home -> Lainnya -> 10 Monster Mengerikan Yang Ada Di Alkitab
28 September 2020 17:56

10 Monster Mengerikan Yang Ada Di Alkitab

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada June 08, 2020

Dalam Akitab, Tuhan tidak hanya menciptakan manusia dan alam semesta saja, tapi juga ada sejumlah makhluk atau monster mengerikan. Monster atau makhluk mengerikan ini memiliki wujud dan kekuatan yang bervariasi. Tujuannya apa? Mungkin salah satunya adalah untuk menciptakan kesimbangan. Berbagai monster mengerikan ini mungkin saja ada yang pernah muncul di dalam mimpi buruk kalian atau juga pernah tampil dalam film. Mari kita bahas 10 monster mengerikan yang ada di Alkitab.

10. Cherubim

cherubim

Tidak seperti kebanyakan malaikat yang ada dalam gambaran kepala manusia. Mungkin kita mengira bahwa malaikat adalah makhluk yang menyerupai manusia dengan sayap lebar berwarna putih yang mempesona. Tidak demikian, itu hanyalah gambaran malaikat yang ada di film-film. Ada satu sosok malaikat yang bisa dibilang memiliki wujud mengerikan bernama Cherubim.

Sosoknya bisa kalian pada gambar dimana dirinya memiliki wajah manusia, kepala singa di bagian kanan, kepala sapi di kiri, dan wajah menyerupai elang. Benar-benar mengerikan untuk ukuran seorang malaikat. Di Alkitab, Cherubim digambarkan sebagai sosok celestial luar biasa yang sanagt dihormati oleh manusia. Cherubim lah yang melindungi Pohon Kehidupan yang ada di Taman Eden setelah Adam dan Hawa diusir ke Bumi.

9. Four Horsemen of the Apocalypse

Four Horsemen of the Apocalypse

Mungkin banyak di antara kalian yang agak familiar dengan sebutan Four Horseman. Ya, sebutan Four Horseman adalah sebutan yang diberikan pada 4 magician yang ada dalam film Now You See Me. Di Alkitab, penggambaran Four Horseman adalah penggambaran dari hukuman yang diberikan oleh Tuhan atas Bumi.

Dalam kitab Wahyu 6, dikisahkan bahwa Tuhan memiliki 7 segel dimana salah satunya dibuka dan muncul dari dalamnya 4 kuda berwarna putih, merah, hitam, dan pucat. Kuda pertama berwarna putih membawa busur dan memakai mahkota dan melambangkan penaklukan. Kuda kedua berwarna merah dengan membawa pedang melambangkan perang. Kuda ketiga berwarna hutam melambangkan kelaparan. Dan kuda terakhir berwarna pucat melambangkan kematian.

8. Daniel’s Four Beasts

Daniel’s Four Beasts

Ada banyak tokoh penting dalam Alkitab Kristiani, salah satunya adalah Daniel. Daniel adalah seorang Yahudi yang tinggal di Yerusalem. Ia ditangkap oleh Nebuchadnezzar dari Baylon dan dipaksa untuk melayani raja. Dalam kitab Daniel 7, dikisahkan bahwa Daniel sempat mendapatkan mimpi dimana di dalam mimpinya terdapat 4 ekor monster mengerikan yang muncul dari laut.

Keempat monster tersebut ada yang berupa singa, beruang, leopard, dan naga. Keempat monster tersebut muncul dari dalam lautan dan melambangkan 4 kerajaan. Keempat monster ini nantinya akan menghancurkan seluruh kota yang ada di Bumi. Sepuluh tanduk yang ada di kepala monster naga melambangkan 10 raja yang akan datang dari kerajaan tersebut. Sedankang tiga tanduk kecil di bagian depan adalah raja yang akan muncul di masa depan.

7. Dragon

Dragon

Dragon atau dalam bahasa Indonesianya yakni Naga, juga ada disebutkan dalam Alkitab. Monster satu ini pernah muncul dalam kitab Wahyu dan dijelaskan bahwa Dragon memiliki 7 kepala dengan total 10 tanduk. Agak mirip dengan Yamata no Orochi dalam mitologi Jepang. Hanya saja, Yamata no Orochi memiliki 8 kepala.

Berbicara soal kekuatan dan daya rusaknya, Dragon bisa memunculkan kerusakan parah di Bumi. Ekornya saja mampu menyapu bintang keluar dari angkasa. Di beberapa buku, Dragon seringkali digambarkan sebagai lambang Setan. Setan atau iblis ini bertarung dengan para malaikat dan setelah kalah, mereka dilempar ke Neraka.

6. Nephilim

Nephilim

Pernahkah kalian menonton serial televisi berjudul Supernatural? Di serial tersebut pernah menyebutkan sejumlah makhluk mengerikan dari Alkitab dan salah satunya adalah Nephilim. Pengertian Nephilim di serial tersebut dan arti sebenarnya adalah sama. Nephilim berarti adalah keturunan dari hasil pernikahan antara manusia dengan malaikat.

Karena separuh manusia dan separuh malaikat, Nephilim memiliki ukuran tubuh jauh lebih besar daripada manusia atau bisa disebut dengan raksasa. Asal-usul Nephilim dimulai dari para malaikat yang turun ke Bumi dengan tujuan menyebarkan Wahyu. Selama tinggal di Bumi, para malaikat malah menikah dengan manusia dan menghasilkan keturunan yang disebut dengan Nephilim. Aksi ini jelas membuat Tuhan murka dan memutuskan untuk memusnahkan Nephilim.

5. The Second Beast

The Second Beast

Ada 2 sosok monster yang pernah muncul dalam kitab Wahyu. Mereka adalah The First Beast dan The Second Beast. The First Beast akan kita bahas nanti setelah The Second Beast. The Second Beast ini diceritakan muncul pertama kali dari dalam Bumi. Kemunculannya sangat mengejutkan dan orang-orang diarahkan untuk m enyembahnya. The Second Beast terdapat dalam kitab Wahyu 13: 11-18.

Meski The Second Beast memaksa manusia untuk berpaling dari Tuhan dan menyembah dirinya, masih ada banyak manusia yang menolak melakukan perintahnya. Yang tidak patuh dihabisi dan yang patuh pada The Second Beast, ikut bersama-sama melakukan perang melawan Tuhan. Namun The Second Beast dan para pengikutnya kalah dan dihukum dengan dilempar ke danau api..

4. The First Beast

the first beast

The Second Beast sudah dibahas, kini giliran The First Beast. Apabila The Second Beast muncul dari dalam Bumi, The First Beast muncul dari bawah laut dan diberikan otoritas serta kekuatan dari Dragon atau naga. Kemunculan The First Beast ini bisa disimak di kitab Wahyu 13: 1-10. Dan misteri yang menyelimutinya bisa disimak di Wahyu 17: 7-18.

Tujuan kemunculan The First Beast sama dengan The Second Beast. Mereka berdua mengumpulkan pengikut yang merupakan manusia. The First Beast dan The Second Beast bersama-sama menyerang para malaikat, manusia, dan ingin mengalahkan Tuhan. Perang antara kedua monster ini melawan Tuhan disebut dengan Battle of Armageddon. Hasilnya sudah jelas, Tuhan menang dan mereka dibuang ke danau api seperti diceritakan di kitab Wahyu 13L 11-18.

3. Abaddon

abaddon

Nama-nama monster yang ada di Alkitab begitu keren namun sebenarnya wujud dan makna mereka sangat mengerikan. Meski begitu, banyak di antara monster ini yang menjadi karakter dari video game. Salah satu game terfavorit saat ini adalah Dota 2, di dalam game tersebut ada satu karakter hero yang bernama Abaddon. Di game tersebut, Abaddon digambarkan sebagai seorang ksatria yang menunggangi seekor kuda.

Berbeda wujudnya di game, berbeda pula wujudnya di Alkitab. Di kitab suci, Abaddon digambarkan sebagai seorang malaikat yang memiliki tugas untuk menyiksa manusia. Jika kalian ingat dengan 10 Tulah yang menyerang Mesir, salah satunya adalah belalang. Abaddon inilah malaikat yang memimpin pasukan belalang. Abaddon hanya akan muncul di Bumi di saat kiamat tiba.

2. Behemoth

behemoth

Nama monster mengerikan selanjutnya adalah Behemoth. Bila dideskripsikan, Behemoth memiliki tubuh gabungan dari sejumlah hewan seperti gajah, kuda nil, badak, dan kerbau. Hasilnya adalah seekor monster berukuran besar dengan ekor yang bisa menghancurkan apa saja bila dihempaskan ke arah lawan.

Di dalam Alkitab, nama Behemoth sendiri sempat beberapa kali muncul. Salah satunya di Kitab Ayub 40: 10-19. Seperti kebanyakan monster pada umumnya, Behemoth memiliki daerah kekuasaan sendiri. Untuk Behemoth, makhluk satu ini menguasai daratan. Hanya Tuhan sendiri yang bisa menaklukan Behemoth. Dan diperkirakan nanti pada hari kiamat, Behemoth akan muncul dan berperang melawan Tuhan.

1. Leviathan

leviathan

Jika tadi sudah disebutkan Abaddon, kali ini adalah giliran Leviathan. Sosok Leviathan pun dijadikan dalam karakter hero dalam game Dota 2. Menurut Alkitab, Leviathan digambarkan sebagai sesosok monster berukuran besar, jauh lebih besar daripada monster-monster lain yang pernah hidup di lautan. Leviathan memiliki sifat perusak dan pembunuh.

Monster ini cukup sering muncul dalam Alkitab di kitab Mazmur, Ayub, dan Yesaya. Bila dideskripsikan, Leviathan memiliki tubuh besar, hidup di lautan, memiliki kulit yang sangat keras, dan mata yang bercahaya. Ia sanggup berenang di dalam laut meski tak ada cahaya sama sekali. Kulitnya yang sangat keras memungkinkan dirinya untuk tidak terluka bila diserang dengan senjata apapun.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas