home -> Lainnya -> 10 Cara Menghilangkan Stres Di Tempat Kerja
01 Oktober 2020 10:09

10 Cara Menghilangkan Stres Di Tempat Kerja

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada June 05, 2020

Pekerjaan yang terus menerus datang bisa membuat stres di tempat kerja. Bila tak segera diatasi, stres ini bisa menumpuk lalu mempengaruhi mood dan performa kerja di kantor. Tentu ini bisa membuat masalah baru dimana kita bisa mendapat kritik dan amarah dari atasan. Untuk itu perlu mencari cara untuk bisa menghilangkan atau setidaknya meminimalisir rasa stres tersebut. Berikut TahuPedia bagikan sejumlah cara yang bisa untuk menghilangkan stres di tempat kerja. Apa saja?

10. Stop Multitasking Jika Tak Sanggup

stop multitasking

Banyaknya pekerjaan yang musti dikerjakan membuat seseorang memilih untuk melakukan semuanya sekaligus atau biasa yang kita sebut dengan multitasking. Bagi yang sudah terbiasa, multitasking tidak menjadi halangan meski ada persentase stres bisa tetap terjadi. Tapi bagi yang tidak terbiasa, memaksa diri untuk melakukan semua kerjaan dalam satu waktu bisa berbahaya.

Ketimbang memaksakan diri untuk melakukan semua pekerjaan dalam satu waktu, lebih baik lakukan pekerjaan seperti biasa. Kerjakan satu per satu yang penting bisa selesai tepat waktu. Dengan demikian, pekerjaan yang dikerjakan bisa lebih maksimal, pikiran juga tidak akan stres. Kalian tinggal kerjakan mana yang deadlinenya lebih dekat saja.

9. Mencari Hal Lucu Di Internet

browsing

Kita tahu bahwa tugas karyawan adalah bekerja. Tapi rasa-rasanya tidak ada satupun karyawan yang bisa benar-benar serius bekerja dari pagi sampai sore. Maksudnya, pasti ada momen dimana kita butuh bersantai untuk menghilangkan rasa bosan agar tidak stres. Momen ini yang bisa kita manfaatkan untuk mengurangi beban pikiran.

Boleh-boleh saja menggunakan waktu sebentar untuk browsing hal yang ingin kita cari di internet. Kira-kira 10 sampai 15 menit manfaatkan waktu untuk melihat hal-hal lucu di internet. Dengan tertawa, tubuh kita akan jadi lebih relaks dan pikiran bisa sedikit lebih jernih. Setelah itu, kita bisa lanjut bekerja dengan pikiran yang lebih segar.

8. Atur Jadwal

scheduling

Ada kalanya atasan memberikan kerjaan yang begitu banyak pada kita. Masing-masing pekerjaan memiliki deadline berbeda-beda dan tingkat kesulitan yang berbeda pula. Maka dari itu, kita harus pintar dalam mengatur jadwal. Pastikan mengerjakan tugas yang deadlinenya lebih dekat atau dahulukan yang lebih sulit.

Mengatur jadwal disini juga bukannya hanya tentang pekerjaan mana yang harus dikerjakan lebih dulu, tapi juga jam datang ke kantor. Agar bisa lebih efektif bekerja dan menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk, datanglah ke kantor lebih awal. Dengan datang ke kantor lebih awal, kita jadi punya waktu lebih untuk menyelesaikan pekerjaan yang sudah diberikan.

7. Makan Teratur

eat right

Tidak semua stres yang kita alami itu karena pekerjaan di kantor. Tapi bisa juga karena jadwal makan kita yang berantakan. Jadwal makan yang berantakan bisa membuat kacau semuanya. Mulai dari fisik yang kacau hingga mempengaruhi kinerja di kantor. Untuk itu, coba atur makan kalian supaya lebih teratur.

Pengaturan jadwal makan ini juga termasuk di dalamnya adalah makanan yang kita konsumsi. Konsumsi makanan yang bergizi bisa memberikan energi bagi tubuh dimana nantinya kita bisa beraktivitas sebagaimana mestinya. Lagipula, jadwal makan berantakan dan menu makan sembarangan bisa menjadi bumerang bagi kesehatan. Jika kesehatan sudah menurun, yang akan mengalami kerepotan ya kita juga. Tidak bisa beraktivitas dan pekerjaan terganggu. 

6. Istirahat Cukup

sleep well

Mengingat penyebab stres di kantor ada banyak, kita perlu menyeleksi dengan benar darimana atau penyebab stres tersebut. Apakah stres itu benar datang dari kantor tempat kita bekerja atau justru karena dari kebiasaan kita sendiri. Misalnya kebiasaan buruk seperti begadang di malam hari turut berpengaruh dengan stres.

Seseorang yang kurang tidur maka ketika bangun moodnya akan berantakan. Apabila bangun pagi moodnya sudah hancur, maka bisa dipastikan seharian akan hancur juga moodnya. Apalagi di kantor dimana kita harus bekerja keras serta berhadapan dengan partner kerja dan atasan yang menyebalkan. Makanya jangan coba-coba begadang dan pastikan kalian mendapatkan istirahat yang cukup. Bahkan mesin saja butuh istirahat, apalagi tubuh manusia.

5. Minum Air

drink water

Tahukah kalian bahwa air putih adalah obat paling murah dan ampuh. Banyak masalah sebenarnya berasal dari kita kurang minum air. Kurang lebih 60% tubuh manusia terdiri dari air, apabila tubuh kita kekurangan air maka tubuh tidak akan bisa berjalan dengan normal. Salah satu yang terdampak adalah otak kita.

Apabila kita kekurangan air, maka otak tidak bisa bekerja dengan optimal. Di saat di kantor kita membutuhkan konsentrasi tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan, otak kita tidak bisa berkonsentrasi karena kekurangan air. Maka tidak heran kalau orang bisa stres karena pekerjaannya tidak selesai. Selalu ingat untuk penuhi kebutuhan air dalam tubuh. Jangan tunggu merasa haus baru minum.

4. Meditasi

meditate

Salah satu kunci menghilangkan stres adalah dengan cara meditasi. Pekerjaan kantor di kantor yang begitu banyak bisa membuat seseorang menjadi stres. Masing-masing pekerjaan memiliki tingkat kesulitan dan deadline yang berbeda membuat bingung mana yang harus diselesaikan. Mencoba mengerjakan semuanya sekaligus bisa beresiko berantakan.

Cobalah sesekali melakukan meditasi untuk menenangkan pikiran. Lagipula, meditasi itu sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan dimana saja. Kalian bisa melakukan meditasi di rumah atau di kantor. Untuk meditasi di kantor, cari tempat yang aman, nyaman, dan tenang untuk meditasi. Setelah meditasi selesai dan pikiran lebih jernih, kembali ke meja kerja.

3. Stretching

stretching at work

Pekerja kantoran yang kesehariannya bekerja di belakang meja atau menghabiskan waktu duduk di kursi rentan mengalami masalah fisik. Mulai dari yang paling ringan adalah pegal dan terberat adalah berubahnya postur tubuh. Jika sudah demikian, tak sedikit dari karyawan yang moodnya rusak dan mudah uring-uringan.

Disarankan bagi mereka yang terlalu lama duduk di kursi untuk bangkit berdiri dan lakukan stretching atau peregangan. Kira-kira 5-10 menit stretching, luruskan tubuh dan biarkan peredaran darah di tubuh berjalan lancar kembali. Dengan aliran darah menjadi lancar, tubuh bisa menjadi lebih segar dan bisa kembali aktif bekerja.

2. Jalan-Jalan

walking

Tidak ada yang salah dengan jalan-jalan di kantor. Apalagi kalau itu memang bisa membawa hal positif. Akan menjadi masalah apabila kalian jalan-jalan tanpa arah dan tujuan. Bila atasan melihat, bisa-bisa kalian dimarahi dan disuruh kembali bekerja. Tapi kalau alasan kalian untuk kesehatan, maka boleh-boleh saja.

Apabila stretching dirasa kurang cukup untuk membuat tubuh rileks, kalian bisa jalan-jalan ke luar ruangan kerja. Sedikit melihat pemandangan di luar bisa membantu meredakan sedikit beban yang ada di tubuh dan pikiran. Tapi perlu diingat jangan terlalu berlama-lama agar kalian tidak mendapat teguran dari rekan atau juga atasan.

1. Dengarkan Musik

music

Mendengarkan musik juga bisa menjadi solusi untuk meredakan atau bahkan menghilangkan stres selama bekerja di kantor. Bahkan dari hasil penelitian, mendengarkan musik yang tepat bisa membantu terselesaikannya pekerjaan lebih cepat dari biasa. Pastikan saja kalian dengarkan dengan alat bantu seperti headset agar tidak mengganggu orang lain.

Agar lebih efektif, sebelum mulai bekerja sudah kalian persiapkan dulu playlist lagu yang ingin kalian dengarkan selama bekerja. Karena mencari lagu yang enak pasti akan memakan waktu yang cukup lama, maka lakukan saat kalian di rumah atau dalam perjalanan menuju kantor. Agar di kantor kalian tinggal memutar playlist yang sudah kalian atur dan bekerja dengan tenang.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas