting ini sangat dibutuhkan bukan cuma untuk sumber tenaga, tapi juga menjaga agar perut tetap kenyang sampai jam makan berikutnya. Karena pagi hari biasanya sangat sibuk, sebisa mungkin mencari makanan yang mudah dikonsumsi tanpa harus dimasak. Snack bar adalah salah satu solusinya.

Tapi snack bar bukanlah menu sarapan yang tepat. Kecuali kalau kalian bisa membuat snack bar sendiri yang bahan pembuatnya bisa kalian tentukan sendiri mau apa. Tapi snack bar ini termasuk dalam makanan olahan. Meskipun itu protein bar sekalipun. Masih mengandung tinggi gula dalam satu buah snack bar dan itu tidak bagus untuk kesehatan.

4. Jus Buah

fruit juice

Buah, tidak ada salah dengan buah. Meski mengandung gula, gula yang terkandung dalam buah adalah gula alami yang dimana aman bagi kesehatan. Malah kita dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi buah oleh dokter. Tapi apabila kalian memutuskan untuk membuat menjadi jus atau smoothie, kalian akan kehilangan manfaat buah.

Manfaat buah baru bisa kalian rasakan apabila kalian mengkonsumsi buah dalam bentuknya yang normal. Dalam buah terkandung serat, vitamin, dan air. Apabila kalian memutuskan untuk mengolahnya dengan cara dijus, maka kalian akan membuang serat dan menyisakan air dan gula. Tidak ada bedanya dengan kalian minum air gula. Justru serat inilah yang membantu kita untuk kenyang lebih lama.

3. Roti Mentega

bread margarine

Menggabungkan roti dengan mentega adalah sarapan paling umum dan ringkas yang sering dilakukan oleh orang Indonesia. Tak cuma dengan mentega, bahkan ada yang menambahkan lagi dengan keju, coklat meses, selai atau topping lain yang biasanya mengandung tinggi gula. Sarapan dengan tinggi gula seperti ini bukanlah pilihan yang tepat.

Terkecuali roti gandum, roti tawar biasa termasuk dalam makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Dimana karbohidrat sederhana mudah dicerna tubuh sehingga kita akan cepat kenyang dan cepat lapar kembali. Sementara kita butuh karbohidrat kompleks yang dimana bisa mengenyangkan perut lebih lama. Ditambah dengan margarine, keju, coklat, selai dan topping lain sebagainya yang tinggi gula, bisa meningkatkan gula darah dengan cepat.

2. Pancake/Waffle

pancake

Sarapan yang tepat itu sangat penting, Selain bisa mengisi tenaga, sarapan juga bisa mempengaruhi tingkat mood kita. Biasanya kalau seseorang sarapan dengan makanan yang disuka, maka bisa diprediksi bahwa moodnya pada hari itu akan senang. Nah, seberapa banyak di antara kalian yang suka dengan pancake atau waffle? Pancake atau waffle adalah makanan yang sangat populer dan banyak dijadikan sebagai menu sarapan. Bisa dimasak sendiri di rumah atau makan di restoran, pancake serta waffle ini dibuat dari bahan dasar tepung, telur, gula, dan milk.

Terdengar seperti nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, tapi ternyata tidak. Butuh tepung yang banyak untuk bisa membuat satu pancake atau waffle. Tepung ini termasuk dalam karbohidrat sederhana yang dimana tidak begitu bagus untuk tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan. Dan biasanya, orang akan menambahkan topping sirup yang dimana akan menambah rasa manis dari pancake. Ini bisa mengakibatkan meningkatnya resiko terserang diabetes tipe 2.

1. Sereal

cereal

Karena bentuk, rasa, dan warnanya yang menarik, banyak orang yang memilih untuk makan pagi dengan sereal. Cukup dimakan langsung dalam kondisi kering atau dicampur dengan susu agar lebih lembut. Baik dari yang anak kecil hingga dewasa, sereal ini sebenarnya bebas dikonsumsi siapa saja. Tapi sereal tidak pernah cocok dikonsumsi sebagai menu makan di pagi hari.

Faktanya, sereal adalah makanan olahan yang mengandung gula tinggi. Meski ada yang menambahkan label gandum, tapi gandum yang dimasukkan tidaklah sebanyak yang kita kira. Belum lagi ditambah dengan gulanya yang tinggi. Dengan mengkonsumsi kadar gula yang tinggi dari sereal bisa meningkatkan resiko obesitas, diabetes tipe 2, masalah jantung, dan masalah kesehatan kronis lainnya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas